18 Arti PERUBAHAN SOSIAL: Pengertian menurut Para Ahli dan Secara Umum

Arti PERUBAHAN SOSIAL: Pengertian menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Perubahan Sosial

Apa itu Perubahan Sosial? Secara umum, Pengertian Perubahan Sosial adalah suatu fenomena berubahnya tatanan dalam lembaga-lembaga di sebuah lingkup masyarakat, dan berpengaruh terhadap nilai dan norma sosial didalamnya, juga sikap dan pola perilaku individu maupun kelompok-kelompok sosial di masyarakat itu sendiri.

Penyebab perubahan sosial ada banyak, diantaranya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, demografi penduduk, adanya konflik sosial, penemuan-penemuan baru, peperangan, konflik, revolusi dan pengaruh budaya dari luar yang masuk ke tengah-tengah masyarakat.

Dampak dari perubahan yang terjadi juga beragam, ada yang pengaruhnya kecil, namun ada juga yang besar. Semua tergantung pada jenis perubahan sosial yang sedang atau telah berlangsung, maupun didasarkan dari faktor penyebabnya.

Namun umumnya, sebuah perubahan sosial pasti punya sebab dan akibat, sehingga mau tidak mau, semua orang yang ada dalam satu lingkungan masyarakat harus menerimanya, sebagai bagian dari revolusi zaman yang kian maju.

Baca juga : Pengertian Kelompok Sosial

Sebelum memahami lebih dalam, baiknya ketahui terlebih dahulu tentang Pengertian Perubahan Sosial menurut Para Ahli dibawah ini, agar bisa memberikan penjelasan yang lebih komplit dan terpercaya.

1. Prof. Selo Soemardjan

Menurut Selo, Perubahan sosial adalah serangkaian perubahan yang terjadi terhadap suatu lembaga kemasyarakatan di dalam satu lingkup masyarakat, yang berpengaruh terhadap sistem-sistem sosialnya.

2. Robert M.I Lawang

Menurut Robert, Perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat beberapa perbedaan yang sejatinya bisa diukur, dan terjadi dalam satu kurun waktu tertentu.

3. Gillin dan Gillin

Definisi sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu bentuk variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

4. Emile Durkheim

Menurut Emil Durkheim, Arti Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

5. William F. Ogburn

Perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

Baca juga : Pengertian Institusi Sosial

6. Bruce J. Cohen

Perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.

7. Pasurdi Suparlan

Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

8. Atkinson dan Brooten

Kegiatan yang membuat suatu hal atau individu berbeda dengan keadaan sebelumnya serta termasuk proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. 

9. Wilbert E. Moore

Wilbert berpendapat bahwa Perubahan sosial merupakan evolusi rektilinier yang sederhana dimana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban.

10. Hans Garth dan C. Wright Mills

Segala yang terjadi dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi hubungan sosial.

11. Robert Morrison Mac Iver

Perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut.

Baca juga : Pengertian Penyakit Sosial

12. Roucek dan Warren

Perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.

13. Kingsley Davis

Perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

14. Max Weber

Perubahan sosial budaya adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.

15. Samuel Koening

Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun ekstern.

16. Robert H. Lauer

Perubahan sosial sebagai perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia.

Baca juga : Pengertian Etika, Akhlak dan Moral

17. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Perubahan sosial merupakan suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.

18. W. Kornblum

Perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama.
________________

Demikianlah, Pengertian Perubahan Sosial menurut Para Ahli dan secara umum. Senoga bida bermanfaat dan terima kasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya dibawah ini :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel