5 Cara Mengatasi Video Patah-Patah di Android

Cara Mengatasi Video Patah-Patah di Android – Kita harus akui bahwa tidak sedikit orang yang menggunakan andoroid mengalami masalah saat mana menonon video atau film, biasanya video yang diutar tidak berjalan dengan baik alias tidak lancar.

Misalnya, tidak mengeluarkan bunyi lah, macet, lag, bahkan bisa jadi juga terjadi smartphone kalian melakukan restart dengan sendirinya.

Nah, dengan kasus seperti ini kemudian banyak orang bertanya, bagaimana cara mengatasi video patah-patah di android?

Untuk mengetahui cara mengatasinya, maka tentu kita harus tahu terlebih dahulu, apa yang menyebabkan video tersebut bisa patah-patah. Apa sebabnya?

Nah, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan video tersebut tidak bisa diputar yaitu karena ukuran video tersebut amat sangat tinggi sekali.

Ukuran resolusi layar video tersebut melebihi kemampuan dari spac layar android kalian, seperti Ultra HD, 4K atau HD-nya. Lalu pertanyaan yang muncul lagi, bagaimana cara mengatasi video lag di android? Silahkan teruskan ikuti pembahasannya di bawah ini.

Sebab-sebab Video Patah-patah, Macet di Android

Ada penyebab lain mungkin bisa terjadi pada format video yang ingin kalian tonton. Tentu kalian sudah pasti tahu bahwa video bisa punya aneka macam jenis format yang berbeda menyerupai AVI, Mpeg, MP4 dan se sejenisnya.

Sementara itu aplikasi video player yang kalian gunakan tidak bisa membaca semua jenis format yang resikonya saat diputar akan muncul error “can’t play video” atau tidak bisa diputar atau “sorry this video cannot be played”.

Cara Atasi Video Patah-patah di Android

Agar bisa mengatasi video yang tidak bisa diputar yang akhirnya patah-patah atau macet, silahkan kalian perhatikan beberapa caranya di bawah ini:

1. Silahkan Gunakan Aplikasi Video player yang Mendukung

Sebelum kalian mengedit video, silahkan kalian pasang aplikasi pemutar video yang mendukung terhadap format video yang akan kalian tonton. kalau bisa silahkan kalian gunakan MX Player Apk.

2. Silahkan Ubah Format Video

Sebenarnya seberapa besar ukuran video kalian, maka ubahlah format video tersebut bila masih patah-patah saat diputar, bila kalian ingin memutar video dengan resolusi tinggi seperti 4k tetapi spec smartphone tidak mendukung, ubahlah agar resolusinya kecil dan langkah ini akan menjadi salahsatu cara mengatasi video lag di android kalian.

3. Silahkan Hapus Cache Smartphone

Silahkan kalian hapus file sampah dan riwayat, hal itu akan membuat smarthphone kembali bersih dari file-file kadaluarsa, termasuk yang membuat video menjadi macet saat diputar.

4. Silahkan Matikan Smartphone dan Reboot

Matikan perangkat android lalu lepaskan baterainya. Silahkan kalian tunggu bebrapa detik, kemudian pasang dan hidupkan lagi.

5. Silahkan Gunakan MicroSD Class 10

Silahkan kalian gunakan kartu microSD class sepuluh yang punya kecepatan transfer tinggi

Demikian cara mengatasi video patah-patah saat kalian sedang mengalaminya.

Akhirnya,

Demikian yang dapat Kami sampaikan tentang ulasan yang satu ini, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Jangan lupa terus pantau rapikan.com setiap hari, untuk mendapatkan ulasan informasi terupdate dan penting lainnya. Terimakasih.