6 Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Otomotif (Lengkap)

2 min read

alat keselamatan kerja bengkel – APD atau Alat Pelindung Diri adalah Sekumpulan alat Penjamin Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang juga berupa semboyan mayoritas Perusahaan Industri (terutama Pabrik Sawit).

Alat-alat Pelindung diri merupakan sekumpulan alat/barang pelengkap dari pekerja yang bekerja di perusahaan itu sendiri.

Alat Keselamatan Kerja di Bengkel

Di sebuah Pabrik Minyak Kelapa Sawit, tiap-tiap pekerja umumnya dibekali beberapa APD antara lain Helm Safety, Sepatu, Seragam kerja hingga Sarung tangan.

Namun bagi kamu yang berada di bagian bengkel atau bernaung dibawah pisi Maintenance, itu saja tidak cukup. Berikut beberapa APD yang wajib kamu kenakan saat bekerja/berada di dalam lingkungan kerja pisi bengkel.

Baca juga: Lowongan Kerja Mekanik

Alat Keselamatan Kerja di Bengkel

1. Baju Kerja

Baju Kerja

Baju khusus maintenance difungsikan untuk melindungi badan dari bahaya-bahaya yang mungkin terjadi selama proses perbaikan suatu kerusakan, misalnya Hawa panas dan percikan api. Dianjurkan juga untuk memakai pakaian bahan dasar Cotton, mengingat iklim di Indonesia yang panas.

Baca juga : Menjaga Kesehatan Kerja di Shift Malam

Contohnya dalah Wearpack. Wearpack sendiri selain di desain sebagai seragam kerja mekanik, juga mencerminkan status kamu sebagai seorang mekanikal.

Banyak jenis Wearpack yang bisa kamu temukan mulai dari toko hingga internet untuk digunakan setiap hari kerja.

2. Safety Shoes

Sepatu keselamatan ini terbuat dari kulit yang bersifat isolator alias anti sengatan listrik. Bagian depan sepatu mengandung baja yang akan melindungi kaki dan jari-jari kaki dari timpaan bahan material seperti besi, baja dan logam.

Banyak jenis merek yang tersedia dengan berbagai ragam dan variasi, contoh Safety Shoes yang bisa kamu gunakan antara lain adalah CHEETAH Safety Shoes, KING’S Safety Shoes Comfort, BATA Bickz hingga Dr. OSHA Safety Shoes.

3. Kacamata Pelindung

Kacamata Pelindung

Digunakan untuk melindungi mata dari bram-bram yang berterbangan, terutama bagi operator bubut.

Kacamata pelindung yang dipakai harus menutup seluruh bagian mata, namun tidak mengganggu pandangan operator. Dan terakhir harus membuat lobang kecil sebagai aliran hawa ke mata.

Jenis-jenis perlindungan mata yang bisa kamu kenakan antara lain:

  • Safety Spectacles, bermanfaat untuk melindungi mata dari fragmen terbang seperti benda dan partikel-partikel halus
  • Safety Goggles, berguna untuk menyelamatkan mata pengguna dari bahan gas seperti asap, uap, kabut dan cairan. Safety Goggles memberi segel ke seluruh tepi bagian mata.
  • Face Shields, merupakan jenis perlindungan wajah penuh untuk menghindari terjadinya cipratan kilat api. Ketika dipakai sendiri, wajah perisai tidak terlalu melindungi mata dari bahaya dampak, harus dibarengi juga dengan jenis kacamata diatas.

4. Helm Kerja

Helm kerja digunakan untuk melindungi bagian kepala dari beberapa kemungkinan bahaya seperti Timpaan bahan material, benturan, Lilitan, kotoran dan bahaya lain pada kepala dan rambut.

Helm yang digunakan juga setidak-tidaknya masih layak untuk dipakai alias tidak pecah maupun sompel.

5. Sarung Tangan

Sarung tangan

Sarung tangan tentunya berfungsi sebagai perlindungan seluruh bagian hingga ke pergelangan tangan. Sarung tangan untuk para mekanik juga berbeda dengan sarung tangan biasa. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  • Rubber Gloves, untuk melindungi tangan dari pekerjaan yang berhubungan dengan listrik
  • Metal Mesh Gloves, melindungi dari benda berbahan metal dan tajam, juga terhadap ancaman luka pada tangan
  • Leather Gloves, Perlindungan tangan terhadap permukaan-permukaan yang kasar
  • Sarung tangan anti panas, melindungi tangan dari panas dan percikan api las saat mengelas (Welding).

6. Pelindung telinga

Di kawasan pabrik terutama industri, umumnya ada kebisingan dimana-mana. Kebisingan semacam ini akan mengganggu konsentrasi saat bekerja yang bisa menyebabkan timbulnya kecelakaan saat bekerja. Berikut 2 jenis alat pelindung telinga yang direkomendasikan:

  • Ear Plug, adalah jenis penutup telinga yang biasanya terbuat dari foam, busa, spons dan Rubber (terbuat dari bahan karet)
  • Ear Muff, jenis penutup telinga yang lebih besar ketimbang ear plug. Alat ini mirip seperti head set untuk mendengarkan musik. Namun sayangnya tidak bisa dipakai berbarengan dengan helm kerja.

Baca juga : Bagian-bagian Mesin Bubut

Demikianlah 6 Jenis Alat Pelindung Diri saat bekerja di pisi Maintenance Perusahaan Industri, semoga bisa memberi manfaat dan terima kasih.

15 Pertanyaan Saat Wawancara Kerja dan Jawaban Terbaik!

Pertanyaan Saat Wawancara Kerja dan Jawabannya – Kamu seorang pengangguran dan ingin mencari kerja? Atau lamaran pekerjaan sudah disetujui namun bingung dan masih merasa...
Doni
3 min read

10 Penyebab Seseorang Bosan Kerja dan Solusi yang Harus…

Penyebab Bosan Kerja – Mayoritas kita akan mengalami yang namanya bekerja, walau tidak sekarang, mungkin suatu saat nanti. Pekerjaan punya posisi penting dalam kehidupan,...
Doni
2 min read

One Reply to “6 Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Otomotif (Lengkap)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *