Kenapa Domain Penting untuk Bisnis? Ini Alasannya!

Mengapa Domain Penting untuk Bisnis


Kenapa Domain Penting untuk Bisnis? – Di zaman yang penuh dengan hiruk-piruk dengan dunia digital ini, penyebaran informasi telah tersalur begitu cepat dan bisa diakses dengan mudah oleh siapapun. Dibalik itu, lapisan masyarakat secara luas juga sudah tidak lagi canggung dengan keadaan ini.

Ketersediaan sumber daya sebagai media pengakses dan pemerataan jaringan internet, adalah faktor pendorong paling nyata. Dari tengah kota hingga ke pelosok desa, setiap orang bisa mengisi waktu luang dengan bersosial media, browsing, streaming dan sebagainya.

Tidak ketinggalan, Eksistensi Bisnis secara Online juga mewabah sangat pesat, mulai dari transaksi keuangan, jual beli produk, penyediaan berita dan informasi, hingga pelayanan jasa sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Nah, Sebagai seorang Wirausaha, meng-online-kan Bisnis yang tengah dijalankan adalah langkah paling tepat, dan bahkan sudah terkesan wajib untuk direalisasikan sesegera mungkin. Pasalnya, banyak dampak positif yang bisa anda dapatkan saat memperkenalkan Usaha secara Online.

Kali ini, saya akan merekomendasikan media yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan dan menjual produk ke internet, dengan memanfaatkan layanan gratis maupun berbayar melalui Website/Blog, yaitu membuat Toko Online pribadi.

Sejauh ini, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Toko Online. Baik saat Browsing, Streaming maupun menonton televisi di rumah, iklan-iklan toko online akan dengan mudah anda temukan, sebut saja iklan Bukalapak.com, Tokopedia.com, Blibli.com dan sejenisnya.

Namun, dari nama-nama toko online asal Tanah Air di atas, ada satu hal yang menarik dan layak untuk anda ketahui sebelum mempromosikan  produk secara online, yaitu “.com“, yang disebut sebagai Domain.

Lalu, apa itu Domain?, Apa pengaruhnya?, Kenapa Domain Penting untuk bisnis ?, Bagaimana cara membuat / mendapatkannya ?, Ulasan lengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini, silakan disimak.

Pengertian Domain

Pengertian Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama dari server komputer (misal: Web / Email Server) pada jaringan komputer ataupun internet. Di sisi lain, Domain lebih akrab disebut sebagai alamat Web atau URL.

Domain juga berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengakses sebuah server, untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Karena pada dasarnya, pengaksesan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan Alamat IP (Internet Protocol), yang terdiri dari barisan angka-angka tidak beraturan dan acak.

Maka, dengan adanya Nama Domain, sebuah alamat website akan lebih gampang diingat karena lebih pendek dan Brandable, sehingga mempermudah pengaksesan oleh User yang ingin mengunjungi website/blog bisnis anda

Sejatinya, masih ada beberapa alasan lain mengenai pentingnya domain bagi bisnis online Anda kedepannya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Simak Juga : Tips Launching Toko Online 

Alasan Kenapa Domain Penting untuk Bisnis

Selain memberi kemudahan bagi pengguna dalam mengakses, masih ada beberapa manfaat lain dari domain yang punya pengaruh dan peran bagi keberadaan website toko online anda. Diantaranya adalah :

1. Lebih Meyakinkan dan Terkesan Profesional

Dewasa ini, terutama pada momen-momen panas seperti kisruh politik, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan blog gratisan untuk menyebarkan berita-berita HOAX dan menyebarkannya melalui media sosial.

Sayangnya, banyak orang yang termakan Berita HOAX tersebut dan menelannya mentah-mentah. Lalu mereka-mereka yang mengerti dan faham, akhirnya menganggap sebagian informasi yang bersumber dari Blog gratisan tidak mengandung unsur kebenaran, dan tidak lebih dari sekadar Provokasi.

Hal ini tentu memberi dampak buruk yang nyata, jika anda memiliki toko online yang masih berplatform gratisan. Untuk itu, menyewa domain yang ber-ekstensi bagus akan meningkatkan kepercayaan dan otoritas terhadap toko online anda.

Selain itu, menggunakan domain untuk bisnis juga akan menciptakan kesan profesional dan keseriusan. Sehingga, para calon pembeli akan semakin yakin dan percaya bahwa mereka akan mendapatkan kepuasan saat membeli produk yang anda jual di internet.

Simak juga : Cara Melayani Konsumen

2. Membangun Brand Awareness

Brand Awareness adalah kemampuan seseorang untuk mengingat merek, termasuk nama, logo, banner / gambar, slogan dan sebegainya, yang sedang atau pernah anda gunakan dalam mempromosikan website ke berbagai media.

Brand Awareness juga disebut sebagai “Kesadaran Merek“. Sebagai contoh : saat saya mengatakan “Sepatu Bola terkenal“, seketika anda mengingat “Nike“. Saat saya mengatakan “Smartphone Android dengan spesifikasi tinggi“, anda langsung mengingat “Samsung“.

Nah, dengan memilih nama domain yang unik dan Brandable, maka Brand Awareness akan lebih mudah tercipta di hati konsumen.

Misalnya anda menjual produk kecantikan dari olahan bahan alami dengan jaminan keamanan, bisa saja mereka langsung mengingat nama domain atau nama produk di toko online anda.

Namun, dampak Brand Awareness juga datang dari dua sisi, yakni positif dan negatif. Untuk mendapatkan kesadaran merek dalam hal positif, tentunya anda harus mampu memberikan pengalaman berkesan kepada pembeli, melalui kualitas produk dan pelayanan yang prima.

Semakin toko online anda dikenal luas, semakin banjir pula orderan yang akan masuk. Untuk itu, jangan anggap sepele masalah Domain, karena dampaknya cukup besar bagi perjalanan dan perkembangan bisnis online anda di masa mendatang.

Terkait : Tips Membuat Nama Brand yang Baik dan Menarik

3. Mendongkrak Posisi di Mesin Pencari

Manfaat Domain untuk Bisnis yang ketiga adalah mampu mendongkrak posisi website/toko online anda di mesin pencari. Benar atau tidak, sejatinya hal ini masih Ambigu dan tetap menjadi perdebatan para Pakar SEO.

Namun dari berbagai sumber referensi yang dapat, Website premium yang menggunakan Domain Berbayar lebih disukai Google, karena dianggap lebih serius dalam mengelola dan memberikan informasi bagi kebutuhan para pembaca.

Tidak sedikit juga Para Praktisi SEO mempercayai bahwa, Website yang menggunakan Domain berbayar, akan lebih mempermudah persaingan di mesin pencari. Kalau masih kurang percaya, anda bisa buktikan sendiri.

Silakan ketik kata kunci “Jual….” atau “Beli….” di Google, maka yang muncul di halaman pertama bahkan kedua adalah Website / Toko Online yang ber-ekstensi domain Level atas seperti .com, .net, .id, .co.id dan sebagainya.

Memang tidak semudah yang dibayangkan. Masih banyak Teknik-teknik yang harus dilakukan untuk menunjang peringkat website di Search Engine, misalnya Faktor SEO seperti Konten Berkualitas, Backlink, PageSpeed dan lainnya.

Namun setidaknya, menggunakan domain berbayar untuk website / toko online akan bisa membantu, terlebih bagi anda yang menjual produk khusus, yang tidak dijual di toko-toko online lain, tentunya potensi kunjungan calon pembeli akan terus meningkat via Mesin Pencari.

Simak juga : Mindset yang Harus Dikembangkan oleh Pebisnis Online

Rekomendasi Tempat Sewa Domain Terbaik di Indonesia menurut Rapikan.com

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya domain dalam menjalankan Bisnis Online, saya harap anda sudah tidak ragu lagi untuk segera melakukan perubahan, bila seandainya website/blog anda masih memanfaatkan layanan gratisan.

Website Penyedia Sewa Domain memang sangat banyak, baik di dalam maupun luar negeri. Di Indonesia sendiri, beberapa tempat sewa domain terus bertambah dan berkembang.

Masing-masing dari mereka memiliki perbedaan dan karakteristik tersendiri, mulai dari faktor harga, kestabilan situs dan kualitas pelayanan yang beragam.

Sebelum blog ini (Rapikan.com) diluncurkan, saya juga sempat bingung dalam memilih tempat penyewaan domain. Setelah menganalisa dan mempertimbangkan berbagai tolok ukur, akhirnya pilihan saya jatuh kepada RumahWeb.

Lomba blog rumahweb kontes seo 2019

Kenapa RumahWeb ? Karena secara keseluruhan, saya mendapati beberapa keunggulan dari sana, diantaranya adalah :

  • Harga yang tergolong murah meriah
  • Daftar ketersediaan Domain lengkap
  • Proses Aktivasi yang cepat dan tidak ribet
  • Pelayanan Fulltime 24 jam
  • Respon cepat dan tidak bertele-tele
  • Telah meraih Sertifikasi resmi Parallels Certified Service Provider, yang membuat RumahWeb mendapatkan pengakuan Internasional terhadap reputasi, kemampuan dan kehandalan dalam segi infrastruktur.

Selain beberapa keunggulan di atas, RumahWeb juga merupakan salah satu perusahaan hosting dan domain terbesar di Indonesia, yang hingga kini telah melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan dan terus bertambah, dengan 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud.

Testimoni pelanggan RumahWeb

Hingga kini, dua domain telah berhasil saya daftarkan melalui jasa RumahWeb, yang pertama adalah ekstensi ‘.com‘ dan satu lagi adalah ‘.id‘. Sejauh ini, saya merasa puas dengan pelayanan maupun pemanfaatan fitur-fitur yang ada didalamnya.

Tunggu apa lagi, segera daftarkan domain Website/Blog anda ke RumahWeb, sebagai salah satu Penyedia Domain Murah tebaik di Indonesia.

Penutup

Potensi Dunia Digital semakin besar, saat ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan secara online, tidak terkecuali transaksi jual beli. Peluang ini sangat direkomendasikan untuk dicidipi mulai sekarang, dan nikmati kemajuan bisnis anda setiap harinya secara perlahan namun pasti.

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai pengertian domain, alasan kenapa domain penting untuk bisnis serta rekomendasi tempat menyewa domain berkualitas dan terpercaya di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar