20+ Jenis Usaha Rumahan di Pedesaan dengan Modal Kecil dan Menjanjikan Untung Besar (2019)

Peluang Usaha Rumahan di Desa
Usaha Potensial di Desa | By Kolomsatu.com
Sebenarnya, ada banyak sekali Peluang Usaha potensial di desa yang menjanjikan, hanya saja, kebanyakan orang selalu terkendala dengan biaya, alias modal. Apalagi jika tinggal dan hidup di desa, yang notabene penghasilannya relatif kecil.

Kendati demikian, sebelum memulai usaha mereka harus memutar otak untuk menemukan peluang bisnis di pedesaan modal kecil dan tentunya banyak diminati. Sehingga, perkara kendala  mengenai biaya awal tidak terlalu menjadi beban pikiran lagi.

Selain biaya, yang menjadi tantangan berikutnya adalah persaingan. Mengapa? Kita tidak bisa memungkiri bahwa peluang usaha di desa berkembang saat ini cukup tinggi, mengingat informasi dan wawasan yang ada sudah sangat mudah untuk diakses dan didapatkan.

Alhasil, menyebabkan tingkat persaingan menjadi ketat. Dan juga, Jenis Bisnis di pedesaan sudah sangat beragam bentuknya, mulai dari bisnis kuliner, jasa, penyewaan dan sebagainya. Untuk itu, banyak hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis di perkampungan.

Tujuannya adalah, supaya perjalanan bisnis anda kedepannya tidak mengalami masalah yang terlalu serius, misalnya kekalahan dalam bersaing, peminat yang kurang, Kompetitor yang banyak hingga kemungkinan kebangkrutan.

Jenis Bisnis di Pedesaan yang Menjanjikan bagi Pemula di Pedesaan

Untuk itu, sebelum memulai inovasi usaha di desa, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu, antara lain adalah Memahami Tahap-Tahap Produksi Produk, Menyusun dan menjalankan Strategi Pemasaran, Memahami Cara Pelayanan yang Baik terhadap Konsumen Hingga Cara mendapatkan banyak Pelanggan Setia.

Bagaimana? Apakah anda tertarik? Baiklah, dibawah ini adalah beberapa Bisnis Rumahan di Pedesaan modal kecil untung besar yang bisa anda coba mulai sekarang.

1. Jasa Jahit

Ide bisnis di perkampungan yang pertama adalah membuka jasa jahit. Mengapa saya menempatkannya pada posisi pertama? Karena usaha jasa jahit akan selalu dibutuhkan dan diminati sepanjang masa.

Hal ini sudah saya buktikan sendiri di kampung saya, yang terdapat sekitar 2-3 usaha jahit rumahan, dan selalu banjir orderan dari masyarakat dalam maupun luar kampung.

Berdasarkan bukti tersebut, saya berani berargumen bahwa jasa jahit akan tetap tenar dan awet tanpa lekang oleh waktu. Anda juga pasti menyadari, tidak semua orang bisa mengaplikasikan mesin jahit dengan baik dan rapi.

Bukti lain adalah, banyaknya pelatihan-pelatihan khusus jahit yang sudah tersebar ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Jika anda berniat, saya anjurkan untuk mengikuti kursus atau pelatihan terlebih dahulu, demi memaksimalkan kinerja dan hasil yang diciptakan.

2. Jasa Laundry Kiloan

Bisnis di desa yang kedua yakni Usaha Laundry Kiloan. Laundry Kiloan adalah sebuah jasa yang memanfaatkan peralatan khusus seperti mesin cuci, pewangi dan sebagainya, yang berfungsi untuk membersihkan berbagai jenis pakaian.

Tanpa dijelaskan lagi, anda pasti sudah kenal atau setidaknya mendengar jasa laundry ini, terutama bagi anda yang pernah tinggal di lingkungan perkotaan atau daerah-daerah yang ramai.

Saya sudah menyajikan informasi yang lengkap mengenai usaha jasa yang satu ini. Anda bisa membacanya di :

3. Potong Rambut

Peluang bisnis di kampung berikutnya adalah jasa potong rambut. Jasa yang satu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Semua orang di berbagai belahan dunia pasti pernah menggunakan jasa ini sejak kepala mereka tumbuh rambut dan mulai memanjang.

Semasa kecil dulu, baik yang tinggal di desa mau kota pasti menggunakan jasa tukang pangkas rambut, terutama saat memasuki masa-masa tahun ajaran baru dan menjelang lebaran, usaha yang satu ini akan laris manis.

Modal awal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Selain skill, selanjutnya adalah tempat usaha (bisa dirumah sendiri), peralatan potong rambut, kursi, meja, kaca dan kain panjang. Meski modal kecil, namun potensinya cukup besar.

4. Rental PS (PlayStation)

Rental PS (PlayStation) adalah tempat bermain game yang umumnya ada di berbagai daerah di Indonesia. Meskipun Smartphone telah mendominasi sebagian besar permainan-permainan yang lebih simpel dan instan, namun PlayStation masih menjadi salah satu primadona, terutama di desa.

Penyebabnya adalah jaringan internet yang masih belum merata, sedangkan game via android mayoritas memerlukan koneksi internet yang kuat untuk memainkannya. Sehingga, usaha bisnis rental PS tetap salah satu usaha yang berpotensi besar.


5. Usaha Kuliner

Peluang Usaha Rumahan di Desa
Kuliner di Desa | By Desawisatabelimbing.com
Ide usaha di desa berikutnya adalah membuka bisnis kuliner. Kuliner disini sangat banyak pilihannya, namun untuk daerah pedesaan, anda harus menyesuaikan selera dan daya beli masyarakat setempat.

Yang paling umum yakni kuliner masakan cepat saji dan tidak tahan lama, seperti Lontong, Pecal, Bakso, Soto dan sebagainya.

Hingga kini, usaha kuliner jenis ini masih sangat menjanjikan dan diburu para peminat. Banyak yang menjadikannya sebagai sarapan, maupun santapan makanan ringan yang cita rasanya beragam dan harga yang terjangkau. Anda bisa memulainya hanya dengan modal yang kecil.

6. Bisnis Minuman Kemasan

Hampir sama dengan usaha kuliner, bisnis minuman juga banyak diminati. Pasar pertama yang paling potensial adalah kalangan anak muda / remaja. Biasanya lapak-lapak minuman menjadi tongkrongan favorit di malam hari.

Jenis minuman yang bisa diperdagangkan juga beranekaragam, namun modal dan keuntungan tetap sama dan seimbang. Kalo kamu berminat, berikut ini adalah beberapa jenis usaha minuman yang bisa dijalankan dari rumah :
  • Aneka Jus Buah Segar (Jus Alpukat, Buah Naga, Mangga, Apel, Tomat dll)
  • Berjualan Es Krim (Baca : Tips Memulai Bisnis Es Krim yang Sukses)
  • Minuman Bubble Dingin Kemasan
  • Minuman Gelas Plastik / Kemasan (Cappucino Cincau, Nutrisari, Pop Ice)
  • Dll


7. Warung Kelontong

Warung / Toko Kelontong adalah tempat menjual beragam kebutuhan masyarakat secara umum dan berada di daerah ramai maupun semi-ramai. Secara fisik dan pelayanan, toko kelontong masih terkesan tradisional, dimana pembeli tidak semuanya bisa mengambil barang yang dikehendakinya sendiri.

Toko semacam ini umumnya berlokasi di jalan yang ramai, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), stasiun kereta api dan pedesaan. Memang sudah banyak toko kelontong modern yang bisa ditemukan seperti Circle K, Indomaret, Alfamart, dan 7-Eleven, anda tidak akan menemukan kelontong diatas di desa.

Alhasil, potensi toko kelontong sederhana di pedesaan masih tergolong menjanjikan, karena peminatnya yang tidak akan habis, mengingat banyaknya ragam barang yang diperjual-belikan disana.

8. Beternak

Peluang usaha di desa selanjutnya ialah beternak. Ada banyak jenis hewan yang bisa memberikan keuntungan terus-menerus, misalnya seperti Ayam dan Lele. Telur dari ayam bisa dijual dan Harga lele yang terus melambung.

Sementara, kebutuhan akan daging sangat besar, sehingga bisa menjadi ladang keuntungan bagi anda yang berminat. Namun sebelum memulai, anda harus lebih dulu mendalami ilmu pengenai dunia peternakan. Anda bisa bertanya langsung ke orang yang sudah berpengalaman, atau mengikuti kursus dan pelatihan.

9. Warung Kopi

Peluang Bisnis di desa berikutnya adalah warung kopi. Memang keuntungan yang diraih tidak sebesar jika dibangdingkan dengan usaha UKM favorit lainnya. Hal ini karena harga per-satuan beli juga relatif kecil. Selain itu, peminat kopi hitam saat ini tidak seperti beberapa tahau terakhir.

Di Pedesaan, kenyataan diatas tidak berpengaruh, yang mayoritas masyarakatnya masih belum terlalu update dengan jenis minuman modern saat ini. Bahkan bukan hanya golongan orangtua saja, tapi juga para remaja yang suka begadang malam dengan tujuan tertentu.

Untuk itu, membuka usaha warung kopi di pedesaan akan memberikan laba yang tetap dan terus-menerus, alias tidak akan lekang oleh waktu. Anda hanya perlu menguasai bagaimana cara mengaet pelanggan mengingat banyaknya Kompetitor, serta sedikit teknik marketing sederhana.


10. Konter Pulsa

Usaha di desa berjenis konter pulsa ini sudah menyebar secara besar di setiap daerah. Konter pulsa menjadi prioritas utama saat seseorang ingin menggunakan Hp nya untuk suatu kepentingan, sebut saja seperti pengisian pulsa dan kuota internet.

Peluang yang satu ini menurut saya sangat potensial, mengingat jumlah pengguna smartphone dan pemerataan jaringan internet yang terus diupayakan, menjadikan konter pulsa sebagai salah satu usaha yang menjanjikan di pedesaan sampai kapanpun.

11. Jual Gorengan

Memang terkesan sepele, jual gorengan dianggap bukanlah usaha rumahan yang menguntungkan, karena orang-orang hanya memandang harga satuan dan peminat yang sedikit. Menurut saya itu salah besar.

Karena faktanya, kreativitas manusia bisa menciptakan berbagai macam gorengan dengan gaya dan rasa yang unik, sehingga mampu menciptakan kesan menarik yang bisa menggaet banyak pelanggan setiap harinya.

Harga per-satuannya memang murah, namun tidak akan ada penjual gorengan yang hanya menjual beberapa biji saja, melainkan ratusan. Jika dilibatkan faktor kali didalamnya, untung yang didapat bisa berlipat-lipat, yang diawali dengan modal minim.

12. Depot Air Minum

Depot air minum isi ulang adalah jenis usaha rumahan yang menjanjikan di desa berikutnya. Meskipun modal yang dibutuhkan lumayan besar, namun potensinya tidak akan pernah surut. Cerminannya bisa dilihat ke belakang pada beberapa tahun terakhir.

Di kampung saya sendiri. Awal mula bisnis depot air minum ini tidak terlalu disukai, mengingat air bersih masih melimpah. Namun saat ini, selain debit air bersih yang mulai berkurang, juga perubahan kebiasaan manusia yang suka dengan hal-hal instan, membuat bisnis depot air minum sangat dibutuhkan dan diminati.


13. Usaha Bengkel

Bisnis di desa selanjutnya ialah membuka usaha bengkel. Di semua daerah yang minimal telah masuk akses motor (roda dua), bengkel seakan-akan menjadi sebuah hal yang wajib ada disana. Pengendara tidak akan pernah tahu kapan motornya akan akan rusak atau mogok.

Hal ini juga didukung oleh ketidakmampuan semua pemilik sepeda motor untuk melakukan penyervisan langsung ke Showroom yang bersangkutan. Apalagi jika berasal dari daerah pedesaan, yang umumnya jarak dengan showroom cukup jauh.

Sehingga, usaha bengkel pasti laris manis. Namun sebelum memulai, anda harus menguasai ilmu seputar dunia roda dua, mulai dari mengenal nama-nama sparepart, penganalisaan kerusakan hingga melakukan maintenance (perbaikan).

14. Bimbel Rumahan

Peluang Usaha Rumahan di Desa
Usaha Bimbel Rumahan | By Masfrandy.com
Sebagian besar daerah pedesaan di Indonesia masih sangat jarang ditemukan adanya jasa bimbel rumahan, malah usaha ini berkembang pesat di daerah perkotaan atau perumahan-perumahan elit. Ini disebabkan oleh banyaknya anak yang kurang efektif jika belajar di sekolah.

Sebingga orangtua mengambil inisiatif untuk menyewa jasa tenaga bimbel / guru privat, baik didatangkan ke rumah langsung, maupun sebaliknya.

Karena usaha ini masih jarang di pedesaan, tentunya persaingan juga sedikit. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapat masukan tambahan. Namun ingat, anda juga harus memiliki wawasan yang luas mengenai kategori bimbel yang anda sediakan.


15. Wedding Photography

Beberapa tahun belakangan, istilah "Prewedding" sudah mewabah hingga ke pedesaan. Usaha di kampung yang satu ini mulai diminati banyak orang yang ingin atau sedang melangsungkan resepsi pernikahan mereka. Mengabadikan momen pernikahan tentunya bukanlah perkara baru, bahkan kesannya wajib.

Bagi anda yang memiliki skill dalam dunia fotografi, bisnis ini sangat cocok dijadikan usaha sampingan, mulai dari menyediakan jasa Foto Prewedding, maupun Resepsi pernikahan. Anda cukup menyediakan beberapa alat pemotretan dengan spesifikasi yang sesuai.

Untuk informasi selengkapnya, silakan disimak : Tips Sukses Memulai Bisnis Jasa Wedding Photography dari Sekarang

16. Doorsmer

Doorsmer adalah jasa pencucian sepeda motor dan mobil. Doorsmer sering kita temukan di berbagai daerah, baik desa maupun kota. Sebenarnya, jasa yang satu ini lebih cocok dan efisien jika berada di daerah perkotaan daripada pedesaan.

Kenapa? Karena masyarakat kota yang umumnya punya jam kesibukan yang tinggi, dan susahnya sumber air bersih. Sedangkan di pedesaan, kita tahu bahwa akan banyak anak sungai, sungai dan parit yang masih cukup bersih untuk digunakan mencuci kendaraan.

Namun tetap saja, usaha doorsmer ini punya banyak peminat dan pebisnisnya. Karena jenis usaha ini terkategori sampingan dan hanya dijalankan saat ada pelanggan saja.

17. Sewa Mobil

Sekarang, mobil tidak lagi hanya identik dengan keadaan atau masyarakat perkotaan. Mobil menjadi salah satu kendaraan yang sudah mulai diminati di pedesaan. Di desa tempat saya tinggal sekarang, Jasa sewa mobil sudah cukup banyak.

Ini menjadi bukti bahwa usaha rumahan kategori sewa mobil cukup potensial. Misalnya disewakan untuk bepergian ke suatu tempat yang melibatkan beberapa orang dan barang bawaan yang banyak, tentu saja dengan memakai mobil akan lebih simpel dan efisien.

18. Jasa Servis Elektronik

Peluang usaha di desa berikutnya adalah jasa servis elektronik, seperti televisi, handphone, kulkas, speaker dan perlengkapan-perlengkapan elektronik perumahan lainnya. Jenis jasa yang satu ini saya akui akan banyak mendatangkan pelanggan dan laba.

Selain menjadi sebuah kebutuhan, barang-barang elektronik sangat rentan dengan kerusakan. Perbaikannya juga tidak semua orang bisa melakukan. Untuk itu, mereka akan membutuhkan jasa servis. Disinilah anda mengambil kesempatan.

Namun anda harus memiliki skill di bidang ini, supaya setiap keluhan dan masalah klien bisa diatasi dengan baik. Begitu juga pelayanan prima yang menyebabkan para pelanggan tetap setia dan tidak lari ke Kompetitor.


19. Agen Pembayaran Resmi

Listrik dan jaringan internet perlahan mulai memasuki daerah pedesaan. Dengan begitu, masyarakat disana mulai memahami dan dekat dengan kemudahan-kemudahan yang mampu membantu segenap pekerjaan mereka, terutama yang berhubungan dengan listrik dan internet.

Agen pembayaran resmi adalah tempat dimana seseorang bisa membayar tagihan mereka menggunakan pihak ketiga, tanpa harus mengunjungi kantor penyedia layanan secara langsung. Hal ini tentunya memberikan keringanan bagi mereka sebagai pengguna, serta menghemat waktu dan risiko.

20. Pertamini

Jumlah pengguna motor di indonesia menunjukkan angka pertumbuhan yang signifikan dari waktu ke waktu. Di pedesaan saja, dalam satu keluarga bisa memiliki sepeda motor hingga 3 biji. Dari sana bisa diambil cerminan betapa sepeda motor telah mendominasi sebagian besar daerah.

Mendirikan Lapak Pertamini dalam menjual bahan bakar sepeda motor bukan lagi hal yang asing. Kebutuhan akan BBM sangat tinggi mengingat jumlahnya yang kian meledak. Untuk itu, peluang usaha pertanini adalah bisnis yang sangat potensial dan menjanjikan.


21. Warnet

Peluang usaha rumahan yang menjanjikan terakhir adalah Warnet. Saat ini, siapa yang tidak kenal warnet?. Potensi bisnis ini sebenarnya sudah cukup tua. Dahulu memang sangat diminati di perkotaan.

Namun kini, eksistensinya perlahan berkurang akibat perkembangan telepon pintar yang mempermudah segala akses, baik browsing hingga bermain game. Namun tidak untuk di pedesaan, karena jaringan internet yang masih terkesan lemot.

Selain itu, warnet juga dimanfaatkan anak-anak sekolahan / kuliah untuk mengerjakan tugas pendidikan mereka. Kalau menurut saya, warnet masih tergolong usaha yang menjanjikan, meskipun modal awal yang diperlukan relatif besar.
__________________

Demikianlah, pembahasan kali ini mengenai 21 Peluang Usaha Rumahan di Pedesaan yang potensial, menjanjikan dan modal kecil. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. Simak juga ulasan menarik lainnya di bawah ini.

Disarankan :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel