Contoh Landasan Teori, 7 Teknik Cara Menyusun yang Baik dan Benar

2 min read

Contoh Landasan Teori – Siapa yang tengah menghadapi skripsi atau melakukan penelitian? Di dalam penyusunan laporan pasti menemukan yang namanya landasan teori.

Lalu, apa yang dimaksud dengan landasan teori? Bagaimana teknik menyusunnya dengan baik dan benar?

Teknik Menyusun Landasan Teori

Landasan teori memiliki peranan yang cukup penting dalam suatu penelitian. Ia di ibaratkan sebuah pondasi bangunan, dalam penelitian pun harus memilki landasan teori ini. Karena tanpanya penulisan skripsi atau penelitian tidak akan lancar.

Apa itu Landasan Teori?

Sebelum memasuki teknik menyusun landasan teori, Anda harus tahu apa yang disebut dengan landasan teori. Yaitu seperangkat definisi, konsep, preposisi rapi dan sistematis tentang variabel-variabel dalam sebuah penelitian.

Adanya landasan ini akan menjadi elemen kuat dalam penelitian yang berlangsung. Sehingga, dalam penyusunannya pun harus dilakukan dengan baik dan benar.

Teknik Menyusun Landasan Teori

Dalam menyusun sebuah landasan teori tentu membutuhkan teknik yang tepat agar hasilnya pun berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan jawabkan.

Selain itu, ada hal-hal pula yang perlu diperhatikan dalam penulisannya. Berikut adalah teknik menyusunnya:

Acuan Landasan Teori

Teknik menyusun landasan teori yang pertama adalah menyiapkan acuan Landasan teori yang berisi hasil penelitian. Bisa disajikan di Bab II kemudian dijabarkan dalam sub-bab.

Penulisan Sub Bab

Saat menulis sub bab dalam bab landasan teori ini harus mempunyai hubungan yang jelas serta memperhatikan aturan penulisan pustaka yang benar.

Studi Pustaka yang Mutakhir

Untuk memperoleh hasil penelitian yang baik, studi pustaka haruslah bersifat mutakhir dan memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian.

Jika saat penulisannya menggunakan literatur dengan beberapa edisi, maka pakailah edisi terbaru dan pastikan apabila referensi tersebut tidak akan terbit lagi atau terbitan terakhir.

Bagi yang menggunakan jurnal sebagai referensi, dalam teknik menyusun landasan teori perlu diperhatikan bahwa tidak ada pembatasan tahun penerbitan untuk jurnal.

Sumber Bacaan yang Beragam

Banyaknya sumber bacaan akan membuat kualitas laporan penelitian yang dilakukan semakin baik. Apalagi jika sumbernya adalah jurnal, koran, artikel majalah, internet, dan masih banyak lagi lainnya.

Pedoman Berlaku untuk Semua Jenis Penelitian

Ya, teknik menyusun landasan teori ini berlaku untuk semua jenis penelitian.

Landasan Teori bukan Opini

Saat Anda menuliskan landasan teori, maka teori yang tertuang tersebut bukanlah pendapat pribadi. Terkecuali sudah termaktub dalam buku.

Model Teori

Saat Anda menulis teknik menyusun landasan teori penelitian korelasional maka pada kerangka landasan teori disajikan model teori, model konsep apabila dibutuhkan, dan model hipotesis pada sub bab tersendiri.

Namun, untuk penelitian jenis studi kasus cukup dengan menyusin model teori dan keterangannya.

Model teori yaitu kerangka pemikiran dari penulis dalam penelitian yang dilakukannya.

Kerangka tersebut bisa berupa kerangka dari orang lain atau ahli atau kerangka pendukung yang sudah ada. Kernagka teori disajjkam dalam skema.

Bisa pula dijabarkan apabila perlu lebih rinci dan adanya pembatasan agar tidak terlalu panjang tanpa mengurangi informasi di dalamnya. Kadang, asumsi-asumsi pun perlu dicantumkan.

Contoh Landasan Teori

Berikut adalah contoh dari penerapan teknik menyusun landasan teori di atas. Penulisan ini bisa diubah sesuai dengan masalah dan penelitian yang dilakukan. Namun, untuk kerangka kurang lebih sama.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Landasan Teori

2.1.1 Daun Lidah Buaya

Penulisan bagian ini bisa diisi tentang sedikit pengenalan lidah buaya dan keterkaitan dengan masalah yang akan diteliti.

2.1.2 Lidah Buaya (Aloe Vera)

Berisi tentang tanaman bernama lidah buaya. Dari nama latinnya, kingdom, dan lain sebagainya.

2.1.3 Karakteristik

Berisi tentang karakteristik yang dimiliki lidah buaya. Seperti akar, batang, daun, dan bunga.

2.1.4 Kandungan Kimia

Sebutkan kandungan kimia yang terkandung dalam tanaman lidah buaya.

2.1.5 Berbagai Penyakit yang Bisa Diatasi: Luka Bakar

Sebutkan berbagai penyakit atau luka yang bisa diatasi dengan kandungan zat dalam lidah buaya.

2.2 Kajian Penelitian yang Relevan

Menjelaskan tentang penelitian-penelitian yang dilakukan terkait dengan masalah.

2.3 Kerangka Berpikir

Dimulai dari apa yang membuat penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam lagi tentang masalah tersebut hingga dampaknya untuk manusia.

2.4 Hipotesis Penelitian

Berisi kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh si penulis.

Baca juga : Contoh Proposal 17 Agustus

Itulah contoh dari penerapan teknik menyusun landasan teori yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *