Hal-hal yang Wajib Diketahui tentang Pendidikan

Hal-hal yang Wajib Diketahui tentang Pendidikan

Hal Yang wajib diketahui tentang Pendidikan -  Pendidikan merupakan hal yang paling penting dan wajib dicari oleh setiap manusia di dunia, karena pendidikan merupakan hal paling utama untuk mendapatkan ilmu sebagai pedoman hidup bagi manusia.

Pendidikan sangat dibutuhkan oleh seluruh manusia untuk mencari pengalaman dan wawasan penting dalam kehidupan, karena segala sesuatu di dunia membutuhkan ilmu dalam menggunakannya.

Pendidikan juga menjadi landasan utuama bagi pemerinta Negara untuk membangun masyarakat dan Negara.

Namun sebagian masyarakat diindonesia masih belum mengerti seutuhnya segala Hal Tentang Pendidikan, meskipun kalimat pendidikan sudah sangat familiar ditelinga karna sering terucap dan didengar setiap hari seriap saat.

Oleh sebab itu dalam pembahasan kali ini akan mengulas beberapa hal yang berkaitan dengan pendidikan yang mungkin masih banyak orang yang belum memahaminya.

Silahkan simah ulasan ini hingga selesai untuk enambah wawasan Anda, berukut ulasanya :

Apa Saja Hal Tentang Pendidikan yang Perlu Kita Ketahui?

Pengertian Pendidikan Dari Para Ahli

Berikut beberapa pendapat para ahli tentang pendidikan yang dapat Anda ketahui, seperti Ki Hajar Dewantara, Ahmad D. Marimba, hingga menurut UUD Republik Indonesia, berikut pendapat para ahli tentang pendidikan :

Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan merupakan sebuah proses untuk pendidik untuk mencapai segala kodrat yang nantinya akan membuat mereka menjadi manusia atau anggota masyarakat yang akan mencapai kebahagiaan tingkat tinggi dari pengalaman dan ilmu pengetahuan yang nantinya mereka dapat.

Ahmad D. Marimba

Menurut Ahmad D. Marimba, pendidikan adalah merupakan suatu proses dan bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik yang dilakukan kepada peserta didik untuk memberikan suatu pengalaman dan ilmu pengetahuan untuk jasmani dan rohani untuk mencetak keprobadiannya agar lebih baik.

Martinus Jan Langeveld

Definisi pendidikan menurut Martinus Jan Langeveld iyalah pendidikan merupakan suatu upaya penolongan kepada seorang anak untuk membantu mereka agar dapat melakukan segala tugas hidupnya dengan mandiri.

Tujuan lain dari pendidikan iyalah merupakan tanggung jawab susila yang dapat membimbing insan agar dapat menjalani hidup menuju kedewasaan.

Carter V. Good

Menurut Carter V. Good definisi tentang pendidikan iyalah merupakan suatu proses seseorang atau individu untuk perkenbangan sikap untuk menghadapi masyarakat luas. selain itu dengan pendidikan juga seseorang dapat belajar dan memahami karakter masyarakat dan lingkungan yang beragam.

Stella Van Petten Henderson

Pengertian pendidikan menurut Stella Van Petten Henderson iyalah merupakan suatu proses pengetahuan yang merupakan kombinasi antra warisan social, pertumbuhan dan perkembangan diri.

Undang-Undang Republik Indonesia

Sedangkan pengertian pendidikan menurut UUD Republik Indonesia iyalah, berdasarkan UU No. 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha yang sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar.

Selain itu pendidikan iyalah merupakan suatu proses belajar yang ditujukan untuk membentuk karakter, kecerdasan, tatakrama, pengendalian diri serta keterampilan yang dilakukan dengan cara disengaja dimana hal ini merupakan sesuatu yang di perlukan oleh masyarakat, bangsa dan Negara.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Dari pengertian pendidikan menurut para ahli diatas, ada beberapa pengertian pendidikan secara umum dan mendasar, berikut pengertiannya :

Pengertian pendidikan secara umum iyalah merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan dengan sadar dan diajarkan serta diwariskan dengan cara turun temurun yang telah diajarkan dari generasi kegenerasi berikutnya dengan berbagai macam cara seperti, pengajaran, penelitian dan pelatihan.

Selain itu pendidikan adalah merupakan suatubelajar mengajar yang dilakukan dengan secara sengaja dan sistematis daam suasana belajar yang dapat memudahkan peserta didik menyerap ilmu dan pengetahuan yang di berikan, yang nantinya dapat mengembangkan potensi dan keterampilan pada diri.

Dengan adanya pendidikan juga berfungsi untuk merubah karakter peserta didik untuk lebh banik dan bisa memiliki ahlak, tatakrama, sopansantun, kecerdasan dan lain sebagainya.

Sederhananya  pendidikan adalah suatu proses pengajaran kepada peserta didik untuk mereka memahami susuatu dan membuatnya memiliki pemikiran dan pemahaman yang lebih.

Baca juga : 4 Teori Pendidikan dan Alirannya

Tujuan Diadakannya Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu proses dimana terjadi suasana pelajar mengajaryang dilakukan tenaga pendidik dan peserta didik yang bertujuan untuk memberikan pengajaran dan pengertian kepada peseta didik agar dapat mengembangkan kecerdasan dan potensi peserta didik.

Tujuan lainnya iyalah agar peserta didik mendapatkan kecerdasan, kreatifitas, kepribadian dan keterampilan yang diperoleh dari proses pengajaran yang diadana pada saat suasana belajar mengajar yang nantinya merupakan suatu bekal menghadapi masyarakat luar setelah dewasa nanti.

Dalam pembahasan tentang apa tujuan adanya pendidikan juga dibahas pada undang-undang Negara yang menjadi landasan dan hokum pemerintah Indonesia, untuk mengetahuinya silahkan simah ulasan undang-undang tentang pendidikan berikut :

MPRS No. 2 Tahun 1960

Tujuan pendidikan menurut MPRS No. 2 tahun 1960 iyalah bertujuan untuk membentuk jiwa rakyat Indonesia yang lebih baik dan memiliki dasar pancasila berdasarkan ketentuan pada pembukaan UUD 1945 dan juga isi UUD 945.

UU No. 2 Tahun 1985

Tujuan pendidikan dalam UU No. 2 tahun 1985 iyalan bertujuan untuk mencerdasan bangsa serta pengembangan manusia dengan seutuhnya. Tujuan selanjutnya ialah bertujuan agar menjadikan masyarakat Indonesia agar memiliki pengetahuan, budi pekerti, kemandirian, bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan lain sebagainya.

UU No. 20 Tahun 2003

Menurut UU No. 20 tahun 2003, terutama pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan dari pendidikan nasional adalah guna mengembangkan potensi peserta didik. Dengan pendidikan, maka peserta didik akan menjadi manusia yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu tujuan diadakannya pendidikan iyalah agar peserta didik memiliki keterampilan, kecerdasan, kepintaran, ahlak, budi pekert, cakap, kreatif, mandiri dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menjadikan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang bermartabat,  berbangsa dan bernegara.

Juga bertujuan membuat peserta didik menjadi masyaraat yang siap menghadapi masa depan yang bertanggung jawab dan demokratis.

Baca juga : 7 Jenis Strategi Pembelajaran

Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan

Secara umum fungsi pendidikan iyalah untuk membantu peserta didik memahami materi serta sesuatu yang belum mereka fahami, membantu mereka untuk berfikir dan mengembangkan pendapat sehingga memiliki pemikiran yang kritis.

Selain itu pendidikan juga dapat mengembangkan kemampuan mereka yang nantinya dapat berguna untuk diri mereka di masa depan.

Jenis-Jenis Pendidikan

Di Indonesia pendidikan dibagi menjadi beberapa macam yaitu pertama pendidikan Formal, kedua pendidikan Non Formal, ketika pendidikan Informal. Berikut pembahasannya :

Pendidikan Formal

Pendidikan Formal merupakan pendidikan yang memiliki struktur jenjang kelas yang jelas, jenjang pendidikan jang jelas yang biasa dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Sebut saja seperti PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), SLTP (Sekolah Lanjut Tingkat Pertama), SLTA (Sekolah Lanjut Tingkat Atas) serta pendidikan jenjang tinggi (Universitas).

Pendidikan Non Formal

Pendidikan Non Formal hampir mirip dengan pendidikan Formal, juga dapat dilakukan dengan struktur yang tertata namun pengajarannya berada diluar pendidikan formal, namun pendidikan ini juga dapat disetarakan seperti pendidikan Formal melalui pihak yang berwenang.

Pendidikan Informal

Pendidikan informal iyalah pendidikan yang dilakukan secara mandiri yang bisa didapat dari lingkungan dan keluarga yang dilakukan dengan sengaja.

Baca juga : Download Power ISO Full Version

Penutup

Demikian beberapa Hal Tentang Pendidikan yang dapat kami bahas dala ulasan ini. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel