10+ Peluang Usaha Jasa di Desa : Untuk Anda yang Punya Skill Khusus

Usaha jasa di pedesaan


Daftar Usaha Jasa di Pedesaan

Peluang Usaha Jasa di Desa - Di artikel kali ini, Rapikan Media akan coba mengulas beberapa Peluang bisnis bidang jasa di pedesaan untuk anda yang memiliki kekreativitasan, dan skill khusus dalam hal tertentu. Semoga bermanfaat.

Saat ini, Pedesaan bukan lagi hanya sebagai ladangnya bertanam padi dan jagung saja. Banyak jenis usaha jasa di desa yang potensial dan bisa menjadi alternatif bagi anda, yang sekiranya memiliki skill mempuni terhadap suatu bidang.

Memang bukan hal yang baru lagi, melihat tidak sedikit dari penduduk desa terpencil yang memanfaatkan keahlian khususnya, untuk diaplikasikan menjadi bisnis jasa potensial di pedesaan , contohnya tukang pangkas rambut.

Ada juga yang menjadikannya sebagai usaha sampingan sembari mengisi waktu kosong, di sela-sela pekerjaan inti, misalnya sebagai petani, pedagang maupun nelayan. Namun potensi laba yang diperoleh juga tidak main-main.

Sekarang ini, wilayah pedesaan telah menjadi lokasi memulai usaha jasa yang menjanjikan. Ini bukan tanpa sebab, kita tahu bahwa wilayah perkampungan terpencil biasanya sangat jauh dari hiruk-piruk perkotaan, ditambah lagi dengan akses yang susah.

Untuk itu, anda sebagai masyarakat yang kreatif, layak rasanya bagi saya untuk menginformasikan beberapa peluang usaha jasa di desa dengan modal kecil, dan untung besar pada artikel ini.

Oke langsung saja. Silakan simak beberapa rekomendasi usaha di pedesaan jenis jasa yang bisa anda coba dan mulai dari sekarang. Simak ulasannya sampai selesai.

1. Tukang Pangkas Rambut

Yang pertama adalah menjadi tukang pangkas rambut. Ini adalah jenis peluang usaha jasa di desa yang mengharuskan memiliki skill, termasuk juga salah satu bisnis yang tidak semua orang bisa menjalankannya.

Jika anda memiliki keahlian di bidang tata rias rambut, peluang yang satu ini sangat cocok. Karena kita tahu bahwa setiap orang (terutama pria) akan memotong rambutnya suatu waktu, sehingga anda adalah orang yang akan dicarinya.

Namun saat ini, bisnis jasa potong rambut sudah cukup ramai pemainnya. Saat anda dalam pengembangan usaha, ciptakan beberapa perbedaan yang membuat bisnis anda terkesan 'unik' dan sedikit 'berbeda', tergantung kekreativitasan anda.

SIMAK JUGA : 5 Usaha Malam Hari di Desa untuk Bujangan

2. Kerajinan Tangan

Berikutnya adalah industri kreatif berupa kerajinan tangan. Banyak sekali jenis kerajinan yang bisa anda ciptakan, hanya dengan modal minim dengan mengandalkan kekreativitasan yang dimiliki.

Terlebih bila anda bertempat tinggal di daerah ramai wisata, anda bisa mengkombinasikan karya kerajinan dengan identitas khas wilayah tersebut, pastinya para wisatawan akan terniat untuk membeli.

Bahkan, kerajinan tangan yang banyak diminati juga bisa menembus pasar internasional loh, bila ditekuni dengan serius dan berkelanjutan.

Tentu ini merupakan peluang emas bagi siapapun demi mengembangkan ide-ide brilian dalam diri setiap orang.

3. Menjahit

Ide bisnis jasa di desa berikutnya adalah menjahit. Sama dengan poin 1 dan 2, skill dalam menjahit umumnya juga tidak didapat secara sengaja, banyak orang lebih memilih mengikuti pelatihan atau kursus menjahit di berbagai jasa yang telah tersedia.

Meskipun menjahit termasuk ilmu tradisi turun-temurun, namun di era sekarang style dan varian gaya hasil jahit telah banyak bentuknya, sehingga dituntut kekreativitasan yang mempuni demi menghasilkan karya yang banyak diminati.

Bagi anda yang memiliki skill di bagian ini, manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di desa tempat anda tinggal.

Dengan segenap kemampuan dan keinginan untuk terus belajar, lambat laun pelanggan akan berdatangan dan bisnis akan berkembang.

4. Perbaikan Elektronik

Ide usaha yang menggunakan skill berikutnya adalah membuka jasa perbaikan barang-barang elektronik, kita contohkan seperti televisi, smartphone, kulkas, kipas angin, mesin cuci, setrika dan produk yang terkoneksi dengan listrik lainnya.

Menurut saya, ini adalah salah satu usaha yang terbilang rumit, namun tidak mesti memiliki predikat atau pendidikan khusus agar bisa memulai.

Faktanya, tamatan SMK jurusan Listrik saja anda sudah mengantongi modal skill yang mempuni, dengan terus belajar secara manual.

Peluang bisnis Maintenance Elektronik ini cukup menjanjikan, mengingat produk berbau elektronik rentan rusak dan harus segera dilakukan perbaikan, sehingga besar potensi bahwa anda akan sering menerima orderan nantinya.

BACA JUGA : 7 Ide Bisnis Wanita Singel di Desa yang Menjanjikan

5. Bimbel / Guru Privat

Jenis bisnis jasa di desa berikutnya adalah membuka Bimbel (Bimbingan belajar) atau menjadi guru privat.

Meskipun usaha ini belum terlalu tren di desa, namun akan selalu mengalami perkembangan karena berbagai sebab.

Diantara adalah karena tidak semua siswa/i mampu menyerap ilmu di sekolah formal secara optimal, sehingga orangtua mereka akan mencati jasa guru privat dan bimbel untuk memberikan tambahan pendidikan, yang masih sesuai dengan kurikulum di sekolah.

6. Membuka Bengkel

Jumlah pengguna kendaraan khususnya roda dua akan terus bertambah, ini dikarenakan sepeda motor menjadi alternatif utama untuk membantu pekerjaan sebagai penghantar ke berbagai tempat. Selain itu setiap sepeda motor pasti mengalami kerusakan.

Bila anda memiliki skill dalam bidang ini, alangkah baiknya untuk mencoba membuka jasa bengkel / perbaikan sepeda motor di desa anda.

Saya melihat, orang-orang yang memiliki bengkel mayoritas tidak memiliki tingkat pendidikan khusus, namun lebig mengutamakan pengalaman saja.

Potensinya cukup besar untuk mendapatkan laba yang besar, mengingat tidak semua pengendara akan bisa memperbaiki motornya.

Sementara itu kerusakan akan terus terjadi. Selain jasa perbaikan, anda juga bisa menyediakan perlengkapan onderdil dan sparepart nya.

7. Jual Beli Bibit Tanaman

Peluang usaha jasa di pedesaan berikutnya yaitu menjual bibit tanaman, baik tanaman hias maupun perkebunan.

Saat ini, usaha jual beli bibit cukup diminati, terutama untuk tanaman hias. Kenyataan ini saya saksikan langsung di kampung halaman saya.

Contoh nyatanya adalah tetangga saja, yang setahun terakhir ini mengembangkan usaha jual bibit tanaman hias berjenis bunga-bunga di halaman rumahnya.

Bukan main, setiap mingginya dia bisa mengantongi omzet ratusan ribu rupiah dari pelanggan yang datang.

REKOMENDASI : 20+ Peluang Usaha Modal Kecil di Pedesaan 2019
Perawatannya juga cukup sederhana, hanya perlu disiram setiap pagi dan sore, serta rutin membersihkan hama maupun rumput liar yang membenalu.

Peluang bisnis ini sangat direkomendasikan untuk ibu-ibu yang suka bertanam bunga dan punya keahlian dalam merawatnya.

8. Beternak Hewan

Berikutnya adalah membuka usaha ternak hewan. Hewan apa yang diternak terserah apa yang anda sukai yang jelas hasil dari ternak tersebut bisa memberikan com sebagai kemasukan.

Diantaranya yang potensial adalah seperti hewan-hewan kecil, yang di gunakan untuk umpan ikan maupun makanan burung, seperti misalnya kroto dan jangkrik.

Atau bisa juga hewan seperti ayam dan puyuh. Selain bisa dalam bentuk daging, juga bisa dalam bentuk telur. Pokoknya terserah mana yang cocok menurut anda, karena semuanya polunya potensi spesial.

9. Fotografer Pernikahan

Meskipun di desa, namun Sekarang resepsi pernikahan disana telah menyentuh modernisasi salah satunya adalah maraknya foto prewedding, maupun wedding fotografer. Saat ini, banyak kalangan anak muda yang jago motret.

Keahlian tersebut bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha untuk menghasilkan pendapatan, sambil menjalani hobi.

Namun, bisnis in sifatnya tidak menetapkan, karena hanya akan berjalan saat ada pesta pernikahan, itupun harus bersaing dengan yang lain.

10. Sopir Travel

Jika dibandingkan dengan bisnis wedding fotografer, menjadi sopir travel ini jauh lebih berpotensi, namun risiko yang mungkin terjadi akan lebih besar, terlebih bila anda hanya sebatas sopir, bukan pemilik mobil.

Namun tahukah anda, gaji seorang sopir Travel ini cukup menggiurkan loh, bisa mencapai 4-5 ratusan ribu sekali jalan, diluar biaya makan, bahan bakar dan keperluan lainnya sepanjang perjalanan.

Tapi tetap saja, sifatnya hanya sementara, yakni bila ada yang memerlukan saja. Namun akan lebih sering mendapatkan panggilan, apalagi di musim-musim wisuda di kota, sopir travel akan di cari-cari.

SIMAK JUGA : 12+ Prospek Bisnis Potensial dan Sedikit Pesaing

11. Bisnis Online

Peluang usaha bidang jasa di pedesaan yang terakhir adalah bisnis online. Berkali-kali saya mengulas mengenai bisnis online ini, dan berkali-kali pula saya menekankan bahwa ide bisnis online sangat menggiurkan.

Tidak ada syarat yang pasti untuk memulai, anda hanya memerlukan jaringan internet dan sebuah Smartphone. Ulasan lengkapnya telah saya bahas pada artikel : 18 Peluang Bisnis melalui Smartphone ini.

Tips memulai Bisnis Jasa

Setelah mengetahui beberapa peluang usaha jasa di desa diatas, anda bebas memilih mana yang anda sukai dan benar-benar ingin serius menekuni.

Namun untuk tanmbahan tips, lakukan beberapa poin dibawah ini terlebih dahulu :

  • Tentukan Jenis Usaha : Hal ini sangat penting karena apapun usaha yang dipilih, dianjurkan sesuai dengan potensi dan skill yang anda miliki, supaya perkembangannya tidak terlalu lama, karena anda tidak perlu menghabiskan waktu lagi untuk belajar dari awal
  • Riset Pasar : Yang kedua yakni melakukan analisa pasar, yaitu mengenai gambaran potensi usaha dari jasa yang dipilih, dengan keadaan pasar di lingkungan desa anda
  • Perhatikan Persaingan : Bila usaha yang anda pilih telah memiliki kompetitor, pastikan bagaimana eksistensi dan pandangan masyarakat terhadap mereka. Bila nyatanya memang diminati, anda bisa mencoba memilih jenis usaha yang lain.
  • Cari Kelemahan Pesaing : Terkadang, ada gaya pelayanan yang tidak disukai pembeli, meskipun usahanya sudah terkenal luas. Kelemahan dari kompetitor ini bisa dimanfaatkan menjadi keunggulan dari anda
  • Analisa Potensial Masa Depan : Tips memulai usaha jasa di desa berikutnya yakni, dengan menganalisa usaha yang anda pilih apakah memiliki peluang maju di masa depan, atau malah diprediksi akan segera selesai (tidak diminati..

Penutup

Sebenarnya, masih ada beberapa lagi peluang bisnis di desa dalam bidang jasa, hanya saja banyak yang memerlukan modal, alias poin utamanya bukan skill.

Sedangkan dalam daftar yang saya uraikan di atas, syarat utama adalah keahlian dan skill, modal nomor dua. Namun apapun itu, semuanya punya potensi masing-masing bila ditekuni lebih rutin dan konsisten.

Demikianlah, artikel kali ini mengenai Peluang usaha jasa di desa yang potensial, menjanjikan dan akan terus diminati. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel