3 Cara Jualan di TikTok Shop, Singkat dan Mudah

3 Cara Jualan di Tiktok Shop, Singkat dan Mudah – Dewasa ini, jika Bella boleh bertanya, siapa yang belum mengenal aplikasi Tiktok? Barangkali jawabannya hanya nenek kakek lansia, bayi-bayi.

Sekarang, Sekalipun tidak tahu cara menggunakan Tiktok, tapi kebanyakan masyarakat sudah tahu atau pernah mendengar anak-anak mereka berbincang mengenai aplikasi Tiktok dan fungsinya.

Yang kita kenal dulu, Tiktok merupakan aplikasi hiburan berisi format Video pendek yang biasanya di jadikan stori WhatsApp maupun dikoleksi semata.

Sejak tahun 2016 silam itulah Tiktok mulai merambah semakin banyak kalangkan di dunia ini hingga kita mendapatkan kabar pada tahun 2020 lalu, India telah memblokir aplikasi ini sebab menurut kabar banyak sekali hal-hal kurang positif, terlebih video-video yang tidak pantas ditonton terutama bagi kalangan anak-anak, yang banyak sekali berseliweran bebas di aplikasi Tiktok.

Di Indonesia pun, dulu pada tahun 2018 Kominfo melakukan pemblokiran apkikasi Tiktok dengan alasan yang sama seperti terjadi pada negara India. Selama beberapa tahun pun TikTok di Indonesia vakum hingga pada 2020 TikTok kembali tampil ke permukaan aplikasi hiburan Tanah Air.

Dan sekarang, dengan sangat mengejutkan TikTok hadir dengan meluncurkan fitur baru terkait dengan pasar Shopping masyarakat.

TikTok Shop di Indonesia

Sejak peluncuran TikTok di Indonesia yang ditandai dengan Program Live Shopping Artis Nagita Slavina di toko Mama Gigi.

Dalam live tersebut, terlihat Istri dari Raffi Ahmad sedang menampilkan berbagai macam produk yang disertai keterangan lisan darinya. Produk tersebut meliputi masker, alat-alat kecantikan serta alat elektronik juga masuk dalam promo TikTok Shop perdana waktu itu.

Sejak itulah, sejak April lalu, sejak acara Live Shopping yang dibintangi Nagita Slavina, aplikasi TikTok Shop perlahan-lahan, lambat laun mulai memperkenalkan diri ke permukaan Indonesia.

Fitur ini mendapat banyak sambutan hangat dan positif dari berbagai kalangan masyarakat hususnya yang berjalan di bidang bisnismen.

Sebab, aplikasi TikTok Shop ini dinilai sebagai layanan inovatif agar para e-commerce dapat menjangkau para penjual, pembeli, dan kreator untuk menyediakan pengalaman berbelanja langsung di platform TikTok.

TikTok Shop juga membuka kesempatan bagi Brand dan para penjual untuk mengembangkan bisnisnya melalui live shopping atau juga bisa bekerja sama dengan kreator supaya bisa mengkolaborasikan produk mereka ke influencer TikTok.

Cara Berjualan di TikTok Shop

Para bebisnis, supliyer maupun kreator berlomba-lomba mencari tahu bagaimana cara mendirikan sebuah toko di fitur TikTok Shop. Pasti kalian juga penasaran kan? Simak langkah-langkah di bawah ini :

  1. Daftar TikTok Shop Seller

Sebagaimana pengajuan oendaftaran dalam bidang bisnis lainnya seperti Marketplase. Pendaftaran TikTok Shop juga mengajukan hal-hal signifikan seperti alamat rumah, email, nomor telepon serta data diri lainnya.

  1. Informasi Bisnis

Informasi binis ini meliputi nama toko, branding produk, alamat toko, jenis bisnis, jenis produk, dan lain semacamnya.

  1. Mengisi Form Registrasi

Tahap terkahir ini kalian bisa mengisi informasi mengenai bisnis kalian, setelah itu, barulah akan dapat notifikasi verifikasi serta rekomendasi dari TikTok Shop. Dan selamat mencoba dan mengembangkan bisnis kalian.

Fitur TikTok Shop

Setelah pendaftaran selesai, akan akan diarahkan untuk mencoba dan menikmati fitur shopping versi TikTok Shop. Penasaran caranya? Simak review di bawah ini:

  1. TikTok shop Affiliate Dalam Profile Page

Sebagaimana akun online shop pada umumnya, dalam profil page ini kalian bisa melihat produk, detail harga dan bahan yang kalian jual. Sehingga saat kalian sedang live promosi para penonton pun dapat melihat hal yang sama.

Jika ingin mengenalkan produk baru, bisa langsung mengisi kolom Link di profil.

2. TikTokshop Affiliate

Dalam fitur ini, langkah kalian akan mudah melakukan promosi produk dengan para influencer TikTok. Pertama-tama, upload dulu produk bisnis kalian ke seller center, kemudian tambah deskripsi produk secara detail dan lengkap, lalu pilih collab dengan influencer yang kamu mau.

Selain itu, TikTok Shop juga menawari kamu mendaftar Conten Creator sebagai pertimbangan jika ingin menjngkatkan strategi promosi.

3. Product Anchor

TikTok Shop memiliki seler center yang bernama TikTok Shop Seller University. Di dalamnya terdapat pusat bantuan dan edukasi.

Bagi pemulai bisnis baru di TikTok Shop, saat ini memiliki dua halaman, pertama berupa kebijakan (tahap, cara dan hal-hal yang dibutuhkan dlaam registrasi), halaman kedua terdapat tab fitur, yang menjelaskan apa saja fitur dalam TikTok Shop dan bagaimana cara menggunakan nya.

4. TikTok Shop Seller University

Sama seperti langkah pertama di atas. Ketika link sudah di klik penonton akan langsung diarahkan ke detail produk tanpa harus keluar dari aplikasi TikTok.

Akhirnya,

Sekian review Bella hari ini, selamat menikmati sensasi belanja maupun jualan online di platform TikTok Shop. Semoga berkah semuanya. Jangan lupa tetap pantau terus Rapikan.com. Terimakasih