10 Cara Mengembangkan Pola Pikir Positif dalam Berbisnis

Cara Mengembangkan Pola Pikir Positif dalam Berbisnis


Cara Mengembangkan Pola Pikir Positif Dalam Berbisnis – Disetiap hal yang kita lakukan sehari-hari, harus selalu dibarengi dengan rasa dan pemikiran yang positif atau rasional pula, begitu juga hal nya dalam dunia bisnis.

Setiap pemikiran dan perilaku yang positif, pasti akan menghasilkan hal yang positif pula. Misalnya berpikiran positif dalam menghadapi masalah dan kendala-kendala yang terjadi dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Mengembangkan pola pemikiran positif dalam menjalankan sebuah bisnis adalah hal yang sulit untuk dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa untuk diimplementasikan.

Tidak heran lagi jika suatu pemikiran yang negatif akan mendatangkan kekacauan pada diri Anda, dalam menghadapi suatu persoalan yang terjadi, baik itu permasalahan pribadi maupun dalam organisasi atau perusahaan.

Cara Mengembangkan Pola Pikir Positif dalam Berwirausaha

Untuk itu, Berikut ini saya akan mencoba merangkum beberapa cara mengembangkan pola pikir positif dalam menjalankan usaha . Simak ulasannya sampai selesai.

1. Jangan biasakan untuk mengeluh

Mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan sebuah masalah. Biasakanlah untuk selalu bersyukur. Karena bersyukur merupakan salah satu cara untuk membangun rasa dan pikiran positif dalam diri anda.

Berpikir dan merasa lah kalau anda selalu diberkahi oleh Tuhan, maka akan dengan mudah untuk menghadirkan pemikiran-pemikiran yang akan berdampak baik bagi kelancaran usaha.

Bahkan, cobalah untuk rutin bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan, sebagai bukti rasa syukur dari dalam diri anda, atas segala kelancaran dan dalam perjalanan bisnis yang Anda tekuni selam ini.

Simak juga : Penyebab Kegagalan di Tahap StartUp

2. Banyak yang tidak Seberuntung Anda

Salah satu dampak positif yang akan anda dapatkan dari rasa bersyukur adalah, anda akan mulai menyadari bahwa masih banyak orang-orang disekeliling anda yang tidak bisa seberuntung anda.

Dengan mengetengahkan pemikiran seperti ini, anda akan senantiasa untuk selalu bersyukur dan tetap berpikiran positif dengan apa yang sedang anda hadapi sekarang, meskipun sebuah masalah yang cukup berat.

Sering-seringlah membayangkan Bagaimana nasib orang-orang di luar sana, yang luntang-lantung mencari pekerjaan, berkali-kali gagal dalam membangun usaha hingga mereka yang memiliki kekurangan dalam hal fisik.

3. Kembangkan Kembali Sikap Optimis

Mengingat bahwa berbisnis erat kaitannya dengan keberanian memutuskan sesuatu, mengambil risiko, keberanian untuk memberikan hal yang berbeda dari hal-hal yang ada pada umumnya, maka sikap optimis harus selalu senantiasa untuk dikembangkan dalam diri anda.

Yakinlah bahwa anda akan bisa mewujudkan Planning yang telah dibuat sebelumnya. Dalam menjalankan langkah-langkah dan strategi bisnis, anda harus selalu yakin bahwa anda bisa menjadi yang terbaik dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Sikap optimis akan mengantarkan anda kepada pemikiran yang positif, sehingga bukan tidak mungkin hal tersebut akan membawa kemudahan pada diri anda dalam menjalan roda bisnis tersebut.

Simak juga : TIPS STARTUP : Cara Bertahan di Tahun Pertama

4. Pemikiran Negatif mulai membayang? Usir sejauh mungkin secepatnya!

Pemikiran negatif yang muncul itu wajar, biasanya diakibatkan oleh reaksi pikiran terhadap sesuatu yang terjadi dalam kerajaan bisnis anda, terutama suatu kejadian yang tidak dinginkan.

Namun yang terpenting adalah, bagaimana caranya agar pemikiran negatif tersebut tidak bersarang dalam benak anda.

Bila pikiran negatif menghampiri, sesegera mungkin cobalah untuk mengusir dan mengantisipasinya secepat mungkin.

Lakukanlah sesuatu yang bisa membuat pikiran anda tenang dan rileks, supaya rasa semangat dan optimis kembali timbul untuk menghadapi segala persoalan yang sedang terjadi.

5. Konsultasi pada Ahli yang Satu Bidang dengan Bisnis Anda

Masalah yang terjadi dan akan diselesaikan dalam dunia bisnis itu memang tergolong berat, karena akan sangat sulit untuk mengidentifikasi kendala apa saja yang tengah terjadi didalamnya.

Pada keadaan seperti inilah sebagai waktu yang tepat utnuk memulai berkonsultasi atau meminta saran serta nasihat kepada orang maupun organisasi yang satu jalan dan satu bidang dengan bisnis yang sedang anda tekuni.

Cobalah untuk berbagi pikiran dalam memecahkan masalah secara bersama-sama, menceritakan peristiwa yang sedang terjadi dan mencari jalan keluarnya, setidaknya akan dapat membantu meringankan beban pikiran.

Selain itu, anda pun akan mendapat suntikan semangat baru dari orang tersebut untuk untuk selalu optimis dan berpikiran positif dalam menjalankan bisnis anda.

Baca juga : 10 Tips Gemilang Menjadi Wirausaha Sukses

6. Tidak Perlu Membicarakan Keburukan Pesaing

Daripada anda sibuk membicarakan kelemahan-kelemahan pesaing, serta memperburuk posisinya di mata Anda dan orang lain, Lebih baik koreksi kekurangan diri sendiri lalu berusaha untuk memperbaikinya.

Percayalah, hal semacam ini tidak akan membuat posisi anda lebih hepat dari mereka. Bahkan di mata orang yang menjadi teman Anda bercerita, mereka akan menganggap bahwa diri Anda dipenuhi dengan rasa iri dan dengki.

Umumya, Seorang pebisnis yang sering menjelek-jelekkan lawannya, adalah mereka yang tidak mampu bersaing secara sehat, sehingga berperang secara dingin dari satu pihak saja, yang menerima konsekuensi nantinya pun hanya anda juga.

7. Jujur

Cara mengembangkan pola pikir positif dalam berbisnis berikutnya adalah bersikap jujur dalam segala hal, baik saat menjalankan usaha, bekerja sama dengan pihak internal maupun eksternal perusahan. Setiap kejujuran pasti mendatangkan hal yang baik.

Dengan bersikap jujur, artinya anda telah menanamkan perilaku positif dalam diri. Meski par pesaing berperilaku yang terkesan curang dan menipu daya, teruslah mempertahankan prinsip kejujuran, karena kemanangan terakhir ada di tangan anda.

8. Bersungguh-sungguh

Saya sering mengatakan bahwa dunia bisnis bukan perihal yang main-main. Siapa yang bersungguh-sungguh, dia yang akan berhasil. Begitu juga sebaliknya, bila hanya bermain-main dan tidak serius, maka kesuksesan tidak akan menghampiri anda.

Simak Juga : Panduan Menyusun Bussines Plan yang Joss

9. Cari Inspirasi

Hampir semua pebisnis sukses yang kita lihat sekarang, datang dari mereka yang bukan siapa-siapa, hanya manusia biasa, berasal dari keluarga sederhana, pendidikan sedang, dan memulai dari 0.

Namun berkat kegigihan dan kerja keras yang dilalui bertahun-tahun, kita melihat mereka sekarang telah berada di puncak kesuksesan. Nah, hal ini harusnya menjadi motivasi dan inspirasi besar bagi anda, yang sejatinya baru saja memulai.

Jangan melihat mereka dengan segudang kesuksesannya saja, namun petik pelajaran dari bagaimana mereka bisa seperti hari ini. Teruslah sirami diri dengan inspirasi dan motivasi, yang akan mampu membangkitkan semangat dan tekat anda untuk mencapai tujuan dengan cara positif.

10. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Cara membangun pemikiran positif dalam berbisnis yang terakhir sekaligus terpenting adalah teruslah berupaya untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Karena apapun yang dialami dan yang akan datang, semua telah berada dalam Skenario-Nya.

Dengan selalu mendekatkan diri, anda akan semakin yakin bahwa segala permasalahan, hambatan, halangan hingga kesuksesan, semuanya tidak luput dari peran Sang Pencipta. Apapun Agama anda, pasti membutuhkan Dia sebagai penolong.

Semakin dekat, maka anda akan semakin yakin bahwa Dia selalu ada dan menyertai usaha yang dilakukan, begitu juga dengan aktivitas sehari-hari. Disini akan terlihat bahwa hubungan Tuhan dengan hambanya sangatlah dekat.

Simak juga : 4 Cara agar Tetap Termotivasi dalam Membangun Usaha

Penutup

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai 10 Cara Mengembangkan Pola Pikir Positif dalam Berbisnis. Semoga ulasan kali ini bisa menambah semangat anda untuk bisa bersainh secara jujur. Terima kasih dan jangan lupa baca juga artikel lainnya.

Pertama diterbitkan : 09 Juni 2015

Terakhir diperbarui : 27 Juli 2019

Tinggalkan komentar