6 Cara Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

Cara memberi pelayanan terbaik kepada pembeli

Sebagai seorang pebisnis, anda harus mengetahui bagaimana cara memberikan pelayan terbaik kepada pelanggan ataupun pembeli. Ingat, dalam berbisnis anda harus berpedoman pada “pembeli adalah raja”.

Tanpa adanya konsumen, usaha yang anda jalankan tidak mungkin bisa berkembang dan justru beresiko menjadi gulung tikar. Hal ini berlaku untuk bisnis atau usaha apapun, baik yang dijalankan secara daring maupun luring.

Sudah banyak kejadian yang menceritakan bahwa para penjual yang banyak kehilangan konsumennya, karena pelayanan buruk yang dilakukannya.

Apakah anda ingin hal tersebut terjadi? Tentu tidak bukan? Maka dari itu, berikan perlakuan yang baik kepada setiap pembeli yang datang ke lapak anda. Selengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini :

Cara Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Konsumen

Apapun keadaan anda, apapun kondisi anda sudah sepatutnya tidak berpengaruh apapun terhadap pelayanan yang diberikan kepada para pembeli. 

Ketika berjualan, fokuslah berjualan dan lupakan sejenak masalah yang sebelumnya pernah anda alami. Jika langkah awal ini bisa dilakukan maka penerapannya menjadi sedikit lebih mudah. 

Langsung saja, inilah beberapa tips memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli/konsumen/ pelanggan :

1. Menyapa Pembeli dengan Ramah

Tips pertama ini benar-benar harus anda lakukan. Ketika ada pembeli yang datang ke toko anda, berikan dia ucapan salam dan diiringi dengan senyuman hangat.

“Halo, bagaimana saya dapat membantu kamu hari ini?”. Paling tidak ucapkan seperti itu kepada pembeli. Jika pada kesan awal sudah baik, maka selanjutnya pasti juga akan baik.

Keramahan seperti ini sebaiknya juga tidak hanya terjadi ketika pembeli pertama kali melakukan pembelian. Saat konsumen membeli untuk kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya tetap berikan senyuman yang terbaik. 

Simak : 10 Cara Mudah Mendapatkan Banyak Pelanggan Setia

Begitupun halnya jika anda berjualan secara online, setiap yang akan order ke anda awali dengan salam dan ucapan seperti : “Kami dari ….. Ada yang bisa kami bantu?”

2. Menjawab Setiap Pertanyaan dengan Baik

Terkadang, konsumen atau pembeli tidak langsung memutuskan untuk order barang atau jasa yang kita jual.

Penyebabnya berbagai macam seperti ingin mengetahui kualitas dan harganya. Bisa juga saat itu pembeli sedang melakukan survei harga dan membandingkannya dengan penjual yang lainnya. 

Dan saat momen-momen ini biasanya banyak penjual yang enggan menanggapi pertanyaan pembeli yang terlalu banyak.

Padahal, menjawab pertanyaan dengan baik merupakan salah satu dari cara terbaik dalam memberikan pelayanan.

Jangan pikirkan terlebih dahulu apakah pembeli jadi membeli produk yang anda jual, tetapi jelaskan dulu dengan sejelas-jelasnya agar dia mendapatkan jawaban terkait produk yang anda jual.

Baca juga : 8 Cara Meningkatkan Penjualan di Pasar Lokal

Sekalipun pada akhirnya produk anda tidak jadi dibeli, paling tidak anda telah meninggalkan kesan yang baik dihadapan calon konsumen. 

3. Mengakomodasi Kebutuhan Pelanggan

Mengakomodasi kebutuhan pelanggan juga merupakan salah satu tips memberikan pelayanan terbaik yang harus anda lakukan.

Memang, mendengarkan setiap permintaan dan kebutuhan mereka bukanlah hal yang mudah. Terkadang mereka juga request sesuatu yang sebenarnya sedikit sulit anda wujudkan dalam waktu yang singkat.

Namun apapun itu, jangan sampai anda mengabaikan setiap permintaan yang mereka ajukan.

Bila perlu catat semua permintaan yang mereka ajukan. Jika mampu, segera penuhi permintaan tersebut untuk menjadi produk baru dalam toko yang anda kelola.

Tetapi jika tidak, anda juga tidak perlu memaksakan diri namun tetap sampaikan kepada pelanggan bahwa anda belum mampu untuk mewujudkannya sekarang dan insyaallah bisa terwujud dalam jangka waktu ke depan. 

Baca juga : 9 Kriteria Pelayanan yang Dibenci Konsumen

4. Membangun Kepercayaan

Membangun sebuah bisnis agar sukses sejatinya sama saja dengan membangun sebuah kepercayaan dengan konsumen atau pelanggan. 

Gambarannya, jika konsumen puas dengan pelayanan maupun kualitas produk yang anda jual maka semakin mudah anda mendapatkan orderan bahkan repeat order sekali pun.

Dan salah satu hal yang harus anda pegang adalah “kejujuran”

Jangan sekalipun menyampaikan kebohongan seputar produk atau jasa yang anda jual.

Sebagai contoh, ketika menjual kue anda menjual kepada pembeli adalah kue kadaluwarsa atau kue yang telah ditambahkan bahan kimia tertentu.

Di awal, memang anda akan mendapatkan banyak keuntungan secara finansial, namun seiring perjalanan waktu pembeli bakal mengetahui kedok anda dan banyak pelanggan yang akhirnya beralih ke penjual lainnya karena pelayanan buruk tersebut. 

5. Hidupkan Nilai Perusahaan

Menghidupkan nilai perusahaan juga merupakan salah satu cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Apa hubungannya? Guna memastikan bahwa sebuah perusahaan bisa bertahan lama di pasaran, maka siapapun orang didalamnya harus bisa menghidupkan citra atau nilai perusahaan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini sebaiknya juga diterapkan oleh non perusahaan.

Anda bisa menunjukkan apa dan bagaimana bisnis Anda melalui teknik dan cara dalam melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka.

Baca juga : Cara Menghadapi Kritik, saran dan Keluhan Pembeli

Bila anda mempunyai karyawan, pastikan mereka juga harus mengetahui cara ini, karena bukan sesuatu yang mustahil bila  mereka akan bertemu dengan salah satu pelanggan Anda di dimana pun dan kapan pun.

6. Akhiri Juga dengan Sikap yang Baik

Dan poin terakhir cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan juga tak boleh anda abaikan begitu saja.

Jika transaksi dengan pembeli telah selesai dilakukan maka tinggalkan kesan yang baik. Cara sederhana adalah dengan mengucapkan terima kasih.

Dengan begitu, Tidak menutup kemungkinan jika pembeli anda akan melakukan repeat order di kemudian hari. 

Bagaimana tidak sulit bukan? Pada intinya, Komunikasi yang baik adalah hal utama yang harus terus anda lakukan.

Jika pelanggan sudah puas, maka niscaya bisnis anda bisa berkembang dengan begitu pesat. 

Demikian pembahasan mengenai cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar