5 Jenis Strategi Pemasaran yang Ampuh Meningkatkan Angka Penjualan

Strategi pemasaran adalah

Jenis Strategi Pemasaran – Sebenarnya, sangat banyak sekali macam-macam strategi marketing yang tentunya beranekaragam, karena pada umumnya, setiap badan usaha mempunyai strategi pemasaran masing-masing.

Strategi pemasaran adalah metode atau cara yang dilakukan manajemen pemasaran dalam rangka mendongkrak angka penjualan dan mempertahankan strategi tersebut serta meningkatkannya untuk jangka panjang.

Jenis Strategi Pemasaran Produk untuk mendapatkan Pelanggan yang Banyak

Jenis strategi pemasaran umumnya dibagi menjadi 4 macam, yaitu secara langsung, earned media, point of purchase dan internet marketing. Masing-masing dari jenis tersebut yang paling banyak dipakai oleh perusahaan dalam menjalankan proses pemasaran mereka.

Hal-hal yang mempengaruhi strategi pemasaran juga berbeda-beda, antara lain yaitu Lokasi, demografi penduduk, keadaan pasar dan perubahan yang menonjol seperti keadaan ekonomi, kebutuhan bahkan musim.

Baca : Pengertian Pasar

Berikut ini adalah 4 Jenis Strategi Pemasaran untuk meningkatkan omzet melalui daya beli yang tinggi. Perlu kamu ketahui sebagai pemilik atau bekerja di pisi manajemen Marketing.

1. Direct Selling (Pemasaran Langsung)

Pengertian Direct Selling atau pemasaran langsung adalah jenis Strategi promosi yang melakukan penawaran produk secara langsung ke target calon konsumen.

Contoh strategi pemasaran ini adalah, penjual atau pemasar akan langsung mengunjungi rumah-rumah penduduk yang dikenal dengan sistem door to door. Jadi, strategi ini tidak dilakukan di toko retail, tapi dengan sistem berjalan.

Keunggulan direct selling adalah modalnya yang sedikit, karena tidak melalui promosi besar ataupun pengiklanan yang tentunya memakan biaya yang besar pula.

Teknik direct selling adalah mengandalkan kemampuan dalam berbicara dan bersifat mengajak (persuasif). Sehingga, pra calon konsumen yang didatangi rumahnya menjadi tertarik dan tergugah hatinya untuk melakukan transaksi pembelian.

Kekurangan direct selling adalah pengurasan tenaga, karena para marketer terus berjalan dari pintu ke pintu untuk menawarkan produk. Selain itu, waktu yang diperlukan juga cukup banyak.

Baca : 9 Cara melakukan Riset Pasar

Para calon konsumen umumnya juga kurang suka dengan jenis Strategi Pemasaran ini, karena banyak yang berpendapat bahwa mereka merasa seakan-akan dipaksa untuk membeli.

Namun kembali ke diri anda lagi, bagaimana taktik yang anda lakukan sehingga calon pembeli merasa nyaman akan kehadiran anda dan tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

2. Internet Marketing (Pemasaran Internet)

Strategi pemasaran online

Macam-macam strategi promosi yang satu ini adalah yang paling umum dan banyak digunakan saat ini. Pemasaran melalui internet adalah strategi marketing management yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan dan menjual produk milik mereka.

Pemasaran di internet juga sangat beragam. Para marketer biasanya akan memanfaatkan media-media sosial ternama dan paling ramai Lalu-Lintasnya seperti :

  • Facebook
  • Blog/Website
  • Instagram
  • Twitter
  • dan lain-lain.

Keunggulan Internet Marketing dibanding Direct Selling adalah dari segi gaya promosi. Pada pemasaran langsung, marketer bertatap muka dengan calon pembeli, dimana jika dia salah dalam pengucapan, tindakan maupun sikap, maka bisa berakibat buruk.

Berbeda dengan Strategi promosi Internet Marketing, karena berupa media tulisan, foto dan video, seseorang bisa mengedit, menambah dan menyesuaikan konten yang akan dibagikan ke users lain dalam bentuk sebaik mungkin.

Begitu juga dari segi waktu dan tenaga. Pemasaran di internet lebih simpel dan kompleks. Saat seseorang menerbitkan konten, users lain bisa melihatnya seberapa kali dia mau.

Baca : Strategi Pemasaran di Media Sosial

Untuk lebih menunjang kinerja internet marketing, manajer pemasaran dianjurkan terlebih dahulu menciptakan brand Awareness atau Kesadaran akan merek, demi menggaet banyak pelanggan setia dari dunia maya.

3. Earned Media

Strategi Earned Media adalah Jenis Strategi Pemasaran yang memanfaatkan pendekatan dan menjalin hubungan dengan masyarakat. Strategi ini disebut tidak langsung.

Untuk mewujudkan Earned media, hal wajib yang harus dilakukan sebuah perusahaan adalah menciptakan brand yang bisa dikenal masyarakat luas, dengan serangkaian teknik yang dilakukan.

4. Point of Purchase

Pengertian Point of Purchase (POP) adalah jenis Strategi pemasaran yang menempatkan material marketing atau iklan disamping produk yang sedang dipromosikan.

Metode teknik pemasaran ini sangat cocok diterapkan pada toko retail yang menjual beragam jenis produk. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa 64% calon pembeli belum menentukan apa yang akan mereka beli saat menuju toko.

Kesempatan ini bisa anda manfaatkan untuk mengarahkan mereka agar membeli produk anda. Jabarkan tentang keunggulan produk, spesifikasi, kelebihan dan manfaat dari produk dengan kemampuan berkomunikasi.

Baca : Pengertian Perencanaan Pemasaran

Jenis Strategi pemasaran POP ini bisa dioptimalkan dengan mendesain display produk yang berbeda dan tentunya punya daya tarik, juga ditempatkan pada lokasi yang strategis, misalnya di dekat pintu masuk dan keluar, serta meja kasir.

5. Telemarketing (Pemasaran via Telepon)

Jenis Strategi pemasaran telemarketing adalah strategi yang dilakukan sebuah perusahaan dalam mencari banyak pelanggan dengan sistem telepon.

Para marketer akan terlebih dahulu menghubungi calon pelanggan sambil menguraikan spesifikasi produk, setelah itu barulah mengadakan pertemuan langsung.

Para pengamat penyebutan, strategi Pemasaran Telemarketing ini punya peluang yang besar meskipun tidak bertemu empat mata. Tips promosi via Telemarketing bisa dilakukan dengan berbicara sopan, mengenal calon pembeli dan menjabarkan spek dengan jujur.

Namun Strategi marketing dengan Telemarketing ini bisa juga berdampak buruk jika Terget bukan calon yang potensial. Untuk itu, alangkah baiknya mengenal calon pembeli lebih awal sebelum dihubungi.

Baca juga : Teknik Mempromosikan Produk

Itulah tadi 5 Jenis Strategi Pemasaran Produk yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan keuangan, keadaan tolok ukur yang lainnya. Dengan menjalankan salah satu atau dua strategi marketing di atas, maka akan mampu meningkatkan laba serta lebih memperkenalkan produk ke dunia luar secara bertahap.


Manfaat Strategi Pemasaran

Setelah menjalankan berbagai teknik marketing diatas, jika dilakukan dengan baik melalui metode ynag relevan, maka berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan oleh usaha kamu :

  • Meningkatkan kesadaran diri atau perusahaan untuk melangkah lebih maju
  • Koordinasi Marketing yang lebih terarah dan disiplin
  • Mendapatkan banyak pelanggan dan menjadikan mereka pelanggan setia.
  • Merumuskan dan membantu mewujudkan goals/tujuan perusahaan
  • Pengawasan jalannya proses pemasaran yang sesuai atas standar prestasi kerja
  • Memperkenalkan produk secara luas baik di dunia maya maupun nyata
  • Menumbuhkan minat calon konsumen untuk membeli produk
  • Dan lain-lain.

Baca : 11 Tahap Pemasaran

Demikianlah, 5 Jenis Strategi pemasaran untuk bisnis baru yang harus anda ketahui dan jalani.

Referensi tambahan : Foundr | Wikipedia
Gambar : https://www.google.com/amp/s/idwebhost.com/blog/tips-keren/7-tips-melakukan-online-marketing-yang-efektif/amp/ (idwebhost)

Tinggalkan komentar