Arti Cringe, Creepy, Sok Edgy, Cancer, Bait di Media Sosial dan Penjelasan

Arti Cringe, Creepy, Sok Edgy, Cancer, Bait di Media Sosial dan Penjelasan

Pada artikel kali ini, tema pembahasan agak sedikit berbeda dari biasanya, dimana saya akan coba menguraikan tentang istilah-istilah di Media Sosial terutama Facebook, dari golongan pecinta Meme, yakni Arti Cringe, Creepy, Sok Edgy, Cancer, Bait.

Sebenarnya, istilah-istilah di sosmed diatas sudah tidak baru lagi, keberadaan kosa kata tersebut sudah lumayan lama, dan telah banyak digunakan sesuai dengan penempatannya. Namun yang paling umum, digunakan oleh mereka para pegelut dunia Meme.

Bagi yang belum tahu, Pengertian Meme secara sederhana adalah gambar / video, yang diciptakan seseorang sebagai salah satu sarana penyaluran ide dan bakat, dari keadaan yang tengah hangat atau tidak, contohnya soal politik, kerusuhan, perilaku menyimpang dan sebagainya.

Di sisi lain, penggunaan kata Cringe, Creepy, Sok Edgy, Cancer dan Bait merupakan pengekapresian seseorang, terhadap postingan maupun perilaku orang lain di Media Sosial, dan yang paling umum ialah terhadap Meme yang diupload.

Karena pada dasarnya, Meme tidak hanya beraliran Joke (Lelucon) saja, tapi juga ada kritikan sosial, kritik terhadap suatu kebijakan, Dark Meme dan masih banyak lagi. Sehingga, muncullah istilah seperti Cringe, Sok Edgy, Ngebait dan sebagainya.

Oke, tidak perlu berlama-lama lagi, dilakan simak Penjelasan tentang Cringe, Creepy, Sok Edgy, Cancer dan Bait di bawah ini satu-persatu, supaya nantinya kamu tidak salah kaprah dalam menyikapi kosa kata ini :

1. Arti Cringe

Sebenarnya, Kata "Cringe" berasal dari Bahasa Inggris yang artinya "Ngeri/Mengerikan". Namun dalam menanggapi sebuah Meme, pemaknaan kata ini menjadi berubah arah, dalam artian, tidak dimaksudkan lagi untuk menunjukkan suatu kengerian.

Pengertian Cringe di Media Sosial adalah kata yang melambangkan perasaan seseorang, saat melihat sebuah foto/video, dimana foto/video tersebut membuat orang yang melihatnya merasa geli, jijik, dan bahkan menjadi malu sendiri.

Kata-kata Cringe ini akan sering kita temukan pada postingan-postingan yang terkesan Alay dan Lebay berlebihan, sehingga orang yang melihatnya jadi merasa aneh, sehingga kemungkinan dia akan mengomentari postingan tersebut dengan kesan "Tidak suka/sesuai".

2. Arti Creepy

Kata Creepy juga berasal dari Bahasa Inggris, yang berarti Menyeramkan. Hampir sama dengan Cringe, hanya saja pemakaian kata Creepy di Media Sosial lebih kepada penggunaan yang sebenarnya.

Creepy adalah komentar netizen yang merujuk pada pengungkapan perasaan mereka, saat melihat sebuah postingan, baik foto/video yang terkesan menyeramkan, terutama yang berhubungan dengan Dunia Mistis.

3. Sok Edgy

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan yang satu ini, dimana Arti kata "Edgy" berarti "Tinggi", namun pemaknaan dalam komentar media sosial punya artian yang berbeda, dimana merujuk pada ungkapan terhadap seseorang yang terkesan sombong / sok hebat.

Misalnya, dalam sebuah Grup Game Online di Facebook, ada sebuah akun yang memposting gambar hasil Screenshot pribadinya, yang berhasil melakukan suatu hal spektakuler dalam game tersebut, sehingga terkesan seperti orang sombong, sok jago, sok hebat dan sejenisnya.

4. Arti Cancer

Yang dimaksut Cancel disini bukan penyakit (Cancer), tapi sebutan untuk orang-orang yang mengikuti suatu hal di Media Sosial, namun telah diikuti oleh banyak sekali akun, jadi intinya tidak menarik lagi untuk diikuti / disimak.

Misalnya, meme "Tuman" beberapa waktu lalu, jika saat ini dikeluarkan/dikembangkan lagi, maka kesannya akan menjadi Cancer.

5. Arti Bait

Yang terakhir adalah "Bait", berasal dari bahasa Inggris yang artinya "Umpan", bukan umpan pancingan ikan ataupun umpan untuk mencetak goal, namun lebih kepada pancingan di kolom komentar, untuk mempengaruhi orang lain supaya terpicu.

Secara sederhananya, saat seseorang Ngebait (Baiters) di Media Sosial, dia sebenarnya sedang haus akan perhatian. Makanya, terkadang ketika postingan Bait muncul, pasti banyak yang mengomentari, men-Share dan menanggapi.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena postingan ngebait akan cenderung mencaci / menghina suatu pihak. Contohnya, ada aku Facebook yang memposting ke grup iPhone, dengan menjelek-jelekkan iPhone, baik secara langsung maupun tersirat.

Baca juga : 21+ Dampak Positif dan Negatif Internet

Penutup

Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Arti Cringe, Creepy, Sok Edgy, Cancer, Bait di Media Sosial beserta penjelasan, sebagai istilah dalam Meme di Indonesia. Terima kasih.

0 Response to "Arti Cringe, Creepy, Sok Edgy, Cancer, Bait di Media Sosial dan Penjelasan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Karena setiap Perkataan mencerminkan Karakter dan Kepribadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel