Mastimon : Blogger Sukses dan Motivator yang Baik Hati

Blog mastimon adiyoso

Mastimon : Kisah Blogger Sukses yang Baik Hati | Jika di kisaran tahun 2014 ada Eka Lesmana dengan Ribuan Dollar dari Adsensenya, dan Sugeng Riyadi bersama kumpulan pasar Template kerennya, 2017 muncul ikon dunia Publisher Adsense yang baru, sekaligus motivator Blogger Milenial, bernama Timon Adiyoso. Lalu, siapa Mas Timon itu ?

Mastimon.com : Inspirasi Blogger Milenial

Kisah Mastimon sejatinya telah ramai diulas pada blog lain. Beliau adalah seorang pria yang berasal dari Samarinda, lulusan STMIK Widya Cipta Dharma (D3 Manajemen Informatika / 2010), yang menjelma menjadi salah satu Blogger sukses di tanah air, bersama blog platform gratisan milik Google yang ia kelola, yaitu Mastimon.com.

Tidak tanggung-tanggung, Blog Mastimon.com yang ia kembangkan seorang diri mengalami peningkatan yang amat signifikan di dua tahun terakhir ini, mulai dari jumlah konten, trafik pengunjung hingga pundi-pundi rupiah, yang akhirnya menjadikan kata Mastimon sebagai salah satu Brand Awareness populer di kalangan Pebisnis Online.

Bila anda adalah seorang Blogger baru, dalam artian mulai mengelola Blog untuk Money Site paling lambat sejak tahun 2017, kurang afdol rasanya jika anda tidak mengenal Timon Adiyoso. Pasalnya, di grup-grup Media Sosial khususnya Facebook, nama Mastimon tidak asing lagi di telinga kita.

Statistik Blog Mastimon

Timon Adiyoso menjelma menjadi motivator Blogger, khususnya bagi Pemula yang baru saja memulai mengembangkan sebuah Blog. Hebatnya, meski telah dikategorikan sukses dengan program Adsense dan jasa di blognya, beliau tidak pernah pelit ilmu dalam membagikan tips-tips sukses untuk semua orang, baik via blog, youtube dan media sosial lainnya.

Selain tips ngeblog bagi pemula yang rutin ia share secara bebas, beliau juga kerap kali terlihat memposting statistik blognya, di akun Facebook pribadinya. Sebagian besar postingan-postingan tersebut sontak akan jadi tema pembicaraan para Blogger, baik di kolom komentar hingga ke berbagai grup komunitas Blogger. Tujuannya tidak lain adalah untuk memotivasi.

Nah, dibawah ini adalah beberapa penampakan statistik blog Mastimon yang saya dapatkan dari akun pribadinya, hingga dari beberapa tools gratis pengecek otoritas sebuah blog :

1. Peringkat Alexa Blog Mastimon

Peringkat alexa blog mastimon

Gambar di atas adalah hasil Screenshot peringkat Alexa blog Mastimon, yang saya cek pada tanggal 2 Agustus 2019. Sebuah angka yang cukup mengagetkan, mengingat ini hanya platform Gratisan, yang baru diluncurkan sejak Juli 2016 (berdasarkan artikel pertama).

2. DA PA Blog Mastimon

Da pa blog mastimon

Hasil Screenshot mengenai adalah  DA (Domain Authority) 22 dan PA (Page Authority) milik Mastimon.com, yang saya cek via Checkmoz.com, menunjukkan bahwa blog ini telah memiliki authority dan power yang cukup bersaing dengan blog-blog kelas kakap lainnya.

3. Pendapatan Blog Mastimon dalam Sehari

Pendapatan blog mastimon dalam sehari

Percaya atau tidak, Gambar di atas saya Download dari akun Facebook asli Timon Adiyoso, terlihat jelas angka Rp. 1,25 juta yang dihasilkan dari blog Mastimon.com dan 6 Blog lainnya yang ia kelola secara bersamaan. (Upload foto : 10 Juni 2019).

Tips Ngeblog ala Mastimon untuk Pemula

Yang baru memulai adalah pemula, dan yang namanya pemula tentu masih minim ilmu maupun wawasan. Untuk itu, akan memerlukan segudang tips, inspirasi serta motivasi dalam perjalanan dan proses pengembangan.

Tidak terkecuali dalam dunia Bisnis Online seperti Blogger. Seorang Newbie (sebutan akrab untuk Blogger pemula), bahkan rela terjaga hingga subuh, hanya untuk sekadar mengatur tata letak template, utak-atik HTML maupun belajar berbagai Teknik SEO dari sana-sini.

Di artikel blog maupun postingan Media Sosial, Timon Adiyoso tidak pernah pelit dalam berbagi ilmu berupa tips-tips dan inspirasi, untuk menunjang kemajuan blog anda yang mungkin masih belum memiliki reputasi, agar bisa terus berkembang dari hari ke hari.

Nah, di bawah ini adalah beberapa Tips ngeblog Mastimon yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber, silakan disimak dan semoga bermanfaat :
  • Setting RSS Feed menjadi Singkat
  • Aktifkan Tag Meta Deskripsi
  • Aktifkan Tag Tajuk Robot Khusus
  • Jangan lupa selalu Title Teks dan Alt Teks pada Gambar
  • Buat Deskripsi yang menggambarkan keseluruhan isi artikel pada setiap Postingan
  • Gunakan Template SEO Friendly (usahakan premium)
  • Maksimalkan User Experince (pengalaman pembaca) dengan menyajikan konten yang lengkap, deskriptif dan informatif
  • Judul artikel yang tertarget dan menarik klik
  • 10. Artikel Panjang dan Lengkap, namun tidak bertele-tele
  • Maksimalkan internal dan eksternal link
  • Masukkan Keyword Density seperlunya saja
  • Kaya akan Kata Kunci, namun masih dalam batas wajar
  • Menggunakan Bolt, Italic dan Underline dengan baik
  • Memahami tentang Fungsi H1, H2 dan seterusnya pada susunan artikel
  • Terus belajar mengenai Teknik SEO On Page dan SEO Off Page.

1. Gunakan Nama Domain yang Pendek dengan Ekstensi yang Bagus

Saran pertama dari Mastimon adalah, keluarkan sedikit modal untuk menyewa domain dengan ekstensi yang bagus, misalnya .com, .net, ataupun .id, namun perhatikan juga nama yang dipilih. Usahakan pendek, mudah diingat dan ditulis, agar mempermudah proses Branding dan menciptakan Brand Awareness yang baik.

Selain itu, perhatikan juga tempat membeli domain dari website penyedia yang terpercaya dan berkualitas, baik dari segi pelayanan, tanggapan keluhan hingga soal harga. Disini saya menyarankan RumahWeb.

Jika Anda merasa kurang yakin, silakan tentukan pilihan sendiri mengenai tempat penyewaan Domain, karena tiap-tiap individu memiliki tolok ukur dan bahan pertimbangannya masing-masing.

2. Usahakan memakai Template Premium

Menurut saya, Blog Startup yang memakai Template Premium atau hasil beli, akan jaih lebih bagus dalam berbagai hal, mulai dari struktur template yang sudah disusun baik, pelayanan langsung dari si pemilik hingga tidak perlu khawatir jika suatu saat mendapat ancaman pengaruan hak cipta oleh pemiliknya.

Template Mastimon sekarang adalah VioMagz milik Sugeng Riyadi, sama seperti blog ini, namun berbeda versi.

Menurut Mastimon, kelebihan lain dari template premium adalah, kemudahan dalam pengindeksan artikel-artikel yang baru diterbitkan, sehingga mampu mempercepat peningkatan posisi artikel tersebut di mesin pencari, untuk bisa bersaing dengan para kompetitor.

3. Tentukan Jenis Artikel di Blog

Jika para pakar Blogger diluar sana banyak yang menyarankan untuk menentukan satu topik pembahasan, yang akan ditulis dan dikembangkan di blog, maka Mastimon tidak sependapat dengan pernyataan tersebut. Namun sanggahannya bukan tanpa alasan.

Beliau berpendapat bahwa, saat Blogger baru yang masih awam dalam dunia tulis-menulis, namun setiap harinya membagikan artikel dengan topik khusus, hal tersebut tidak akan bertahan lama, sebelum akhirnya kehabisan ide dengan sendirinya, sehingga konsistensi update artikel jadi tidak bisa dipertahankan lagi.

Apalagi bagi anda yang sejatinya masih duduk di bangku sekolah menengah pertama / atas, tentu belum memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang, baik secara teori maupun penerapan. 

Untuk itu, ulaslah pembahasan yang anda suka dan kuasai, atau juga boleh meniru konsep tema artikel di Blog Mastimon.com, yakni "gado-gado".

4. Publish Artikel Setiap Hari

Tips ngeblog Mastimon berikutnya yaitu mengupayakan untuk menerbitkan artikel setiap hari, dalam kurun waktu yang tidak ditentukan. Mas Timon Adiyoso sendiri sangat menekankan tahap ini, karena itulah dia kurang setuju jika Blogger baru memaksakan diri untuk membahas satu Niche saja.

Percobaan pertama pastilah menjadi pengalaman pertama, begitu juga dengan membiasakan diri sejak awal memulai. Bila anda telah berbiasa menulis dan menerbitkan artikel setiap hari secara rutin dan konsisten, maka lambat laun anda tidak akan canggung lagi, meskipun menulis tema yang sejatinya benar-benar tidak anda pahami secara keseluruhan.

5. Pahami Cara Menulis Artikel yang SEO Friendly dan USER Friendly

Semua Blogger baru maupun yang sudah lama berkecimpung dalam Bisnis Online jenis ini, pasti berawal dari tulisan-tulisan yang amburadul, tidak EYD, menggunakan Emoticon, ketawa-ketiwi dan sebagainya.

Memang, hal semacam ini akan memberikan kebetahan jalur khusus bagi pembaca, namun tentunya bukanlah cara yang benar dalam membuat artikel SEO Friendly.

Dewasa ini, Google benar-benar memperhatikan kualitas konten pada setiap website, tujuannya tidak lain adalah demi memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna mesin pencari mereka. Di sisi lain, dalam memenangkan hati Google sendiri, anda juga harus memperhatikan teknik-teknik SEO On Page dan Off Page.

Selengkapnya : Template Blogger Mastimon

Sebut saja seperti Peletakan kata kunci yang relevan dan tidak Stuffing, Keyword Density, memaksimalkan penggunaan Internal dan Eksternal Link, kelengkapan artikel (Deskriptif dan Informatif), penggunaan gambar, Backlink Berkualitas, promosi dan lainnya.

Namun semua itu juga harus disepadankan dengan User Friendly, dalam artian tidak sampai mengganggu kenyamanan pembaca.
Simak juga : 10 Kiat Sukses Blog Startup agar Cepat Menghasilkan

Penutup

Nah, demikianlah Profil Mastimon (Timon Adiyoso) secara singkat, sebagai sosok dibalik kesuksesan Blog mastimon.com di Dunia PerBloggeran Indonesia. Semoga bisa memotivasi dan menginspirasi kita semua untui bisa mengikuti jejak beliau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel