Cara Mendidik Anak Agar Patuh

Cara Mendidik Anak Agar Patuh

Cara Mendidik Anak Agar Patuh - Memiliki anak yang patuh merupakan dambaan orang tua. Tak hanya patuh, cerdas dan religius serta aktif dalam segala hal merupakan sebuah harapan besar bagi orang tua.

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua wajib mendidik anak semaksimal mungkin, supaya anak kita tumbuh menjadi insan yang patuh dan membanggakan orang tua.

Lalu, bagaimana cara mendidik anak agar patuh dan dapat membanggakan orang tua? Disini penulis akan memberikan sedikit cara agar anak dapat melakukan hal itu.

Melalui beberapa cara ini mungkin bisa membantu orang tua dalam mendidik anak, agar tetap patuh dan tidak membangkang orang tua.

Cara Mendidik Anak Agar Patuh, Cerdas, dan Religius.

Mungkin kalau membicarakan soal teori, memang mudah ya, ibarat angin yang menerbangkan daun, ringan ya kan. Namun pada kenyataanya mungkin kita sendiri susah mempraktikanya. 

Dalam konteks ini, jika terlalu lama di biarkan dapat menimbulkan pemikiran yang berlebihan pada diri sendiri, contoh masalah yang timbul adalah apakah kita mampu melakukanya atau tidak? 

Jika orang tua bimbang, maka pertumbuhan anak akan terpengaruh dengan kondisi keluarganya. Padahal orang tua adalah suri tauladan pertama yang  dikenal anak, jadi sebelum ketahap pembahasan kita perlu meyakinkan dulu bahwa kita bisa mendidik anak dengan benar, oke.

Untuk mendidik anak dengan baik supaya patuh dengan apa yang kita ucapkan, kami akan memberikan sedikit saran untuk orang tua lakukan dan terapkan pada kehidupanya.

Agar anak dapt teredukasi dan menghilangkan sifat bangkang padanya, berikut informasinya :

1. Berikan sikap tauladan yang baik

Sering kami mendengar orang tua berkata begini “ wes bapak ae seng elek leh, awak mu ojo”. Artinya sudah bapak saja yang buruk, kamu jangan nak. 

Dari kata-kata tersebut, dapat mengandung makna peringatan pada anak untuk tidak mencontoh bapaknya yang buruk. Kata-kata semacam itu bisa saja menjadi bomerang bagi orang tua itu sendiri. 

Jika orang tua tetap melakukan hal buruk di depan anak, dampak yang paling sering terlihat adalah anak akan menirukan perbuatan orang tua, meskipun orang tua sudah melarang.

Nah, disini lah peran orang tua perlu di tunjukkan. Sebagai orang tua kita harus bisa bersikap yang baik di depan anak, jika ingin marah atau melakukan hal negatif, usahakan jangan dekat-dekat dengan anak.

Karena hal tersebut, sedikit banyak akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. 

So, bersikaplah yang baik saat bersama anak, agar anak dapat menirukan apa yang di perbuat orang tua meskipun orang tua tidak mengajarkanya secara langsung.

2. Jangan menyuruh anak dengan nada tinggi

Pernah melihat anak di suruh orang tua, namun anak tersebut tidak mau melakukannya? Pasti pernahkan. Hal ini sudah umum dilakukan anak yang tidak patuh dengan orang tua. 
Entah
karena memang tidak mau, sibuk bermain dengan teman, atau main HP. Kadang itu membuat orang tua jengkel dan ingin marah pada anak. 

Lontaran nada amarah kadang tak sengaja di ucapkan orang tua pada anak yang tidak mau menuruti perintahnya.

Penulis tidak menyalahkan 100% pada orang tua yang memarahi anak,  hanya saja, sebisa mungkin jangan memarahinya di muka umum. Karena hal itu bisa berdampak pada psikologi anak.

Anak akan lebih cepat patuh jika kita memberi nasihat, atau perintah menggunakan tutur kata yang baik.

Hal itu sedikit banyak akan berpengaruh pada kepatuhan anak pada orang tua,  dari pada harus memarahinya di muka umum.

3. Jangan terlalu mengekang anak

Salah satu faktor anak tidak patuh pada orang tua adalah karena anak terlalu di kekang orang tua. Tanpa sadar sikap kita yang tidak membolehkan hal ini hal itu, membuat anak jadi kurang respect pada orang tua.

Kita boleh mengatur anak, jika memang hal itu baik untuk dirinya.  Namun jangan terlalu keras, hal itu akan berdampak buruk bagi kedepanya.

Biarkanlah anak untuk mengekspresikan apa yang ia suka, sembari orang tua tetap memperhatikan anak dari belakang.

Jika memang sikap yang di tunjukkan kurang pantas, orang tua bisa menegurnya dengan kata-kata bijak yang ia punya.

Penutup

Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa di dalam mendidik anak, kita perlu sabar dan memberikan hal positif pada anak.

Jangan biarkan mendengar atau melihat hal yang kurang baik di mata mereka, salah satu hal yang sudah umum terjadi adalah percekcokan orang tua. 
Untuk itu jagalah buah hati kita, dan lindungilah dari berbagai efek negatif yang mereka lihat dari tingkah laku orang tuanya. Semoga bermanfaat dan salam

Ditulis oleh : SerbaGratis95 (https://www.serbagratis95.site)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel