Pengertian Profesi, Profesional, Profesionalisme dan Perbedaannya

Apakah yang dimaksut dengan Profesi, Profesional dan Profesionalisme?

Pengertian Profesi, Profesional, Profesionalisme dan Perbedaannya – Apakah ke-3 istilah diatas mengandung arti yang sama atau berbeda? Secara sederhana, Pengertian Profesi adalah suatu pekerjaan yang dimiliki seseorang, dimana untuk mendapatkannya membutuhkan pendidikan ataupun pelatihan tertentu sebagai syarat untuk meraih pekerjaan yang dimaksut.

Sedangkan Profesional adalah sebutan bagi inpidu yang punya kepiawaian dan keahlian khusus pada suatu bidang yang telah lama digelutinya. Letak perbedaannya dengan Profesi adalah, keahlian yang dimiliki sebelum dan setelah menekuni suatu bidang pekerjaan.

Pengertian Profesi, Profesional, Profesionalisme dan perbedaannya
Pengertian Profesi, Profesional, Profesionalisme dan perbedaannya

Baca juga : Pengertian Manajemen Diri

Lalu, apa itu Profesionalisme? Pengertian Profesionalisme adalah ungkapan yang menyatakan seseorang yang punya profesi dan telah menyandang predikat Profesional, punya komitmen untuk terus selalu melanjutkan maupun meneruskan bidang yang dimilikinya menuju peningkatan dan pengembangan yang berkelanjutan.

A. Pengertian Profesi

Definisi diatas sebenarnya sudah cukup jelas. Namun bila kamu masih merasa kurang puas, simak arti profesi berikut ini yang telah dipaparkan beberapa Ahli yang layak untuk dijadikan patokan :

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (ketrampilan, kejuruan, dan sebagainya) khusus.

2. K. Bertens

Profesi adalah suatu moral community (masyarakat moral) yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama.

3. Siti Nafsiah

Pengertian Profesi adalah suatu pekerjaan yang dikerjakan sebagai sarana untuk mencari nafkah hidup dan untuk mengabdi kepada kepentingan orang lain (orang banyak), yang harus diiringi pula dengan keahlian, keterampilan dan tanggung jawab.

4. Doni Koesoema A.

Yang dimaksut Profesi merupakan pekerjaan, dapat juga berwujud sebagai jabatan di dalam suatu hierarki birokrasi, yang menuntut keahlian tertentu serta memiliki etika khusus untuk jabatan tersebut serta pelayanan baku terhadap masyarakat.

5. Schein, E.H (1962) 

Profesi adalah suatu kumpulan atau set pekerjaan yang membangun suatu set norma yang sangat khusus, yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat.

6. Hughes, E.C (1963) 

Menyatakan bahwa ia mengetahui lebih baik dari kliennya tentang apa yang diderita atau terjadi pada kliennya.

7. Daniel Bell (1973) 

Pengertian Profesi adalah aktivitas intelektual yang dipelajari, termasuk pelatihan yang diselenggarakan secara formal ataupun tidak formal dan memperoleh sertifikat yang dikeluarkan oleh sekelompok / badan yang bertanggung jawab pada keilmuan tersebut dalam melayani masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Hak dan Kewajiban

Menggunakan etika layanan profesi dengan mengimplikasikan kompetensi mencetuskan ide, kewenangan ketrampilan teknis dan moral serta bahwa perawat mengasumsikan adanya tingkatan dalam masyarakat.

8. Paul F. Comrnisch (1983) 

Profesi adalah “komunitas moral” yang memiliki cita-cita dan nilai bersama.

Perbedaan Profesi dengan Pekerjaan

Sejak dahulu, masyarakat selalu memelihara mindset yang mengungkapkan bahwa profesi sama dengan pekerjaan, padahal kenyataannya berbeda.

Sebuah profesi pastilah berupa pekerjaan, namun pekerjaan belum tentu menjadi profesi. Diferensiasinya adalah, profesi memiliki banyak aturan dan mekanisme kerja yang harus dipatuhi, sedangkan pekerjaan tidak punya hal tersebut.

Sebuah hal yang patut untuk diluruskan bahwa pengetahuan masyarakat selama ini harus diarahkan dan dibenah, supaya tidak salah persepsi dan penganggapan lagi.

2. Pengertian Profesional

Secara umum, Profesional adalah seseorang yang punya kualitas, keahlian dan kepiawaian dalam menjalankan profesi, pekerjaan atau tugas yang diembankan maupun dalam usaha dia sendiri. Berikut adalah beberapa pendapat ahli :

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Profesional bersangkutan dengan profesi yang memerlukan kepiawaian khusus untuk menjalankan suatu kegiatan.

2. Aholiab Watloly
Profesional adalah orang yang berdisiplin dan menjadi “kerasan” dalam pekerjaannya demi menjaga kedisiplinan dan pengupayaan konsisten.

3. Oerip S. Poerwopoespito
Profesional merupakan sikap yang mengacu pada peningkatan kualitas dari Profesi yang dijalankan.

4. Lisa Anggraeny
Profesional merupakan suatu tuntutan bagi seseorang yang sedang mengemban amanahnya agar mendapatkan proses dan hasil yang optimal, serta relevan dengan tujuan.

5. Budy Purnawanto
Arti Profesional merupakan bagian dari proses, fokus kepada output, dan berorientasi ke customer.

6. Kusnanto
Profesional adalah seseorang yang memiliki kompetensi dala suatu pekerjaan tertentu

7. Daryl Koehn
Profesional adalah orang yang memberikan pelayanan kepada klien.

Untuk menjadi seseorang yang profesional pada bidang yang digelutinya, maka membutuhkan kinerja yang maksimal serta terus melakukan pengembangan-pengembangan baru dan inovasi brilian, supaya profesi yang digeluti tetap maju dan semakin berhasil.

Baca Juga : Pengertian Wirausaha

Selain itu, pengembangan dan inovasi yang dilakukan adalah upaya untuk menjadi orang yang benar-benar dipercaya dan bisa terus bersaing untuk jadi yang terbaik dibidangnya.

C. Pengertian Profesionalisme

Berikut adalah definisi Profesionalisme menurut beberapa Ahli :

1. Kiki Syahnarki

Profesionalisme merupakan “roh” yang menggerakkan, mendorong, mendinamisasi dan membentengi dari tendensi penyimpangan serta penyalahgunaannya baik secara internal maupun eksternal.

2. Doni Koesoema A.

Profesionalisme merupakan salah satu cara bagi guru untuk merealisasikan keberadaan dirinya sebagai pendidik karakter.

3. Onny S. Prijono

Profesionalisme merupakan kemampuan untuk memasuki ajang kompetisi sebagai antisipasi menghadapi globalisasi jaman.

4. Pamudji (1985)

Profesionalisme memiliki arti lapangan kerja tertentu yang digeluti oleh orang – orang tertentu yang memiliki kemampuan tertentu pula.

5. Korten & Alfonso (1981)

Yang dimaksud dengan profesionalisme adalah kecocokan antara kemampuan yang dimiliki oleh birokrasi (bureaucratic-competence) dengan kebutuhan tugas (ask – requirement).

6. Ahmad Bahar

Profesionalisme merupakan usaha suatu kelompok untuk memperoleh pengawasan atas sumber daya yang berhubungan dengan suatu bidang pekerjaan tertentu.

7. Abd. Rahim Abd. Rashid

Profesionalisme merupakan satu aspek penting dalam meningkatkan integritas sumber daya manusia (SDA).

8. Ahman Sutardji & Endang Budiasih

Pengertian Profesionalisme adalah wujud dari upaya optimal yang dilakukan untuk memenuhi apa-apa yang telah diucapkan, dengan cara yang tidak merugikan pihak-pihak lain, sehingga tindakannya bisa diterima oleh semua unsur yang terkait.

Untuk lebih detailnya, silahkan simak di Wikipedia ini.

D. Profesionalitas (Bonus)

Pengertian Profesionalitas adalah Sikap. Dimana sikap yang dimaksut adalah bagaimana seseorang menjalani profesinya untuk bisa berbuat, bertingkah dan menggunakan pemikiran yang matang selama mengemban pekerjaannya.

Perbedaan Profesi, Profesional dan Profesionalisme

Perbedaan ketiga istilah ini pada dasarnya terletak pada Keahlian. Skill khusus yang dimiliki seseorang bisa menghantarkan dia untuk punya sebuah Profesi dan menjadi seorang yang profesional, lalu secara konsisten dan terus-menerus mengupayakan perkembangan untuk menjadi Profesionalisme.

Baca juga : Pengertian Manajemen POAC

Demikianlah, Pengertian Profesi, Profesional, Profesionalisme dan Profesionalitas menurut para ahli dan secara umum serta perbedaan masing-masing. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar