7 Manfaat Travelling Untuk Pendidikan yang Jarang Diketahui

Manfaat Travelling Untuk Pendidikan

Manfaat Travelling Untuk Pendidikan - Dunia ini penuh dengan suatu pengalaman yang sangat tak terhingga. Ketika kita melakukan kegiatan travelling, kita lebih bisa merasakan keindahan dunia.

Dan secara tidak disadari, kita akan mendapatkan manfaat jalan-jalan untuk pendidikan dan ilmu yang tidak ada di bangku sekolah. Hal ini tercermin dari beberapa poin dimana pendidikan itu mendidik karakter, sedangkan Travelling lebih kepada kepekaan terhadap rangsangan diri.

Selain Manfaat liburan untuk pendidikan , Travelling juga dijadikan sebagai ajang dalam merefleksikan otak dan pikiran, setelah beberapa waktu menuntut ilmu di bangku sekolah.

Bagi kamu yang punya hobbi jalan-jalan menelusuri berbagai destinasi wisata, berikut ini saya rangkum beberapa manfaat Travelling untuk pendidikan kamu :

1. Melatih menjadi Pribadi yang Solutif

Kegiatan apapun itu pasti akan menghadapi masalah, hambatan di dalam kegiatan travelling pada umumnya seperti tertinggal pesawat kehilangan barang bawaan dan lain-lain.

Kondisi seperti ini memaksa kita untuk menjadi pribadi yang lebih solutif, dan kita dituntut untuk memilih keputusan yang cepat dan tepat.

Dalam kondisi mendesak seperti ini, kegiatan ini secara tidak kita sadari mengasah kemampuan kita berpikir secara kreativitas dan  membuat kita cepat dalam mengambil keputusan yang matang.

Contohnya gini, misalkan kamu sedang di dalam bandara atau di dalam terminal, ada suatu barang kamu yang hilang, mau tidak mau kamu otomatis terpaksa berpikir untuk mengatasi masalah tersebut.

Coba bayangkan, jika kebiasaan baik ini diterapkan di kehidupan kita sehari-hari sudah pasti banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan dari kebiasaan ini.

2. Beradaptasi dengan orang  baru

Jika kamu seorang traveller sudah pasti banyak daerah-daerah yang sudah kamu kunjungi dan di setiap daerah mempunyai watak dan tipikal yang berbeda-beda, kita dituntut untuk beradaptasi dari orang yang berbeda-beda, elegan bukan?

Semakin banyak kita bertemu dengan orang yang bar,  maka secara tidak langsung kita belajar terbuka dengan menerima setiap orang bahwa mempunyai kebiasaan, watak, cara berpikir, budaya, yang berbeda-beda.

Semakin banyak kita melakukan kegiatan traveling tentu semakin banyak pula teman baru yang akan kita dapatkan.

hal seperti inilah yang membuat kita dituntut untuk menjadi orang yang lebih baik, mudah berbaur dengan orang yang baru atau lingkungan yang baru.

3. Melatih lebih berani dengan tantangan

Manfaat Travelling untuk pendidikan selanjutnya adalah perihal menghadapi tantangan. Tipikal seorang traveller yang seharusnya adalah orang yang tidak betah hanya berdiam diri di dalam zona nyaman.

Mereka cenderung akan selalu mencari tantangan di dalam kehidupan untuk mencapai sesuatu yang ia inginkan.

Biasanya mereka tidak segan-segan untuk meninggalkan aktivitas dan rutinitas yang nyaman, Meskipun ia sudah tahu bawa akan lebih banyak tantangan yang akan datang.

Baca juga : Kesalahan sebelum Travelling

Jelas hal seperti ini sangat baik jika kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, kita kan belajar lebih berani dalam mengambil keputusan.

4. Melatih tidak mengeluh dan rileks

Kebebasan, para traveller biasanya sangat menyukai dengan kebebasan, tidak suka melakukan kegiatan yang sama apalagi jika hanya berada di dalam kantor.

Tetapi mereka tidak akan mengeluh mereka akan mencari ide-ide yang baru hanya untuk melepaskan rasa yang bosan.

Tentunya hal seperti ini sangat baik di kehidupan kita sehingga tidak mudah merasakan stres, ketika kita menemukan suatu masalah atau rasa bosan.

Meskipun kita sedang disibukkan pekerjaan ataupun dengan masalah lainnya. Kebanyakan mereka yang mempunyai hobi travelling yang disebut traveler mereka pumpu cara yang santai untuk menyelesaikan masalah dengan menyelesaikan satu persatu dahulu.

5. Melatih kita menjadi lebih untuk disiplin

Jika seorang traveller tidak disiplin maka iya kegiatannya tidak akan berjalan lancar dengan baik, bagaimanapun tidak waktu tidak bisa diulang terlambat sedikit ya sudah.

Mulai dari jam keberangkatan tiket, lamanya perjalanan, akan singgah di beberapa destinasi, tentunya hal seperti ini membutuhkan perhitungan yang tepat.

6. Melatih menjadi lebih mandiri

Manfaat berlibur bagi pelajar berikutnya yakni Melatih kemandirian. Seorang yang sedang melakukan perjalanan dituntut untuk bisa mengandalkan dirinya sendiri tanpa harus ke bergantungan dengan orang lain.

jika kita sedang melakukan perjalanan sikap mandiri mungkin akan terasa saat kalian mengatur keuangan untuk makan, mengatur jadwal keberangkatan, dan melakukan riset destinasi yang akan dikunjungi di rute selanjutnya. 
Hal seperti ini mau tidak mau kita harus melakukannya sendiri, sehingga suatu saat nanti jika ada masalah yang tidak kita inginkan datang, maka kita akan lebih siap untuk memecahkan masalah tersebut tanpa menyalahkan orang lain karena itu keputusan kita sendiri.

7. Akan menemukan sebuah perbedaan

Jika kamu melakukan kegiatan travelling maka kamu akan menemukan banyak suatu perbedaan mulai dari beda agama, suku, ras, fisik, disetiap destinasi.

Hal seperti ini membuat cara berpikir kita bahwa perbedaan bukan suatu masalah, kita lebih terbuka bahwa perbedaan bukan hambatan untuk menerima teman baru, iya kita sering menemukan aktivitas seperti ini percaya atau tidak kamu akan merasakan bahwa perbedaan adalah anugerah yang sangat besar dan patut kita syukuri


Penutup

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai Manfaat Travelling untuk pendidikan kamu. Di sela-sela libur semester atau libur panjang lainnya, gunakan waktu tersebut untuk jalan-jalan, dan dapatkan manfaat liburan bagi siswa seperti kamu.

Artikel ini ditulis oleh Nur Rohman (www.holiday-summer.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel