19 Manfaat Media Sosial bagi Masyarakat (Jadilah Netizen Cerdas!)

Manfaat Media Sosial bagi Masyarakat secara umum – Apa sih manfaat yang sebenarnya dari keberadaan Media Sosial, sehingga begitu populer di semua kalangan? Lalu, apa yang menjadi penyebab kepopulerannya tersebut? Fiturnya? Layanannya? Pengalaman yang didapat? atau Keterlibatan yang seakan-akan nyata? Adakah manfaat media sosial bagi pelajar??

Manfaat Media Sosial bagi Masyarakat secara Umum

Efek positif media sosial
Manfaat Media Sosial

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan serinci-rincinya tentang Manfaat Media Sosial bagi umat manusia, manfaat media sosial menurut para ahli dari awal kemunculan, hingga detik ini.

Jumlah Pengguna Internet di Dunia

Jumlah Pengguna Media Sosial
Jumlah Pengguna Media Sosial

Foto diatas menunjukkan jumlah pengguna Internet  yang mengalami Peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya.

Data diatas saya kutip dari situs WeAreSocial, dan kesimpulan yang bisa diambil dari foto diatas adalah :

  1. Jumlah pengguna internet per-Januari 2018 yaitu 4.021 Milyar user, meningkat 7 persen dari tahun sebelumnya.
  2. Jumlah pengguna Media Sosial per-Januari 2018 yaitu 3.196 milyar, naik 13 persen dari tahun sebelumnya.
  3. Jumlah pengguna Telepon seluler per-Januari 2018 adalah 5.135 milyar, naik 4 persen dari tahun ssbelumnya.

Jumlah diatas tentunya telah bertambah di bulan ini, mengingat data diatas dikutip pada bulan Januari 2018 lalu. 

Manfaat Media Sosial bagi Masyarakat

Sebenarnya, Efek positif media sosial ini bisa dikelompokkan ke beberapa kategori, yaitu manfaat medsos untuk pelajar, mahasiswa/i, pebisnis, pekerja, dan untuk kalangan-kalangan lainnya.

Berikut ini adalah Manfaat Sosmed bagi umat manusia. Selamat membaca.

1. Bersosialisasi

Tujuan utama didirikannya setiap media sosial akhirnya kembali pada hakikat bahwa:

Setiap manusia butuh orang lain untuk kelangsungan hidupnya.

Sosialisasi sejatinya bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan dalam kondisi apapun. Itulah mengapa Sosial Media diciptakan, yakni sebagai alternatif atau penambah ‘cara’ bersosialisasi antar 1 manusia dengan yang lainnya.

Hanya saja, jika menggunakan media sosial berarti kita memanfaatkan sesuatu sebagai “Pihak ketiga” dalam praktek sosialisasi, misalnya Smartphone dan PC. Tapi tujuannya masih sama, yaitu melakukan komunikasi.

2. Menemukan Teman Baru

kegunaan jejaring sosial bagi kita selanjutnya adalah untuk memperluas pergaulan. Hampir setiap media sosial memberikan layanan bagi pengguna untuk bisa mengenal, bertemu dan bercengkrama bersama.

Layanan ini sesungguhnya sangat bermanfaat sekali jika diartikan pada segi positif.

Terdapat Jutaan Komunitas Online dengan Puluhan juta bahkan Milyaran user yang tergabung, dan saling berkomunikasi secara berkesinambungan dan berkelanjutan didalamnya.

Ini tentu sangat mempermudah terjadinya perkenakan dan hubungan antar inpidu.

Namun kemudahan ini juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi penipuan, bisnis gelap, pasar gelap dan pekerjaan negatif sejenisnya.

3. Menambah Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Wawasan dan Ilmu tidak hanya bisa di dapat di pendidikan formal saja.

Dewasa ini, Internet melalui media sosial telah menyediakan seluruh hal yang kamu butuhkan terhadap informasi dari penjuru dunia, mulai dari berita politik, viral, bisnis, cara-cara, definisi, sebab-akibat dan masih banyak lagi.

Semuanya diulas secara lengkap dan mendalam pada tiap-tiap topiknya.

Istimewanya, dibalik pengguna yang butuh informasi akan suatu hal, berbanding lurus pula dengan maraknya para Content Creator dari setiap Platform Medsos dalam menyajikan informasi-informasi segar/fresh maupun bersifat ‘Abadi’, dalam artian :

Dibutuhkan oleh semua orang sepanjang masa.

