5 Brand Bisnis Waralaba Terlaris di Indonesia

Brand waralaba paling laris di Indonesia

Franchise atau waralaba merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang sukses mencapai 70 persen dengan budget minimal, terutama franchise yang termasuk dalam kategori waralaba terlaris.

Jika dibandingkan dengan branding sendiri, maka diharuskan melakukan kegiatan promosi dan sudah dipastikan akan membutuhkan biaya promosi lebih besar.

Usaha waralaba (Franschise 2019) semakin hari banyak diminati oleh Pebisnis pemula. Hal ini disebabkan karena kemudahan pengurusan perizinan dan juga tanpa harus brainstorming dalam ide bisnis.

Pemilik modal cukup menyediakan dana dan lokasi, selebihnya pemberi waralaba akan membimbing sampai usaha berjalan dengan lancar. 

Saat mencoba langkah memulai usaha waralaba, biasanya para Pebisnis memilih produk dengan brand awareness tinggi yang sudah teruji di pasaran. 

Itulah patokan yang harus jadi pertimbangan, apakah sebuah waralaba patut dipilih atau tidak. Kebanyakan orang cenderung membeli produk yang akrab di telinga.

Meskipun begitu, ada juga sebagian orang membeli produk hanya dikarenakan mereknya yang terkenal.

Untuk itu, Pebisnis waralaba tetap harus melakukan upaya-upaya kreatif agar membuat banyak orang tertarik membeli produk yang ditawarkan. 

Saat ini, waralaba yang telah tercatat di Indonesia hampir 2.000 brand dan 300 di antaranya merupakan brand asing.

Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat Brand Usaha

Waralaba dengan Brand terlaris di Indonesia

Ada tiga jenis Waralaba yang paling banyak diminati yakni Kuliner, Retail dan Pendidikan seperti tempat kursus dan bimbel.

Waralaba makanan di Indonesia terus tumbuh dan berkembang, salah satu yang melatarbelakangi pertumbuhan ini adalah paket ekonomi yang digulirkan pemerintah dalam memberikan insentif kemudahan berwirausaha.

Kehadiran waralaba makanan nyaris tidak ada matinya. Wajar saja jika mengingat pangan merupakan kebutuhan primer dan setiap orang pasti butuh makan maupun minum.

Itulah sebabnya bisnis ini digadang-gadang cepat mendatangkan laba. Berikut ini beberapa waralaba terlaris yang mungkin dapat Anda jadikan referensi usaha ke depannya.

1. Waralaba Ayam Goreng

Dari Sabang sampai Merauke telah ada berbagai macam jenis ide yang dikembangkan untuk mengolah daging ayam, sehingga dapat menarik perhatian banyak orang.

Contohnya, waralaba fried chicken atau ayam goreng tepung yang sedari dulu hingga saat ini masih menjadi primadona. Selain itu, fried chicken juga dapat dikembangkan menjadi ayam geprek. 

Turunan fried chicken ini termasuk jenis makanan yang banyak digemari khalayak, khususnya pencinta makanan pedas. Tidak hanya ayam geprek, chicken wings dengan berbagai baluran rasa pun tidak boleh dilewatkan.

Nama-nama gerai waralaba ayam goreng terlaris di Indonesia adalah: KFC, McDonald’s, Olive Fried Chicken dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Waralaba Burger

Selain ayam goreng, waralaba makanan yang tidak kalah banyak peminatnya di Indonesia adalah waralaba Burger. Gerai waralaba burger ini telah banyak tersebar di Indonesia, bahkan sudah sampai ke pelosok.

Meski bukan makanan asli Indonesia, tapi burger memang telah menggoda lidah karena menawarkan kolaborasi roti, daging yang dilengkapi dengan sayuran dan saus sambal.

Peluang bisnis ini dijamin tidak akan pernah surut. Contoh waralaba burger yang laris di Indonesia adalah Burger King, Mister Burger, Big Burger dan lain sebagainya.

9 Tips Membuat Nama Brand yang Menarik dan Keren

3. Waralaba Martabak

Penjual martabak sangat mudah dijumpai di negeri ini, baik yang berupa gerai khusus maupun menggunakan gerobak di pinggir jalan. Martabak memang merupakan makanan yang sudah tidak aneh lagi di lidah masyarakat Indonesia.

Namun semakin berkembangnya kreativitas anak negeri, berbagai olahan martabak kini semakin marak ditemukan.

Seperti martabak manis dengan topping berbagai rasa (Selai Nutella, Greentea, Buah Strawberry, Keju, Meses dan lain sebagainya).

Contoh waralaba martabak yang terlaris di Indonesia adalah Martabak Pandega, Martabak Bangka dan Martabak Francisco.

4. Waralaba Minimarket

Menjamurnya minimarket di beberapa wilayah Indonesia membuat ruang gerak pedagang di pasar tradisional semakin sempit. Alhasil, banyak pedagang yang berlokasi di pasar tradisional gulung tikar.

Terjadinya kondisi tersebut tidak bisa dihindari, karena memang sudah menjadi hukum alam dalam dunia bisnis.

Itulah sebabnya banyak pedagang yang tadinya berlokasi di pasar keluar mencari lokasi yang tepat dan membangun minimarket.

Jika Anda seorang pemula, tentunya masih bingung untuk membangun minimarket dari nol. Maka dari itu, bergabung bersama penyedia waralaba minimarket bisa menjadi solusi. Waralaba minimarket yang sudah terkenal adalah Indomaret, Rajawali Mart dan sebagainya.

5. Waralaba Laundry

Waralaba laundy juga termasuk bisnis retail dalam bidang jasa yang sangat laris. Pangsa pasar yang luas membuat beberapa perusahaan dari luar negeri turut ambil bagian dalam memperebutkan konsumen.

Sebagian besar perusahaan pewaralaba telah berdiri cukup lama, belasan hingga puluhan tahun. Misalnya Green Wash asal bandung yang telah berdiri sejak tahun 2013. Melia Laundry besutan PT. Melia Pilar Utama yang eksis sejak 22 tahun silam.

Panduan Memulai Bisnis Laundry

Penutup

Itulah beberapa bisnis waralaba terlaris di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam menentukan partner terbaik untuk memulai bisnis waralaba. Salam usaha!

Tinggalkan komentar