10 Kesalahan Fatal Para Pebisnis Pemula

Kesalahan fatal pebisnis pemula

Kesalahan pebisnis pemula - Kata orang, sebuah kesalahan adalah awal dari suatu langkah yang penting dalam sebuah proses, yang akhirnya mengarah pada kesuksesan, begitu juga dalam berbisnis.


Meskipun demikian, banyak juga yang menganggap kalau sebuah kesalahan itu tidak semuanya membuat kita jadi produktif, dan patut untuk diminimalisir, misalnya kesalahan pemula dalam memulai bisnis .


Kesalahan dalam Memulai Bisnis

Saat proses Startup, banyak sekali pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan terlebih dahulu, mulai dari menguji produk, tapi gagal, lalu mengujinya lagi dan akhirnya melakukan pengembangan.


Faktanya, tidak semua bentuk dari suatu kesalahan itu merupakan langkah yang bagus diawal karir kita. Berikut ini, saya sajian beberapa kesalahan fatal para pebisnis pemula yang tidak selayaknya terjadi :


1. Berinvestasi tanpa belajar dulu

Jika anda menganggap kalau ide anda itu akan menguntungkan, tapi tidak disertai validasi, bukan tidak mungkin hal ini akan membawa bisnis anda gagal total diawal karir.

Lebih baik tuangkanlah sedikit waktu untuk mengujinya, sebelum anda langsung melakukan investasi anda untuk mewujudkan gagasan dan ide bisnis tersebut.


INGAT !! Berinvestasi tanpa belajar terlebih dahulu merupakan kesalahan terbesar yang dilakukan banyak pengusaha baru. Investasi bukan ilmu sempit dan simpel, butuh pemahaman yang mendalam.

Baca : Kesalahan sebelum Berinvestasi


2. Terlalu lama masuk ke pasar

Konsultasi memang harus dilakukan diawal. Tetapi, tidak sedikit juga gagasan bisnis yang langsung ambruk karena terlalu berlama-lama direalisasikan. Dalam mewujudkan sebuah gagasan bisnis haruslah dilakukan secara strategis.


Jangan menghabiskan waktu yang terlalu banyak untuk mewujudkan gagasan dan fitur-fitur bisnis anda, karena ini merupakan salah satu Kesalahan dalam membuka usaha baru .



Hal pertama yang harus anda lakukan adalah fokus dan segera kembangkan produk yang anda yakini tersebut, amati dan analisa, bagaimana pasar dan para konsumen memberi respon-nya.

Selengkapnya : Strategi Pemasaran Jitu

3. 'Banting Stir' bikin bingung

Lewat berbagai upaya validasi gagasan yang dilakukan dengan cepat, bukan tidak mungkin jika anda akan menerima suatu kondisi yang tidak terduga.

Daripada mengabaikan segala hal yang sudah dipelajari, lebih baik sesuaikan model dan gaya bisnis anda untuk mencegah yang namanya kegagalan. Banyak juga para pengusaha yang sukses karena mengubah rute bisnisnya.


4. Kebanyakan menerima masukan bisnis

Sebuah masukan yang cerdas, bisa membuat bisnis anda berhasil dan juga membuat bisnis anda jadi gagal. Mengabaikanya bisa membuat anda kehilangan peluang untuk sukses. 

Sebaliknya, terlalu banyak masukan juga bisa berbahaya. Perbanyak hubungan dengan para entrepreneur yang sudah berpengalaman dan telah sukses dalam membangun dan menjual bisnisnya di industri yang sesuai dengan kategori anda.


5. Menganggap Pemasaran Tidak Penting

Banyak pengusaha berpikir kalau gagasan bisnisnya akan berkembang secara sendirinya. Pasalnya, berupaya memperkuat Rencana Pemasaran merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sebuah perusahaan.

Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah dengan mengoptimalkan mesin pencarian ( Search Enginee ) agar produk anda bisa lebih dikenal dan ditemukan oleh masyarakat luas.


6. Me'Nomordua'kan Konsumen

Jika tidak sesuai dengan keinginan konsumen, produk dan konsep pemasaran yang luar biasa bisa saja menjadi tak berguna. Jika konsumen tidak membelinya, berarti perusahaan tersebut tidak akan mendapat laba.

Lebih baik menggali apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sebelum meluncurkan produk ke pasar. Setelah meresmikan produk, komunikasi dengan konsumen juga harus selalu terjaga.

Baca : Cara memberikan Pelayanan Terbaik


7. Keputusan pencarian dana yang salah

Uang adalah hal penting dalam membuka usaha. Tanpa uang, usaha tidak akan pernah berdiri. Namun poin nya adalah, seberapa banyak yang anda butuhkan dan darimana itu berasal. 

Pengelolaan dana yang akurat sangat dibutuhkan untuk menentukan strategi pendanaan yang tepat. Alhasil, anda bisa memutuskan mana yang tepat untuk bisnis anda, dan mana yang tidak.


8. Jaringan bisnis yang minim

Terkadang, suatu kesuksesan yang diraih bisa didapatkan dari orang yang kita kenal. Jika anda minim dalam berbicara dengan para konsumen dan pakar atau ahli industri.

Tentu saja hal tersebut akan membuat anda kehilangan berbagai ilmu, informasi dan peluang usaha.


9. Mempekerjakan orang yang Kurang Tepat

Kalau hanya bermodalkan sebuah gagasan, se-brilian apapun dia, belum menjamin untuk bisa menghantarkan kita pada kesuksesan berbisnis. 

Namun, orang yang anda pekerjakan dengan segudang gagasannya akan bisa membuat anda jadi sukses.

Baca : Cara Membentuk Tim Bisnis Hebat


Maka, sangat dianjurkan untuk mempekerjakan orang-orang yang dapat bekerja dengan cepat dan peduli dengan perusahaan. Bisa dipercaya dan ahli dalam bidang yang ia tekuni.


10. Membeli Perlengkapan Bisnis yang Mahal

Perlengkapan dalam berbisnis tentulah penting dalam menunjang perkembangan usaha agar lebih cepat. Yang jadi masalah adalah, terlalu banyak menggelontorkan dana hanya untuk membeli peralatan yang mahal-mahal.

Tentu ini adalah kesalahan fatal saat memulai bisnis baru , karena ini adalah tahap Startup, tentunya kamu sangat butuh persediaan modal untuk berbagai keperluan yang lebih vital. Maka, upayakan membeli perlengkapan bisnis yang murah namun manfaatnya jelas.

Penutup

Dunia bisnis bukanlah sebuah paham ilmu yang main-main. Banyak sekali persiapan sebelum memulai usaha yang harus anda pahami dan dalami terlebih dahulu. Karena bila tidak, bayang-bayang kegagalan akan semakin menghantui.

Semoga ulasan kali ini mengenai 10 Kesalahan Fatal Para Pebisnis Pemula diatas bisa menjadi bahan referensi bagi anda, yang sedang berada pada tahap Startup Bisnis. Terima kasih.

Artikel Terkait :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel