7 Peluang Usaha Malam Hari di Pedesaan yang Potensial dan Menjanjikan

7 Peluang Usaha Malam Hari di Pedesaan yang Potensial dan Menjanjikan

Jenis Usaha Malam Hari di Pedesaan hingga kini seakan-akan tidak ada perubahan. Orang-orang yang telah memulai sejak dulu mengungkapkan, usaha di desa masih itu-itu saja, artinya tidak ada inovasi baru yang mendorong masyarakat desa untuk lebih kreatif.

Salah satu penyebabnya adalah potensi peluang usaha di pedesaan masih tergolong minim dan stagnan dari masa ke masa. Berbeda halnya dengan di perkotaan yang punya tingkat persaingan tinggi, sehingga banyak bermunculan inovasi-inovasi brilian terhadap berbagai macam usaha yang menjanjikan di masa depan.

7 Jenis usaha sampingan di desa untuk Malam Hari yang Potensial

Jika memang begitu keadaannya, anda jangan putus asa dulu. Banyak sedikitnya jenis usaha di pedesaan, jika fokus pada 1 tipe saja dengan menekuninya secara sungguh-sungguh, peluang untuk sukses masih sangat besar.

Baca juga : Keuntungan Berbisnis di Pedesaan

Apalagi jika anda masih tergolong muda, yang sedang berada pada garis usia produktif. Memulai bisnis malam hari di pedesaan menjadi salah satu pilihan yang tepat dan potensial, jika dikembangkan dengan serius.

Untuk itu, berikut ini adalah Jenis-jenis Peluang Usaha Malam Hari di Pedesaan. Beberapa jenis yang akan saya tuliskan mungkin sudah familiar, namun ada juga yang masih jarang didengar.

1. Bisnis Usaha Warkop

Minuman kopi merupakan jenis minuman tradisional, yang secara turun-temurun terus dilestarikan di seluruh daerah di Indonesia. Warung kopi masih bisa kita jumpai hampir di semua tempat di seluruh daerah.

peluang usaha di desa berkembang ini yang dijalankan seseorang, umumnya pasti menyediakan minuman hangat yang beragam, dan Kopi Hitam pasti tidak akan ketinggalan. Karena minuman ini tergolong wajib ada pada malam hari.

Selain peminatnya yang sangat banyak di pedesaan, bisnis warung kopi ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Pelanggan yang selalu ada menjadikan usaha ini sangat potensial di daerah pedesaan.

Satu lagi, tongkrongan paling umum di pedesaan ialah warung kopi, terutama di malam hari. Tentu kesempatan meraih laba yang lumayan terbuka lebar disini.

Selengkapnya : 6 Keuntungan membuka Usaha Warkop di Pedesaan

Ditambah lagi zat bubuk kopi hitam yang mengandung Kafein yang tinggi, sehingga bisa membuat peminumnya jadi susah mengantuk. Tentu hal ini dibutuhkan bagi mereka yang bertugas jaga-jaga atau Ronde malam.

2. Bisnis Kuliner

Peluang usaha di malam hari berikutnya adalah kuliner. Contohnya seperti jualan Sate, Bakso, Nasi / Mie Goreng, martabak dan sejenisnya. Saya memasukkan bisnis kuliner ke daftar ini karena melihat secara langsung tentang potensi yang ada.

Di desa tempat saya tinggal, salah satu usaha paling sukses di desa yakni jualan Nasi Goreng. Keuntungan yang diraih-pun cukup besar, jika dibandingkan dengan modal usaha yang dikeluarkan.

Pernyataan ini saya dapat langsung dari salah satu penjual nasi goreng di dekat rumah saya. Beliau memang masih baru, namun pelanggan yang datang bergantian membuktikan bahwa minat konsumen terhadap kuliner ini cukup besar.

Baca juga : 65 Peluang Usaha Rumahan 2019

Selain itu, beliau hanya membuka usaha mulai sore hari hingga tengah malam. Pagi dan siang digunakan untuk meracik bumbu, mempersiapkan segala kebutuhan dan beristirahat.

Meskipun tergolong usaha di daerah sepi, yang mayoritas penduduknya sangat sedikit jikan dibandingkan dengan perkotaan, namun laba yang diperolehnya setiap malam cukup menggiurkan dan memberikan gambaran akan potensi usaha ini di malam hari.

3. Rental PS (PlayStation)

Ide bisnis di malam hari di desa selanjutnya adalah PlayStation, yakni salah satu jenis jasa penyewaan berupa permainan game, yang sangat digemari oleh kaum anak-anak dan remaja. Membuka jasa ini di pedesaan menjanjikan laba yang pasti.

Pernyataan ini saya ambil dari contoh yang ada di kampung saya. Ada beberapa tempat rental PS yang setiap malamnya selalu digandrungi oleh remaja-remaja gamers.

Meskipun saat ini Smartphone telah merajai dunia game, namun peran PlayStation tetap tidak bisa dijalankan. Selain kepuasan dalam bermain, sensasi yang diberikan juga sangat berbeda dengan bermain game menggunakan telepon seluler.

Baca juga : Panduan memulai Bisnis Laundry Kiloan

Hanya saja, modal yang diperlukan cukup besar. Sebut saja untuk memberi peralatan wajib seperti perlengkapan televisi, joystick dan biaya listrik yang cukup besar. Tapi kalau kita kaji soal potensi, usaha rental PS sudah terbukti.

4. Rental Warnet

Peluang Bisnis malam hari di pedesaan sejenis warnet memang sudah agak memudar saat ini, mengingat mayoritas kebutuhan saat ini sudah bisa diakses hampir keseluruhan melalui perangkat smartphone.

Namun tugas-tugas sekolah maupun kuliah seperti membuat makalah, mengirim file lewat email, pengetikan, memprint dan sejenisnya, orang-orang masih mengandalkan warnet sebagai jalan utama.

Selain simpel dan praktis, menggunakan warnet jelas lebih mudah dalam proses pengerjaan, penyusunan dan pengiriman. Hanya saja, modal yang diperlukan sangat besar bagi anda yang belum memiliki modal mempuni.

Baca juga : 18 Ide Bisnis melalui Smartphone

Sebut saja seperti pembelian komputer dan perlengkapannya, tempat usaha dan biaya listrik yang tergolong besar. Jadi, jika anda masih ragu, silahkan pikirkan matang-matang terlebih dahulu.

5. Nobar Sepakbola Dunia

Nobar (Nonton Bareng) sepakbola merupakan peluang usaha malam hari yang sangat menggiurkan. Usaha ini sudah dijamin menghasilkan laba yang besar, terutama pada event-event tertentu.

Misalnya Piala Dunia, Piala Eropa dan Liga Champions Eropa yang diadakan setiap tahun. Semua pertandingan-pertandinganya selalu diadakan malam hari bahkan tengah malam hingga subuh.

Anda bisa memanfaatkan Proyektor untuk menyiarkan pertandingan, sehingga memberikan kepuasan yang maksimal bagi mereka yang menonton, dan mampu memancing banyak konsumen untuk Nobar bersama.

Baca juga : Cara memulai Bisnis Es Krim bagi Pemula

Nah, disana nantinya bisa anda manfaatkan untuk berjualan berbagai macam kuliner dan minuman. Karena sudah pasti, orang-orang yang ikut menonton akan berbelanja sambil menikmati pertandingan bola yang sedang berlangsung.

6. Futsal

Peluang usaha potensial di malam hari di perkampungan selanjutnya adalah jasa sewa lapangan futsal. Futsal adalah olahraga favorit banyak anak-anak dan remaja, dan umumnya dilakukan malam hari.

Yang membuatnya begitu digemari pada malam hari adalah, cuaca yang sejuk alias tidak panas. Selain itu, tidak sedikit juga dari kaum hawa yang menyukai olahraga ini. Tentu saja saat mereka bermain, akan disaksikan banyak wanita yang bisa memicu semangat dan minat.

Baca juga : Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

Namun sudah pasti, biaya untuk membuka jasa futsal sangatlah besar, terutama pada bagian pembuatan lapangan. Selain itu, biaya listrik yang dikeluarkan juga besar, karena menggunakan tenaga listrik yang tinggi untuk penerangan

7. Jasa Hiburan untuk Anak-anak

Peluanh Usaha di Malam Hari di desa yang terakhir adalah membuka jasa untuk hiburan anak-anak. Saya melihat potensi usaha ini cukup besar di desa, dan peminatnya juga banyak.

Hal ini dikarenakan masyarakat desa terutama anak-anak, sangat menggemari lampu-lampu yang gemerlapan dan heboh, karena masih sangat jarang melihat yang seperti ini.

Baca juga : Tips memulai Bisnis Wedding Photography dari Nol

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk menggaet konsuman yang banyak, serta penargetan yang khusus, yakni anak-anak kecil dan maksimal Sekolah Dasar.
____________

Demikianlah, 7 Jenis Peluang Usaha di Desa untuk malam hari. Ide bisnis ini cocok bagi anda yang masih muda dan punya fisik yang kuat.

Karena umumnya, usaha potensial di pedesaan di malam hari ini mengorbankan waktu yang panjang hingga larut malam.

Semoga informasi kali ini bisa membantu anda yang tengah mencari ide bisnis di perkampungan. Terima kasih dan selamat mencoba.

Rekomendasi Artikel :

Tinggalkan komentar