BISNIS ONLINE : Peluang Usaha Masa Depan yang Potensial dan Menjanjikan

Peluang usaha bisnis online

Bisnis online adalah jenis peluang usaha di internet yang dilakukan secara online atau melalui koneksi dunia maya, dan tersambung antara Anda dengan dunia luar secara luas. Keberadaannya cukup sakral dalam beberapa kasus.

Peluang Usaha Bisnis Online memang bukan lagi hal yang tabu. Beberapa tahun belakangan ini, perkembangan Online Bussines sangat pesat dan terus berevolusi ke arah yang lebih baik.

Ini semua tidak lepas dari tangan dingin para developer jagat Maya di seluruh dunia.

Selain potensinya yang menggiurkan, kemudahan akses dan ketersediaan jaringan internet yang sudah merata, membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terjun tanpa pandang bulu.

Mulai dari tamatan SD hingga seorang manajer perusahaan, adalah sama.

Terlepas dari itu, meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia menjadi momok bagi segenap kemajuan yang ada.

Lalu, berapakah jumlah pengakses internet di tanah air untuk saat ini ? Silakan simak gambar dan penjelasan di bawah ini.

Pada tanggal 16 Mei 2019 kemarin, Kompas.com menerbitkan sebuah artikel yang membeberkan ungkapan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), yang menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,12 persen.

Dari 264 juta penduduk Indonesia, 171,17 juta jiwa m telah berhasil terkoneksi dengan internet. Itu artinya, persentase pengguna internet di NKRI msncapi 54,86 persen dari jumlah penduduk, dan masing-masing mempunyai koneksi yang layak pakai.

Selengkapnya : Perkembangan Bisnis Online di Indonesia 2019

Pada artikel kali ini, saya akan coba menjabarkan secara lengkap mengenai istilah 'Bisnis Online' ini, mulai dari Pengertian, siapa yang bisa memulai, penyebab mengapa sangat diminati, contoh usahanya hingga bagaimana cara memulai Bisnis Online.

1. Apa itu Bisnis Online ?

Pengertian bisnis online

Sederhanayna, Pengertian bisnis online adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis dan dilakukan secara online, mulai dari jual beli, penyediaan jasa, hingga proses transaksi jarak jauh secara langsung via internet.

Perbedaan bisnis online dengan kegiatan bisnis pada umumnya (misal: pasar tradisional), hanya terletak pada beberapa elemen saja.

Salah satunya adalah proses transaksi dan Media Pemasaran yang dilakukan. Dimana bila secara online, Promosi memanfaatkan media sosial, e-commerce dan website.

Selain itu, kelebihan Bisnis online juga terletak pada jangkauan pasar yang lebih luas, dan lebih mampu menargetkan pasar sasaran.

Misalnya, saat mempromosikan produk via website, pemilik bisnis bisa menentukan target pengunjung sesuai dengan kebergunaan barang yang dijual.

Untuk saat sekarang ini, salah satu sumber income terbebar adalah melalui internet.

Bila Anda tertarik untuk memulai, telah banyak panduan cara memulai bisnis online yang bisa didapat dengan Browsing di Google maupun Youtube.

Selain itu, bila anda masih kurang yakin akan potensi yang ditawarkan, telah banyak sekali contoh pebisnis online yang sukses, yang bisa dijadikan motivator dan inspirator hebat demi mendorong niat dan semangat anda.

2. Siapa saja yang bisa memulai Bisnis Online ?

Syarat memulai bisnis online

Seperti yang telah sempat saya singgung di atas, bisnis Online bisa dimulai oleh siapa saja, tidak penting dia tamatan apa, sekolah formal atau tidak, laki-laki atau perempuan, hingga tua atau muda, semuanya bisa.

Dengan syarat utama, dia pandai membaca dan memiliki perangkat elektronik yang bisa terkoneksi dengan internet, misalnya Laptop, PC atau Smartphone.

Karena dalam menjalankannya, dua hal inilah yang wajib ada dan paling utama.

Bila Anda masih merasa anak-anak, atau belum pernah terjun ke dunia bisnis sebelumnya, peluang usaha bisnis online ini sangat direkomendasikan.

Serta juga merupakan salah satu ladang income terbesar yang telah diprediksi jauhari, untuk masa depan siapa saja.

Prediksi ini telah terbukti adanya. Pasalnya, saat ini banyak para pegelut online yang datang dari golongan anak-anak muda.

Misalnya saja para Youtuber, yang bahkan telah meraup pendapatan hingga puluhan juta / bulan dari program pengiklanan Google Adsense.

Google Adsense hingga kini masih menjadi primadona bagi kalangan pebisnis online.

Selain Youtube, juga ada Blogger-Blogger handal yang berasal dari golongan anak-anak maupun remaja.

Selengkapnya : 18 Jenis Usaha dengan Modal HP Android

Meski pendapatan tidak sebesar Youtuber, namun mengingat usia yang masih muda, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Termasuk membantu ekonomi keluarga, ataupun biaya sekolah dan beberapa keperluan lain.

3. Kenapa Bisnis Online sangat Diminati saat ini ?

Penyebab bisnis online begitu diminati

Sejatinya, menurut saya pribadi ada beberapa alasan yang menyebabkan membludaknya jumlah pebisnis online di internet.

Dimana argumen saya ini didasari dari penganalisisan berkelanjutan, selama beberapa bulan terakhir. Apa sajakah itu? Ini dia :

3.1. Koneksi Internet telah hampir Merata

Penyebab pertama adalah pemerataan koneksi internet yang diprogramkan oleh Pemerintah, sehingga mayoritas rakyat Indonesia telah bisa mengakses dunia luar hanya dalam satu klik, dimanapun ia berada.

Lambat laun akhirnya mereka mulai mengenal yang dinamakan bisnis online, dan kemudian muncullah ketertarikan.

Atas ketertarikan itu, dia akan mencoba-coba untuk memulai, sambil memperdalam ilmu dan wawasan seputar jenis bisnis internet yang dia geluti.

Tidak lagi hanya di perkotaan, di kampung-kampung sekalipun telah banyak orang yang mempromosikan produk dagangannya ke internet.

Serta mengakui bagaimana potensi yang dirasakan saat mendapat lebih banyak pelanggan, dibandingkan jika berjualan langsung dari rumah, maupun pasar-pasar tradisional.

3.2. Target Pasar yang Luas

Tanpa perlu keluar rumah, produk yang anda jual bisa dikenal oleh orang yang beda kota, provinsi bahkan negara sekalipun, dan anda bisa langsung berkomunikasi dengan mereka.

Tentunya hal ini memungkinkan anda untuk menjual produk lebih banyak lagi. Dengan adanya jaringan Internet, skala pasar yang bisa dijangkau bertarif internasional.

Simak juga : Pengertian Perencanaan Pemasaran

Mereka yang datang dari mancanegara pun akan bisa menjadi penaggan dan merasakan manfaat dari barang yang anda jual.

3.3. Tidak Bergantung terhadap Keadaan Alam

Penyebab Kenapa Bisnis Online sangat Diminati berikutnya adalah karena, bisnis ini tidak memiliki ketergantungan terhasap keadaan cuaca maupun situasi.

Anda tidak perlu menutup toko saat hujan maupun malam hari.

Semuanya bisa dikontrol melalui tombol komputer atau smartphone anda. Begitu juga dengan calon pembeli, yang tidak perlu berlama-lama, macet ataupun hujan-hujanan untuk mengunjungi toko anda.

Transaksi penjualan lebih gampang dan praktis melalui internet.

3.4. Tidak mengenal Waktu

Saat menjalankan bisnis online, anda tidak perlu lagi menutup toko saat jam 23.00 maupun membukanya lagi ketika pagi buta, begitu juga dengan mendorong gerobak ke pasar tradisional.

Dengan internet, anda bisa membukanya selama 24 jam hanya dari dalam kamar tidur.

Begitu juga dari segi transaksi. Meski pembeli melakukan order barang di tengah malam, anda bisa langsung melayaninya.

Serta menerima orderan baru kapanpun melalui notifikasi di smartphone milik anda.

3.5. Lainnya...

Selain 4 poin kemudahan diatas, beberapa penyebab lainnnya adalah barang yang mudah dikenal, bisa menciptakan peluang kerja baru, serta lebih praktis dari segi sarana dan prasarana.

Sehingga, tidak ada alasan lain bila masih ada yang meragukan potensi bisnis online zaman sekarang ini.

4. Apa saja Jenis Bisnis Online yang Direkomendasikan untuk Pemula ?

Jenis bisnis online yang potensial

Saat Anda memasuki poin nomor 4 ini, Saya berharap Anda telah sedikit tertarik untuk memulai.

Nah, untuk itu, anda perlu mengetahui beberapa jenis bisnis di internet yang bisa Anda coba, terutama bagi pemula. Apa sajakah itu? Ini rekomendasi untuk anda :

1. Menjadi Youtuber

Yang pertama dan paling saya rekomendasikan adalah menjadi Youtuber. Kenapa ?

Karena selain peluangnya yang besar, Youtube juga tidak membatasi usia siapapun yang boleh bergabung dengan mereka.

Selain itu, syarat yang diperlukan untuk bisa monetisasi juga tidak terlalu rumit. Beberapa syarat monetisasi tersebut antara lain :

  • Ikuti semua kebijakan Program Partner YouTube.
  • Tinggal di negara atau wilayah tempat Program Partner YouTube tersedia.
  • Memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik dalam 12 bulan terakhir.
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
  • Memiliki akun AdSense yang ditautkan.

Dari beberapa syarat yang diberikan Pihak Youtube diatas, menurut saya yang cukup rumit hanyalah soal mencari Subscriber.

Namun sebagai bantuan, anda bisa meminta teman, sahabat, rekan kerja hingga keluarga dan sanak saudara, untuk mensubcribe serta membantu dalam mempromosikan chanel anda.

Selain itu, video yang anda upload ke chanel harus original, asli, lolos copyright dan usahakan unik, agar bisa menarik perhatian pengunjung Youtube, serta membuka peluang pihak yotube untuk merekomendasikan konten video milik anda.

4.2. Menjadi Blogger

Yang kedua adalah menjadi Blogger. Pengertian Blogger adalah orang yang memiliki website berplatform Blog dan menerbitkan konten / artikel mereka disana, baik secara gratis maupun berbayar dalam memulai.

Untuk yang gratis, anda bisa memanfaatkan platform milik google yakni Blogspot.

Sedangkan untuk berbayar, anda bisa menyewa Domain ke berbagai penyedia domain lokal / Internasional, dan menyewa Hosting serta membeli Template / Theme premium dari para kreator.

Harganya juga tidak terlalu mahal demi meraup income yang jauh lebih besar.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Blog ? Beberapa hal yang bisa menjadi sumber pendapatan tersebut antara lain :

  • Mengikuti program pengiklanan Adsense
  • Mengikuti program penyedia pengiklanan lain
  • Menjual produk anda sendiri
  • Memasang jasa iklan banner / Content Placement
  • Menjual Ebook
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan
  • Dll

Namun, untuk mengoptimalkan segala aspek dalam website / blog, anda dianjurkan untuk bisa paham mengenai metode "Pengoptimalan Mesin Telusur" yang dipandu langsung oleh Google, agar konten-konten anda bisa ditemukan via Google Search.

Selengkapnya : 3 Faktor SEO Terpenting di 2019

4.3. Dropship dan Reseller

Dropship adalah jenis bisnis online yang menjual barang milik supplier, yang kemudian dipasarkan di media sosial.

Saat Dropshipper (sebutan pebisnis dropship) mendapat orderan, dia akan lebih dulu mengambil komisi, kemudian mengirimkan seluruh detail calon pembeli ke pemilik barang.

Sedangkan Reseller adalah orang yang menjual barang di dunia maya, dengan terlebih dahulu membeli / menimbun stok barang, lalu barulah dipasarkan dan dijual.

Perbedaan Dropship dan Reseller terletak pada ketersediaan barang.

Dewasa ini, Dropship dan Reseller telah menjadi peluang usaha online yang sangat potensial. Banyak yang terjun dalam bisnis ini dan mengaku nyaman serta betah.

Selain itu, sistem kerjanya juga sangat mudah dengan modal yang kecil.

Terlebih lagi Dropship yang tidak memerlukan stok barang, yang penting anda punya strategi dalam memasarkan produk agar mendapatkan banyak pembeli, salah satunya adalah memaksimalkan fungsi media sosial dan website pribadi.

Anda akan mendapatkan income dari kegiatan ini sesuai dengan persentasi komisi yang telah disepakati bersama supplier.

Sedangkan Reseller, tidak punya hubungan apa-apa dengan pihak lain, karena anda telah memuat stok barang yang telah jadi milik pribadi.

Sedangkan kekurangan Reseller adalah, ketika anda mendapat kritikan atau keluhan dari pembeli terhadap keadaan produk, anda akan menjadi sasaran langsung, maka pandai-pandailah dalam berjualan serta menenangkan hati mereka.

Bila anda tertarik untuk memulai usaha online jenis ini, saya mempunyai panduan dasarnya khusus untuk anda, silakan baca pada artikal Tips Sukses Berbisnis Dropship dan Reseller ini.

4.4. Penulis Artikel

Jenis Bisnis secara online berikutnya adalah menjadi penulis artikel lepas.

Sekarang ini, pertumbuhan website di internet kian menjelma menjadi penyedia informasi terlengkap dan terupdate, bahkan digadang-gadang telah mengalahkan eksistensi Televisi.

Kendati demikian, tidak sedikit perorangan ataupun perusahaan pemilik website yang kewalahan dalam menyajikan informasi terbaru pada pengunjung.

Sehingga, mau tidak mau mereka akan merekrut freelance lepas di internet.

Nah, disini adalah kesempatan anda untuk bergabung dan menjadi bagian dari mereka yang kemudian menerima bayaran.

Namun yang pasti, syarat wajibnya adalah anda harus mampu menulis, merangkai kata dan menyajikan ulasan yang yang User Friendly serta sesuai dengan fakta.

Memang akan sedikit susah untuk menemukan orang / perusahaan yang bersedia merekrut anda, terlebih bila masih baru dalam dunia freelance penulis artikel.

Namun jika sudah berpengalaman, malah mereka yang akan mencari-cari anda.

Agar lebih cepat dikenal, anda harus lihai dalam mempromosikan diri, beberapa cara antara lain adalah mampu memaksimalkan media sosial, menampilkan hasil tulisan, portofolio yang menarik, serta tunjukkan reaume yang positif.

4.5. Menjadi Freelancer

Jasa Penulis konten juga termasuk dalam bisnis Freelancer ini, dan beberapa contoh pekerjaan freelance lainnya antara lain adalah :

Analisis dan Konsultan Bisnis, Voice Over, Desain Grafis, Web Designer, Digital Marketer, Java Programmer, Ahli SEO dan sebagainya.

Sebenarnya masih banyak Jenis Bisnis di Internet yang bisa anda coba, namun disini saya tampilkan contoh-contoh yang paling potensial, banyak digandrungi dan ramai lalu lintas informasi.

Anda boleh memilih mana yang dirasa cocok setelah mempertimbangkan tolok ukur pribadi.

5. Bagaimana Cara memulai Bisnis Online untuk Pemula ?

Cara memulai bisnis online

Saya berharap, ulasan singkat di atas bisa memunculkan ketertarikan dan niat dalam diri anda, untuk memulai menjalankan Bisnis Online, sesuai dengan kemampuan dan passion yang dimiliki.

Untuk memulai bisnis online sebenarnya gampang-gampang susah.

Yang rumit itu adalah saat memasuki proses pengenalan, perkembangan, marketing, dan mempertahankan trend positif ditengah-tengah persaingan yang kian ketat.

Lainnya : Penyebab Gagal di Tahap StartUp

Untuk itu, dalam tahap Startup ini, anda tidak boleh main-main atau asal-asalan saja. Bila dirasa belum terlalu siap, lebih baik diundur dulu.

Oke langsung saja, bagi anda yang sudah yakin, berikut cara memulai usaha online bagi pemula :

5.1. Tancapkan Niat yang sungguh

Langkah pertama tentulah niat yang sungguh dan kesiapan dari segala aspek, baik waktu, modal dan siap menerima berbagai macam risiko yang mengintai.

Anda harus menyadari, bahwa dunia bisnis ini bukan tempat bermain-main.

Kesalahan sepele saja bisa berakibat fatal. Niat yang kuat akan membawa anda pada kesungguhan dalam memulainya.

Apapun jenis usaha online yang anda pilih, niat berperan penting didalamnya. Tanpa adanya niat yang kuat, besar kemungkinan tahap startup anda akan gagal.

Selain niat, Mindset anda juga harus searah. Bila dirasa kurang baik, artinya perlu pembenahan besar-besaran.

Faktanya, kesuksesan suatu bisnis dipengaruhi 90% dari kualitas pribadi individu yang menjalaninya.

Ssbelum memulai, jangan lupa tentukan jenis usaha internet yang akan dijajal, produk yang akan dijual, strategi dan target pasar sasaran hingga kelangsungan bisnis dan trend bisnis.

Tujuan berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan dan bisa membantu banyak orang.

Bukan hanya demi memperkaya diri dengan melakukan tipu daya di internet terhadap banyak orang. Itu tidak patut untuk ditiru.

5.2. Tentukan Jenis Usaha yang ingin Dikembangkan

Tahap kedua ialah menentukan kategori apa yang akan anda pilih, contohnya adalah daftar pilihan yang saya ulas di atas.

Dalam tahap ini juga tidak boleh sembarangan, anda harus benar-benar menentukan mana yang paling sesuai dengan passion, dan dirasa akan berkembang nantinya.

Misalnya bila anda ingin menjadi Blogger, anda harus meyakinkan diri bahwa anda siap untuk selalu update artikel terbaru dan bermain dengan jujur.

Bukan malah memakai teknik Black Hat, misalnya dengan menyebar Berita HOAX hanya sekadar mencari pengunjung.

Karena jika telah berpenghasilan, tentu tidak akan berkah.

Begitu pula jika anda ingin menjadi Reseller / Dropshipper. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan jadikan referensi awal untuk mempelajari lebih dalam.

Simak juga : Kebiasaan Para Pebisnis Online Sukses

Mulai dari Strategi promosi, mendapatkan banyak pembeli, pengenalan produk dan lain-lain.
Saran saya, jangan pernah bermain curang. 

Intinya, apapun yang dijalani, lakukan dengan jujur dan jadilah amanah.

5.3. Buatlah sebuah Website / Toko Online

Bila Bisnis online diibaratkan sebuah Layangan, maka website/ Toko Online adalah Keseimbangan. Memang dia tetap bisa terbang tanpa keseimbangan, namun tidak akan normal / stabil.

Dalam menjalankan bisnis online, website / blog menjadi salah satu syarat wajib yang harus ada, bila anda ingin meraup keuntungan besar.

Kegunaannya sangatlah multifungsi. Website menyediakan tempat untuk beberapa jenis usaha. Mulai dari sebagai Publisher iklan, hingga tempat berjualan.

Bila keberadaan website telah cukup kokoh di search engine, tentu akan banyak pengunjung yang datang, mulai dari sekadar membaca artikel, hingga karena tertarik dengan produk anda.

Bisa diartikan, dalam bisnis online ini, peran website/toko online menjadi sebuah Toko anda. Disana anda akan menyediakan segala macam keperluan usaha.

Namun tentu saja, bila ingin mendapatkan pembeli yang banyak, selain menjual produk berkualitas, website anda harus dioptimalkan juga.

Mulai dari Kekuatan untuk bersaing di Mesin Pencari, hingga Strategi Pemasaran yang dijalankan. Salah satu cara mengoptimalkannya adalah dengan menerapkan Teknik SEO 2019 ini.

Sebagai contoh, untuk Bisnis Online berjenis publisher iklan di blog adalah Rapikan.com ini, sedangkan untuk toko online, contohnya antara lain :

  • Tokopedia
  • Lazada
  • Bukalapak
  • Sophie
  • Dll

5.4. Optimalkan Media Sosial

Saat Website / toko online anda diterbitkan, langkah berikutnya adalah memaksimalkan keberadaan media sosial, terutama dalam memperkenalkan website tersebut.

Sebagus dan seberkualitas apapun sebuah website, bila tidak dikenal orang banyak, sama saja tidak berguna.

Meski lambat laun akan dikenal juga, namun media sosial adalah langkah paling utama untuk promosi.

Pada bagian ini, anda bisa membuat beberapa akun media sosial, dengan memakai nama website / toko online anda sendiri, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan sejenisnya.

Selain itu, akun pribadi anda juga akan sangat membantu dalam menyebarkan info mengenai akun bisnis tersebut, sehingga akan lebih mudah sampai ke teman-teman medsos.

Silakan baca artikel Cara Promosi di Facebook ini untuk panduan yang lebih lengkap.

Untuk mempermudah, anda juga bisa mempromosikan ke teman dan family untuk mengikutinya, serta meminta mereka untuk Share juga.

Simak Juga :

Teknik promosi di media sosial ini, dalam dunia SEO disebut sebagai SEO Off Page. Manfaatnya sangat besar untuk Branding, serta juga menaikkan rank di search engine.

5.5. Promosikan di MarketPlace

Selain memanfaatkan media sosial, anda juga sangat direkomendasikan untuk menyebarnya di pihak ketiga seperti MarketPlace.

Hingga kini, perannya sangat terbukti bisa membantu para pebisnis online dalam menemukan pelanggan. Contoh MarketPlace ternama di Indonesia antara lain :

  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Shopee

Khusus dalam kategori penjualan produk online, MarketPlace memang pilihan utama untuk promosi, dan meyakinkan calon pembeli agar masuk ke website anda.

Kelebihan dari MarketPlace sendiri ialah, anda tidak perlu menggelontorkan dana besar seperti misalnya menggunakan Facebook Ads di Facebook.

Selain itu, jangkauan yang ditawarkan MarketPlace bersifat umum, siapapun dan dimanapun mereka berada, bisa menemukan lapak dan website anda disana.

5.6. Manajemen Waktu

Dalam menjalankan sebuah usaha di internet, salah satu hal tersulit adalah tentang mengatur waktu yang ada. Banyak orang yang kehabisan waktu di internet hanya sekadar bersosil media saja.

Padahal hasilnya tidak ada, hanya sebatas kesenangan semata. Memang tidak perlu berjam-jam mengurus website / Toko Online yang dimiliki, kuncinya hanyalah konsisten dan benar-benar digunakan baik-baik.

Selain itu, dengan memanejemeni waktu sebaik mungkin, anda bisa membaginya bersama keluarga dan sahabat, untuk sekadar berlibur ataupun bercengkerama.

5.7. Konsisten dan Berdo'a

Poin terakhir adalah teruslah menjaga konsisten dan selalu berdo'a. Konsisten yang saya maksud disini masih berhubungan dengan manajemen waktu.

Bila anda mematok 3-4 jam / hari khusus untuk mengelola website, maka maksimalkan sebaik mungkin, jangan sambilkan dengan pekerjaan lain.

Begitu juga dalam menulis dan menerbitkan artikel. Usahakan terus update artikel-artikel terbaru di blog anda, supaya semakin dikenal oleh Google dan pengunjung pun akan merasa betah.

Jangan lupa untuk berdo'a kepada Allah SWT dalam setiap hal yang dilakukan. Teruslah berserah diri dan biarkan Dia yang mengatur semuanya.

6. Penyebab Kegagalan Bisnis Online

Penyebab kegagalan bisnis online

Meskipun di atas saya menyatakan bahwa Bisnis Online adalah jenis usaha yang tergolong mudah untuk dijalankan, namun nyatanya tetap saja tidak sedikit juga yang gagal.

Walaupun saat ini telah telah banyak kursus maupun workshop yang mengulas tema bisnis di internet, namun tidak sontak membuat para peserta menjadi sukses besar, tapi banyak juga yang gagal.

Lalu, apa sebenarnya penyebab seseorang gagal dalam berbisnis online ?

Nah, beberapa faktor penyebabnya antara lain adalah :

  • Mindset yang salah
  • Pengetahuan yang minim mengenai Online Bussines
  • Tidak fokus dan serius
  • Tidak mengupgrade skill bisnis online
  • Kurangnya inovasi dan perkembangan
  • Mudah menyerah dan tidak sabar
  • Tidak bisa memanejemeni waktu
  • Maunya gratisan mulu
  • Target yang tidak berkelanjutan (cepat puas).

Untuk itu, bila ingin sukses dalam menjalankan bisnis online, semuanya datang dari diri sendiri.

Sesering apapun anda mengikuti berbagai kursus maupun workshop, tetap saja tidak akan membuahkan hasil bila 9 Faktor Penyebab Kegagalan di atas masih bersarang dalam diri anda.

Penutup

Setelah membaca artikel singkat di atas, saya harap anda tidak lagi ragu saat hendak memulai bisnis online. Saya harap anda telah memahami bagaimana potensi yang ada di sana.

Karena selain sebatas ulasan, artikel di atas juga bersifat 'mengajak', terutama bagi kalian yang masih muda, untuk segera mencoba berbisnis online ini.

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Peluang Usaha Bisnis Online yang menjanjikan dan potensial untuk masa depan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT :
  1. 10+ Peluang Usaha Jasa di Desa : Untuk Anda yang Punya Skill Khusus
  2. 12+ Peluang Usaha Unik, Potensial, Sedikit Pesaing dan Masih Jarang di Indonesia
  3. 20+ Jenis Usaha Rumahan di Pedesaan dengan Modal Kecil dan Menjanjikan Untung Besar (2019)
  4. 5 Jenis Usaha Bisnis dengan Putaran Uang yang Cepat
  5. 5 Usaha Malam Hari di Desa untuk Anak Muda : Nyaris Tanpa Modal
  6. 7 Ide Usaha untuk Wanita Muda di Pedesaan : Modal Kecil dan Potensial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel