10+ Hal yang Harus dilakukan Seorang Pemimpin

Hal yang Harus dilakukan Seorang Pemimpin

Hal yang harus dilakukan oleh seorang Pemimpin - Pengertian Pemimpin (Leader) adalah orang yang diutus atau dipilih berdasarkan suatu kesepakatan bersama secara sadar, untuk mengomandoi sebuah kelompok, organisasi, ikatan, lembaga dan sejenisnya.

Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah ini. Misalnya saja ketika mulai menginjak sekolah dasar hingga kuliah, selalu ada yang namanya pemimpin, baik itu ketua kelas, ketua osis, kepala sekolah, dosen dan sebagainya. 

Begitu juga saat anda memasuki dunia kerja, yang notabene punya struktur organisasi kepemimpinan, yang diisi oleh orang-orang terpercaya, untuk memegang tiap-tiap divisi di dalam perusahaan tersebut.

Secara sederhana, Pengertian pemimpin merupakan individu yang memiliki tingkat kewenangan, sekaligus tanggung jawab yang lebih dari orang lain di suatu kelompok. Bisa dibilang, derajatnya lebih ditinggikan dari orang lain disekitar.

Cara Menjadi seorang pemimpin bukanlah perkara yang mudah, namun bukan berarti sulit untuk dipelajari. Semua tergantung bagaimana anda mendeskripsikannya, serta menerapkan konsep kepemimpinan dalam diri.


Sejatinya, pemimpin tidak melulu berasal dari orang yang berpendidikan, punya harta melimpah, keturunan dan pengalaman saja, karena banyak juga yang datang dari orang biasa-biasa saja.

Saat anda dipercayai untuk mengemban suatu amanah dengan melibatkan banyak orang, itu artinya anda adalah orang yang pantas untuk memikul tanggung jawab tersebut.

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan oleh seorang Pemimpin Organisasi Perusahaan

Nah, jika saat ini anda sedang berada di posisi itu, perlu kiranya untuk mengetahui dan memahami mengenai beberapa Hal yang harus dilakukan seorang pemimpin dibawah ini.

Yang akan saya jelaskan dibawah ini lebih kepada para pemimpin yang bertugas di perusahaan, sedikit berbeda dengan konsep pendidikan, jadi simak baik-baik agar tidak salah kaprah.

Semua Jenis Perusahaan, pasti ada seorang pemimpin. Kesuksesan sebuah perusahaan tidak lepas dari sepak terjang mereka dalam mengomandoi perjalanan usaha didalamnya.

Berbeda dengan usaha perorangan, seorang pemimpin di sebuah perusahaan umumnya berjumlah banyak, karena menyesuaikan dengan kuota jumlah karyawan yang juga banyak.

Tujuannya pemimpin di perusahaan adalah untuk menciptakan kesan yang selalu positif dari bawahan, menjaga soliditas dan upaya dalam mencapai tujuan bersama berdasarkan amanah yang diberikan.

Lalu, apa sajakah Hal-hal tersebut? Simak ulasannya dibawah ini hingga selesai.

1. Niat

Yang pertama adalah niat. Kenapa harus niat? Ya, tentu saja. Tanpa adanya niat yang baik untuk jadi seorang memimpin, itu sama saja artinya anda menjatuhkan diri sendiri ke dalam jurang.

Niat yang sungguh-sungguh akan sangat membantu untuk mewujudkan segala tujuan dari organisasi yang anda pimpin. Semua elemen bisa berfungsi sesuai kaidahnya masing-masing.

Salah satu penyebab kegagalan seorang pemimpin disebabkan oleh tidak adanya niat yang sungguh dan tekat yang kuat terjadap visi dan misi yang ingin dicapai kedepannya.

Selain itu, dengan adanya niat maka anda akan selalu sadar dan berusaha sekeras mungkin untuk menghindari hal-hal yang mungkin menyebabkan terhambatnya proses usaha yang dipimpin.

2. Punya kekuatan untuk memimpin

Kekuatan ini datang dari dalam diri. Seni dalam kepemimpinan adalah saat dia bisa menciptakan sebuah aura, dimana orang-orang yang ada dibawahnya bisa mematuhi dan mengikuti kebijakan yang dibuatnya.

Bisa mengendalikan orang lain dan diri sendiri. Apa yang dilakukannya serta arahan yang diberikan selalu menjadi inspirasi dan pandangan sebagai pedoman bawahan dalam bekerja.

Hal ini bisa saja datang dari karakter, sikap, kebiasaan serta jiwa kepemimpinan yang melekat pada diri anda. Selain itu, mereka yang anda komandoi juga punya beraneka ragam watak, sehingga harus pandai-pandai dalam membedakan.

3. Ilmu dalam Pengelolaan

Hal yang Harus dilakukan Seorang Pemimpin

Hal yang harus dilakukan seorang Pemimpin berikutnya yakni mempunyai ilmu dalam hal mengelola, mulai dari hubungan karyawan, hubungan perusahaan dengan perusahaan lain (eksternal) hingga waktu dalam usaha.


Hal-hal yang dikelola tentunya memberi dampak yang signifikan terhadap kelangsungan usaha, makanya dalam pengelolaan seorang pemimpin tidak boleh sembarangan, terutama saat memutuskan suatu tindakan yang bersangkutan dengan jalannya organisasi.

4. Menyusun Strategi

Untuk menciptakan sebuah perusahaan yang maju dan sukses, seorang pemimpin harus mampu menyumbang ide mengenai inovasi, taktik dan strategi yang kemudian akan sama-sama dijalankan.

Saat suatu ide atau inovasi tercipta, maka pemimpin wajib merundingkan dengan para anggota, baik kepala divisi manajemen hingga Karawan. Keputusan terakhir ditentukan oleh sang pimpinan, dan itulah yang nantinya akan dicapai.

Setiap ide yang munculpun harus diperhitungkan serinci mungkin dengan memilah dampak baik dan buruknya, sehingga mampu meminimalisir setiap kemungkinan risiko yang akan dialami kedepannya.

5. Mampu menginspirasi semua Pihak didalamnya

Hal yang harus dilakukan seorang pemimpin berikutnya adalah menjadi seorang yang mampu menginspirasi, serta memberi suntikan positif terhadap semua orang melalui karakter, sifat dan tingkah laku yang dicerminkan.

Contoh kecilnya adalah saat karyawan merasa lelah di sela-sela kesibukan, disinilah peran pemimpin untuk memberikan motivasi serta inspirasi untuk mengembalikan semangat mereka.

Manfaat lainnya adalah, anda akan semakin dihargai dan dicintai bawahan, karena cerminan sikap dan pantang menyerah dari diri anda perlahan akan ditiru dan diterpakan oleh mereka dalam bekerja.

6. Memahami Manajemen Waktu

Hal yang Harus dilakukan Seorang Pemimpin

Seorang pemimpin harus mampu mengelola waktunya dengan baik, salah satunya yakni dengan membedakan waktu untuk keperluan pribadi (misalnya untuk keluarga dan istirahat) dengan kebutuhan perusahaan.


Itu artinya, ada waktu prioritas dan ada yang tidak. Sebuah perusahaan membutuhkan banyak waktu untuk bisa berkembang dan dikenal masyarakat secara luas. Begitu juga dengan kepemimpinan yang ada, perlu adaptasi dan serangkaian penyesuaian.

7. Punya banyak kemampuan

Hal yang harus dilakukan seorang pemimpin berikutnya adalah kemampuan dalam berbagai hal, atau yang kita kenal dengan istilah Multitasking. Seorang Leader harus mampu melakukan beberapa pekerjaan berbeda.

Di beberapa Jenis Perusahaan di Indonesia, mengangkat seseorang untuk dijadikan pemimpin berdasarkan pengetahuan dan kelihaiannya dalam berbagai bidang, itu artinya dia diangkat atas pengalaman yang dimiliki.

Terlebih saat anda sedang berada dalam masa Startup tahun pertama, dimana anda benar-benar dituntut untuk bisa Multitasking dalam beberapa pekerjaan sekaligus.

8. Membuat Keputusan

Syarat menjadi pemimpin yang baik berikutnya adalah kemampuan anda dalam memecahkan masalah, menemukan titik terang hingga membuat keputusan-keputusan yang punya pengaruh besar terhadap suatu perubahan.

Berbagai perundingan yang dilakukan untuk menemukan jalan keluar dari suatu masalah tentunya menghasilkan banyak sekali ide, pendapat dan argumen dari rekan atau karyaean anda, namun keputusan terakhir ada di tangan pemimpin.


Pada tahap inilah kecerdasan anda diuji. Bagaimanapun anda harus bisa mengeluarkan keputusan yang dianggap rasional dan bisa disetujui oleh semua pihak, serta punya keyakinan yang kuat bahwa keputusan tersebut adalah yang terbaik.

9. Menjalankan Fungsi-fungsi Manajemen

Hal yang Harus dilakukan Seorang Pemimpin

Pengertian Manajemen adalah seni dalam ilmu kepemimpinan yang bertugas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan setiap proses dalam perjalanan usaha, untuk mencapai tujuan.

Ilmu Ekonomi yang satu ini dikenal dengan istilah POAC. Wajib hukumnya bagi seorang pemimpin untuk memahami unsur-unsur POAC dan tata cara dalam mempraktekkannya.

Contoh keseluruhan dari Penerapan Fungsi POAC yakni merencanakan strategi pemasaran, mengarahkan dan memberi motivasi pada karyawan hingga melakukan pengontrolan terhadap semua kinerja dalam perusahaan.

10. Amanah

Yang harus dipahami oleh seorang pemimpin selanjutnya adalah menjadi Amanah. Dalam dunia kepemimpinan, bersungguh-sungguh terhadap amanah yang diembankan berarti menjaga kepercayaan orang banyak yang menaruh harapan kepada anda.

Dengan menjaga sikap amanah, anda telah berperan sebagai seorang pemimpin yang pasti menjadi contoh, inspirasi dan suri tauladan bagi semua individu dalam ruang lingku perusahaan, sebagai seorang yang patut ditiru.

11. Jujur dan Adil

Siapa yang bisa menyangkal bahwa kejujuran dan keadilan seorang pemimpin adalah salah satu hal yang paling diharapkan semua bawahan. Terlepas dari itu, kenyataannya malah banyak yang berlaku curang dan semena-mena.


Menjadi seorang atasan yang punya sifat jujur dan adil itu tidak gampang, namun harus dicoba, sulit bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Sekarang kembali ke niat awal, apakah benar bersungguh-sungguh atau tidak.
______________

Nah, itulah tadi 11 Hal yang harus dilakukan seorang pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi atau perusahaan, baik yang baru maupun lama. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Rekomendasi Artikel :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel