10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi bagi Pemula

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

Hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi - Dalam dunia bisnis, Pengertian Investasi sering didefinisikan sebagai Penanaman modal atau saham yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berlipat di periode lainnya.

Dalam dunia bisnis, para ahli bisnis kerap sekali melakukan hal ini. Mereka akan menanam modal kepada orang lain yang akhirnya bisa memetik sebuah keuntungan, hal ini biasanya disebut sebagai Saham.

Cara memulai investasi yang baik itu tidak boleh sembarangan. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi. Dalam mempertimbangkan, juga bukan merupakan perkara yng mudah.

Bagi yang sudah lama terjun kedalam dunia perbisnisan, tentu saja sudah hafal betul terkait poin dasar dalam berinvestasi ini.

Namun bagi anda yang baru ingin mencoba dan berstatus sebagai pemula, silakan simak dulu beberapa poin penting sebelum melakukan investasi di bawah ini :

1. Niat yang ada

Niat adalah suatu hal yang paling vital sebelum kita melakukan sesuatu. Jika niat untuk berinvestasi hanya separuh hati atau masih ragu-ragu, lebih baik urungkan saja untuk saat ini.

Karena tidak semua hasil dari investasi tersebut akan berakhir seperti yang kita inginkan.

Oleh karena itu, anda harus membulatkan niat dan tekat, karena yang ditanya serta diuji itu adalah mental dan juga kesungguhan anda.

Sebab itu semua akan berbanding lurus berdasarkan niat yang ada.

Jika anda merasa niat anda sudah bulat, ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi diri anda untuk memulai menanamkan modal atau berinvestasi.

2. Jelaskan Tujuan

Semua hal yang kita lakukan harus didasari dengan tujuan yang jelas, begitu juga halnya dalam berinvestasi. Buatlah tujuan yang jelas, rasional dan sistematis.

Karena nantinya hal ini akan bersifat terstruktur seiring  perjalanan bisnis anda Kedepannya.

Ini adalah salah satu sebab mengapa banyak pebisnis yang gagal dalam berinvestasi karena hanya memikirkan keuntungan yang akan diraih. 

Memang semua orang yang berinvestasi pastinya ingin meraih keuntungan yang besar.

Tapi bukan berarti anda melupakan hal-lal penting lainnya didalamnya. Misalnya kelancaran bisnis dan pola keuangan bisnis yang memadai.

3. Hutang Anda Saat ini

Hal yang harus dilakukan sebelum berinvestasi berikutnya adalah perkara hutang.

Pertanyaan ini merilupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dan dipertanyakan pada diri anda.

Banyak para pebisnis dan investor yang mengabaikan hal ini. Alhasil, tidak jarang dari mereka menjadi kurang berhasil jika dihitung dari persentasi keuntungan.

Dalam dunia perbisnisan, memang harus punya kemampuan dalam memanejemeni keuangan melalui strategi yang tepat dan akurat, terlebih saat anda ingin menanamkan modal kepada seseorang.

Jika keuangan anda sudah tertata dengan baik dan benar, barulah anda bisa menginvestasikan harta yang anda miliki tersebut.

4. Jumlah Pemasukan

Sangat dianjurkan sekali bagi anda selalu untuk mencatat pemasukan sistem keuangan anda.

Dengan melakukan hal ini, tentu anda akan mengetahui keadaan keuangan anda, apakah sudah stabil atau masih labil.

Oleh karena itu hal ini sangat patut untuk dipertimbangkan sebelum menanamkan modal. Untuk apa juga memaksakan kehendak jika pemasukan masih minim.

Lebih baik melakukan pencatatan pemasukan keuangan anda terlebih dahulu supaya anda tidak salah ambil langkah.

Misalnya ingin medapatkan keuntungan, yang sebenarnya belum jelas dan pasti akan anda raih nantinya dikemudian hari.

5. Jumlah Pengeluaran

Setelah anda memperhatikan sistem pemasukan keuangan bisnis anda, maka poin selanjutnya yang harus anda pertimbangkan adalah mencatat sistem pengeluaran keuangan bisnis tersebut.

Dengan mempertimbangkan kedua hal ini, anda akan dengan mudah untuk merancang dan merencanakan suatu investasi.

Tapi, pengeluaran dan pemasukan yang tidak memadai juga akan mengakibatkan hal yang tidak baik bagi anda, karena bukan tidak mungkin akan berujung pada perhutangan bahkan kebangkrutan.

Jadi intinya, sebelum berinvestasi jagalah sistem pemasukan dan pengeluaran keuangan anda agar selalu seimbang.
Simak juga : 10 Kesalahan dalam Memulai Bisnis bagi Pemula

6. Jumlah Aset

Panduan memulai investasi berikutnya yakni menganalisa aset yang dimiliki. Dengan aset-aset inilah anda akan meraih keuntungan yang besar.

Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar jika anda memiliki banyak aset. Karena anda tidak perlu mencari cabang lain guna menanamkan modal.

Oleh karena itu sangat disarankan sekali untuk memperbanyak aset agar lebih memudahkan anda dalam melakukan investasi.

Dengan memperbanyak aset, Stabilitas bisnis anda juga akan semakin meningkat dan mendukung dalam kemajuan bisnis anda.

Untuk itu, butuh perancangan yang strategis serta perancanaan yang matang sebelum melakukan investasi pada semua aset yang anda miliki.

7. Pertimbangan Risiko

Sejatinya, berinvestasi sama sekali tidak sama dengan menabung pada umumnya. Jika menabung tidak mendapat kelipatan di akhir perionde, maka invrstasi punya kesempatan akan hal tersebut.

Tapi dibalik itu, risiko yang dihadapi para investor juga lebih besar.

Untuk itu, perlu mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai standar risiko yang mungkin dihadapi, dengan toleransi yang bisa didapat.

8. Keuntungan

Ada sebuah hukum dalam dunia investasi yang harus diketahui, yakni istilah High Risk, High Return.

Semakinin tinggi peluang keuntungan yang bisa didapat, maka akan semakin tinggi pula risikonya.

Para investor yang telah berpengalaman sering menuturkan, untuk tidak terlalu tergiur dengan program investasi yang menjanjikan keuntungan bombastis, bahkan terkesan tidak masuk akal / irrasional. Selalu ingat hukum di atas.

9. Kemudahan dalam Penarikan

Hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi berikutnya adalah, menganalisa dan menggali informasi mengenai penyedia wahana Investasi yang bisa memberi kemudahan dalam pelayanan penarikan.

Misalnya ketika keadaan pasar memburuk, dan anda sedang membutuhkan uang. Pertimbangkan juga mengenai berapa lama waktu untuk mencarikan dana, beserta persyaratan yang tidak berbelit-belit.

10. Punya Wawasan mengenai Dunia Investasi

Siapapun yang hendak memulai sesuatu untuk pertama kali, sedikit-banyakya haruslah memehami seluk-beluknya, begitu juga dalam dunia investasi.

Itulah mengapa pentingnya bertanya dan menggali banyak referensi terlebih dahulu, baik dari orang-orang yang sudah berpengalaman, maupun mencari informasi melalui browsing di internet, supaya nantinya tidak terlalu canggung lagi.

Penutup

Sama dengan saat memulai sebuah usaha baru, sebelum berinvestasi juga harus memikirkan matang-matang mengenai segala hal didalamnya.

Itulah beberapa poin yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan sebelum melakukan investasi.
Semoga bermanfaat dan Selamat Berinvestsi.
Baca juga : Peluang Usaha untuk Investasi di Masa Depan

Terbit Pertama : 11 Juni 2015
Terakhir Diperbarui : 28 Juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel