Jenis bisnis di bulan Ramadhan yang patut dicoba

Jenis bisnis di bulan Ramadhan yang patut dicoba - Banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Mencoba berbisnis di bulan Ramadhan adalah salah satu metode bisnis yang bagus dikarenakan terpusat pada satu tujuan strategi bisnis. Kenapa terpusat ? karena kebanyakan bisnis yang dilakukan di Bulan Penuh Barokah ini hanya akan berkembang pesat selama 1 bulan ini saja, setelah bulan berlalu, maka bisnis tersdebut akan perlahan turun.

Bulan Ramadhan bukan saja hanya sebagai bulan yang penuh berkah bagi yang memeluk islam. Melainkan juga sebagai ladang tempat memulai sebuah bisnis yang bagus. Berikut ini adalah beberapa Jenis bisnis di bulan Ramadhan yang patut dicoba.

1. Bisnis busana muslim dan muslimah
Laki-laki maupun perempuan akan sangat giat sekali untuk berbelanja kesana-sini, memilih pakaian atau busana muslim dan muslimah yang cocok untuk mereka dan keluarga. Hal ini sudah membudaya di kalangan umat Islam, terutama di bulan puasa.

Oleh karena itu, ini merupakan peluang emas untuk membuka sebuah bisnis perlengkapan pakaian atau busana muslim dan muslimah ini. Karena sudah dapat diprediksi bahwa bisnis anda akan berjalan dengan lancar dan berkesempatan besar meraih keuntungan yang maksimal.

2. Bisnis Catering dan menu buka puasa

Pada bulan puasa, berbuka dengan yang manis adalah salah satu anjuran yang diberikan oleh Rasulullah SAW. Umat muslim seringkali gemar untuk berbuka puasa diluar rumah, dan mencicipi kuliner yang beranekaragam yang disajikan di bulan Ramadhan ini.

Oleh karena itu, Bisnis Catering dan menu buka puasa yang beragam jenisnya akan sangat menguntungkan bagi anda. Karena pasti banyak sekali mereka yang akan mengadakan event buka bersama atau sahur bersama rekan kerja maupun dengan sahabatnya.

3. Kue dan percel lebaran

Bulan puasa memang identik dengan kue-kue cantik dan menggiurkan yang tentunya akan menarik hati siapa saja yang melihatnya. Banyak kalangan yang akan membuat kue sendiri, tapi tidak sedikit juga yang akan membeli kue lebaran, alasannya daripada repot-repot membuat.

Ini adalah peluang bisnis yang cemerlang bagi anda. Selain kue, percel juga merupakan produk menarik yang banyak digunakan sebagai buah tangan bagi para kerabat dan sanak suadara.

4. Bisnis reservasi dan tiket transportasi

Awal Ramadhan ataupun Hari lebaran diujung bulan Ramadhan adalah saat yang paling tepat sebagai ajang pulang kampung untuk bertemu keluarga dan sanak saudara supaya bisa saling bermaaf-maafan. Oleh karena itulah setiap bulan Ramadhan, akan banyak sekali orang yang pulang kampung, atau akrap disebut 'mudik'.

Ini adalah kesempatan emas bagi anda untuk memulai Bisnis reservasi dan tiket transportasi. Bukan hanya rezeki yang bisa anda kumpulkan, tetapi juga bisa membantu orang yang ingin pulang kampung.

5. Jasa Transportasi

Masih berkaitan dengan poin diatas, Menawarkan jasa Transportasi adalah salah satu peluang bisnis yang cukup diminati untuk meraih keuntungan yang besar. Bagi orang yang kesulitan mudik dikarenakan tidak mendapat tiket atau angkutan, anda bisa menyewakan angkutan pribadi anda atau menyewa ke CV. angkutan.

Lebih baik lagi jika anda mempromosikannya lewat Sosial Media ataupu media cetak dan iklan tertulis. Ini akan sangat membantu sekali bagi orang-orang yang kesulitan untuk pulang kampung.

6. Kembang api

Ada satu hal yang tidak akan terlepas saat bulan puasa tiba, yaitu budaya kembang api, terutama bagi anak-anak. Anda bisa menjual berbagai jenis kembang api dengan variasi ukuran. Ini adalah salah satu bisnis yang menggiurkan, karena keuntungan yang akan didapat juga akan besar.

Tapi hati-hati dalam menjalankan bisnis ini, di beberapa daerah terutama di Indonesia, banyak PEMDA setempat yan melarang penggunaan kembang api ini. Karena pasalnya sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.


Itulah beberapa Jenis bisnis di bulan Ramadhan yang patut dicoba. Ternyata bukan sekedar Pahala dan Berkah yang akan kita dapatkan, melainkan keuntungan yang besar, asalkan berbisnis dengan cara yang halal dan berpegang teguh pada Hakikat Agama Islam itu sendiri.


Jenis bisnis di bulan Ramadhan yang patut dicoba


Embun suci di pagi hari,
Hati yang bersih kan lahir kembali,
Bulan ramadhan t’lah menanti,
Bersihkan diri menghadap Ilahi,
Mohon maaf atas segala khilaf yang ada,
Selamat menunaikan ibadah puasa,
Semoga ibadah kita diterima Allah ta’ala.

Saya selaku Author blog Hakikat Bisnis mengucapkan :

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1436 H, 
Minal Aidin Wal Faizin,
Mohon Maaf Lahir dan Batin.

36 Responses to "Jenis bisnis di bulan Ramadhan yang patut dicoba"

  1. kalau bisnis busana muslim kayaknya menjanjikan gan. di samping itu bisnis ini juga bisa dilanjutkan walau tidak bulan puasa. selain itu yang saya suka menyediakan jasa katering...cukup muantab gan. ane pernah nyoba dan hasilnya lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman pertamax ane ya gan....tinggal ambi hadiahnya di pom bensin terdekat...heeee

      Delete
    2. kalo kalau bisnis busana muslim sih memang bisa dikatakan tidak akan habis sampai di akhir Ramadhan saja ya mbah, memang benar juga.

      kopinya dibikinin dulu mbah, tapi bayar..

      Delete
    3. saya telat datang, pasti abis deh kopinya hikhik

      Delete
  2. Kiat bisnisnya layak sekali untuk dicoba, kalau Juragan sendiri mau coba bisnis yang mana dari 6 alternative bisnis diatas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sendiri belum ada tuh mas, hehe
      masih sibuk2 kuliah nih..

      Delete
    2. sama sibuk ngeblog juga xixixii....

      Delete
  3. aku juga pengen nih di bulan ramadhan ikutan bisnis apa ajah deh yang penting berkah :)

    ReplyDelete
  4. Bisnis petasan lumayan banyak peminatnya apalagi anak anak sayangnya yang dibolehkan kembang api sedangkan yang diminati petasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang betul mas, itulah mangkanya saya nulis kembang api, bukan petasan..
      takutnya saya malah dibilang antagonis... hehehehehe

      Delete
    2. saya juga kadang suka beli kembang api xixixi, kalo petasan mah gak berani, gak berani nyalainnya maksudnya...hehehe

      Delete
  5. jenis bisnis di bulan ramadhan memang sangat bagus gan, pasti bakalan cepet laku nya :)

    ReplyDelete
  6. kalo di sayah yang selalu rame pas puasa jualan kue buat buka puasa dan kolek sama petasan meskipun sudah dilarang tetep aja ada dan banyak yang jualan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, kalo petasan mungkin karena untung yang akan diraup lebih besar.

      Delete
    2. Wah, setuju tuh mang,, klo jualan kue

      Delete
  7. kalau menurut saya bisnis paling menjanjikan salah satunya adalah bisnis jualan kue nastar dsb, apalagi menjelang lebaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, betul sekali. banyak yang bisa dilakukan dalam mencari rezeki di bulan yang penuh berkah ini.

      Delete
  8. Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh dengan keberkahan, usaha kuliner buat menu buka puasa kayaknya menjanjikan banget mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, karena akan banyak yang mengadakan event buka bersama misalnya, atau buka bareng keluarga diluar rumah.

      Delete
  9. Kalau saya biasanya bisnis Sarung mas, lumayan lho :D

    ReplyDelete
  10. usaha catering dan menu buka puasa sangat menjanjikan :)

    ReplyDelete
  11. bisnis jualan menu buka puasa di pinggir jalan kayaknya bagus tuh klo di bulan ramadhan mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul juga mas, apalagi pastinya banyak yang jalan-jalan sore tuh..

      Delete
  12. Kalo di daerah saya biasanya yg banyak itu menu untuk buka puasa seperti kolek, kue dan lain2 gan. selain itu ada juga yg berjualan Busana Muslim, walau kadang sebelum Bulan Ramadhan juga banyak yg jualan, cuma tensitasnya lebih banyak pas Bulan Ramadhan, mungkin karena persiapan untuk Lebaran yah. Nah kalo untuk Kembang Api xixiii... banyak sekali bercampur dgn yg dagang petasan...

    ReplyDelete
  13. kalo saya bisnis busana muslim couple kalo lagi bulan ramadhan gini hehe,

    ReplyDelete
  14. Wah kalau kembang Api, bisa-bisa kena razia lagi. Mungkin asalkan jangan jual mercon yang kadang mengganggu orang lagi ibadah.

    ReplyDelete
  15. kalau petasan sama kembang abi sangat bagus dan banyak minatnya mas apalagi bulan puasa dan mendekati idul fitri pastinya laris manis, maknya banyak sekali para pedagang yang tak mau ketinggalan moment bulan ramadhan untuk menghasilkan banyak uang

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel