7 Ide Usaha untuk Wanita Muda di Pedesaan : Modal Kecil dan Potensial

Ide Usaha untuk Wanita Muda di Pedesaan

Pada artikel ini, saya akan menjabarkan beberapa Peluang Usaha untuk Wanita di Pedesaan yang potensial, modal kecil dan bisa dijalankan oleh siapapun.

Berkaca pada zaman sekarang, dimana hiruk-piruk dunia digital benar-benar menguasai hampir keseluruhan aspek kehidupan para remaja, baik di desa maupun di kota. Hal ini menjadi salah satu pendorong terbuka lebar nya peluang usaha untuk wanita remaja di desa .

Selain karena hal tersebut, perkembangan zaman juga mendorong terciptanya berbagai ide-ide bisnis potensial di pedesaan. Apalagi di usia yang masih remaja, tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkannya untuk membangun bisnis.

Namun dibalik itu, masih banyak juga para remaja ini yang kebingungan dan tidak memiliki pondasi, mengenai Peluang Usaha apa yang cocok untuk wanita, terutama yang tinggal di pedesaan.

Karena umumnya, minimnya fasilitas penunjang menjadi faktor utama dari problem tersebut. Oleh karena itu, Disini saya akan menguraikan beberapa peluang usaha untuk perempuan singel di pedesaan.

Daftar dibawah ini notabene tidak memerlukan modal yang besar, bisa dimulai kapan saja dan modal cukup kecil tapi menjanjikan untuk masa depan.

Artikel ini sebenarnya didasari oleh pengalaman saya pribadi, yang juga dari kecil hingga kini tinggal di daerah pedesaan.

Namun saya melihat hanya sedikit dari wanita-wanita remaja, yang memanfaatkan masa remajanya untuk memulai usaha secara mandiri. Hal ini sebenarnya juga bukan tanpa alasan, namun tidak berarti menjadi penghalang pula. 

Oke langsung saja, silakan disimak uraian di bawah ini mengenai Jenis Bisnis di deDe untuk Wanita Lajang. Check this out.

1. Jasa Make Up di berbagai Acara

Perempuan memang akan susah lepas dari yang namanya Make Up atau berdandan, hal ini tentunya membuat kaum hawa sangat dekat dengan alat-alat kosmetik.

Selain itu, mereka memiliki kemampuan untuk menghias wajah dengan lincah dan baik, terutama wanita-wanita muda.

Nah, kemampuan ini sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha di desa-desa, mengingat hanya sedikit jasa kecantikan ataupun tata rias disana.

Memang usaha ini tidak menetap, namun jika anda telah mendapat kepercayaan, acara-acara seperti resepsi pernikahan dan perpisahan sekolah bisa menjadi ladang bisnis bagi anda.

Untuk kisaran modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Yang pastinya cukup sediakan peralatan-peralatan kosmetik serta perias wajah lainnya.

Anda bisa menyesuaikan tarif dengan jumlah pelanggan yang datang. Bedakan pelanggan individu dengan kelompok (misalnya perpisahan TK / SD).

2. Produk Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Usaha di desa untuk wanita lajang berikutnya yakni dalam bidang industri kreatif, dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti plastik, kaca, kain dan sebagainya untuk dijadikan kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat.

Beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas antara lain adalah :

  • Pot bunga dari botol bekas
  • Lampu hias dari botol bekas
  • Pohon dari botol bekas
  • Koran bekas berbentuk keranjang
  • dan lain-lain.

Namun dalam ide bisnis yang satu ini, anda dituntut untuk bisa se kreatif mungkin dalam menciptakan karya seni yang unik, beda, bergaya dan tentunya bisa memberikan manfaat.

Hasil kerajinan tersebut bisa di jual ke masyarakat sekitar. Saya menyadari, aktivitas yang memerlukan kekreativitasan semacam ini sangat identik dengan kaum wanita.

Baca juga : 5 Usaha Malam Hari di Desa untuk Anak Muda yang Potensial

Karena biasanya, mereka memiliki banyak sekali ide-ide brilian, serta jiwa keibuan yang berperan penting dalam memanfaatkan barang bekas di sekitar rumah.

3. Menjadi Dropshiper

Ini tergolong bisnis online sih. Singkay Dropship adalah kegiatan menjual barang milik supplier ke para calon pelanggan, tanpa harus memiliki stok barang terlebih dahulu.

Bila ada pembeli yang order melalui anda, tugas anda hanya mengirimkan detail produk saja ke supplier.

Setelah proses selesai, anda akan mendapatkan komisi pembagian dari persentasi yang disepakati dengan pemilik barang. Bisnis Dropship saat ini cukup potensial untuk dijajal.

Syarat utamanya adalah anda harus memiliki Smartphone / perangkat lainnya yang bisa terkoneksi dengan internet.

Untuk pembahasan lengkap, silakan di baca pada artikel : Pengertian Dropship ini.

4. Menjahit

Usaha di desa untuk wanita single berikutnya adalah menjahit. Kalau anda belum memiliki skill mempuni dalam menjahit, bisa mengikuti kursus atau pelatihan menjahit terlebih di beberapa jasa yang tersedia.

Potensi usaha menjahit masih sangat diminati di desa-desa hingga sekarang, karena kita tahu bahwa tidak semua desa berada dekat dengan perkotaan, yang umumnya sulit untuk sekadar pergi belanja pakaian.

Dengan skill yang anda punya nantinya, bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa jahit pakaian, dan saya yakin pasti anda mendapatkan banyak pelanggan tiap bulannya, apalagi jika masyarakat setempat sudah puas dengan hasil kerja anda.

Selain itu, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Anda bisa memulainya dari rumah sendiri, dengan persediaan perlengkapan jahit seperti kain, mesin jahit, benang, meteran, peniti dan sejenisnya.

5. Menjadi Freelancer

Freelancer adalah sebutan bagi orang-orang yang menjual jasa berupa skill nya melalui dunia maya. Peluang usaha ini masih berkaitan erat dengan koneksi internet.

Ada banyak jenis Freelance yang bisa dicoba tanpa modal, diantaranya :

  • Jasa penulisan artikel untuk web / blog orang lain
  • Jasa Desain Grafis
  • Desain Web
  • Internet Marketing
  • Editor Foto / Video
  • Penerjemah bahasa
  • Dan lain-lain

Anda bebas memilih masa yang disukai, 2, 3 ataupun lebih. Semua punya potensi masing-masing bila ditekuni dengan serius. Kelebihannya, ide usaha ini akan terus mengalami perkembangan.

Baca juga : 18 Peluang Bisnis Menjanjikan Lewat HP

Jika anda memiliki skill yang mempuni dan kelihaian dalam membangun brand, besar kemungkinan akan banyak individu / perusahaan yang mempercayai jasa anda.

6. Membuka Jasa Bimbel

Meskipun peluang usaha di desa untuk wanita remaja yang satu ini masih belum terlalu populer, namun keberadaannya akan semakin penting mengingat kebutuhan akan pendidikan kian tinggi.

Ide bisnis ini cocok bagi anda yang sekarang berstatus "Fresh Graduated", untuk dijadikan sebagai sambilan, sembari mencari pekerjaan yang diinginkan.

Banyak contoh bimbel yang bisa anda coba, misalnya pembelajaran matematika, komputer, bahasa asing dan sebagainya. Namun akan lebih efisien lagi jika disesuaikan dengan bidang anda sendiri.

7. Les Privat

Pengertian Les Privat adalah penyaluran ilmu pembelajaran di luar jam sekolah formal, namun masih tetap berada pada jalur kurikulum.

Umumnya, les privat hanya memiliki siswa tidak lebih dari 4 orang dengan durasi waktu yang singkat.

Kebutuhan akan les privat kian melonjak. Karena pasalnya, tidak semua siswa/i bisa menyerap ilmu di sekolah dengan maksimal, sehingga orangtua akan memberi jadwal tambahan dengan menyewa guru privat terpercaya.

Selain itu, pembelajaran melalui guru privat juga lebih santai, bebas, serta bisa dilakukan di waktu kapanpun, sehingga proses penyaluran ilmu akan lebih optimal dan efisien.

Simak juga : 20+ Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil di Pedesaan

Peluang bisnis yang satu ini juga masih sangat cocok bagi anda yang sedang berstatus "Fresh Graduated", karena akan lebih dipercaya untuk memberi bimbingan sesuai bidang yang dimiliki.

Penutup

Sebenarny masih sangat banyak jenis peluang usaha di desa yang potensial dan menjanjikan, hanya saja mayoritas membutuhkan modal awal yang lumayan besar. Makanya tidak saya masukkan ke list di artikel ini.

Demikianlah, Peluang Usaha untuk wanita muda di desa yang nyaris tanpa modal. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian Kaum Ladies yang sedang mencari ide bisnis di perkampungan. Terima kasih.

Artikel Terkait Peluang Usaha :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel