6 Macam Media Promosi dalam Pemasaran Beserta Fungsinya

Macam macam media promosi

Jenis Media Promosi saat ini memang sudah beraneka ragam bentuknya, baik berupa fisik maupun maya. Keberagaman ini tidak lepas dari perkembangan dunia Ilmu Pengetahuan, teknologi dan informasi yang pesat dari waktu ke waktu dalam rangka memasarkan produk.

Macam macam media promosi pengiklanan harus dikenal dan didalami oleh para pemilik Usaha atau bisnis, dalam memperkenalkan produk, menciptakan brand awareness dan meningkatkan jumlah angka penjualan produk usaha itu sendiri.

Pengertian Media Promosi

Apa itu media promosi? Secara umum, pengertian media promosi adalah sarana yang digunakan oleh sebuah badan usaha, baik perorangan, rumah tangga maupun perusahaan, dalam mempromosikan dan memasarkan produk barang / jasa mereka.

Definisi Media Promosi merupakan sarana yang digunakan dalam memperkenalkan, mempromosikan dan aktivitas komunikasi, yang ditujukan kepada calon konsumen secara langsung maupun tidak, dan bersifat mengajak (Persuasif) agar mereka tertarik untuk membeli produk anda.

Fungsi Promosi yang utama tentulah demi menyuguhkan informasi mengenai detail produk kepada masyarakat luas, dan berharap mereka bisa menerima kehadiran produk, serta menggunakannya dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Macam-Macam Media Promosi

Jenis Media Promosi hampir keseluruhannya akan memberi dampak positif serta sesuai dengan tujuan yang telah disusun, dengan syarat dilakukan secara konsisten, disiplin dan kontiniu.

Dibawah ini adalah golongan media promosi yangu umumnya terbagi menjadi 5 macam. Berikut penjelasannya :

1. Promosi di Media Internet

Potensi dunia digital semakin mengepakkan sayapnya. Banyak pebisnis baru maupun usaha yang sudah besar memanfaatkan media internet untuk mempromosikan produk-produknya.

Jenis media Promosi populer yang satu ini juga tentunya sering kamu dengar maupun saksikan saat berselancar di media sosial dengan lalu lintas yang ramai, misalnya Facebook.

Cara promosi di media online juga cukup mudah. Anda sebagai pemilik usaha cukup memiliki beberapa akun media sosial dan akun dunia lainnya. Beberapa media sosial yang bisa dicoba adalah :

  • Facebook (baca: Cara Promosi di Facebook)
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube
  • WhatsApp
  • Punya Website/Blog sendiri
  • Advertiser di Website orang lain

Untuk jenis media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube, anda cukup menerbitkan konten berupa Foto dan Video, yang menjelaskan spesifikasi, harga dan keunggulan produk anda disana.

Namun sebelumnya, anda harus punya jaringan yang sudah memadai (Teman/ Pengikut/ Subscribers).

Jika ingin dikenal secara global, buatlah sebuah website/blog pribadi, terserah mau yang gratisan atau berbayar. Setelah itu, muat konten anda didalamnya.

Namun berbeda halnya dengan Facebook maupun Youtube, karena dalam dunia Website / Blog, banyak hal yang terlebih dahulu harus anda pahami, terutama mengenai Optimasi Mesin Pencari, baik itu faktor Internal maupun Eksternal.

Jika ada dana yang cukup, promosikan juga produk kamu di berbagai website referensi yang relevan dengan produk.

Ulasan Lengkap : Jenis Pemasaran Online

Misalnya produk tentang Kecantikan, anda bisa bekerjasama dengan Fimela.com, sedangkan produk kesehatan bisa bekerjasama dengan Hellosehat.com dan sejenisnya.

2. Promosi Menggunakan Brosur

Jenis media promosi berikutnya paling diminati selanjutnya adalah Brosur. Pengertian Brosur adalah kertas berbentuk buku yang diterbitkan secara tidak berkala dan umumnya terdapat satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan / brosur lain dan selesai dalam sekali terbit saja.

Halamannya sering dijadikan satu, atau juga timbal balik, biasanya memiliki sampul, namun tidak menggunakan jilid keras seperti makalah atau kliping. Di Indonesia sendiri, contoh brosur yang paling sering ditemukan antara lain :

  • Promosi Diskon Sepeda Motor
  • Diskon Makanan Cepat Saji Restoran ternama
  • Promo Jasa Belajar Bahasa Inggris
  • Brosur Tiket Pesawat
  • Brosur Peminjaman Modal tanpa Agunan
  • Jasa Transportasi / Sewa Mobil
  • Dan sejenisnya

Tipe media promosi yang satu ini sudah berumur cukup tua. Orang-orang terdahulu sudah menggunakan brosur dalam rangka mempromosikan produk / jasa mereka ke berbagai tempat, umumnya pada event-event tertentu.

Baca Juga : 6 Strategi Pemasaran Sukses

3. Media Promosi menggunakan Poster

Menurut Wikipedia, Pengertian Poster

adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar maupun kecil.

Bentuknya ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan tujuan mencari perhatian orang banyak sekuat mungkin. Oleh sebab itu, Poster umumnya dipenuhi warna terang, cerah, persuasif dan unik.

Jenis media pemasaran ini bukan hanya berbentuk iklan saja, tapi juga sarana pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa juga berupa salinan karya seni yang terkenal.

Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, yaitu datar cocok untuk menggambar dekoratif.

Jenis media promosi berupa poster ini sering kita jumpai di berbagai tempat yang ramai, pusat perbelanjaan, pasar, jalan raya dan lokasi ramai lainnya.

Baca juga : Jenis Teknik Pemasaran Terampuh

Dalam rangka memasarkan produk, media poster sangat layak dicoba sebagai salah satu Cara Mendapatkan Pelanggan yang banyak. Untuk lebih memaksimalkan, ciptakan gaya poster yang menarik minat, mulai dari desain, tulisan, warna dan gambar.

4. Media Promosi menggunakan Banner

Banner adalah sarana pengikalanan yang umumnya terdapat pada sebuah website/blog. Ukuran Banner juga berbeda-beda, didasarkan pada permintaan dan persetujuan penyedia slot iklan.

Secara bahasa, Banner adalah Gambar. Sebagai contoh, jika anda melihat ada gambar dalam artikel ini, yang didalamnya terdapat link tujuan, maka itu adalah Banner. Link tersebut akan mengarah ke website/blog pengiklan (Advertiser).

Ukuran Banner Iklan Blog secara umum

Banner dan buttons merupakan jenis banner yang dipergunakan pada blog atau situs di media internet, ukurannya antara lain yaitu:

  • 468 x 60 IMU / Pixel “Full Banner”
  • 234 x 60 IMU / Pixel “Half Banner”
  • 88 x 31 IMU / PIxel “Micro Bar”
  • 120 x 90 IMU / Pixel “Button 1”
  • 120 x 60 IMU / Pixel “Button 2”
  • 120 x 240 IMU / Pixel “Verical Banner”
  • 125 x 125 IMU / Pixel “Suara Button”
  • 728 x 90 IMU / Pixel “Leaderboard”

Baca juga : Jenis Direct Marketing

5. Media Promosi menggunakan Televisi

Mungkin inilah jenis media promosi yang paling banyak dikenal. Siapapun yang pernah menonton televisi, pasti pernah pula menyaksikan ribuan iklan yang ada di setiap channel-nya.

Selain potensi yang sangat besar, beriklan di televisi juga mampu mendongkrak popularitas brand milik anda dengan cepat, sebab ketika hari ini iklan anda muncul, iklan tersebut sudah bisa disaksikan dan diingat jutaan masyarakat.

Kekurangan media iklan televisi adalah pembuatan video iklan yang membutuhkan waktu lama serta biaya yang pastinya mahal.

Selain itu, durasi cuplikan maksimal hanya 1 menit, karena harus bergantian dengan iklan-iklan yang lain.

6. Media Promosi dengan Merchandise

Pengertian Merchandise adalah pernak pernik yang sering dipakai banyak orang dan umumnya dijumpai di banyak tempat, misalnya kaos oblong yang ada tulisan atau merek brand yang dibordir.

Selain itu, Merchandise juga sering dijumpai pada jam dinding, pena, cangkir, flashdisk, buku, dan sejenisnya.

Simak juga : Pemasaran Tidak Langsung

Untuk lebih menarik perhatian, merchandise tersebut dibentuk seunik mungkin agar siapapun yang melihat bisa mengingat dengan cepat.

Merchandise yang murah yang bisa anda jadikan pilihan adalah PIN atau Gantungan Kunci PIN. Harga Cetak PIN pun cukup murah, berkisar antara Rp. 2.500 – Rp. 3.500 an saja.

Ini adalah contoh media promosi PIN yg saya ambil dari website www.walisongo.co.id :

desain pin merchandise

Tujuan Promosi

Setelah mengetahui pengertian dan pembagian media promosi diatas, mungkin sudah bisa menambah wawasan dan mengambil inti dari informasi yang ada di artikel ini.

Namun untuk memperlengkap, dibawah ini adalah beberapa tujuan promosi dalam pemasaran untuk anda :

  • Menyebar luaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut
  • Menaikkan penjualan serta laba/keuntungan
  • Pembeda dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
  • Peoses branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  • Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk

Penutup

Nah, itulah Macam-macam media promosi dalam menjalankan proses pemasaran. Manfaatkan sebaik mungkin setiap peluang dan kesempatan yang tersedia demi memaksimalkan pendapatan dan meningkatkan popularitas brand anda.

Baca : Cara Riset Pasar

Demikianlah, 6 Jenis Media Promosi terbaik dan paling potensial dan bersampak besar bagi kelangsungan usaha, serta paling umum dilakukan banyak pebisnis. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar