Cara Mengalahkan Pesaing: 5 Trik Jitu Memenangkan Persaingan dari Kompetitor dalam Penjualan


Cara mengalahkan pesaing bisnis


Cara mengalahkan Pesaing dalam berjualan adalah sesuatu hal yang bisa dibilang "Hampir Harus" untuk dipelajari dan dikuasai oleh seorang Wirausaha. Dalam Konsep Proses Penjualan, Kompetitor (Pesaing utama) merupakan lawan berat dalam berbagai hal, antara lain :

  • Upaya mendapatkan Konsumen
  • Meraih Laba yang maksimal
  • Kelancaran Strategi Pemasaran
  • Mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan
  • Dll.

Untuk mencapai beberapa hal tersebut, disitulah saatnya bagi anda untuk mengetahui Cara memenangkan persaingan Bisnis di Pasar atau Lingkungan yang sama.

Pesaing (Kompetitor) adalah: Wirausaha atau badan usaha yang menjadi lawan tanding anda selama bergelut dalam dunia bisnis.

Mereka bisa jadi teman maupun lawan dalam perebutan kekuasaan dalam jual-beli, terlebih jika produk yang diperdagangkan adalah sejenis atau sama.
Contoh kecilnya adalah Bisnis Laundry Kiloan. Kita sering melihat di kota kecil maupun besar, dimana terdapat di titik wilayah tertentu yang Jumlah Wirausaha Laundry Kiloan sangat banyak, umumnya akan ditemukan di daerah Kampus, Lokasi Industri, Pinggir/Pusat kota dan daerah kontrakan.

Tentu saja, antara satu dengan yang lainnya akan selalu berupaya untuk menjalankan strategi tentang Bagaimana Mengalahkan Pesaing Bisnis mereka masing-masing.

Trik-triknya pun beraneka ragam, tergandung penyusunan perencanaan tiap-tiap pemilik usaha.

Nah, jika anda sedang mencari Cara memenangkan persaingan dengan pebisnis lain yang kebetulan masih menjalankan usaha yang sama dan lokasi usaha yang berdekatan, anda telah berada pada artikel yang tepat.

Karena disini saya akan coba menguraikan tentang Cara mengalahkan Pesaing Bisnis. 

Beberapa tips dan trik menumbangkan lawan bisnis dibawah ini saya ambil berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi saya.

Ditambah juga dari beberapa referensi dari internet dan interview langsung dengan beberapa pemilik usaha di daerah tempat tinggal saya.

1. Kenapa banyak pebisnis yang membuka usaha sejenis dalam satu pasar / wilayah tertentu ?

Yang pertama, saya akan terlebih dahulu menjelaskan tentang faktor-faktor apa saja yang menyebabkan banyaknya Wirausawan yang membuka jenis bisnis yang serupa, dalam lokasi yang sama.

1.1. Peluang Usaha yang ditemukan

Dalam satu wilayah tertentu sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa didapatkan, selain itu, sebagai Wirausaha yang kreatif dan inovatif, kita juga bisa menciptakan peluang bisnis sendiri dan mengembangkan inovasi--novasi yang brilian.

Baca juga : 65 Jenis Peluang Usaha Rumahan

Namun yang jadi masalah adalah, penyakit meniru. Pebisnis baru sangat suka meniru kesuksesan seseorang, sehingga dia bertambah yakin jika membuka usaha yang serupa, sukses akan ketularan, namun pada kenyataannya sangatlah jarang.

1.2. Keseimbangan Potensi dengan Demografi Penduduk setempat

Selanjutnya adalah perkara potensi dari jenis peluang yang setara dengan demografi penduduk, mulai dari usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, dan yang paling menonjol adalah tingkat pendapatan rata-rata dari masyarakat setempat.

Nah, akibat dari hal ini adalah, para pebisnis tentunya akan menyesuaikan keadaan yang ada dengan jenis produk yang akan diproduksi / pelayanan jasa yang akan dibuka. Akhirnya terciptalah beberapa jenis usaha yang serupa dalam satu wilayah tertentu.

1.3. Pengaruh Riset Pasar

Riset pasar (Market Research) merupakan kegiatan dalam menganalisa keadaan suatu pasar mulai dari tipe produk potensial, daya beli konsumen, jumlah dan kekuatan calon Kompetitor, peluang lokasi strategis dan sejenisnya.

Setelah riset dilakukan dan mendapatkan hasil yang cocok, si-pebisnis akan mulai membuka dan menjual produknya disana. Dengan begitu, maka bertambah banyaklah usaha-usaha serupa dan akhirnya menjadi saling bersaing.

2. Cara mengalahkan Pesaing Bisnis yang Efektif

Berdasarkan 3 alasan diatas, salah satunya adalah penyebab mengapa saat ini anda terjebak dalam lingkup bisnis dengan tingkat persaingan yang sangat ketat dan semakin tinggi.

Terkait : Cara membuat Perencanaan Bisnis

Akhirnya, yang anda butuhkan adalah mencari-cari Cara mengalahkan pesaing bisnis dengan jenis produk yang sama. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan :

2.1. Mengalahkan Pesaing dengan Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk

Kualitas suatu produk merupakan salah satu kunci dasar untuk mencapai angka penjualan yang tinggi, dalam rangka meraih laba yang ditargetkan.

Namun prakteknya tidak semudah itu. Menjaga dan meningkatkan kualitas produk bukanlah tahap yang "Sekali siap" dalam hitungan jam.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, antara lain adalah mengetahui respon pelanggan anda.

Jika anda sudah tahu dan faham bagaimana tanggapan pembeli terhadap produk anda, dari situ akan terlihat jelas tentang apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahan barang dagangan anda.

Baca : 5 Cara Mengetahui Respon Konsumen terhadap Produk

Pada momen ini, adalah saat yang tepat untuk melakukan serangkaian renovasi dan evaluasi terhadap kekurangan yang telah diketahui.

Lakukan perbaikan yang maksimal, sehingga mampu menghadirkan produk berkualitas tinggi dari sebelumnya.

Nah, jika berhasil, saya yakin 99% bahwa jumlah pelanggan anda akan bertambah seiring waktu berjalan.

Selain karena kualitas yang terjaga dan terus meningkat, mereka juga semakin yakin akan kesungguhan anda dalam melayani setiap keluhan, kritik dan saran dari pelanggan.

2.2. Mengalahkan Kompetitor dengan Memaksimalkan Pelayanan terhadap Konsumen

Setelah proses evaluasi berjalan, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah meningkatkan kualitas pelayanan terhadap setiap pelanggan yang datang.

Juga tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu jalan menuju kesuksesan dalam berbisnis adalah kepiawaian dalam melayani pembeli.

Jangan pernah memandang status, golongan ataupun jumlah belanjaan mereka, karena setiap pembeli adalah raja.

Baca juga : 10 Cara mendapatkan Pelanggan Setia

Jika kamu gagal dalam menciptakan suasana harmonis dengan konsumen, siap-siap saja jika kedatangan mereka saat itu adalah kali terakhir.

Setinggi apapun kualitas produk anda hari ini, tetap tidak akan diminati lagi jika pelayanan anda mengecewakan.

Beberapa Cara melayani konsumen yang baik dan benar antara lain adalah :
  • Mengucapkan terima kasih
  • Gesit, jangan lamban
  • Menghargai kedatangan mereka
  • Selalu tampil ceria
  • Sopan dan ramah
  • Menanggapi segala keluhan dan kritikan yang datang
  • Spesifikasi = Realita
  • Penjaminan akan kualitas produk.

Untuk panduan yang lebih lengkap, silahkan baca beberapa artikel berikut ini :

Jika anda merasa sulit atau kebingungan dalam mengalahkan komprtitor bisnis, pahami beberapa artikel di atas, saya rasa bisa membantu anda dalam upaya meningkatkan kredibilitas usaha yang sedang anda jalani.

2.3. Meningkatkan Strategi Pemasaran dan Penjualan Anda

Cara mengalahkan Pesaing yang berhasil selanjutnya adalah meningkatkan teknik dan strategi pemasaran serta penjualan anda.

Strategi yang disusun harus selalu relevan dengan keadaan setiap waktu.

Jika terdapat berbagai perubahan di lingkungan daerah tempat usaha atau pasar, segera lakukan perubahan terhadap stratrgi anda, jangan biarkan berlarut-larut, agar tidak tertinggal terlalu jauh.

Perubahan yang terjadi tersebut biasanya berupa :
  • Pergantian cuaca
  • Daya beli yang menurut
  • Tingkat perekonomian yang memburuk
  • Musim yang berganti

Nah, dengan mengubah strategi pemasaran dan penjualan anda dengan menyesuaikan keadaan, anda akan terbiasa beradaptasi dengan keadaan yang baru setiap waktu.

Panduan :

2.4. Memantau Kinerja Kompetitor

Cara mengalahkan pesaing saat berjualan yang terakhir adalah memantau pergerakan komprtitor. Mengetahui dengan spesifik soal pesaing terkuat anda bukan berarti mengikuti cara dan strategi yang diluncurkannya juga.

Yang harus anda lakukan hanyalah mengenali itu semua, mulai dari ciri khas, pergerakan hingga gaya pemasaran kompetitor di dalam pasar.


Kemudian buatlah sebuah perbedaan yang tentunya lebih baik menurut anda, konsumen dan bisnis.

Namun terlebih dahulu anda harus mampu Memaksimalkan Kinerja Tim. Tapi harus ingat, jangan melenceng dari kultur dan keragaman yang ada pada pasar.

2.5. Jujur dan Konsisten

Cara mengalahkan Kompetitor yang terakhir adalah berbisnis dengan jujur dan menjaga untuk tetap konsisten. Dua poin ini sangat penting dalam perjalanan usaha anda.

Jujur, baik dalam berkata, berperilaku dan pada setiap sikap serta aktivitas yang dilakukan. Jangan sekali-kali mencoba berbuat curang, tidak ada kecurangan yang bisa memenangkan dalam jangka panjang.

Konsisten, jalani bisnis anda dengan sungguh-sungguh dan terus-menerus. Fokus dan jangan pernah bosan meskipun mengalami banyak hambatan.
______

Penting :

Demikianlah, Ulasan mengenai Cara mengalahkan Pesaing (Competitor) Bisnis dalam Berdagang. Semoga setelah membaca artikel ini, anda semakin termotivasi dan paham tentang Cara memenangkan persaingan bisnis di pasar.

0 Response to "Cara Mengalahkan Pesaing: 5 Trik Jitu Memenangkan Persaingan dari Kompetitor dalam Penjualan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Karena setiap Perkataan mencerminkan Karakter dan Kepribadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel