6 Hal Sepele yang Membuat Dagangan Jadi Sepi, Wajib Anda Hindari!

6 Hal Sepele yang Membuat Dagangan Jadi Sepi, Wajib Anda Hindari!

Saya ingin menyampaikan sesuatu hal yang penting untuk anda, terutama bagi anda seorang pebisnis atau pedagang yakni hal yang membuat Dagangan jadi sepi.

Saya yakin, hampir semua pedagang pernah mengalami hal tersebut yang membuat pemasukan menurun dan laba pun juga ikut menurun.

Penurunan ini bisa berlangsung sementara dan juga bisa berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Toko sepi, tak ada yang membeli merupakan tanda-tanda bisnis menuju ke arah kegagalan yang seharusnya tidak sampai terjadi pada usaha anda.

Meskipun anggap saja modal yang anda keluarkan tidak terlalu besar, namun jika sampai problem dagangan sepi terus menerus terjadi sesuatu hal yang merugikan bagi anda. Benar begitu bukan?

Beberapa Hal yang Membuat Dagangan Jadi Sepi

Tidak ada asap kalau tidak ada api. Begitupun dengan tentang lapak yang sepi pembeli. Pasti ada hal yang menyebabkan semua itu terjadi.

Adapun beberapa hal yang menjadi timbulnya masalah dagangan sepi. Apa saja itu? Berikut adalah ulasannya :

1. Kualitas Produk yang Dijual Rendah

Faktor pertumbuhan yang menjadikan dagangan anda sepi adalah kualitas produk yang dijual sangat buruk.

Bila anda berpikiran bahwa pembeli hanya melihat dari harga, maka anda salah. Kualitas produk pada faktanya juga menjadi faktor penentu apakah pembeli jadi ataupun tidak membeli sesuatu di lapak anda.

Selain itu, menurut pendapat yang pernah disampaikan oleh Guiltinan, Madden dan Paul (1997:7) bahwa ada 8 faktor yang menentukan kualitas suatu produk.

Adapun kedelapan faktor tersebut adalah kinerja (performances), daya tahan (durability), service ability, karakteristik tambahan (features), kehandalan (realibility), kesesuaian (conformance), estetika dan kualitas yang dipersepsikan.

Simak juga : 10 Strategi Mendapatkan Pelanggan Setia

Jadi jika usaha anda ingin berkembang maka jagalah kualitas produk yang anda jual. Oke?

2. Pelayanan yang Kurang

Penyebab usaha sepi selanjutnya adalah pedagang atau pebisnis yang memberikan pelayanan yang kurang baik.

Sebagus apapun kualitas barang anda jual ataupun semurah apapun produk yang dijual, jika anda tidak bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli maka hal tersebut menjadi sesuatu yang sia-sia.

Pelayanan yang baik dan prima merupakan salah satu faktor penentu guna mendapatkan calon pembeli

3. Kurang Gencar Melakukan Pemasaran

Hal yang membuat dagangan jadi sepi selanjutnya adalah karena anda sebagai penjual kurang gencar dalam melakukan pemasaran atau promosi. 

Percayalah, tanpa melakukan pemasaran yang baik membuat bisnis anda tidak dapat berkembang secara optimal.

Jangan pernah berharap pembeli akan datang dengan sendirinya, tetapi cobalah lakukan ikhtiar mendatangkan calon pembeli salah satunya dengan melakukan Strategi Pemasaran dan promosi. 

Apakah sulit melakukan promosi? Saya rasa tidak. Terlebih lagi di era sekarang internet tumbuh semakin pesat yang membuat penggunanya bisa melakukan promosi bisnis dengan mudah tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Anda bisa memanfaatkan sosial media, marketplace, toko online, ataupun yang lainnya untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang anda jual. 

4. Produk yang Kurang Inovatif

Di era yang serba modern seperti ini, produk-produk atau barang yang ketinggalan zaman sangat sulit untuk menarik banyak pembeli. 

Apalagi sesuatu yang anda jual terlihat biasa-biasa saja dan terlihat tidak menarik. Anda akan sulit untuk mendapatkan pelanggan tetap, atau mengajak pelanggan kembali ke toko anda.

Untuk itu diperlukan adanya inovasi-inovasi dari produk yang biasa anda jual, baik untuk produk baru maupun produk lama yang sebelumnya sudah pernah dijual.

Peningkatan inovasi  juga menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas produk.

5. Harga yang Terlampau Mahal

Anda pasti sering mendengar ungkapan yang satu ini : “Ada harga ada kualitas”. Ungkapan tersebut bermakna semakin tinggi harga produk maka semakin baik kualitasnya.

Hal tersebut memang benar dan bisa anda buktikan sendiri, bahwa tingginya harga produk yang dijual dianggap pembeli sebagai sesuatu yang layak untuk dibeli.

Mereka rela merogoh kocek lebih dalam asal bisa mendapatkan produk yang terbaik.

Menjual produk dengan harga yang tinggi itu sah-sah saja, namun jika terlampau mahal saya sarankan sebaiknya juga tidak dilakukan.

Ingat, harga mahal dengan harga tinggi itu berbeda. Kita ambil contoh, harga iphone 7 senilai 10 juta dijual seharga 9 juta tentu merupakan harga yang murah karena nilainya berada di bawah pasaran.

Begitu juga sebaliknya, Bilamana harga ponsel cerdas 400 ribu dijual 600 ribu maka sangat pantas jika disebut berharga mahal.

Simak juga : 5 Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian

Perlu untuk anda ketahui, sebagai penjual anda juga harus memahami apakah standar harga yang telah tetapkan apakah sudah sesuai dengan nilai dari produk tersebut, atau apakah harga sudah sesuai standar dengan harga yang ada di pasaran. 

Hal-hal seperti ini yang benar-benar harus anda perhatikan. Jangan sampai, anda hanya mengejar untung saja namun mengabaikan dari sisi kemampuan konsumen yang membeli produk tersebut.

6. Tidak Ada Database Pelanggan

Poin yang satu ini mungkin anda sepelekan. Buat apa pelanggan harus di data? Bukankah pelanggan itu pasti akan berulang kali membeli produk yang kita jual? Eits, belum tentu.

Bisa saja pembeli tersebut juga punya langganan lain di lapak sebelah. Tanpa adanya database pelanggan, membuat anda akan dengan mudah kehilangan pelanggan.

Dengan adanya database, anda bisa menginformasikan penawaran diskon, informasi produk baru dan lainnya kepada pelanggan. 

Yang paling mudah melakukan database pelanggan adalah dengan mencatat dan menyimpan nomor ponsel pelanggan pada smartphone anda.

Hal ini merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan pelanggan yang royal. Nyatanya juga, menawarkan produk baru ke pelanggan lama jauh lebih mudah daripada menawarkan ke pelanggan baru. 

Penutup

Nah sekarang sudah tau apa saja hal-hal yang membuat dagangan jadi sepi. Yuk hindari dan lakukan perbaikan mulai saat ini agar bisnis semakin jauh dan juga berkembang.

Demikianlah, informasi kali ini mengenai Hal sepele yang membuat toko anda jadi sepi. Hindari 6 hal diatas dan Insya Allah dagangan anda akan dibanjiri pembeli.

Rekomendasi Artikel :

Tinggalkan komentar