6 Cara Jitu Menarik Pelanggan agar Kembali Berbelanja ke Toko Anda

6 Cara Jitu Menarik Pelanggan agar Kembali Berbelanja ke Toko Anda

Menarik kembali pelanggan yang sebelumnya berbelanja di toko anda merupakan strategi penjualan yang sulit, namun sifatnya Penting. Bagaimana tidak, kesuksesan sebuah usaha salah satunya datang dari kesetiaan, minat dan kepuasan pelanggan.

Jika hal tersebut terjadi, maka besar kemungkinan bahwa toko usaha anda akan kebanjiran pembeli, mulai dari pelanggan setia, hingga pelanggan baru yang datang silih berganti. Nah, tugas anda selanjutnya yakni menyusun strategi tentang cara menarik pelanggan kembali agar mau berbelanja lagi ke toko anda.

Secara umum, yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah perihal kualitas produk dan pelayanan yang prima. Selain itu, anda harus mampu memberikan nilai lebih terhadap produk, yang nantinya akan jadi poin tambahan dalam hati mereka, sehingga mereka tertarik kembali untuk datang berbelanja ke toko anda.

Cara mendapatkan pelanggan yang banyak memanglah perkara sulit, ditambah lagi perkembangan Dunia E-commerce yang terus tumbuh pesat di tanah air, sehingga masyarakat mulai mengenyampingkan jual beli secara offline dan lebih memilih secara online.

Namun jangan khawatir, konsumen di Indonesia juga semakin pintar, mereka biasanya akan memilah terlebih dahulu terhadap potensi terjadinya penipuan belanja online. Sehingga berkemungkinan akhirnya lebih memilih untuk berbelanja secara langsung ke toko, grosir atau minimarket.

Bagi anda yang memiliki toko offline, kenyataan ini bisa anda manfaatkan dengan optimal. Untuk itu, baca artikel Cara menarik pelanggan untuk kembali ke toko anda ini sampai selesai.

1. Berteman dengan Pelanggan

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah menjadikan mereka sebagai teman dekat, bukan hanya sebatas pelanggan yang datang lalu pergi.

Ciptakan relasi yang kuat dan awet, sehingga mereka menaruh simpati terhadap anda dan usaha anda kedepannya.

Setiap pelanggan datang ke toko anda karena suatu alasan. Untuk itu, biarkan mereka melihat-lihat, mengamati dan mengetahui spesifikasi dari produk anda.

Setelahnya, jelaskan dan paparkan keunggulan-keunggulan yang terkandung didalamnya. Usahakan mereka terkesan dengan penjelasan yang diberikan.

Baca juga : 10 Cara Mendapatkan Pelanggan Setia yang Banyak

Perlakukan mereka seperti sahabat, saudara bahkan selayaknya keluarga sendiri. Anda harus mampu meyakinkan mereka bahwa produk yang hendak mereka beli akan punya pengaruh, dan kegunaan yang maksimal bagi mereka.

Hal ini akan membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan banyak pelanggan setia, yang loyal terhadap barang dagangan anda.

2. Menelpon mereka kembali

Untuk menambah keakraban dengan mereka, anda boleh meminta kontak yang bisa dihubungi, baik nomor telepon, Alamat media sosial maupun alamat email. Ini adalah upaya mempermudah dalam menghubungi mereka kembali.

Cara simpel mendapatkan kontak mereka adalah dengan membuka kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan kritik, saran dan masukan terhadap produk, sehingga anda bisa melakukan serangkaian evaluasi dan renovasi demi meningkatkan kualitas barang.

Setelah selesai, silakan hubungi mereka kembali dan ceritakan bahwa anda telah memperbaiki serta menjawab keluhan atau kritik mereka dengan baik, maka kesempatan besar akan terbuka untuk mancing mereka supaya datang kembali ke toko anda sesegera mungkin.

Baca juga : Cara Menanggapi Kritik, Saran dan Keluhan Pembeli

Selain menjawab keluhan mereka, cara ini juga akan menciptakan daya tarik tersendiri terhadap kesungguhan dan keseriusan anda dalam melayani pelanggan. Sehingga mereka menjadi semakin yakin untuk terus menjadi konsumen tetap anda.

3. Menciptakan ide dan inovasi baru yang unik

Keunikan kerap memberikan suatu hal spesial, serta menciptakan perbedaan yang dominan dari satu jenis produk dengan yang lainnya, pada pangsa pasar yang sama. Begitu juga dalam memikat banyak calon pembeli, yang unik umumnya akan digemari.

Untuk itu, usahakan untuk tidak stagnan dan tetap berada pada garis standar kelayakan produk secara mayoritas saja, kembangkan ide-ide brilian serta inovasi-inovasi yang dirasa mampu menumbuhkan ketertarikan banyak orang, yang dibarengi dengan kualitas serta kredibilitas produk yang ada.

Jika anda berhasil, optimis akan banyak pelanggan baru yang melirik dan penasaran dengan produk anda, sehingga mereka akan mendatangi toko serta melakukan pembelian. Selain itu, pelanggan-pelanggan lama kemungkinan besar juga akan berkunjung kembali ke toko anda tersebut.

Baca juga : 6 Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan

Namun satu hal yang harus anda ingat, bahwa spesifikasi inti dari ciri khas produk anda jangan sampai hilang, atau berubah dari fungsi utama. Bisa-bisa nantinya malah tidak sesuai dengan kebergunaan dan manfaat dasar, lalu berakibat kehilangan banyak pelanggan.

4. Melakukan Pemasaran ulang yang Sederhana

6 Cara Jitu Menarik Pelanggan agar Kembali Berbelanja ke Toko Anda

Cara sukses menarik kembali pelanggan ke toko anda berikutnya adalah, melakukan kegiatan pemasaran seperti awal memulai usaha dulu, namun perbedaannya terletak pada strategi dan skala target pasar yang ditembak.

Pemasaran yang akan dilakukan ini hanya sebatas memberikan informasi terkait berubahan yang terjadi pada produk, dari segi bentuk, harga dan peningkatan spesifikasi. Salah satu caranya yakni dengan turun langsung ke lapangan dan memberikan sampel produk ke orang-orang.

Baca juga : 11 Strategi Pemasaran yang Ampuh dan Efektif

Pemberian sampel ini bertujuan untuk melakukan uji coba dan termasuk Cara mengetahui Respon Konsumen terhadap Produk Anda. Dengan segenap peningkatan yang dilakukan, berpeluang untuk mendapat pelanggan-pelanggan baru, serta menarik pelanggan lama untuk kembali ke toko anda lagi.

5. Buat mereka seakan-akan berada di Rumah sendiri

Cara menarik pelanggan agar kembali ke toko anda selanjutnya adalah menegakkan perinsip : Pembeli adalah raja. Pepatah tua itu memang benar adanya. Tanpa pelanggan, usaha dagang sebesar apapun tidak akan bisa mewujudkan tujuannya yakni mendapat keuntungan.

Menciptakan momen dimana pelanggan merasa seperti berada di rumah sendiri saat berbelanja di toko anda, menjadi rahasia yang jarang diketahui banyak pebisnis.

Yakni rahasia sebagai cara menarik pelanggan untuk kembali ke toko mereka. Anda bisa menyaksikan langsung betapa banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang memberikan pelayanan prima kepada klien-klien bisnis mereka. Ini adalah salah satu trik sukses dalam memikat hati pelanggan.

Mereka tidak akan segan-segan untuk menyediakan tempat penginapan, makanan bahkan tiket keberangkatan klien dari tempat asal menuju perusahaan mereka demi memberi kemudahan sebelum melakukan transaksi.

Baca juga : 9 Model Pelayanan yang Dibenci Pembeli

Sebagai pengembang wirausaha berbasis UKM, anda bisa mencontoh kebiasaan diatas. Misalnya memberi mereka segelas minuman, snack atau makanan ringan. Selain itu sediakan juga WC umum di bagian belakang toko nda.

6. Melakukan yang Terbaik untuk Pelanggan

Salah satu penyebab suatu usaha sangat laris dan digemari banyak orang adalah pelayanan yang diberikan. Terkadang seseorang hanya fokus pada peningkatan penjualan saja, namun mengabaikan yang namanya kualitas pelayanan dan respon pelanggan.

Jika anda ingin Pelanggan lama tetap betah dengan produk milik anda, jangan pernah sepelekan mereka, perlakukan seakan-akan tanpa mereka usaha anda tidak berarti. Berikut ini adalah beberapa tips mempertahankan pelanggan agar mereka setia :

  • Mengucapkan selamat datang dan terima kasih
  • Gesit dalam melayani, alias tidak lamban
  • Menghargai mereka selama berada di toko anda
  • Sopan, ceria dan ramah
  • Selalu menanggapi kritik dan saran konsumen
  • Menjamin kualitas produk
  • Spesifikasi = Realita

Selengkapnya : 10 Cara Melayani Konsumen agar Betah

Dengan begitu, saya optimis bahwa usaha dagang anda akan ramai dan banjir orderan, baik dari pelanggan setia maupun mereka yang baru mendapat informasi tentang produk anda dari pelanggan setia tersebut.

____________________

Demikianlah, 6 Cara menarik pelanggan agar kembali ke toko anda. Semoga bisa menjadi penambah wawasan bagi anda yang sedang menjalankan suatu usaha, dalam rangka mendapatkan banyak pembeli setia dan loyal. Terima kasih.

Rekomendasi Artikel :

Tinggalkan komentar