Iklan header





Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri

Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal adanya istilah Pembeli, penjual dan pengatur harga barang. Sebagai masyarakat sosial, anda mungkin saja berperan sebagai konsumen maupun produsen. Namun tahukah anda, dalam ilmu ekonomi, anda berada pada lingkup Pelaku Ekonomi.

Pelaku Ekonomi pada dasarnya terdiri dari 4 kelompok, yakni Rumah tangga Konsumen, Produsen, pemerintah dan masyarakat luar negeri. Masing-masing dari kelompok tersebut memiliki fungsi dan peran dalam menjalankan aktivitas ekonomi yang terus-menerus tanpa henti.

Rekomendasi : Pengertian Institusi

Pelaku kegiatan ekonomi ini merupakan orang / perorangan maupun kelompok organisasi yang terorganisir, dalam melakukan serangkaian kegiatan perekonomian mulai dari Konsumsi, produksi hingga distribusi. Dari ke-4 pegelut perekonomian ini, sejatinya sama-sama memiliki hubungan erat dan timbal balik.

Peran rumah tangga yang terjadi pun saling memberikan kontribusi terhadap yang lainnya. Jika satu saja diantara 4 pelaku ekonomi ini tidak berjalan maksimal, maka elemen lainnya kemungkinan besar akan teganggu pula kelancarannya.

Nah, dibawah ini akan saya uraikan mengenai Pengertian dan Peran Rumah tangga konsumen, produsen, pemerintah dan masyarakat luar negeri satu-persatu untuk anda. Silakan disimak sampai selesai.


1. Peran Rumah Tangga Konsumen

Pengertian rumah tangga konsumen adalah orang atau kelompok masyarakat yang berperan sebagai pengguna, pembeli dan pemakai produk atau jasa, yang dihasilkan dan ditawarkan oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Setiap orang akan menjadi konsumen di suatu waktu berbeda. Kehidupan yang terus berjalan akan memberikan kesempatan untuk menggunakan dan memakai berbagai macam barang dan jasa, yang menyebabkan ketergantungan untuk mempertahankan hidup dari waktu ke waktu.

Peran rumah tangga konsumen adalah sebagai penyedia bahan baku atau distributor faktor produksi, yang kemudian dijual ke produsen untuk nantinya diolah sebagai bahan jadi untuk dipakai dan diperjualbelikan ke pasar.

Selain itu, fungsi rumah tangga konsumen tentunya juga sebagai pembeli dan pengguna output barang atau jasa, yang telah dihasilkan oleh produsen / perusahaan demi memenuhi kebutuhan masyarakat umum.

2. Peran Rumah Tangga Produsen

Definisi Rumah Tangga Produsen adalah perusahaan atau organisasi yang bertugas mengolah bahan mentah dari konsumen atau supplier, serta barang setengah jadi menjadi barang yang siap pakai atau diperjualbelikan.

Contoh rumah tangga produsen asalah perusahaan industri, perusahaan dagang dan jasa, baik dari perseorangan, CV, Firma hingga PT. Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, juga bertujuan meraih laba sesuai visi dan misi perusahaan yang direncanakan sejak awal.

Selengkapnya : 

Peran Rumah tangga Produsen antara lain adalah sebagai penjual hasil produksi kepada konsumen dan pelaku ekonomi yang lain, membayar pajak kepada pemerintah, pembayaran kompensasi (upah pekerja) dan sebagai penggerak perekonomian atau agen pembangunan.

3. Peran Rumah Tangga Pemerintah

Rumah tangga pemerintah adalah pelaku ekonomi yang menjadi penengah diantara pelaku-pelaku perekonomian lainnya. Mereka merupakan badan yang bertugas mengatur, mengendalikan seluruh aspek dalam perekonomian dengan tujuan memberikan kesejahteraan dan kemakmuran kepada masyarakat.

Selaku pihak yang mempunyai kekuasaan tertinggi, seluruh kebijakan dan ketentuan harus dipatuhi terutama oleh rumah tangga produsen, misalnya dalam menetapkan harga satuan produk, penentuan upah minimum regional, pemberian batasan-batasan terhadap penggunaan faktor produksi dan lainnya.

Selain itu, fungsi rumah tangga pemerintah adalah menjaga stabilitas ekonomi nasional, menciptakan kekondusifan keadaan dalam dunia udaha, memproduksi barang dan jasa melalui BUMN serta membelanjakan pendapatan negara demi keperluan pemerintah.

Baca juga :

4. Peran Rumah Tangga Luar Negeri

Pelaku perekonomian yang terakhir adalah rumah tangga luar negeri, yakni orang atau kelompok yang menjadi pengguna produk dalam negeri, dengan melalui tahap Ekspor dan Impor terlebih dahulu. Beberapa peran rumah tangga luar negeri antara lain adalah sebagai konsumen, investor dan ahli :
  • Sebagai Konsumen
Karena berada di luar negara yang memproduksi, maka akan diberlakukan kegiatan ekspor barang ke luar negeri, sehingga orang-orang disana bisa menikmati produk dan jasa yang ada. Dengan demikian, keuntungan yang didapat oleh pihak perusahaan akan meningkat
  • Sebagai Investor
Anda pasti menyadari betapa banyaknya perusahaan di Indonesia yang status kepemilikannya adalah masyarakat luar negeri seperti China dan Amerika.

Hal semacam ini akan memberikan keuntungan timbal balik, dimana masyarakat internal bisa mendapatkan pekerjaan dari organisasi yang dimiliki investor tersebut.
  • Sebagai Produsen
Keterbatasan sumber daya alam di dalam negeri untuk memproduksi produk sudah dirasakan sejak dulu, sehingga mau tidak mau, pihak perusahaan harus melakukan kerjasama dengan mengadakan sistem inpor, untuk mendapatkan jumlah dan kualitas bahan baku yang nantinya akan diproduksi menjadi barang jadi.
  • Sebagai Ahli
Kita juga menyadari keterbatasan para ahli dalam memajukan suatu usaha, makanya wajar saja banyak perusahaan-perusahaan yang mendatangkan orang asing untuk menjadi ahli dan pemerhati dalam mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan.

Selengkapnya :
___________

Penutup

Demikianlah, Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen, Pemerintah dan Masyarakat luar negeri. Semoga bisa memberikan pemahaman tentang Pelaku Ekonomi untuk menambah wawasan anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel