50+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran (Singkat, Jelas & Terbaru)

Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran

Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran – Pada kesempatan kali ini, admin Rapikan.com akan menjabarkan beberapa contoh ide pokok paragraf singkat dan pendek dalam sebuah bacaan, baik itu yang ada di buku, artikel website, jurnal, koran dan sumber bacaan lainnya.

Selain definisi, artikel ini juga dilengkapi dengan Cara menentukan ide pokok bacaan dalam sebuah kumpulan teks. Siapkan cemilannya ya, karena artikel ini mengandung ribuan kata. Enjooy!!

Sebelum lanjut ke ulasan / pembahasan, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu, yaitu adalah :
> Yang saya Cetak Tebal adalah Ide Pokok / Kalimat Utama
> Contoh Paragraf yang di dalam :

Form Kotak

adalah sama dengan contoh yang lainnya.

1. Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf deduktif lengkap

Pengertian kalimat deduktif adalah gagasan utama atau inti pokok yang terdapat dari sebuah potongan paragraf, dan letaknya berada di paling atas dari tulisan yang bersangkutan.

Cara menentukan paragraf deduktif juga sangatlah mudah, anda hanya perlu mengenali jenis paragraf yang dibaca, karena jenis ide pokok itu terbagi menjadi 4 bagian yang harus terlebih dahulu untuk dipahami, yakni :

  • Deduktif (di awal paragraf)
  • Induktif (akhir paragraf)
  • Campuran (awal-akhir paragraf)
  • Tersirat (pengambilan kesimpulan).

Nah, untuk informasi lengkap mengenai poin di atas, telah saya ulas pada artikel Pengertian Ide Pokok Bacaan ini.

Oke langsung saja, silakan disimak beberapa contoh paragraf Deduktif lengkap dan singkat di bawah ini, saya juga akan menentukan sendiri dimana letak kalimatnya, agar mempermudah anda untuk menemani.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Makhluk Hidup

Tema pertama adalah beberapa contoh paragraf deduktif tentang makhluk hidup dan sejenisnnya. Silakan disimak :

1. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Pada dasarnya, mereka diberi kelebihan berupa akal sehat, yang tidak dimiliki oleh makhluk ciptaan yang  lain, untuk bisa membedakan mana yang baik dan buruk dalam perjalanan kehidupannya.

2. Nabi Muhammad SAW adalah Nabi Akhir Zaman. Di dalam Al-Qur’an telah disampaikan bahwa tidak akan ada lagi Nabi setelah Beliau, seorang nabi yang wajib dicintai, sebagai pemimpin umat Islam di seluruh dunia. 

3. Puasa merupakan kegiatan menahan haus, lapar, nafsu dan perbuatan terlarang lainnya dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Umat Muslim yang telah baligh diberi kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Selain itu, perintah berpuasa juga termasuk salah satu dari 5 Rukun islam.

4. Masjid adalah tempat beribadah umat Islam. Dalam melaksanakan sholat wajib 5 waktu, masjid menjadi tempat sholat berjamaah dan kegiatan islamiah lainnya seperti tadarus, pengajian, ceramah keagamaan dan tempat berkumpulnya orang-orang muslim dalam melakukan kebajikan.

5. Fitnah adalah perbuatan tercela. Dalam prakteknya, perbuatan fitnah akan tercipta disaat satu orang menginformasikan mengenai orang lain kepada lawan bicaranya, dengan memberikan stigma negatif, yang bisa berdampak terhadap jatuhnya kehormatan, wibawa dan reputasi seseorang.

6. Putra merupakan murid yang nakal di sekolahnya. Dia sering libur sekolah tanpa keterangan, terutama pada beberapa mata pelajaran tertentu, yang mungkin kurang dia sukai. Selain itu, putra juga sering membantah dengan perintah yang diberikan guru-guru ketika dalam proses pembelajaran.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Pendidikan

Berikutnya yakni contoh paragraf deduktif tentang pendidikan , ini yang paling banyak dicari. Beberapa dari saya diantaranya adalah :

7. Putri merupakan murid yang pintar. Semester yang lalu, dia berhasil meraih juara umum dengan nilai yang fantastis. Selain pintar, dia juga siswi yang gemar menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikannya dengan benar di depan kelas.

8. Komodo adalah Hewan langka asal Pulau Komodo, NTT. Keberadaannya memang sudah lama terancam punah, sehingga menjadi salah satu hewan asli Indonesia yang sangat dilindungi habitatnya. Bagi masyarakat asli setempat, komodo juga disebut dengan sebutan Ora.

9. Cendrawasih merupakan jenis kelompok burung kicau langka asli Pulau Papua. Beberapa jenis Cendrawasih telah berstatus langka karena banyaknya perburuan liar, untuk kepentingan orang-orang tidak bertanggung jawab. Cendrawasih masuk dalam keluarga (family) Paradisaeidae.

10. Kangguru merupakan hewan khas Australia. Tergabung dalam spesies mamalia, dengan keunikan memiliki kantung di bagian depan badan, dan lompatannya yang tinggi serta hantaman kaki yang kuat. Terdalat 3 spesies kangguru saat ini, yakni Kangguru Merah, Abu-abu timur dan Abu-abu barat.

Baca juga : Panduan Membuat Judul sesuai PUEBI

Contoh Paragraf Deduktif tentang Tokoh

Saya juga membuat beberapa contoh paragraf deduktif tentang tokoh inspirasi / tokoh pahlawan, yaitu :

11. Ir. Soekarno adalah bapak Proklamator Indonesia. Dia juga merupakan presiden negara Republik Indonesia yang pertama dan menjabat di periode tahun 1945–1967. Beliau lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901, dan meninggal di Jakarta pada 21 Juni 1970. Soekarno jugalah orang yang menetapkan Pancasila sebagai dasar negara.

12. Joko Widodo merupakan Presiden Indonesia periode 2019-2024. Sebelumnya, dia juga merupakan presiden terpilih pada pilpres 2014. Artinya sekarang dia telah memasuki jabatan periode nya yang kedua, ditemani oleh wakil presiden yaitu KH. Ma’ruf Amin. Sebelum menjadi Presiden menjabat sebagai Walikota Solo, dan Gubernur DKI Jakarta.

13. Muhammad Hatta adalah Wakil Presiden pertama Indonesia. Selain itu, dia juga merupakan tokoh pejuang, negarawan, ekonom, sekaligus orang yang selalu menemani Ir. Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI dari penjajahan Jepang. Dia juga ikut memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945.

14. VOC adalah persekutuan dagang yang pernah memonopoli aktivitas perdagangan di Asia. VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie yang berasal dari Belanda. Ini adalah perusahaan yang digadang-gadang sebagai perusahaan pertama yang menerapkan sistem pembagian saham, serta perusahaan multinasional pertama di dunia.

15. Perjanjian Linggarjati merupakan perundingan antara Indonesia dengan Belanda. Perjanjian ini diadakan di Linggarjati, Jawa Barat, serta menghasilkan keputusan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Dalam perundingan tersebut, Indonesia dipimpin oleh Sutan Syahrir, serta Belanda diwakili oleh tim yang disebut Komisi Jendral dan dipimpin oleh Wim Schermerhorn.

16. Warga Kampung Duren berbondong-bondong mendemo kantor lurah hari ini. Hal tersebut dipicu karena adanya dugaan bahwa Lurah telah mnggunakan uang hasil iuran untuk bantuan lapangan sepakbola, untuk keperluan pribadinya. Masyarakat menuntut penjelasan dan kejujuran.

17. Harga beras semakin melambung di berbagai wilayah. Misalnya Kabupaten Nangka, yang sebulan terakhir ini mengalami musim hujan yang berkelanjutan, sehingga menyebabkan banyaknya petani yang gagal panen, akibatnya, beras di kabupaten Nangka menjadi langka, ditambah lagi akses ke daerah lain cukup jauh.

18. Cara mendapatkan uang dari internet telah banyak peminatnya. Pasalnya, zaman yang hiruk-piruk dengan Dunia Digital ini mempermudah mereka untuk melakukan berbagai cara dengan alternatif yang bebas pilih. Misalnya menjadi seorang Youtuber, Blogger, Freelancer, Dropshiper dan sebagainya.

19. Melupakan mantan pacar itu sangat sulit. Buktinya, hingga kini masih banyak para remaja putra dan putri yang selalu terkenang mantan pacar mereka, meakipun telah memiliki kekasih yang baru bahkan telah menikah sekalipun. Selain karena masih ada rasa, penyebabnya adalah kenangan yang tercipta tidak mudah dilupakan.

20. Photoshop adalah aplikasi edit foto paling populer. Meskipun banyak alternatif lain yang juga bagus, baik gratisan maupun berbayar, namun belum ada yang mengalahkan eksistensi Photoshop di hari para editor foto.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Olahraga

21. Ilham adalah atlet renang yang hebat. Meskipun dia baru berusia 16 tahun dan masih duduk di bangku SLTA, namun jam terbangnya sudah tinggi. Dia pernah menjuarai beberapa perlombaan dan tournamen renang mulai dari tingkat kecamatan, hingga tingkat kabupaten.

22. Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) masih tinggi di Indonesia. Pasalnya, banyak kasus perceraian yang terjadi datang dari perlakuan tidak patut dari para suami ke istri mereka, sehingga perceraian pun terjadi.

Nah, itulah tadi 15 contoh paragraf deduktif singkat dari beberapa tema pembahasan yang berbeda. Sekiranya dari penjelasan dan contoh di atas anda telah memahami apa itu paragraf deduktif dengan baik.

Baca juga : Perbedaan Paper dan Makalah [Lengkap]

2. Contoh Paragraf Induktif

Contoh paragraf induktif singkat

Nah, sekarang kita beranjak ke jenis ide pokok bacaan berikutnya yakni Induktif. Tidak jauh berbeda dengan Deduktif, perbedaan utamanya hanya terletak pada pengambilan kesimpulannya saja.

Pengertian paragraf Induktif adalah kesimpulan / gagasan utama dari suatu paragraf, yang letaknya berada pada akhir atau ujung paragraf, yang biasanya dari beberapa kata pada bagian akhir sebelum tanda baca titik (.).

Nah, silakan disimak beberapa Contoh Paragraf Induktif di bawah ini untuk anda. Sama seperti di atas, saya tebakan kata-kata yang menjadi induktif / gagasan utamanya :

1. Beberapa tahun terakhir, perekonomian di Indonesia meningkat drastis, terutama dalam bidang Usaha Kecil Menengah oleh para wirausaha-wirausaha baru, dengan segenap kekreativitasan yang mereka miliki. Ini adalah akibat Dampak Positif dari Ekonomi Kreatif.


2. Beberapa hari lagi kita akan kembali merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Masyarakat biasanya akan mengadakan berbagai perlombaan mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingha dewasa. Ini adalah salah satu upaya meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap negara.


Contoh Paragraf Induktif tentang Lingkungan

3. Hujan yang mengguyur daerah Sukasari beberapa hari ini, menyebabkan para petani harus berlapang dada dalam menghadapi musim-musim sengit. Pasalnya, sawah yang hampir panen menjadi terganggu keberadaannya, karena Banjir menyebabkan petani gagal panen.

4. Hari ini, cuaca di berbagai daerah di Indonesia menjadi sangat panas pada siang hari. Suhu yang mencapai 40°C mengakibatkan tidak sedikit anak-anak yang terserang penyakit kulit. Ternyata ini adalah dampak pemanasan global.


5. Gol yang dicetak oleh Striker Indonesia pada akhir babak kedua menjadi awal kemenangan sekaligus penutup laga pada pertandingan final sepakbola AFF beberapa hari lalu, yang kemudian menghantarkan Indonesia menjadi Juara AFF tahun ini.

6. Tanpa adanya air, mustahil manusia di dunia ini bisa tetap hidup. Faktanya, tubuh manusia mengandung 60-80 persen cairan. Selain itu, tanpa ada air, aktivitas manusia tidak akan berjalan lagi. Sehingga ini adalah bukti bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa air.


7. Sejak zaman dahulu, Kota Bandung sebagai ibukota Jawa barat ini terkenal dengan prnghasil wanita-wanita cantik di Indonesia. Banyak selebriti dan model yang lahir di Bandung. Itulah mengapa orang-orang menyebut Bandung sebagai Kota Kembang.


8. Kita mengenal pohon kelapa karena manfaat dari santannya. Namun dibalik itu, patoknya juga bisa dijadikan berbagai kerajinan kreatif, begitu juga dengan daunnya. Selain itu, batang kelapa kerap dimanfaatkan sebagai jembatan multifungsi. Artinya, kelapa memiliki fungsi secara keseluruhan.


9. Salah satu penyebab benjir di berbagai daerah paling utama adalah banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik ke sungai maupun ke got-got yang menyebabkan tersumbatnya saluran air. Selain itu, sampah yang berserakan menyebabkan perkembangan nyamuk semakin meningkat. Jadi bisa disimpulkan bahwa membuang sampah sembarang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia.


10. Saat ini, banyak penyakit dengan tingkat bahaya yang bervariasi disebabkan oleh pola makan yang teratur. Selain itu, gaya hidup yang tidak terkontrol misalnya seperti banyak makan makanan berlemak, kurang vitamin dan nutrisi, menyebabkan pertahanan tubuh jadi melemah. Untuk itu, jaga pola makan untuk menghindari berbagai macam penyakit.

Baca juga :

Contoh Paragraf Induktif tentang Pendidikan

Dibawah ini khusus untuk anda tentang beberapa contoh paragraf induktif tentang pendidikan :

11. Pelajaran matematika di kam kedua ini ini diundur, begitu juga dengan PR minggu kemarin dikumpulkan ke ketua kelas. Karena Hari ini, seluruh jajaran Guru pengajar di sekolah kita mengadakan rapat bersama setelah jam istirahat pertama. Itulah kenapa Pembelajaran MTK ditiadakan hari ini.

12. Pagi ini, saya tidak melihat Andi di bangkunya, sepertinya dia tidak hadir. Mungkin karena sakit atau ada keperluan mendadak yang lain. Tapi setelah saya tanya ke teman sekelas yang kebetulan tetangganya, ternyata Andi mengalami kecelakaan bermotor sore kemaren. Ternyata iulah Penyebab Andi tidak masuk sekolah hari ini.


13. Beberapa hari belakangan, masyarakat kampung Rambutan diresahkan oleh seringnya barang-barang rumah tangga yang hilang akibat pencurian. Setelah diselidiki, preman di kampung tersebut adalah pelakunya, kemudian dia digrebek dan dibawa ke kantor polisi untuk dimintai penjelasan. Pencuri tersebut telahembuat resah masyarakat.


14. Meskipun zaman sekarang Modernisasi telah meraja lela, perkembangan teknologi dan informasi menjadi penyebab utama banyaknya budaya luar yang tidak relevan masuk ke Indonesia. Akibatnya, perlahan-lahan para penerus tidak lagi memperhatikan budaya dan tradisi lokal. Seharusnya, Meskipun budaya luar masuk, budaya tradisional harus dilestarikan juga.


15. Tahun kemarin, sekolah kita mendapat ranking 1 dalam penyelenggaraan olimpiade Matematika ditingkat Kabupaten, Andi adalah orang yang dinobatkan sebagai juara 1. Dibalik keberhasilannya tersebut, ternyata Andi merupakan orang yang rajin belajar, baik dan selalu mengutamakan ibadah, artinya, Andi adalah siswa yang pintar.

16. Kerusakan kendaraan seringkali terjadi tanpa sebab dan gejala. Parahnya lagi, kerusakan bisa saja terjadi di momen-momen sempit dan penting, misalnya saat anda hendak berangkat sekolah atau pergi bekerja. Bila motor rusak di jalab, otomatis perjalanan anda akan terganggu. Untuk itu, rawat dan periksa keadaan motor secara berkala.


17. Saat ini, berita hoax sangat mudah tersebar di internet. Kemudahan akses informasi nyatanya juga memberikan dampak negatif. Banyak orang yang terjebak oleh web abal-abal, yang memuat berita tidak jelas. Untuk itu, kenali terlebih dahulu website yang dibaca sebelum membagikan artikelnya.


18. Kecerdasan yang dimiliki setiap siswa itu pasti berbeda. Ada yang pintar Matematika tapi lemah di pelajaran TIK, dan begitu pula sebaliknya. Ini karena tiap-tiap orang punya hobi dan minat yang berbeda. Maka dari itu, guru tidak perlu menjudge murid hanya karena dia lemah di satu mata pelajaran.


19. Banyak para siswa yang menggunakan waktu belajarnya pada saat yang tidak tepat, misalnya di tengah malam hingga larut malam, sehingga ketika sampai di sekolah dia jadi mengantuk. Untuk itu, dianjurkan kepada siswa agar mengatur waktu belajar sebaik mungkin.

Contoh Paragraf Induktif tentang Kesehatan.

Setiap orang harusnya menyadari bahwa, banyak sekali penyakit yang datang dari tangan kita sendiri, misalnya ketika hendak makan namun memegang sesuatu, dan sebagainya. Untuk itu, cucilah tangan dengan bersih sebelum makan.

Baca juga : Pengertian Kalimat Utama, Penjelas dan Simpulan

3. Contoh Paragraf Campuran

Contoh paragraf campuran bahasa Indonesia

Apa itu Paragraf Campuran ? Pengertian Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang memiliki kalimat utmanya di awal dan akhir, dalam artian, ide pokoknya ada dua. Sehingga polanya menjadi umum-khusus-khusus-umum.

Paragraf campuran berbeda dengan Deduktif dan induktif, yang dimana gagasan utama hanya berjumlah satu, sedangkan campuran ada 2. Dalam penempatannya, terdapat kata kunci yang berulangan di awal dan akhir paragraf.

Persamaannya dengan paragraf deduktif dan induktif adalah, kalimat penjelas yang terletak di tengah, dan pola campuran ini adalah gabungan dengan kedua pola sebelumnya. Itulah Pengertian paragraf campuran secara singkat.

Dibawah ini, adalah beberapa contoh paragraf campuran singkat dari berbagai tema pembicaraan, baik tentang pendidikan, kehidupan sosial hingga dunia profesi. Contoh campuran di bawah ini adalah yang saya garis tebal. Silakan disimak.

1. Pendidikan paling utam dalam dunia formal sekolah adalah pendidikan karakter. Seperti kata pepatah, lebih baik memiliki adab yang tinggi daripada ilmu yang tinggi. Selain itu, dengan karakter yang hebat seorang anak bisa dengan cepat menemukan jati dirinya, serta bisa dengan mudah dalam menyalurkan ilmu. Untuk itu, pendidikan karakter harus diutamakan dalam dunia persekolahan.


2. Manfaat jeruk nipis ternyata cukup banyak. Selain mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh dan pencernaan, jeruk nipis juga kerap dijadikan sebagai bahan campuran untuk mempermulus kulit wajah secara alami, serta tidak mengandung efek samping secara nyata. Itulah mengapa jeruk nipis termasuk buah-buahan yang punya banyak manfaat.


3. Para preman jalanan semakin meresahkan masyarakat. Selain tidak ingin bekerja dengan amanah, mereka juga sering mengganggu kenyamanan dan keamanan para pejalan kaki maupun pengendara saat melintasi tempat biasa mereka nongkrong. Hingga kini, masyarakat setempat telah melaporkan keresahan mereka kepada polisi setempat karena preman-preman terebut telah membuat resah warga.

Baca juga : Pengertian Perubahan Sosial

Contoh paragraf Campuran tentang Pendidikan

6. Kegiatan belajar di sekolah hanya bisa dilakukan di dalam kelas saja. Faktanya, perkembangan dunia digital secara besar-besaran ini telah menyediakan media belajar yang lebih luas dan semakin beragam. Mikegiatan pembelajaran juga bisa dilakukan secara online.

7. Memikirkan jurusan yang pas harus dilakukan sebelum masuk kuliah. Karena kita tahu dan pasti pernah melihat, bahwa banyaknya orang-orang yang mengalami ‘salah jurusan’ karena di awal tidak mempertimbangkannya terlebih dahulu. Selain itu, dengan melakukan hal ini, seseraong akan lebih waspada dan juga salah satu cara untuk menghindari salah jurusan saat hendak kuliah.


8. Semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan dan minuman, tidak peduli itu manusia, hewan dan tumbuhan. Meskipun begitu, tiap-tiap makhluk juga memiliki jenis dan kriteria makanan yang bida dikonsumsi. Untuk itu, demi kelangsungan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.


9. Bunga Anggrek memiliki banyak sekali peminat. Selain warna dan bentuknya yang sangat indah, baunya juga sangat wangi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan hiasan di meja ruang tamu maupun taman bunga di halaman rumah. Itulah kenapa Bunga Anggrek merupakan salah satu bunga favorit.


10. Nasi putih adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain pasti membuat kenyang, nasi putih juga mengandung karbohidrat yang tinggi dan tentunya sangat berdampak baik bagi kesehatan. Selain itu, masyarakat Indonesia juga beranggapan bahwa, bila di pagi, siang dan malam hari belum makan nasi putih, itu artinya dia belum makan. Oleh karenanya, Nasi putih dijadikan hidangan yang wajib ada saat makan.

Selanjutnya : 105+ Contoh Kalimat Fakta dan Opini Paling Lengkap

Penutup
Menentukan ide pokok paragraf merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia secara umum. Biasanya akan mulai dipelajari sejak di bangku Sekolah Dasar hingga ke jenjang pendidikan formal berikutnya.

Materi mengenai gagasan utama ini tergolong mudah dan simpel, selain itu, pembagian atau sub-materi nya juga singkat, sehingga para siswa-siswi bisa dengan santai dan tidak terlalu pusing agar bisa mengerti.

Sejatinya, memahami studi tentang cara menentukan ide pokok bacaan ini tidak hanya berlaku dalam pembelajaran Bahasa Indonesia saja, tapi juga akan banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Selain itu, bagi mereka yang bekerja sebagai Freelancer di dunia maya, khususnya kategori penulis artikel lepas, dianjurkan untuk bisa memahami mengenai jenis kalimat utama ini, Karena tiap-tiap artikel di internet punya gaya bahasa dan ragam penulis dengan ciri khas masing-masing.

Nah, DEMIKIANLAH ulasan kali ini mengenai Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran singkat, beserta penjelasan dan terbaru dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih. (Ref)


Baca juga Postingan kategori Pendidikan Lainnya :

Tinggalkan komentar