12+ Peluang Usaha Unik, Potensial, Sedikit Pesaing dan Masih Jarang di Indonesia

12+ Peluang Usaha Unik, Potensial, Sedikit Pesaing dan Masih Jarang di Indonesia


Peluang usaha Bisnis yang masih jarang di Indonesia – Dunia Bisnis terus menunjukkan tingkat perkembangan yang pesat, hal ini dibuktikan dari banyaknya tipe usaha yang digeluti masyarakat secara luas, baik golongan bawah, menengah dan golongan atas.

Ditambah lagi perkembangan dunia digital yang semakin modern, menyebabkan perluasan ladang bisnis yang telah memasuki dunia online. Fakta ini bisa dibuktikan dari tingkat angka transaksi jual beli di internet melalui E-commerce yang begitu tinggi, dari waktu ke waktu.

Peluang Usaha di Tanah Air sangat banyak sekali jenisnya, contohnya saja Usaha rumahan, usaha melalui smartphone, bisnis properti, Jasa, Bisnis via online, usaha yang jarang tapi dibutuhkan dan masih banyak lagi. Calon pebisnis bahkan bebas memilih mana yang mereka mau untuk dimulai dan dikembangkan.

Namun dibalik hiruk-piruknya dunia bisnis ini, tidak sedikit juga yang akhirnya harus gagal dan gulung tikar karena beberapa sebab, antara lain ketidak-pahaman strategi pemasaran, kesalahan perencanaan keuangan, dan pastinya kekalahan dari kompetitor di pasar umum.

Mau tidak mau mereka harus memutar otak  lagi. Berkat pola pikir yang kian maju dan kemudahan dalam mengakses segala hal, menyebabkan para pebisnis bisa menemukan dan mengaplikasikan ide, maupun inovasi brilian mereka ke dalam bentuk usaha, yang akhirnya menciptakan peluang usaha baru, bahkan usaha di luar negeri yang belum ada di indonesia sekalipun.

Nah, karena usaha masih sepi dan sedikit pesaing, mereka bisa memanfaatkan momen ini untuk memberikan perlawanan usaha, dengan produk-produk berkualitas dan baru milik mereka kepada pesaing.

Jika anda adalah seorang pebisnis yang masih bingung mau membuka jenis usaha seperti apa, bisa mencoba eksperimen diatas. Atau untuk menambah referensi, baca ulasan dibawah ini, yakni tentang usaha yang masih jarang tapi menguntungkan. Check this out!

1. Dekorasi Kue

Bisnis yang masih jarang digeluti pertama adalah dekorasi kue. Kue merupakan santapan khas dalam beberapa acara, seperti pesta pernikahan, hajatan dan perayaan ulang tahun.

Tanpa ada kue, sebuah penyelenggaraan acara akan terasa kurang lengkap. Selain rasanya yang enak, penambahan sedikit dekorasi atau Motif yang unik akan memberikan kesan yang lebih indah dan menarik.

Permintaan terhadap jasa dekorasi kue sebenarnya cukup tinggi, buktinya ada beberapa contoh orang yang memanfaatkan peluang ini hingga beromzet puluhan juta rupiah.

Baca juga : 65 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil dan Menjanjikan

Cara promosinya juga tidak ribet dengan biaya yang minim. Anda cukup memposting karya seni anda ke akun media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Jika anda punya ide dan kekreativitasan tentang bisnis ini, silakan mencoba.

2. Sketsa Sendal Jepit

Bisnis jarang pesaing selanjutnya adalah pencetakan sketsa sendal jepit. Meskipun umumnya sendal jepit hanya digunakan untuk ke kamar mandi atau sekitar rumah saja, namun hal itu tidak berlaku di desa.

Saya sendiri hingga saat ini masih setia menggunakan sendal jepit, bahkan ketika hendak keluar rumah, seperti ke kedai atau keperluan lainnya dimuar rumah.

Meski kegunaannya hanya terbatas bagi sebagian orang, namun saat dipoleskan sedikit karya kedalamnya, maka nilai jual dan seni-nya akan bertambah. Tentu hal ini bisa anda manfaatkan sebagai usaha baru dengan modal kecil yang potensial serta simpel.

3. Lampu Hias dari Barang Bekas

12+ Peluang Usaha Unik, Potensial, Sedikit Pesaing dan Masih Jarang di Indonesia
Ilustrasi Lampu Hias

Ide bisnis yang masih jarang di Indonesia selanjutnya adalah dekorasi lampu hias dari barang-barang bekas. Usaha ini sejatinya tidak tergolong baru lagi, dalam artian sudah lama, peminat dan angka permintaannya juga cukup tinggi.

Namun untuk memulai usaha ini tidak mudah, setidaknya anda harus punya ide-ide yang unik dan menarik untuk mendesain bentuk lampu. Sebagai referensi lebih lengkap, silakan browsing di Internet, anda bisa menemukan banyak sekali dekorasi lampu hias yang telah dulu diperjualbelikan.

Baca juga : 5 Waktu yang Tepat untuk Memulai Bisnis

Modal yang digunakan juga kecil, sebut saja seperti bolham dan properti lain yang umumnya terbuat dari bahan plastik atau kardus. Jika anda tekun menggeluti usaha ini, anda berpeluang meraih laba yang fantastis.

4. Bisnis Ternak Kecoa dan Jangkrik

Tidak bisa dipungkiri bahwa hewan seperti kecoa dan jangkrik hanya sebatas hewan yang menjijikan maupun sumber penyakit. Hal ini wajar saja mengingat kedua jenis hewan ini memang tergolong tidak disukai mayoritas orang.

Namun tahukah anda, beternak kecoa dan jangkrik bisa menjadi usaha bisnis baru yang akan memberikan anda pemasukan yang besar. Pasalnya, Kecoa dan jangkrik merupakan makanan berbagai macam ikan dan unggas.

Di pasar tradisional tempat saya tinggal sekarang, ada yang beternak dan menjual dua hewan ini. Keuntungan yang didapatnya sangat besar dan memiliki konsumen tetap, terutama bagi yang punya kolam / tambak ikan, dan Burung Peliharaan.

5. Produk Daur Ulang

Jenis bisnis yang belum banyak pesaing selanjutnya adalah usaha daur ulang produk bekas. Meski jenis usaha ini telah cukup marak di tengah masyarakat, namun hanya segelintir saja yang mampu mengembangkannya, karena memang memerlukan kreatifitas yang tinggi agar nilai jualnya juga tinggi.

Salah satu penyebab usaha ini hanya sedikit pesaing adalah kemajuan teknologi yang mempermudah pengaksesan segala hal, sehingga mendorong banyak orang untuk jadi konsumtif. Orang-orang lebih memilih yang instan daripada harus memanfaatkan barang lama untuk digunakan kembali.

Baca juga : Panduan Lengkap Memulai Bisnis UKM

Selain peluangnya yang masih terbuka lebar, anda juga telah ikut serta dalam mengurangi pencemaran lingkungan terhadap maraknya pembuangan sampah sembarangan, serta membantu mencegah Global Warming.

6. Penyewaan Kamera

Pergi liburan ke suatu tempat kurang lengkap rasanya jika tidak sempat mengamadikan momen, untuk itu dibutuhkan yang namanya kamera. Namun tidak semua orang memiliki barang ini, sehingga mereka tidak akan ragu untuk menyewa kamera sebelum bepergian.

Memang modal yang diperlukan tidak kecil dan tidak pula besar. Namun jika melirik pada peluang yang dijanjikan, potensinya cukup besar. Apalagi zaman sekarang anak-anak muda selalu ingin tampil keren, terutama upload-an di Media Sosial seperti Instagram.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Jasa Wedding Photography

7. Video Editor

Ide bisnis kreatif terbaru berikutnya adalah tukang edit video. Konten promosi yang digunakan mayoritas perusahana kecil maupun besar selalu berupaya menampilkan yang terbaik, demi menarik banyak pelanggan dalam proses pemasaran, dan salah satu konten paling bagus adalah berbentuk video.

Untuk menciptakan video yang keren, perusahaan umumnya akan menggunakan jasa editing video. Hasil video tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan promosi melalui Google AdWords, Video Youtube, Facebook Ads dan Iklan di Televisi.

Baca juga : 18 Peluang Bisnis melalui Smartphone Android

Harga jasa per-videonya juga tidak main-main. Anda hanya membutuhkan keahlian dalam mengedit dan dituntut mampu memberikan kesan persuasif bagi siapapun yang menonton.

8. Even Organizer

12+ Peluang Usaha Unik, Potensial, Sedikit Pesaing dan Masih Jarang di Indonesia
Event Organizer menuntut Kekompakan

Even Organizer adalah sebutan bagi orang yang bertugas merencanakan, mendekorasi, mengatur dan menyusun sebuah acara. Tapi untuk memulai bisnis jasa ini, anda harus membentuk sebuah tim yang sepemikiran dan punya pengalaman dalam hal pengelolaan sebuah acara.

Namun bisnis ini tidak akan ada matinya, semakin berkembangnya zaman, orang-orang akan lebih memilih menggunakan jasa EO karena terbukti lebih fleksibel dan praktis. Apalagi bagi lapisan masyarakat modern yang menginginkan serba instan, tanpa perlu ribet dan pusing.

10. Tempat Penitipan Hewan Peliharaan

Banyak orang yang punya hewan peliharaan kesayangan, yang terpaksa meninggalkannya di rumah saat hendak bepergian atau liburan dalam waktu yang relatif lama. Daripada harus meninggalkannya sendirian, mereka akan lebih memilih menitipkannya ke tempat penitipan hewan.

Itulah mengapa saat masa-masa liburan, tempat penitipan hewat peliharaan selalu dibanjiri orderan. Bahkan saking penuhnya, lama sebelum masa liburan konsumen telah membloking jasa tersebut terlebih dahulu.

Baca juga : Panduan Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Melihat potensi ini, jenis usaha jasa penitipan hewan sangat potensial untuk dikembangkan, karena permintaan yang banyak belum seimbang dengan jumlah pemenuhan yang tersedia.

11. Jasa Perawat Lansia

Peluang usaha yang masih jarang di Indonesia selanjutnya yakni jasa perawat Lansia (Orang Lanjut Usia). Selain mendapatkan upah, juga jiwa sosial anda yang semakin besar. Hal ini akan mengajarkan anda pengalaman dalam memberikan kasih sayang terhadap orang lain.

Sayangnya, jasa perawat lansia ini masih sangat sepi di tanah air, berbeda dengan jasa Baby Sitter yang sudah lama marak. Untuk itu, peluang bisnis ini cukup potensial untuk dikembangkan. Namun syarat utamanya adalah kemampuan dan pengalaman anda pada bidang ini, jadi tidak semua orang bisa menggelutinya.

12. Jasa Penulis Online

Masih berkaitan dengan perkembangan dunia internet, jasa penulis online benar-benar potensial mengingat banyaknya website-website yang membutuhkan para penulis di situs mereka. Anda bisa menjalankan usaha ini seorang diri secara Freelance.

Bukan hanya uang yang didapat, melainkan juga ilmu pengetahuan, wawasan dan teknik menulis yang baik, agar para klien nantinya merasa puas dengan tulisan anda. Selain itu, anda juga bisa mengerjakan orderan dimanapun tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Kebutuhan akan konten berbagai macam tema sangat besar, perkembangan website di Indonesia juga cukup tinggi, sehingga persaingan tentu semakin ketat pula. Agar mampu bersaing, pemilik website harus senantiasa mengupdate artikel dalam web nya.

Baca juga : 33 Langkah menjadi Wirausaha Muda yang Sukses

Tentu akan kesulitan jika dijalankan seorang diri. Oleh karena itu, mereka akan merekrut jasa penulis online untuk membantu membuatkan konten yang menarik dan berkualitas. Jika anda merasa cukup membuni dalam dunia tulis-menulis, peluang usaha ini layak untuk dicoba.

13. Flip Cover Handmade

Maraknya perkembangan Smartphone si Indonesia menjadi penyebab munculnya usaha Flip Cover Handmade ini. Setiap pemilik Smartphone tentu ingin gadgetnya tampil keren dan cantik dipandang mata.

Akhirnya, permintaan akan desain flip cover terus meningkat, namun penyedianya masih sangat sedikit. Bagi anda yang merasa punya kreativitas dan suka membuat hasil kerajinan unik, peluang bisnis flip cover cocok untuk dikembangkan.
__________________

Demikianlah, Jenis Usaha yang sepi pesaing, unik, potensial dan usaha yang masih jarang di Indonesia. Bagi anda yang berminat, silakan memilih dan mencoba salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan diatas.

Saran saya, cukup fokus terhadap 1 jenis saja terlebih dahulu, supaya proses pengembangannya lebih terfokus dan tidak terpecah. Semoga berhasil dan Terima Kasih.

Tinggalkan komentar