4. Tempat Memasarkan Produk

manfaat media sosial bagi perusahaan adalah pemasaran. Beberapa tahun belakangan ini, perkembangan istilah “Internet Marketing” sangatlah pesat, hal ini dipicu oleh Perkembangan Dunia Digital yang fantastis pula.

Kendati demikian, akhirnya banyak para pegelut bisnis memanfaatkan Medsos sebagai lapak untuk melakukan promosi hingga berjualan.

Memang peluang yang ditawarkan juga sangat besar.

Hal ini juga didukung oleh kelengkapan transaksi jual-beli yang memungkinkan konsumen bisa membeli barang yang berada sangat jauh sekalipun, tanpa mengkhawatirkan kualitas barang yang akan dibeli.

Baca ini : Strategi Pemasaran lewat Media Sosial

Karena unumnya, si penjual telah memaparkan spesifikasi, jenis, motif, model hingga testimoni penggunaan dari barang/jasa yang bersangkutan.

5. Berbisnis

Masih berkaitan dengan poin ke-4, pemanfaatan medsos juga bisa digunakan untuk berbisnis bagi para entrepreneur.

Makanya, tidak heran kenapa begitu banyak sekali pengusaha yang mengambil manfaat dari keberadaan medsos, sebagai alat bantu dalam perjalanan bisnisnya.

Baca ini : Memanfaatkan Facebook untuk Promosi Usaha

Manfaat media sosial untuk bisnis dengan contoh yang bisa dilihat adalah: Perkembangan Pasar, Eksistensi Kompetitor, Persaingan Pangsa, Segmentasi Pasar, Produk Mayoritas, Keinginan Konsumen, tingkat daya beli hingga demografi penduduk di suatu wilayah tertentu.

6. Pengganti Diary

Jaman dulu, orang-orang masih memakai media buku untuk menulis Diary pribadinya.

Namun setelah keberadaan medsos dikenal luas, diary tersebut sudah bisa ditulis dan diabadikan pada platform media sosial.

Selain lebih bebas dan nyaman, platform yang dipakai juga menjamin keamanan dan ketahanan, karena diary tersebut disimpan dalam bentuk artikel web.

Sebut saja platform Blog. Banyak Blogger yang memanfaatkan blog sebagai tempat mencurahkan kegiatan sehari-hari, pengalaman hidup, prestasi yang diraih dan lain-lain.

Selain itu, untuk memanfaatkannya juga ada yang gratis tanpa pembayaran maupun penuntutan berupa biaya.

7. Ladang Penghasilan

Era Digital telah lama memberikan peluang kepada semua orang untuk bisa meraih Passive Income dari beberapa platform media sosial yang telah ditentukan. Peluang bisnis ini semakin kesini semakin diminati.

Baca ini : Peluang Bisnis dengan Smartphone

Pasalnya, kunci umum untuk bisa meraih penghasilan dari media sosial adalah dengan memberikan sesuatu yang dibutuhkan banyak orang pada platform Medsos seperti Youtube, Blogspot, WordPress dan lainnya.

Distributor paling populer yang banyak digunakan bernama Google Adsense.

8. Update Informasi

Apa yang sedang hangat dibicarakan minggu ini, hari ini bahkan beberapa jam yang lalu?…

… sobat bisa langsung tahu hanya dengan sekali “akses”.

Banyak Website berita yang beragam di internet mulai dari web lokal hingga internasional.

Informasi disana selalu di-update dengan cepat dan teliti.

Untuk web lokal, sobat pasti sering mengunjungi website berita seperti Liputan6, Kompas, OkeZone, Detik, Republika dan masih banyak lagi.

Web-web tersebut bahkan bisa dibilang ‘berlomba-lomba’ dalam menyampaikan berita berbasis Online untuk semua orang setiap waktu.

9. Meminta Bantuan

Fungsi sosial media bagi warga selanjutnya yaitu tempat meminta bantuan. Pengguna media sosial itu sangat banyak dan hampir tersebar di semua daerah.

Sobat sendiri juga pasti menyadari hal tersebut.

Kemudahan koneksi internet telah membantu banyak orang untuk bisa mengaksesnya secara maksimal.

Saya mengakui bahwa apapun yang sobat cari, mayoritas ada di media sosial, begitu juga dengan bantuan.

Misalkan saja sobat sedang berada di sebuah perjalanan menuju suatu daerah, kemudian kendaraan yang sobat gunakan mengalami mogok, sobat pasti meminta bantuan ke orang-orang disekitar…

…atau mencari titik bengkel kendaraan terdekat melalui media sosial.

10. Bertemu Teman Lama

Banyak kisah yang bisa sobat temukan tentang: bagaimana sosial media membantu seorang pengguna, untuk berhasil bertemu dengan saudara kandungnya yang telah terpisah lama, dan dibantu oleh media sosial contohnya Facebook.

Keadaan ini tentunya membuat Manfaat Media Sosial semakin melekat di hati penngguna.

Selain itu, medsos juga bisa membantu orang untuk bertemu kawan lama, kawan semasa sekolah, mantan partner kerja, dan orang-orang yang sebelumnya sempat menjalin suatu ikatan lalu berpisah karena berbeda tempat tinggal.

11. Manfaat Media Sosial sebagai Penghibur

Hiburan yang bisa kamu temukan disini, misalnya video-video lucu di Youtube, Artikel humor hingga meme-meme kocak yang bertaburan di Jagat Sosmed.

Jenis-jenis nya pun bermacam-macam, sesuai dengan selera dan ‘kelas’ kamu sendiri.

Hiburan bukan hanya sebatas hal yang lucu saja. Sebagian orang mendefinisikan hiburan dalam arti yang berbeda.

Misalnya ada yang mengganggap liburan itu seperti membaca artikel dan menonton video berupa edukasi maupun ilmu pengetahuan di medsos.

12. Manfaat untuk Mengisi Waktu Luang

Manfaat sosmed

Manfaat jejaring maya terhadap pengguna yakni mengisi waktu luangnya. Tidak jauh berbeda dengan poin ke-12, sosmed juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu kosong atau luang, dari padatnya rutinitas keseharian kamu.

Disamping itu, waktu luang kamu akan lebih berguna dibanding melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Menjelajah sosmed akan memberikan pengalaman baru disetiap harinya, jika kamu menginginkannya.

Asal digunakan dapam artian Positif, waktu luang akan jadi ajang penambah wawasan, merilekskan otak dan badan serta memupuk semangat baru di sela-sela lelahnya pekerjaan.

13. Manfaat untuk Mencari Pekerjaan

Jagat Maya juga bisa mempermudah kamu dalam mencari pekerjaan sesuai minat dan skill, serta memberikan peluang lebih agar dapat menemukan lebih banyak lowongan kerja hingga ke daerah-daerah terpelosok sekalipun.

Banyak grup dan komunitas sosmed yang menyediakan informasi lengkap seputar lowongan, dan penerimaan tenaga kerja baru dari berbagai jenis, lokasi, syarat, deadline hingga tanggal pengiriman surat lamaran.

Namun kamu juga harus berhati-hati…

karena belakangan ini, cukup marak terjadi penipuan dari oknum yang mengaku HRD atau Perusahaan dan sedang membuka lapangan kerja melalui sosmed.

Baca ini : Ciri-ciri Berita HOAX dan Penyebarannya

Sebagai generasi kontemporer, sobat harus mampu memfilterisasi setiap informasi yang tersedia di depan mata.

14. Sebagai Referensi

Manfaat media sosial bagi mahasiswa dan Pelajaran yaitu sumber referensi.

Semakin hari, semakin bertambah saja web-web besar dari seluruh dunia yang memberikan pelayanan gratis untuk para siswa/i dan mahasiswa/i, untuk mempermudah mereka dalam mengerjakan tugas sekolah di rumah hingga membantu dalam penyusunan Skripsi.

Bahkan di tanah air, ada web sekaligus aplikasi yang mampu menjabarkan secara rinci tentang soal hingga jawaban dari suatu pertanyaan.

Misalnya beberapa web berikut :

Disana sobat bisa menemukan para member saling bertanya dan memberi tanggapan dengan cepat serta akurat.

15. Manfaat untuk Mempopulerkan Diri

Satu hal yang harus sobat tahu, bahwa sosial media berperan besar untuk membantu seseorang menjadi terkenal.

Di Indonesia sendiri, kerap kali terjadi hal-hal yang tidak terduga, bahkan bisa dikatakan hanya sepele di jejaring sosial, namun hal tersebut akan langsung viral dan cepat menarik perhatian masyarakat luas.

Contohnya adalah video-video pendek yang bahkan tidak jelas, apalagi berfaedah.

Salahah satu contoh yaitu Goyang-goyangan yang tidak beredukasi dan tidak berpendidikan.

Tapi entah kenapa konten ini bisa melegit dengan cepat dan ditiru banyak kalangan, walau dengan maksut untuk ikut-ikutan saja.

Hmm menyedihkan…

…Saya sendiri mengakui kalau saya tidak menyukai hal semacam ini.

16. Manfaat untuk Berbagi / Sharing

Bisa juga Kegunaan medsos terhadap perkembangan diri kita, yaitu sebagai tempat untuk berbagi sesuatu ke pengguna lain.

Apapun yang kamu bagikan akan disaksikan banyak orang disana.

Untuk itu, cobalah hanya menshare konten-konten yang bermanfaat dan berguna, bukan konten yang terkesan negatif, tapi sesuatu yang dibutuhkan mayoritas masyarakat.

Misalnya :

  • Membagikan resep makanan via video
  • Lowongan pekerjaan yang valid ke grup atau komunitas
  • Menyampaikan informasi soal suatu bahaya (misalnya gejala longsor di suatu ruas jalan) dan hal positif lainnya.

17. Manfaat sebagai Kontak Jodoh

Perihal jodoh memang hanya Tuhan yang tahu, dan bagaimanapun dia tidak akan tertukar.

Namun yang menjadi fakta adalah, sosial media telah dijadikan sebagai perantara antara satu orang dengan orang lain yang merupakan jodohnya.

Ini bukan perihal yang langka lagi. Pasalnya, sudah banyak terjadi di berbagai negara di dunia, yang menemukan pendamping hidup melalui sosmed.

Ini didukung karena users bisa terhubung dengan siapapun dan darimanapun orang lain berada.

Beberapa Aplikasi untuk mencari jodoh yang paling populer adalah :

  • Tinder
  • Paktor
  • Wavoo
  • Setipe
  • Gather

Jika sobat tertarik untuk mendownload aplikasi tersebut, sobat bisa cek di Play store-nya smartphone sobat.

18. Manfaat untuk Kampanye

Era Digital ternyata telah lama dimasuki era politik, dimana kamu bisa melihat banyaknya users, grup dan fanpage yang menjadi tempat untuk berkampanye.

Bukan hanya calon nya saja, namun juga datang dari para pendukung fanatik serta tim sukses dari suatu partai politik.

Konten positif dan negatif pun tidak terelakkan.

Baca ini : Pengertian Black Campaign (Kampanye Hitam)

Banyaknya akun provokator dan tingginya persaingan yang ketat menjadi penyebab tersebar-luasnya kebencian, pendustaan hingga penghinaan dari masing-masing calon kandidat.

Semoga kita semua bisa menghindari hal semacam ini.

19. Manfaat untuk Mengikuti Artis Idola

Setiap orang pasti punya orang lain sebagai idolanya, baik dari kalangan Penyanyi, Olahragawan, Pegulat, Atlet dan sebagainya.

Namun, hanya sebagian yang bisa maupun sempat bertemu dengan sang idola.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, kamu masih bisa mengetahui setiap rutinitasnya melalui akun sosial media, dengan cara memfollow akun mereka seperti Instagram, Twitter hingga Youtube.
__________________________

Dengan segudang Manfaat yang ditawarkannya, tentu sobat penasaran dong, apa-apa saja Media Sosial paling sering dipakai dan digunakan di dunia?

Saya sudah menyediakan Ulasan Lengkapnya, dan sobat bisa baca di Daftar Media Sosial TerPopuler di dunia, sepanjang masa.

Penutup

Perkembangan Dunia digital hendaknya tidak memberikan dampak yang negatif dalam penggunaannya bagi kita, sebagai users yang cerdas, berdedikasi dan bertanggung jawab.

Gunakanlah sosial media untuk hal positif, jangan mengambil keuntungan dengan cara merugikan orang lain.

Selanjutnya : Dampak Negatif Media Sosial

Demikianlah, ulasan saya mengenai Manfaat Media Sosial bagi Manusia, semoga mampu menambah wawasan sobat, terima kasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar