Iklan header





Anggaran Dana untuk Acara 17 Agustusan (Perkiraan dan Perhitungan)

Anggaran Dana untuk Acara 17 Agustusan

Perkiraan Anggaran Dana untuk Acara 17 Agustus - Tidak beberapa lama lagi, kita akan kembali dihadapkan pada sebuah momen yang sangat penting, dan wajib diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, yakni perayaan 17 Agustus yang ke 74. 

Akan banyak perlombaan-perlombaan dan kegiatan lainnya dalam mengisi momen yang dimulai setelah upacara bendera, hingga menjelang sore.

Yang pasti perpartisipasi penuh dalam acara tersebut adalah para pemuda-pemudi, tokoh masyarakat dan warga secara keseluruhan.

Untuk persiapannya sendiri, tentunya dibutuhkan sejumlah dana yang tersedia, serta bisa didapatkan dari berbagai sumber, baik dalam bentuk sumbangan warga sekitar, maupun melalui Proposal Kegiatan 17 Agustus.
Sebelum lanjut, silakan simak dulu : Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustusan ini
Lalu, berapa perkiraan anggaran dana yang dibutuhkan untuk acara 17 Agustusan ini ?

Pada artikel ini, saya akan merangkum contoh perkiraan anggaran dana untuk acara 17 Agustus 2019, yang nantinya bisa dijadikan pedoman serta tolok ukur untuk dituliskan pada proposal permintaan dana.

Namun sebelum lanjut, ketahui dulu beberapa permainan dalam acara 17 Agustusan yang paling sering dilakukan, yaitu :
  • Tarik tambang (anak-anak dan dewasa)
  • Lomba makan kerupuk (anak-anak)
  • Lomba balap karung (anak-anak dan dewasa)
  • Lari kelereng di sendok (anak-anak)
  • Memasukkan paku ke dalam botol (anak-anak)
  • Futsal (dewasa)
  • Volleyball (dewasa
  • Panjat Pinang (dewasa).

Dari 8 daftar perlombaan di acara 17 Agustusan diatas tersebut, nantinya akan kita jadikan patokan untuk mendapatkan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan lomba 17-an ini.

Selain itu, perhitungkan juga mengenai hadiahnya. Kita anggap saja dulu seperti di bawah ini : 
  • Anak-anak : Peralatan belajar dan sekolah
  • Dewasa : Uang tunai dan peralatan rumah tangga.
  • Total : Rp. 1.000.000,-

Nah, sekarang jenis perlombaan, peralatan yang diperlukan serta perkiraan dana untuk hadiah telah ditentukan. Setelah itu, mari kita hitung berapa prediksi keseluruhan dari dana yang akan dituliskan ke proposal.

Estimasi perkiraan yang akan kita rangkai adalah berdasarkan seluruh jenis permainan yang ditulis di atas, beserta untuk hadiahnya :

1. Tali Tambang

Properti tali ini diperlukan untuk perlombaan tarik tambang. Anggap saja jumlahnya 2 buah, dengan harga satuan adalah Rp. 50.000,-.
Jadinya,
Rp. 50.000,- x 2 = Rp. 100.000,-.

2. Kerupuk

Perlombaan ini khusus untuk anak-anak saja. Karena sifatnya konsumsi, maka jumlah yang dibutuhkan akan cukup banyak. Anggap saja nanti akan ada 10 ronde, dimana tiap-tiap ronde diisi oleh 5 peserta, dengan harga satuan adalah Rp. 1.000,-.
Maka, perhitungannya adalah :
5 x 10 = 50 x Rp. 1.000,- = Rp. 50.000,-.

3. Karung

Untuk lomba ini, akan dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa. Karung yang dibutuhkan tidak perlu berjumlah banyak, karena sifatnya bida dipakai berulang-ulang. Kita buatkan saja sekitar 10 biji, dengan harga satuan Rp. 5.000,-.
Maka perhitungannya :
10 x Rp. 5.000,- = Rp. 50.000,-.

4. Bola Futsal

Lomba ini nantinya hanya dimainkan oleh kaum pria dewasa saja, yang dibutuhkan cukup 1 bola futsal. Kisaran harga saat ini kita bulatkan adalah Rp. 500.000,-.

5. Tali Pengikat dan Cat
Berikutnya adalah Anggaran dana 17 Agustusan untuk properti penolong, diantaranya tali pengikat dan cat. Untuk harganya tergolong murah, dan jumlah kebutuhannya pun sedikit.
Perkiraan :
Tali pengikat : 3 x Rp. 3.000,- = Rp. 9.000,-
Cat : 2 x Rp. 25.000 = Rp. 50.000,-.
Total jumlah : Rp. 59.000,-
Nantinya, tali dan cat akan digunakan pada berbagai hal. Tali untuk pembatas peserta dengan penonton, gantungan kerupuk, gantungan hadiah pada pohon pinang dan lainnya.

Sedangkan cat nantinya untuk berbagai keperluan dalam memperindah suasana, ddngan beragam dekorasi sederhana yang bisa menambah meriahnya acara perayaan tersebut.

6. Bendera

Tidak mungkin rasanya bila dalam perayaan ini, kita tidak menyertakan bendera satupun. Untuk itu, setidaknya sediakan minimal 5 lembar bendera merah putih.

Untuk penempatan wajib adalah di puncak batang pinang yang dipanjat, dan dua lembar di pintu masuk (bila acara diadakan di lapangan).
Perkiraan :
5 x Rp. 15.000 = Rp. 75.000,-
Nah, di atas telah kita rincikan keseluruhan mengenai prediksi dana yang diperlukan untuk membuat acara 17 Agustusan ini.

Berikutnya, kita jumlahkan masing-masing poin untuk mendapatkan hasiil akhir :
Tali Tambang = Rp. 100.000,-
Kerupuk = Rp. 50.000,-
Karung = Rp. 50.000,-
Bola Futsal = Rp. 500.000,-
Tali Pengikat dan Cat = Rp. 59.000,-
Bendera = Rp. 75.000,-
Hadiah = Rp. 1.000.000,-
Total dana yang dibutuhkan = Rp. 1. 834.000,-.
Nah, sekarang kita sudah mendapatkan hasil akhir. Namun sebenarnya pasti masih ada dana-dana untuk kebutuhan lain di luar acara, midalnya seperti biaya makan dan minuman panitia, penyewaan peralatan seperti speaker, mikropon, listrik dan lainnya.

Namun hal ini tidak perlu untuk dikasukkan ke dalam proposal, karena bisa didapatkan dari iuran perkepala, sesuai dengan kesepakatan masing-masing para anggota panitia dan pihak-pihak yang terlibat.

Penutup

Saat ini, sebagai generasi penerus, sangat miris rasanya bila di setiap tanggal 17 agustus, suatu daerah tidak mengadakan event khusus yang berjalan seharian penuh tersebut.

Di setiap kota hingga ke pelosok desa, orang akan berbondong-bondong merayakannya, sebagai wujud apresiasi terhadap perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang, serta tokoh-tokoh penting dalam mempertahankan kedaulatan negara di masa lalu.

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Anggaran dana untuk acara 17 Agustus 2019 di desa maupun kota. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang ingin membuat Proposal acara hari kemerdekaan.

0 Response to "Anggaran Dana untuk Acara 17 Agustusan (Perkiraan dan Perhitungan)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Karena setiap Perkataan mencerminkan Karakter dan Kepribadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel