5 Usaha Malam Hari di Desa untuk Anak Muda : Nyaris Tanpa Modal

Usaha Malam Hari di Desa untuk Anak Muda

Jenis Usaha Malam Hari untuk Anak Muda

Sebenarnya, cukup banyak jenis ide usaha malam hari di desa untuk anak muda di saat ini. Hanya saja, ada syarat-syarat secara tidak langsung yang harus dipenuhi, misalnya saja modal awal, tempat usaha dan dana mendadak.

Namun bila kita berbicara mengenai Bisnis tanpa modal untuk anak muda di pedesaan , maka ceritanya akan sedikit berbeda.

Karena pada umumnya, sebuah usaha baru pasti memerlukan modal awal dengan jumlah yang bervariasi, tergantung jenis usaha yang hendak dibangun.

Tapi tahukah Anda, nyatanya masih banyak peluang usaha malam hari tanpa modal di desa untuk anak muda seperti anda sekarang.

Beberapa diantaranya akan saya uraikan di bawah ini, lengkap dengan analisa usaha, perkembangan dan peluang ke masa depan.

Memang daftar di bawah ini tidak murni tanpa modal, tapi bisa dibilang 'nyaris tanpa modal' alias dana awal yang hanya butuh sedikit.

Oke langsung saja, simak ulasan mengenai Ide bisnis malam hari modal kecil di desa untuk anak muda di bawah ini.

1. Usaha Warkop di Desa

Jenis peluang usaha malam hari yang potensial pertama adalah Warkop. Kenapa Warkop ? Ingat! Di desa, tidak akan sama dengan di kota.

Jika pada umumnya warkop hanya digemari golongan tua saja, namun tidak untuk di pedesaan.

By the way, saya memasukkan Warkop ke dalam daftar usaha potensial malam hari di desa karena, berdasarkan hasil analisa saya pribadi.

Dimana di kampung saya saat ini, banyak anak muda yang membuka usaha ini, hasilnya pun lumayan.

Memang laba yang didapat tidak akan sebesar usaha lain yang memerlukan modal banyak. Namun anda harus tahu, banyak keunggulan lain dari bisnis warung kopi di desa ini.

Semuanya udah saya ulas pada artikel 6 Kelebihan Bisnis Warkop di Desa ini.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah mencari tempat yang strategis dan berpotensi digandrungi anak-anak muda di kampung.

Disana anda bisa mendirikan lapak kecil-kecilan untuk usaha warkop anda. Sebagai pelanggan pertama, ajaklah teman-teman anda terlebih dahulu.

2. Nobar Bola

Peluang usaha malam hari untuk anak muda selanjutnya adalah, menyediakan jasa nonton bola di warkop tadi.

Ini memang tergolong jenis usaha musiman, namun kalo soal laba, jangan diragukan lagi, pastinya akan fantastis dan layak dicoba.

Di pedesaan, mayoritas masyarakat masih menggunakan layanan televisi nasional, sehingga tidak bisa menyaksikan pertandingan sepakbola bertarif internasional.

Sebut saja misalnya seperti Liga Eropa, UEFA Champions League dan FIFA World Cup.

Nah, momen-momen ini bisa anda manfaatkan untuk membuka event nobar di Warkop milik anda. Biayanya juga tidak terlalu besar. Anda bisa membawa televisi dari rumah.

Untuk mendapatkan Hak Siar, anda juga bisa menyewa Tv Kabel yang menjadi Mitra dalam ajang tersebut, misalnya seperti K-Vision, Matrixs dan sejenisnya. Artinya anda tidak lagi harus membeli.

3. Jual Gorengan

Usaha malam hari di desa untuk anak muda berikutnya yakni berjualan beraneka ragam gorengan.

Memang terdengar agak aneh sih, karena biasanya remaja-remaja akan sedikit gengsi dengan usaha ini.

Tapi, kalo kita bahas soal gengsi, gak akan ada habisnya. Namun Mindset seperti inilah yang harus segera dihapuskan, karena tidak akan menghasilkan apapun, dan ide-ide dalam diri bisa Stuck dengan otomatis.

Mulai sekarang anda harus menyadari, bahwa peluang bisnis jual gorengan di malam hari saat ini cukuplah potensial.

Selain itu, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Hanya butuh peralatan gorengan dan alternatif lainnya.

Bisnis ini akan lebih berpotensi lagi bila anda berjualan secara keliling di kampung atau kompleks tempat tinggal anda.

Tapi kalo tidak bisa, silakan berjualan di halaman rumah, atau juga bisa menitipkannya ke warung-warung.


Untuk menambah keunikan dari bisnis anda nantinya, anda bisa menciptakan berbagai variasi gorengan, dengan mendapatkan referensi dari Youtube maupun orang yang berjualan gorengan lainnya.

Kemudian ciptakan versi dari anda sendiri, dengan tetap menjaga cita rasa dan ciri khasnya.

4. Jual Pulsa

Pulsa menjadi salah satu kebutuhan penting saat ini, terlebih bagi anak-anak muda yang tidak lepas dari koneksi internet, dan bagi mereka yang sedang dilanda mabuk asmara.

Peran pulsa menjadi begitu diperlukan sebagai syarat yang harus ada di sebuah Smartphone.

Jenis bisnis malam hari untuk anak muda di desa yang satu ini memang telah lama digandrungi, namun bukan berarti anda tidak bisa memulainya dari hari ini.

Bila anda paham trik dan tips nya, anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dengan laba yang lumayan melalui modal kecil.

Jika anda telah memulai, tips pertama adalah memperkenalkan usaha anda ini kepada teman-teman, serta membangun link dan relasi yang luas di sekitar kampung.

Usahakan mereka semua tahu dan mulailah ajak mereka untuk bisa menjadi pelanggan anda. Namun anda tetap harus menjaga kepercayaan.

5. Peluang Usaha Bisnis Online

Yang terakhir adalah Bisnis Online. Ada banyak jenis bisnis online yang bisa anda coba di kampung dari kamar sendiri.

Selain itu, prskteknya juga tidak susah, minimal anda memiliki sebuah smartphone, dan daerah yang terkoneksi dengan internet.

Dunia Digitalisasi yang terus berkembang mendorong masyarakat luas bisa mendapatkan informasi secepat kilat melalui telepon pintarnya.

Hal ini bisa anda manfaatkan untuk menjadi penyalur sekaligus penyedia informasi yang mereka butuhkan.

Potensi bisnis online juga tidak main-main, guys. Sebagai contoh, banyak para kalangan banting setir untuk terjun ke dunia bisnis internet, dengan mencoba beberapa platform dan alternatif yang beraneka ragam.

Beberapa contoh bisnis online dengan modal yang sangat kecil dan bisa anda coba mulai sekarang antara lain adalah :
  • Menjadi Blogger
  • Freelancer
  • Dropship
  • Youtuber
  • Jual E-Book
  • Jasa Edit Foto
  • Jasa penulis artikel
  • Dll

Memulainya memang mudah, yang susah itu adalah mengembangkannya, apalagi untuk bisa meraih penghasilan.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada banyak sekali panduan dan tips di internet yang bisa anda manfaatkan.

Dari saya pribadi, sangat menyarankan anak-anak muda untuk bisa segera memulai usaha secara online.

Sadari dan silakan analisa sendiri, tentang bagaimana Perkembangan Bisnis Online di Indonesia, saya yakin anda akan takjub.

Tips memulai Usaha di Desa untuk Remaja 

Tips sukses Memulai usaha di pedesaan

Nah, setelah mengetahui beberapa peluang usaha menjanjikan malam hari di desa untuk para anak muda, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai. 

Poin-poin ini akan menentukan Bagaimana nasib bisnis Anda kedepannya, Apakah cepat berkembang atau malah justru tenggelam di tahap awal.

Oke Langsung saja simak tips mengembangkan usaha dengan modal kecil di desa : 

1. Pilih jenis Usaha

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempertimbangkan berbagai tolak ukur sebelum memilih jenis usaha yang cocok untuk anda.

Diantaranya adalah ketersediaan modal, Demografi penduduk, analisa potensial di masa depan dan prospek laba yang sebanding.

Pertimbangkan sedetail mungkin lalu kemudian silakan Pilih jenis usaha yang menurut Anda sesuai.

Meskipun terbilang tidak begitu penting, namun jangan sepelekan tahap ini. Karena banyak wirausaha yang gagal akibat tidak menganalisa jenis usaha terlebih dahulu.

2. Menentukan Lokasi 

Tips sebelum memulai usaha di kampung berikutnya adalah, menentukan lokasi sebagai tempat usaha anda.

Misalnya Anda ingin membuka usaha Warkop maka Carilah tempat atau posisi yang strategis, misalnya area yang mudah diakses dan umumnya disukai anak muda. 

Bila Anda memilih bisnis menjual gorengan, maka sesuaikan lokasi dengan kemungkinan potensi yang besar, misalnya di daerah yang ramai lalu lintas atau sibuk aktivitas, misalnya seperti di tepi jalan raya.

Panduan : 9 Cara Melakukan Riset Pasar untuk Lokasi Usaha

3. Gunakan Modal yang ada dengan Bijak

Gunakan dana yang tersedia untuk hal-hal yang terasa penting, jangan menghambur-hamburkan uang untuk membeli properti, atau peralatan yang dirasa belum bisa berfungsi maksimal pada tahap permulaan.

Gunakan dana dengan bijak. Anda juga bisa membuat tabel perencanaan pengeluaran yang baik, sehingga modal bisa digunakan seefisien mungkin, supaya nantinya tidak pusing ketika ada keperluan yang mendadak.

4. Libatkan Orang Terdekat

Cara memulai usaha di desa berikutnya yakni jangan lupa untuk melibatkan orang-orang terdekat Anda seperti keluarga sahabat dan teman-teman, misalnya untuk mendapatkan saran dan masukan maupun sebagai tempat meminta pendapat. 

Tidak perlu gengsi untuk sekadar bertanya mengenai berbagai hal. Karena sejatinya, support dari orang-orang terdekat itu sangat ampuh untuk meningkatkan motivasi, dan dijadikan sebagai inspirasi.

5. Manfaatkan Media Sosial

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, keberadaan media sosial saat ini telah menjadi salah satu tempat untuk memasarkan produk jenis apapun.

Meskipun Anda berbisnis di kampung, bukan berarti tidak akan efisien jika memanfaatkan media sosial. Potensi media sosial punya pengaruh yang sangat besar.

Jika anda bisa memanfaatkannya dengan baik, maka usaha anda bisa dengan cepat dikenal oleh banyak kalangan, dan membuka peluang untuk mendapatkan pelanggan yang banyak pula.

Panduan : Strategi Pemasaran di Media Sosial

Penutup

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Peluang Usaha malam hari untuk anak muda di desa , dengan modal kecil, menjanjikan dan potensial untuk masa depan.

Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari ide bisnis malam hari di perkampungan dan ingin segera Berwirausaha. Terima kasih.

Artikel Terkait Peluang Usaha :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel