6 Strategi Pemasaran Sukses dengan Cara Sederhana dan Simpel

6 Strategi Pemasaran Sukses dengan Cara Sederhana dan Simpel

Setiap pebisnis ataupun pengusaha tentu saja ingin bisnisnya maju dan berkembang, untuk itu mereka perlu melakukan strategi pemasaran sukses yang jitu untuk menarik banyak calon pembeli.

Karena betapa pentingnya marketing dalam menjalani sebuah usaha, maka dari itulah saya akan memberikan beberapa tipsnya hanya untuk anda.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran / marketing.

Apa Itu Strategi Pemasaran?
Strategi pemasaran merupakan sebuah tindakan yang dilakukan mengarah pada usaha pemasaran yang dilakukan oleh individu maupun perusahaan dengan pola dan taktik tertentu sehingga penjualan menjadi jauh lebih meningkat. 

Jenis Strategi Pemasaran memiliki nilai penting bagi sebuah perusahaan maupun nilai bisnis karena dapat menentukan nilai ekonomi seperti produksi, pemasaran, dan konsumsi. Namun bagaimana cara melakukannya?


Strategi Pemasaran Sukses yang Harus Anda Terapkan

Melakukan pemasaran tidak dapat dilakukan secara asal-asalan dan sembarangan. Perlu adanya strategi jitu yang harus diterapkan sehingga hasil yang akan anda dapatkan juga akan maksimal. 

Karena bisnis sukses berawal dari marketing yang baik, maka lakukan beberapa hal berikut ini :

1. Kenali Pelanggan Terlebih Dahulu

Teknik strategi pemasaran produk maupun jasa sebaiknya diawali dengan pengenalan terhadap pelanggan terlebih dahulu.

Ingatlahah, pelanggan ini merupakan target market yang anda harapkan bakal terus menerus membeli produk yang anda jual.

Bila pelanggan sudah dikenali, maka startegi marketing akan lebih mudah untuk dijalankan.

Cobalah untuk mengelompokkan target market berdasarkan usia atau kebutuhannya. Bila perlu lakukan survei atau riset kecil-kecilan untuk mengetahui apa saja sih sesuatu yang saat ini mereka butuhkan.

Bila anda sudah mengetahuinya, maka jual saja produk tersebut dan peluang penjualannya jadi laris juga semakin tinggi.

Waktu dan modal yang anda keluarkan tidak akan sia-sia jika menjalankan bisnis dari riset.

2. Lakukan Promosi Produk

Strategi pemasaran sukses dan menjadi inti dari pembahasan ini adalah promosi. Dari hal inilah, calon pembeli bisa mengetahui apa saja produk yang anda jual.

Namun harus diketahui juga bahwa promosi tidak disarankan untuk dilakukan secara asal-asalan. Perlu cara-cara yang jitu untuk dapat menarik banyak pembeli ke toko anda.

Bagaimana cara yang tepat untuk mempromosikan produk ataupun jasa?

Banyak media yang bisa anda manfaatkan. Salah satunya adalah sosial media. Itu yang paling mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Dan juga yang tak kalah penting, pastikan anda tidak melakukan promosi dengan cara-cara yang tidak baik seperti spam.

Perhatikan juga bagaimana kompetitor Anda melakukan promosi. Buat penawaran yang lebih menarik dibandingkan dengan kompetitor. Niscaya anda lebih mudah dalam mendapatkan pelanggan. 

3. Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi yang tepat juga merupakan salah satu upaya mewujudkan keberhasilan dalam melakukan trik marketing.

Hal seperti ini dilakukan supaya anda tidak salah sasaran dalam melakukan sebuah promosi produk atau jasa.

Baik itu untuk Bisnis Online maupun bisnis offline. Dan apakah ini sulit dilakukan? Tentu saja tidak.

Kita ambil saja contoh, penjual nasi goreng. Dimanakah biasanya abang tukang nasi goreng berjualan? Tentu saja di tempat-tempat yang memiliki traffic lalu lintas yang tinggi. 

Seperti di dekat kampus ataupun dekat sekolah. Tempat tersebut dipilih bukanlah tanpa alasan, ada banyak orang berlalu lalang di tempat tersebut sehingga anda lebih mudah dalam mendapatkan pembeli.

Begitupun halnya jika anda mempromosikan produk secara online di grup-grup facebook. Hal ini harus didahului dengan melakukan 9 Teknik Riset Pasar.

Sebagai contoh bila anda menjual kosmetik, pastikan promosi produk dilakukan di grup yang isinya mayoritas wanita bukan pria. Pembeli potensial akan lebih mudah anda dapatkan. 

4. Internet Marketing

Di zaman yang serba modern seperti saat ini, pemasaran tidak bisa dilakukan dengan cara itu-itu saja.

Perlu adanya strategi marketing lainnya yang tidak kalah efektif yakni internet marketing.

Lakukan interaksi dengan pelanggan melalui internet agar anda mengetahui lebih jauh apa yang diinginkan oleh pelanggan dari produk yang dijual.

Selain itu, trik marketing juga dianggap sebagai Teknik Pemasaran yang murah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Guna melakukan internet marketing, anda bisa memanfaatkan sosial media ataupun dengan menggunakan teknik ilmu SEO yang memanfaatkan mesin pencari google.

Jika anda melakukannya dengan baik, insyaallah bisnis menjadi jauh lebih sukses dan berkembang.


5. Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Dalam melakukan strategi pemasaran sukses, menjalani hubungan dengan konsumen adalah hal yang sebaiknya juga dilakukan.

Ingat dalam sebuah bisnis ada ungkapan yang menyatakan bahwa "pembeli atau konsumen adalah raja". Hal tersebut memang benar adanya dan konsumen harus benar-benar kita utamakan.

Jangan menganggap bisnis bisa berkembang karena usaha yang kita lakukan sendiri. Ada juga peran dari konsumen yang membuat bisnis anda bisa berjalan dengan baik.

Toh, produk yang dijual pasti dibeli oleh konsumen bukan? Sering-seringlah menghubungi konsumen atau pelanggan anda untuk meminta saran, masukan, dan juga kritik atau sekadar menawarkan produk terbaru.


6. Perluas Relasi

Semakin luas relasi yang anda bangun, maka semakin besar peluang bisnis untuk jauh lebih berkembang.

Anda juga harus memiliki hubungan baik dengan pemilik usaha lainnya agar bisa menjalin hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.

Namun anda pun juga harus berhati-hati jangan sampai justru anda yang tertipu dari kerja sama yang telah dijalankan. 

Penutup

Lakukan Strategi Pemasaran Sukses yang dijelaskan pada pembahasan di atas demi terwujudnya bisnis yang maju nan Jaya.

Janganan lupa, selalu berfokus pada kualitas produk bukan sekadar bersaing dalam hal harga. Jika anda melakukannya, insyaallah bisnis apapun yang anda jalani dapat dengan mudah memperoleh banyak pelanggan.

Demikianlah, 6 Teknik Pemasaran yang Jitu dan Efektif demi memajukan dan meningkatkan angka penjualan produk anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel