5 Mindset yang Harus Dimiliki Pebisnis Online agar Sukses

Mindset yang Harus Dimiliki Pebisnis Online agar Sukses


Mindset yang Harus Dimiliki Pebisnis Online agar Sukses – Mengembangkan bisnis online memang bukanlah perkara yang sulit, asal andasudah memiliki kunci sukses berbisnis online nya terlebih dahulu.

Banyak sekali metode yang bisa dilakukan untuk mengembangkan dan cara memajukan bisnis online yang anda geluti, tapi tidak sedikit juga penyebab bisnis online jadi gagal.

Dalam lika-liku perjalanandan pengembangannya, banyak sekali orangyang bisa berhasil hingga puncak kejayaan, tapi tidak sedikit juga yang berhenti di tengahjalan, bahkan di awal perjalanan.


Kita tidak bisa menilai seorangpebisnis dari bisnis yang iageluti saja. Misalnya bisnis yang berjalanlancar dan sukses, tidak adayang tahu juga apakah pebisnis nya terbelit hutangsana-sini.

Inilah yang banyakdilakukan para pebisnis seperti yang kita lihat sekarang.Oleh karena itu, ciptakankebiasaan-kebiasaan yang memungkinkanuntuk dapat meningkatkan nilai bisnis yang sedang anda geluti, terutamadalam Bisnis Online.

Kesuksesanseorang pebisnis sangat dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan dan rutinitasnya sehari-hari. Berikut ini, Rapikan.com akanmencoba menjabarkan beberapa Mindset yang Harus Dimiliki Pebisnis Online agar Sukses.

1. Tidak takut melakukan hal yang sulit

Initermasuk pada sifat alami manusia, dimana selain tidak pernah puasterhadap apapun yang telah diraih, manusiasering kali langsung berhenti untuk menaklukkan suatu masalah yang lebih besar, setelah dia menyelesaikan masalahnya yang kecil.

Semua orang juga tahu, bahwa tidakada manusia yang ingin gagal didunia ini, tapi bagi pebisnis online yang sukses punya mental dan semangat yang membara, kegagalan adalah motivasi dan suntikansemangat untuk berenovasi.

Dalam bisnis online, jangan memaksakan diri dulu untuk melakukannya, karena peluang anda untuk gagalakan semakinbesar.

Lebih baik perhatikan kemampuan diri terlebih dahulu, lakukan koreksi yang dalam, tanyakan diri anda apakahsudah siap atau belum untukmemulai sebuah inovasi besar ?

Baca juga : Beberapa Fakta mengenai Internet

2. Pernah gagal dalambisnis online sebelumnya ? Renungkan !!

Hanyaorang yang lemah dan tidak punyajati diri yang menganggap kalau kegagalan adalah hal yang menakutkan dan bukan untukdihadapi.

Kalau seperti ini, bagaimanaanda akan memulai langkah baru ? Koreksi diri, lihat poin-poinkesalahan yang membuat anda gagal sebelumnya, belajar banyak dari kegagalan tersebut dan ambilhikmahnya.

Terkadang, kegagalan yang dihadapi tidak hanya berasaldari diri kita sendiri, tapijuga bisa dari berbagai faktorseperti rekan dan unsur eksternal yang lainnya.

Pebisnis online sukses tidak pernah mengeluh dengan kegagalan yang mereka alami, melainkan menjadikannya sebagai batu loncatan untukbisa melompat lebih tinggi kearah yang jauh lebih baik.

3. Jikaproduk online yang dipasarkandikritik orang, Dengarkan !!

Kritikan juga merupakanhal yang penting untuk menuai sebuahkesuksesan dalam bisnis online. Akan ada masa nya disaat produkonline milik anda memasuki pasar internet, lalu ada pihakyang memberi kritik terhadap produk anda dengan berbagaimacam alasan.

Pada kasus ini, banyak pebisnis online yang akan merasatersinggung atau tidak terima ataskritikan tersebut. Itu mungkin akan terasa wajar karena usahayang super membahana untuk membangunnya, taunya malah dikritik.

Sebenarnya ini adalah kesalahan sepele yang berakibat besar. Apa ruginya untukmendengarkan secuil kritikan para penimatproduk kita ?

Mereka member kritik bukan juga berarti menjatuhkan, malahan memberi anda kesempatan untuk memperbaiki kesalahan tersebut sebelum orang lain juga mengkritik hal yang sama terhadapproduk anda.
Baca juga : Tips Launching Toko Online agar Sukses

4. Sebelumatau saat memasarkan produk online, Keep Positive Thinking !!

Selalu bersikap dan berpikiran positif merupakan sebuah wujud dari polapikir yang jernih dan punya komitmentinggi. Berkata dan bersikap negatifakan mengakibatkanpikiran yang negatif juga.

Misalnya saja sebelum andamemasarkan produk, anda merasa memilikisaingan yang banyak dan lebih terkenaldalam Marketing system, lantas anda yakin akantersingkir sebelum memulai ataupun saat memulai.

Tidak adayang tahu apayang akan terjadi pada bisnis andadi masa depan. Semua ditentukan oleh usaha, kerjakeras dan doa anda.

Jangan menghabiskan waktu hanya memikirkancara untukmengalahkan saingan dalam berbisnis online yang memberi ancaman besar terhadap usaha anda tersebut. Mulailah berpikir dan bersikappositif, fokus pada bisnis online anda dan bersainglahdengan sehat.

5. Jangantakut mengambil risiko

Ingat satu hal, orang yang sukses adalah orang yang berani untuk gagal.Risiko akanselalu hadir dalam setiap persimpangankeputusan dan ketetapan yang diambil, baik keputusan kecil maupun besar.

Jangan pernah terlintas dalam pikiran anda tentangketakutan akansebuah risiko yang mungkin diperoleh, tapi cobalah untukmengambil risiko yang akan datang walauitu sangat besar dan berat.

Disaat andatakut dan hanya berdiam diri, anda tidak akan pernahmaju. Kesuksesan hanya akandidapatkan oleh orang-orang yang mau mencari jalan keluardari masalahnya dan keluar darizona nyaman.

Baca juga : Dropship dan Reseller

Kesimpulan

Menjadi pemimpin bukanlahhal yang mudah, tidak seperti membalikkankedua telapak tangan.

Tapi bukan berarti anda tidak bisamenyandang profesi tersebut.

Apakah anda yakin kalauanda akan jadi pemimpin ? apakahanda yakin kalau anda akanbisa memutar roda kepemimpinan dalam sebuah perusahaanonline atau instansi ?

Anda tidak takutdengan risiko besar yang mungkin terjadi ?Apakah anda tidak takut jikasuatu saat nanti bisnis online anda gagal total dengan modal yang sudah begitu banyak dikeluarkan ?

Ya. Memang benar. Pertanyaan-pertanyaanyang akan membuat anda berpikirdua kali ketika ingin memulai bisnis.

Sekarang semuanya kembalikanpada diri anda lagi, ajukanpertanyaan tersebut ke relung hatiterdalam anda.

Baca juga : Cara mengalahkan Pesaing di Media Sosial

Gelar seorang pebisnis tidak ditentukan oleh takdir, melainkanusaha dan kerja keras yang kita lakukan. Kita memang tidak akantahu akan jadi siapa kitanantinya, Apakah jadi seorang gubernur, penjual batu akik, tukang sedotWC, jasa bikin sumur bor  atauseorang pebisnis sukses.

Semoga artikel yang sayatulis diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasananda seputar dunia Bisnis Online.

Saya berharap tentunya semoga bisa memberisuntikan inspirasi serta motivasi bagi anda yang ingin memulai atausedang menjalankan, lewat beberapa kebiasaan para pebisnis online yang sukses di atas.

Tinggalkan komentar