5 Manfaat Berjualan Secara Keliling

Manfaat berjualan secara keliling

Manfaat berjualan secara keliling mungkin di zaman sekarang sudah jarang diketahui. Pasalnya di era serba modern seperti saat ini, bisnis atau usaha online dinilai lebih menjanjikan apabila dilakukan.

Namun apakah cara dan kelebihan jualan secara langsung begitu saja kita tinggalkan? Seharusnya tidak seperti itu. Ada banyak hal-hal menguntungkan yang bisa anda dapatkan jika menawarkan dagangan dengan cara berkeliling kampung, kompleks, ataupun jalan raya. Semua akan dibahas pada artikel kali ini.

Bahkan keuntungan berjualan keliling yang didapatkan pun tidak kalah dengan para pebisnis yang biasa mengembangkan bisnisnya secara online. Ada banyak barang yang bisa anda jual dengan metode seperti ini.

Sebagai contoh jualan sayur, jasa soul sepatu, jual bakso atau cilok, dagang siomay, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Itu hanya beberapa contoh produk jualan keliling terlaris yang bisa anda coba. 

Manfaat Berjualan Secara Keliling, Apa Saja Itu?

Berdagang keliling memberikan anda berbagai benefit baik secara finansial maupun kesehatan. Bagi anda yang belum terbiasa, mungkin bakal merasa lelah terlebih lagi jika dagangan tidak laku alias sepi pembeli.

Namun bila anda melakukannya dengan baik dan benar pasti keuntungan itu pasti dapat dirasakan. Apa saja manfaat atau keuntungan tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini : 

1. Bisa Mendapatkan Pembeli dengan Mudah

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari berjualan secara keliling adalah anda bisa mendapatkan pembeli dengan mudah.

Asalkan memang berdagang di tempat-tempat yang potensial. Berbeda halnya jika kita berjualan secara daring yang kebanyakan menunggu sembari melakukan promosi kecil-kecilan.

Dengan cara seperti ini (dagang keliling), anda lebih mudah dalam mencari dan mendapatkan pembeli. Tanpa harus menunggu dengan ketidakpastian. 

Kita ambil contoh, tukang sayur keliling. Pernahkah anda melihat siapa pembeli utama dari tukang sayur?


Sudah pasti ibu-ibu yang membutuhkan lauk ataupun sayur-sayuran untuk dimasak sebagai menu makanan suami dan juga anak-anaknya. Baik di desa maupun kota tukang sayur pasti selalu dinanti-nantikan. Benar begitu bukan?

2. Bisa Mendapatkan Pelanggan Tetap

Manfaat berjualan secara Keliling selanjutnya adalah anda berpeluang besar mendapatkan pelanggan tetap. Mengapa bisa begitu?

Ketika  berkeliling menjajakan dagangan, maka secara otomatis anda menemukan berbagai macam pembeli.

Di hari esok, anda lewat di tempat yang sama dan juga mendapatkan pembeli yang sama. Begitupun di hari-hari selanjutnya, anda mengalami hal yang sama. 

Logikanya, jika pedagang sering datang ke tempat yang sama maka pembeli lebih mudah untuk mengingat pedagang tersebut. Alhasil, pedagang tersebut menjadikannya langganan.


Dalam kehidupan sehari-hari kita, tukang sayur keliling adalah salah satu contohnya. Jika anda ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, sangat disarankan untuk mendatangi tempat-tempat yang sama apabila pembeli banyak dari sana.

3. Dapat Berkomunikasi Secara Langsung dengan Pembeli / Pelanggan

Dalam berbisnis, komunikasi yang baik dengan pembeli merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Pembeli adalah raja yang harus anda perlakukan dengan baik.

Berkomunikasi dengan baik dengan mereka merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan. Ketika berjualan keliling, secara otomatis anda langsung bertatap muka dengan pembeli. Dari sinilah Anda bisa langsung meminta saran dan masukan kepada mereka.

Ini semua demi kemajuan bisnis anda. Sebenarnya dalam berbisnis online, anda tetap bisa berkomunikasi dengan konsumen. Namun hal tersebut hanya sebatas lewat chat saja.


Berbeda halnya jika anda bertemu secara langsung, keinginan pembeli dapat lebih mudah dipahami. Jika dikritik, jadikan kritik tersebut sebagai motivasi bagi anda untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

4. Melatih Kesabaran

Jualan memang butuh kesabaran dan mental yang bagus. Siapa itu, pasti pernah mengalami sebuah titik dimana pendapatan menurun karena produk yang dijual sepi pembeli atau bahkan tidak laku sama sekali.

Begitupun halnya para pedagang keliling, pasti dia pernah merasakan dagangannya sedikit laku padahal tempat yang dilewatinya juga sama. Lantas apakah kita harus mengeluh jika mengalami hal seperti itu? Tentu tidak.

Bila anda mengalami hal tersebut, berarti Tuhan sedang menguji kesabaran anda. Bisakah bertahan dalam kondisi seperti itu? Percayalah bahwa Tuhan tidak mungkin menahan rezeki hamba-Nya dalam waktu yang sangat lama.

Asalkanan mau berikhtiar dengan sebaik mungkin. Coba introspeksi kepada diri anda sendiri, mengapa kira-kira pembeli yang biasa membeli sesuatu ke saya tiba-tiba tidak jadi membeli?

Pasti ada alasannya. Yang perlu anda lakukan adalah perbaiki cara jualan atau perbaiki kualitas produknya. 

5. Berjualan Keliling = Berolahraga

Manfaat berjualan secara keliling selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Ketika berjualan, kita memanfaatkan kaki untuk berjalan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. 

Dalam arti lain, tubuh kita benar-benar bergerak sehingga banyak lemak yang terbakar. Apabila anda ingin menguruskan badan, sangat cocok menjadi pedagang keliling.

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan cara berniaga online yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk-duduk di depan laptop atau sambil memegang smartphone.


Anggota tubuh menjadi lebih jarang digerakkan dan sangat berdampak terhadap kesehatan tubuh anda. Namun anda tidak perlu terlalu memaksakan diri.

Bila tubuh mulai lelah, anda bisa beristirahat terlebih dahulu dan dilanjutkan kembali ketika rasa lelah itu telah hilang. 

Penutup

Pada dasarnya, apapun cara berjualan anda baik itu dengan berkeliling maupun secara online semuanya sama-sama mampu menghasilkan keuntungan.

Besarnya juga relatif tergantung produk, jasa, dan bagaimana anda mengembangkan bisnis tersebut. Jangan lupa, utamakan kejujuran dan kepuasan pelanggan bila anda menjalankan sebuah bisnis. 

Akhir kata, demikian pembahasan mengenai cara serta manfaat berjualan keliling, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan mengembangkan bisnis anda.

Artikel terkait :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel