Kapan Waktu Terbaik memulai Bisnis bagi Pemula ?

Waktu paling tepat untuk memulai bisnis bagi pemula

Waktu terbaik untuk memulai bisnis – Semua orang pasti sudah menyadari sedari dulu, bahwa berbisnis adalah salah satu alternatif yang sangat cocok untuk meningkatkan tarif hidupnya. Namun yang menjadi tanda tanya adalah, kapan waktu yang pas untuk memulai bisnis baru ?

Saat anda mencari-cari mengenai Kapan waktu yang tepat untuk memulai wirausaha, akan banyak sekali referensi yang didapat. Hingga kini, masih banyak orang-orang yang berpatok mengenai waktu yang pas membuka usaha menurut Islam , ramalan, primbon dan sebagainya.

Budaya nenek moyang seperti itu memang masih bertahan dan tidak patut juga untuk disalahkan. Pasalnya, masyarakat awam masih percaya tentang kapan waktu terbaik bercocok tanam , hari turunnya rezeki, memulai ke laut dan lain-lain.

Tapi di dalam dunia bisnis, hal semacam ini tidak begitu tenar, karena yang menentukan waktu paling pas memulai usaha bisnis ditentukan oleh kesiapan, mental hingga berbagai pertimbangan yang benar-benar sudah dipikirkan dengan matang.

Inilah Waktu Terbaik untuk Membuka Usaha

Bagi kamu yang merasa sudah memiliki dan mempertimbangkan berbagai hal terkait saya sebut diatas, untuk tambahan informasi silakan disimak 6 Waktu paling tepat untuk memulai bisnis bagi pemula di bawah ini.

1. Selagi masih muda

Saat yang paling baik untuk mulai membangun sebuah bisnis adalah waktu selagi kita muda. Masa muda itu biasanya dipenuhi dengan semangat dan tunjangan kekreatifan yang besar.

Kita semua menyadari bahwa, dunia akan terus mengamai perkembangan dan saat itu usia semakin menua. Lalu jika tidak dimulai hari ini, kapan lagi ?

Yang lebih miris itu adalah, saat saya menyaksikam banyak sekali anak-anak muda, yang sampai usia lebih 20-an masih saja bergantung penuh pada orangtuanya.

Padahal tidak selamanya mereka bisa memenuhi semua kebutuhan kita. Kenyataan ini mestilah menjadi tamparan dan pelanapel berharga bagi kita, untuk segera merenovasi kebiasaan monoton ini.

Terlalu berlebihan dalam memikirkan dan mempertimbangkan berbagai anggapan, hanya akan memperlambat langkahnya anda untuk segera memulai usaha.

Harusnya dari awal sudah disadari, bahwa percobaan yang berakhir gagal bukanlah perkara jarang, malahan sudah menjadi suatu kewajaran.


Nah, Jika anda telah mencoba namun gagal, ambil sisi positif dari kegagalan tersebut, anggap saja itu adalah sebuah batu loncatan untuk mengarahkan kita ke tujuan yang sebenarnya.


2. Ketika anda tidak menikmati pekerjaan anda saat ini

Jika kita merasa pekerjaan yang sedang kita geluti sekarang ini tidak sesuai dengan pikiran dan keinginan kita, maka saat itulah yang tepat untuk mempertimbangkan dalam membangun sebuah kerajaan bisnis.

Pada akhirnya, rutinitas keseharian yang dilakukan akan semakin terasa nikmat, saat hal tersebut terasa nyaman dan aman, sehingga yang paling dicari itu merupakan kenyamanan, barulah yang lainnya.


Walaupun pekerjaan yang sedang kita geluti tersebut tergolong mudah dan menghasilkan gaji yang besar, tapi jika tidak sesuai dengan isi hati kita, tetap saja hal tersebut membuat kita merasa ada yang kurang dan membuat kita tidak nyaman.

Saat momen seperti ini terjadi dalam dunia pekerjaan anda, silakan mempertimbangkan lebih mendalam, apakah lanjut bekerja atau tidak. Karena, salah satu waktu paling tepat untuk memulai bisnis adalah pada momen seperti ini.

Ulasan Lengkap : Apakah Harus Resign jika Bosan dengan Pekerjaan ?


Sebagai motivasi bagi anda, anda bisa browsing di Internet mengenai banyaknya orang-orang yang resign / berhenti dari pekerjaan, kemudian banting setir untuk memulai usaha, dan akhirnya sukses besar.

Tapi tetap saja, semuanya tidaklah semudah yang ada di cerita. Yang perlu dipetik itu adalah kerja keras, semangat, tekad dan impian besar mereka, yang menghantarkan pada keadaan seperti sekarang.


3. Saat anda dipecat dari pekerjaan

Waktu yang tepat memulai bisnis bagi pemula


Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang akan merasa bahagia jika dipecat dari pekerjaan yang disukainya, di sebuah perusahaan atau organisasi. Hal tersebut pasti akan membuat kita shock dan mencari-cari jalan keluarnya.


Tapi jangan hanya sampai disini. Tetaplah optimis dan berpikir positif, karena di kondisi seperti inilah salah satu waktu yang tepat untuk memulai karir bisnis yang baru dan berwirausaha secara mandiri untuk anda.

Ada 2 kemungkinan yang bisa muncul setelah hal tersebut terjadi, yang pertama adalah orang tersebut akan panik, bingung, sedih dan bahkan stress. Namun ada juga yang malah akan lebih bersemangat, semakin bergairah dan muncul niat lebih besar untuk memulai usaha / bisnis mandiri.

Sebagai korban PHK, harusnya anda berada pada barisan versi ke-2 di atas. Sejak saat ini mulailah memutar-mutar otak mengenai jalan hidup Anda berikutnya. Dan salah satu yang oaling direkomendasikan adalah segeralah memulai sebuah usaha kecil-kecilan, dengan modal yang tersisa.

4. Jika anda bisa fokus, Go Action !!

Salah satu waktu yang terbaik untuk memulai mendirikan sebuah bisnis adalah, disaat anda mulai memiliki kesempatan untuk bisa fokus mengembangkan bisnis anda.


Aspek fokus ini biasanya akan muncul dengan sendirinya disaat anda mulai memiliki tanggung jawab yang besar, misalnya tanggung jawab pada keluarga dan terhadap kuliah yang sedang anda jalani.

Menurut dosen saya dulu, tanggung jawab besar yang dibebankan kepada kita akan membuat fokus kita menjadi pecah belah, sehingga kurang baik untuk memulai sebuah bisnis pada kondisi tersebut.

Tapi semuanya kembali pada diri anda. Jika anda merasa tangung jawab tersebut harus dipenuhi, rasa fokus yang terpusat untuk memenuhinya, juga memiliki semangat yang besar, Go Action !!

5. Munculnya Obsesi yang besar dalam diri anda

Rasa obsesi ini biasanya akan muncul ketika seseorang mulai memiliki ide-ide yang brilian dengan segenap ilmu yang dimilikinya dalam hal bisnis.

Ide-ide itu bisa saja datang secara sengaja maupun tidak. Namun yang pasti, berawal dari ide inilah yang nantinya direncanakan untuk dikembangkan, supaya menjadi besar dan menghasilkan.

Selain itu, ide brilian juga bisa didapatkan ketika seseorang melihat dan merenungkan suatu hal, baik itu keadaan ekonomi, keadaan alam sekitar, keadaan demografi penduduk dan sejenisnya.

Jika hal tersebut sudah terjadi pada anda, mulailah untuk membangun sebuah usaha bisnis. Buat perencanaan dasar yang diiringi niat kuat, serta pertimbangkan hal-hal penting didalamnya.


6.  Waktu yang paling tepat memulai bisnis adalah HARI INI !!

Saya menemukan bahwa tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan yang sukses dibangun saat perekonomian sedang jatuh, bukan hanya mrmanfaatkan momentum membludaknya suatu hal saja.


Jangan tunggu esok ataupun harus meraih gelar sarjana dulu. Belajar, cari motivasi, temukan informasi yang sesuai dengan bisnis anda, gali sedalam-dalamnya, perlahan namun pasti.

Hari ini, tidak ada jaminan atau penolong kamu untuk bisa memulai usaha, kecuali niat, impian dan modal. Jika harus menunggu esok / lusa, belum tentu semua akan menjadi lebih baik lagi dari hari ini.

Saya pernah membaca sebuah kutipan dari tokoh terkenal :

“Berhentilah berkumpul dengan orang yang membuat anda menjadi tidak berarti. Pulanglah, rancanglah sebuah perencanaan, bangun mimpimu hari ini juga, jangan pernah menunda untuk hari esok.” -Warren Buffett.

_____________

Baca juga : Alasan Kenapa Dianjurkan Memulai Bisnis saat Kuliah


Nah, demikianlah 6 Waktu terbaik memulai bisnis dan wirausaha. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi mengenai saat paling pas untuk membuka usaha. Terima kasih.

Artikel terkait :

Tinggalkan komentar