Cara Melihat Nomor Kartu Debit Semua BANK

Cara Melihat Nomor Kartu Debit Semua BANK – Diakui atau tidak, perkembangan taknologi semakin merengsek ke pelosok-pelosok. Termasuk mesin ATM. Sekarang siapa yang tidak menggunakan ATM sebagai media bertransaksi?

Tapi sejalan dengan itu, apakah kalian tahu apa itu nomor kartu debit atau nomor kartu ATM? Bagaimana cara mengetahuinya? lalu apa perbedaannya dengan nomor rekening?

Soalnya, banyak sekali orang yang belum paham terkait dengan istilah-istilah tersebut. Buktinya, banyak orang yang menganggap bahwa nomor rekening itu sama dengan nomot kartu ATM atau kartu debit.

Padahal, keduanya itu berbeda. Pada saat keperluan tertentu kalian diminta untuk memasukkan nomor kartu ATM atau debit ATM, jangan sampai kalian memasukkan nomor rekening. Begitupun sebaliknya.

Karena itu kemudian Bella hadir untuk menyajian tema tersebut guna menjawab kebingungan para sahabat sekalian. Silahkan kalian simak penjelasannya di bawah ini;

Fungsi dari Nomor Kartu ATM/Kartu Debit

Pertama yang perlu kalian tahu bahwa sebenarnya nomor kartu debit atau nomor kartu ATM yaitu 16 digit angka yang ada di bagian depan kartu. Secara umum, fungsinya sebagai penunjuk identitas kartu.

Setiap digit angka pada kartu ATM tersebut tidak sama, dan sebagai kode memiliki arti yang berbeda, berikut arti dari setiap digit tersebut:

  1. Bila digit pertama menggunakan angka 4, maka nomor kartu tersebut menggunakan jaringan Visa.
  2. Bila digit pertama menggunakan angka 5, maka nomor kartu tersebut menggunakan jaringan Mastercard.
  3. Lima digit setelah angka pertama, menunjuk edentitas dari bank penerbit kartu.
  4. Sembilan digit lainnya, menunjukkan identitas dari pemilik kartu tersebut.

Dengan mengetahui makna dari setiap digit pada kartu debit atau kartu ATM tersebut, maka kalian harus merahasiakan nomor tersebut dari siapa saja. Sebagai bentuk kehati-hatian dari pembobolan atau penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit Semua Bank

Sebanarnya ada bebarapa cara yang bisa kalian harus ketahui untuk mengetahui nomor debit atau nomor kartu ATM. Silahkan perhatikan cara-caranya di bawah ini:

1. Nomor Kartu ATM BRI

  • Secara Langsung

Langkah pertama, silahkan kalian ambil kartu ATM kalian. Kemudian silahkan lihat bagian depan kartu tersebut, lalu temukan 16 digit angka. 16 angka itulah merupakan nomor debit atau nomor kartu ATM BRI kalian.

  • Melalui Internet Banking (mBanking)

Untuk mengetahui nomor kartu ATM BRI kalain melalui mBanking, maka silahkan kalian buka mBanking kalian, kemudian pastikan kalian pernah melakukan transaksi finansial.

Bila belum pernah, silahkan lakukan transaksi dulu, lalu kemudian kalian lihat (pada bagian paling bawah) riwayat dari transaksi tersebut. Disana, kalian akan mendapati nomor kartu debit ATM kalian dengan digit 16 angka

2. Nomor Kartu ATM BNI

  • Secara Langsung

Silahkan kalian ambil kartu ATM BNI kalian. Kemudian silahkan lihat bagian depan kartu tersebut, lalu temukan 16 digit angka. 16 angka itulah merupakan nomor debit atau nomor kartu ATM BNI kalian.

  • Melalui Cabang Bank BNI

Kalian bisa mengetahui nomor debit ATM BNI kalian dengan mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Silahkan kalian komunikasi dengan costumer service disana. Biasanya petugas akan meminta buku rekening kalian, KTP dan lainnya. Baru kemudian kalian akan mendapatkan nomor debit kalian dari jasa costumer service.

3. Nomor Kartu ATM Mandiri

  • Secara Langsung

Silahkan kalian ambil kartu ATM Mandiri kalian. Kemudian silahkan lihat bagian depan kartu tersebut, lalu temukan 16 digit angka. 16 angka itulah merupakan nomor debit atau nomor kartu ATM Mandiri kalian.

  • Melalui Kantor Cabang Bank Mandiri

Kalian bisa mengetahui nomor debit ATM Mandiri kalian dengan mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat. Silahkan kalian komunikasi dengan costumer service disana. Biasanya petugas akan meminta buku rekening kalian, KTP dan lainnya. Baru kemudian kalian akan mendapatkan nomor debit kalian melalui jasa costumer service tersebut.

4. Nomor Kartu ATM BCA

  • Malalui mBanking BCA

Silahkan kalian buka aplikasi BCA Mobile kalian, kemudian pilih menu akun yang terdapat pada bagian pojok kanan bawah, maka otomatis akan muncul 16 digit nomor debit ATM BCA kalian.

  • Malalui Klik BCA

Silahkan kalian klik situs Klik BCA DISINI, kemudian kalian login pada KlikBCA tersebut, lalu kalian masuk pada menu administrasi.

Selanjutnya, kalian blokir kartu ATM, dan lalu masukkan tanggal lahir yang sesuai dengan yang telah terdaftar pada KlikBCA. Kemudian kalian tekan “lanjut”, maka kemudian akan muncul 16 digit nomor kartu BCA kalian. Tapi jangan lupa, setelah kalian tahu nomor kartu ATM BCA kalian, kalian klik “BATAL”.

  • Melalui Hallo BCA

Silahkan kalian hubungi Halo BCA di nomor 1500888, kalian langsung tanyakan soal nomor kartu ATM kalian, maka pasti costumer akan menjawabnya.

akkhirnya,

Demikian cara mengetahui nomor kartu ATM atau kartu debit, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Jangan lupa terus pantau rapikan.com untuk mendapatkan informasi penting dan terbaru lainnya. Terimakasih!