7+ Chipset Smartphone Paling Canggih Hingga Saat Ini

Chipset Smartphone Paling Canggih

Chipset Smartphone Paling Canggih – Ketika kamu ingin membeli smartphone, kira-kira apa yang menjadi pertimbangan utama kamu dalam memilih smartphone? Tergantung kebutuhan pastinya.

Akan tetapi, sebagian besar orang-orang dalam memilih smartphone mempertimbangkan tipe chipsetnya terlebih dahulu, sebelum mempertimbangkan hal lainnya.

Yah, bagaimana tidak, chipset ini merupakan komponen paling penting dalam smartphone. Chipset ini merupakan otak dari semua komponen yang ada di dalam smartphone.

Semakin canggih chipset yang dimiliki smartphone, maka semakin cerdas smartphone tersebut dalam membantu keseharian kamu.

Jadi wajar saja jika kebanyakan orang yang cukup mengerti tentang dunia teknologi, ketika memilih smartphone pasti akan mempertimangkan chipsetnya terlebih dahulu.

Nah, diantara banyaknya tipe chipset yang ada sekarang ini, manakah yang paling canggih? Berikut daftar chipset smartphone paling canggih yang ada saat ini.

1. Snapdragon 855

Chipset Snapdragon 855 termasuk termasuk salah satu jajaran chipset yang paling canggih yang hadir hingga saat ini.

Snapdragon 855 dikantongi dengan prosesor dan GPU yang memiliki kinerja cepat, yaitu Kryo 485 dan pengolah grafis Adreno 640. Itu sebabnya, tampilan grafis smartphone yang menggunakan chipset ini luar biasa.

Chipset yang satu ini memiliki konektivitas 4G dan 5G yang lebih kuat. Selain itu, chipset ini memiliki kecerdasan uktra-responsif sehingga memiliki kemmapuan yang canggih.

Jadi tak heran kalau chipset snapdragon 855 ini banyak digunakan oleh beberapa smarthone kelas atas.

2. Kirin 980

Chipset Kirin 980 memiliki kemampuan yang canggih. Bagaimana tidak, chipset ini sudah menggabungkan beberapa teknologi terbaru saat ini.

Yah, Kirin 980 dikantongi dengan teknologi DynamIQ, yang memungkinkan kedua cluster prosesor dapat berjalan bersamaan. Chipset ini dilengkapi dengan teknologi AI yang telah dioptimalkan.

Kirin 980 mengklaim bahwa chipset ini merupakan SoC dengan fabrikasi 7nm pertama di dunia. Chipsset ini dikantongi dengan CPU yang ringan, jadi lebih hemat dalam mengkonsumsi daya.

Chipset Kirin 980 hanya digunakan pada smartphone yang diproduksi oleh Honor dan Huawei.

3. Apple A12 Bionic

Chipset Apple A12 Bionic memiliki kinerja yang tinggi dan canggih. Chipset keluaran Apple Inc ini hadir dengan fabrikasi FinFET 7 nm dan dirancang dengan sistem ARM 64-bit.

Apple A12 Bionic ini dikantongi dengan dua core yang memiliki performa lebih kencang dan hemat daya dibandingkan dengan chipset keluaran Apple sebelumnya, yaitu Apple A11.

Keistimewaan Apple A12 Bionic dikantongi dengan “Next-generation Neural Engine”, yaitu sebuah hardware untuk jaringan khusus.

Nah, hardware jaringan khusus ini memiliki 8 core hingga mampu bekerja sampai 5 triliun operasi 8-bit untuk tiap detiknya. Gimana, fantastis bukan?

4. Exynos 9820

Exynos 9820 ini erupakan chipset keluaran dari Samsung. Chipset yang satu ini memili kercerdasan maksimal yang tertanam dalam salah satu smartphone milik Samsung, yaitu Samsung S10 series.

Chipset Exynos 9820 dibangun dengan teknologi fabrikasi 8nm yang dikantongi dengan tiga kluster prosesor. Selain itu, chipset besutan Samsung ini memiliki kinerja tinggi karena dikantongi dengan GPU Mali-G76 MP12.

Itu sebabnya Chipset Exynos 9820 memiliki performa yang luar biasa, canggih dengan kecerdasan yang dapat digunakan multitasking. Selain itu, chipset ini memiliki efesiensi daya 35%.

5. Helio P90

Chipset Helio P90 merupakan produk kelas tinggi dari Mediatek yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm.

Chipset yang satu ini dibangun dengan menggabungkan kemampuan hadware terbaik, yaitu penggabungan antara CPU Arm Cortex-A75 dengan enam Cortex-A55 dalam satu core.

Chipset Helio P90 memiliki kemampuan yang canggih dalam hal keamanan dan sistem deteksinya. Selain itu, chipset yang satu ini juga dilengkapi dengan kemampuan control CorePilot.

Bahkan chipset ini juga dimaksimalkan dengan adanya pengurangan noise sehingga dapat mengambil gambar dalam keadaan gelap.

6. Apple A11 Bionic

Selain Apple A12 Bionic, chipset Apple A11 Bionic juga masih termasuk ke dalam daftar chipset tercanggih saat ini.

Apple A11 Bionic ini dikantongi dengan 64-bit ARM SoC yang memberikan performa tinggi.NChipset ini dibangun dengan fabrikasi 10 nm dan memiliki nilai antutu hingga 246 ribuan.

Apple A11 Bionic mengklaim bahwa performanya 25% lebih cepat dan memiliki efisiensi core 70% dari keluaran produk chipset dari Apple sebelumnya, yaitu Apple A10 Fusion.

Chipset ini memiliki performa tinggi dalam memproses gambar dehinggan lebih cepat dan lebih baik, sehingga cocok bagi kamu pecinta game.

Baca juga : Cara Melihat Spesifikasi HP

7. Snapdragon 845

Chipset Snapdragon 845 dikantongi dengan prosesor Kryo 385 dan Adreno 630, serta dibangun dengan fabrikasi FinFET 10 nm.

Chipset ini juga dilengkapi dengan Qualcomm Spectra 280 ISP untuk menghasilkan kamera 20 MP dan gambar premium serta berkualitas tinggi.

Chipset Snapdragon 845 memiliki performa tinggi dengan gabungan antara Qualcomm Hexagon 685 DSP Generasi ke-3, GPU, VPU dan DPU yang luar biasa.

Selain itu, chipset ini juga lebih hemat dalam penggunaan daya. Jadi, chipset yang satu ini cocok bagi kamu yang doyan bermain game.

8. Exynos 9810

Chipset Exynos 9810 merupakan chipset yang diproduksi oleh Samsung sebelum Exynos 9820. Akan tetapi, Exynos 9810 juga masih merupakan chipset smartphone tercanggih saat ini.

Bagaimana tidak, chipset ini memiliki kinerja yang tinggi dan dikantongi dengan berbagai fitur canggih kekinian.

Salah satu fitur canggih yang dimiliki Exynos 9810 ialah dalam sistem keamanan dengan fitur pemindai wajah, karena adanya kemampuan pendeteksian item dan gambar yang lebih akurat. 

Ini tentunya menjadi daya tarik yang cukup kuat untuk smartphone yang dibangun dengan chipset Exynos 9810. Chipset Exynos 9810 dilengkapi dengan fitur ARM Mali-G72 GPU terbaru.

Chipset ini juga dikantongi dengan dua kluster prosesor, yaitu Exynos M3 yang punya empat prosesor dan Cortex A55 yang punya empat prosesor. Jadi chipset ini memiliki performa yang kencang serta hemat dalam penggunaan baterai.

Baca juga : Download Videoscribe for PC 32bit 64bit Full Version Setup

Penutup

Demikianlah, informasi mengenai Chipset Smartphone Paling Canggih hingga saat ini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih.

Tinggalkan komentar