Pengertian Etika, Akhlak dan Moral menurut Para Ahli

Pengertian Etika, Akhlak dan Moral menurut Para Ahli

Pengertian Etika, Akhlak dan Moral – Pada kesempatan kali ini, saya akan coba mengulas tentang perbedaan dari pengertian 3 masing-masing istilah ini, yang nyatanya masih banyak orang beranggapan bahwa tiga istilah ini adalah sama, padahal memiliki perbedaan antara Pengertian Etika, Akhlak dan Moral.

Tiga istilah diatas sebenarnya sudah mulai kita dengar dan pahami maksudnya, bahkan sejak berada di bangku sekolah dasar dulu.

Namun tahukah anda, ternyata perbedaan etika, akhlak dan moral cukup mencolok mulai dari definisi, ciri-ciri hingga Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Terkait : Pengertian Hak dan Kewajiban

Pengertian Etika, Akhlak dan Moral menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami defisini istilah-istilah diatas, berikut adalah beberapa pendapat para ahli mengenai tiga hal ini :

1. 1. Pengertian Etika

Secara umum, Etika adalah suatu tolok ukur dalam memberi penilaian terhadap perbuatan seseorang. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Sedangkan Etika menurut ahli adalah sebagai berikut :

1.1.1. Maryani dan Ludigdo

Sebagai seperangkat norma, aturan atau pedoman yang mengatur segala perilaku manusia, baik yang harus dilakukan dan yang harus ditinggalkan dan dianut oleh kelompok-kelompok dalam suatu lapisan masyarakat.

1.1.2. Martin

Adalah suatu disiplin ilmu yang menjadi acuan atau pedoman untuk mengontrol tingkah laku atau perilaku setiap inpidu.

1.1.3. W.J.S. Poerwadarminto

Yakni sebagai ilmu pengetahuan mengenai asas-asas atau dasar-dasar moral dan akhlak yang dimiliki manusia.

1.1.4. Drs. Sidi Gajabla

Menjelaskan etika sebagai teori tentang perilaku atau perbuatan manusia yang dipandang dari segi baik & buruk, yang sejauh mana dapat ditentukan oleh akal manusia.

1.1.5. Bertens

Etika adalah nilai dan norma moral yang menjadi acuan bagi setiap orang maupun kelompok dalam mengatur segala tingkah laku manusia didalamnya.

1.1.6. Ahmad Amin

Suatu ilmu yang menjelaskan tentang arti baik dan buruk serta apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia, juga tujuan yang harus dicapai dalam perbuatannya dan menunjukkan arah untuk melakukan apa yang sepantasnya dilakukan.

1.1.7. James J. Spillane SJ

Pertimbangan atau analisa tingkah laku manusia dalam mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan moral. Jelasnya, lebih mengarah pada penggunaan akal sehat manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya, dan juga tingkah laku satu orang ke yang lain.

Baca juga : Pengertian Profesi, Profesional, Profesionalisme dan Perbedaannya

1.1.8. Prof. DR. Franz Magnis Suseno

Etika merupakan suatu ilmu yang memberikan arahan, acuan dan pijakan terhadap perbuatan manusia.

1.1.9. Soergarda Poerbakawatja

Sebuah filsafat berkaitan dengan norma dan nilai, tentang baik dan buruknya tindakan dan kesusilaan.

1.1.10. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Etika ialah ilmu tentang baik dan buruknya perilaku, hak dan kewajiban moral, sekumpulan asa atau nila-nilai yang berkaitan dengan akhlak;,nilai mengenai benar atau salahnya perbuatan atau perilaku yang dianut masyarakat.

1.2. Pengertian Akhlak

Secara umum, Pengertian Akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar, untuk melakukan  segenap perbuatan yang baik dan terpuji.

Dalam prakteknya, Akhlak merupakan suatu tingkah laku yang dilakukan secara berulang-ulang, dalam artian cukup hanya sekali melakukan perbuatan baik, atau hanya sewaktu-waktu saja.

Seseorang akan dikatakan berakhlak jika timbul dengan sendirinya, dan didorong oleh motivasi dari dalam diri untuk dilakukan tanpa banyak pertimbangan dan pemikiran.

Sedangkan Pengertian Akhlak menurut para Ahli adalah sebagai berikut :

1.2.1. Abu Hamid Al Ghazali

Satu sifat yang terpatri dalam jiwa seseorang, yang menjadi penyebab lahirnya perbuatan-perbuatan dengan mudah, tanpa memikirkan dirinya dan merenung terlebih dahulu.

1.2.2. Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani

Suatu sifat baik dan buruk yang tertanam kuat dalam diri inpidu, yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa perlu berpikir dan merenung.

Baca juga : Pengertian Sukses: Ciri-Ciri, Tips, Perbedaan Orang Sukses dan Gagal

1.2.3. Ahmad bin Mushthafa

Pengertian Akhlak adalah ilmu yang jadi tolok ukur dalam diketahui jenis-jenis keutamaan dan mewujudkan keseimbangan antara tiga kekuatan, yakni berpikir, marah, dan syahwat.

1.2.4. Ibnu Maskawaih

Akhlak adalah ‘hal li an-nafsi daa’iyatun lahaa ila af’aaliha min goiri fikrin walaa ruwiyatin’, yakni sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

1.3. Pengertian Moral

Moral adalah suatu hukum bagi manusia dalam bertingkah laku, berbuat dan bertindak kepada orang lain dalam bersosialisasi, sehingga terciptanya hubungan sosial yang baik dan harmonis antar sesama di masyarakat.

Kata Moral mengacu pada dua hal yakni baik dan buruk. Seseorang akan dikatakan punya moral yang baik saat perbuatan dan tingkah lakunya juga baik terhadap orang lain, dan begitu pula sebaliknya.

Hati ini, moral memiliki nilai implisit, karena banyak orang yang memiliki moral atau sikap amoral (sebutan untuk yang tidak bermoral) itu dari sudut pandang yang sempit.

Moral merupakan sifat dasar yang diajarkan di sekolah-sekolah dan manusia, untuk memiliki moral jika ia ingin dihormati oleh sesamanya.

Penilaian terhadap moral diukur dari kebudayaan masyarakat setempat. Moral adalah perbuatan / tingkah laku / ucapan seseorang dalam ber interaksi dengan manusia.

Apabila sesuatu yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat tersebut, maka orang yang dimaksud dinilai memiliki moral yang baik, begitu juga sebaliknya.

Sedangkan Pengertian Moral menurut Para Ahli adalah sebagai berikut :

1.3.1. Merriam-webster

Moral adalah mengenai atau berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang sesuai dengan standar perilaku yang tepat pada kelompok atau masyarakat tersebut.

1.3.2. Kamus Psikologi

Pengertian moral adalah mengacu kepada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

1.3.3. Hurlock

Definisi moral adalah perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial. Moral sendiri berarti tata cara, kebiasaan, dan adat.

Perilaku moral dikendalikan konsep konsep moral atau peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.

1.3.4. Dian Ibung

Moral adalah nilai (value) yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang.

Baca juga : Pengertian Zina: Jenis, Dalil, Hukum dan Cara Menghindari Zina

Mariaia Assumpta menambahkan bahwa pengertian moral adalah aturan aturan (rule) mengenai sikap (attitude) dan perilaku manusia (human behavior) sebagai manusia.

1.3.5. Sonny Keraf

Moral yang dapat digunakan untuk mengukur kadar baik dan buruknya sebuah tindakan manusia sebagai manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat (member of society) atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu atau pekerjaan tertentu.

1.3.6. Zainuddin Saifullah Nainggolan

Pengertian moral adalah suatu tendensi rohani untuk melakukan seperangkat standar dan norma yang mengatur perilaku seseorang dan masyarakat.

1.3.7. Chaplin (2006)

Moral mengacu pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

1.3.8. Wantah (2005)

Pengertian moral adalah sesuatu yang berkaitan atau ada hubungannya dengan kemampuan menentukan benar salah dan baik buruknya tingkah laku.

1.3.9. W. J. S. Poerdarminta

Menyatakan bahwa ajaran moral dari perbuatan baik dan buruk dan perilaku.

1.3.10. Dewey

Mengatakan bahwa masalah moral yang berkaitan dengan nilai-nilai moral.
______________

Nah, itulah tadi Pengertian Etika, Akhlak dan Moral menurut para ahli dan secara umum. Semoga bisa menambah wawasan anda dan terima kasih.

Rekomendasi Artikel :

Tinggalkan komentar