Iklan header





17 Penyebab Jomblo : Pria & Wanita Wajib Baca!

17 Penyebab Jomblo : Pria & Wanita Wajib Baca!

Ada banyak sekali cewek / cowok tidak sadar akan penyebab jomblo lama meskipun sudah kesana-kemari mencari orang yang tepat, atau mungkin sudah ditemukan tapi doi tidak memberi feedback, atau juga mungkin memang tidak ada orang yang suka? Hmm poin terakhir ini kayaknya masih bisa dibilang relatif sih.

Namun tetap saja, pertanyaan tentang mengapa saya jomblo , meskipun tidak ada masalah dengan faktor wajah (baca: ganteng/cantik), materi (baca: berkecukupan) dan tingkat pendidikan, sangat menarik untuk sibahas. Memang banyak sekali anggapan-anggapan yang muncul pengenai pertanyaan ini.

Ada yang mengatakan, orang yang disinggung dari pertanyaan diatas memang memilih untuk sendiri dengan alasan tertentu. Tapi itu hanya sebatas anggapan, karena faktanya, mendapatkan seorang kekasih agar tidak jomblo lagi tidak cukup hanya dengan bermodalkan tampang, materi dan latar pendidikan saja.

Kamu juga pasti sering terheran-heran bahkan sambil bertanya : mengapa orang-orang bisa gonta-ganti pasangan? Kapan saya bisa punya pacar seperti mereka? Kenapa saya masih sendiri sedangkan teman-teman sudah pada gandengan? Miris sekali! Haha.

Tidak sampai disitu. Parahnya lagi, ada beberapa orang yang tidak pernah pacaran / mengenal Cinta meskipun umur sudah kepala 3. Kenapa hal ini bisa terjadi? Kenapa orang seperti ini bisa tetap singel selama bertahun-tahun? Dimana dia saat masa-masa puber? Cukup membingungkan.

Memang akan ada sebagian orang yang menjawab, bahwa orang seperti ini akan lebih memilih untuk selalu sendiri dalam menjalani hidup, mungkin dia tidak terlalu berminat dengan lawan jenis, bisa saja karena hanya menginginkan orang yang langsung mau diajak nikah. Tapi Wajar gak sih, bahkan sampe 30 tahunan?


Ada banyak faktor lain yang jadi penyebab mengapa seseorang bisa punya pacar, bahkan sering gonta-ganti pacar. Namun mirisnya, kebiasaan seperti ini juga memberi sinyal negatif terhadap diri mereka yang di cap "murahan". Hmm.

Apa Penyebab Saya Jomblo ?

Oke, kembali ke kasus. Kamu tahu bahwa dunia percintaan ini sangat rumit. Misalnya, ada seseorang yang menyukai kamu tapi kamu tidak suka. Sebaliknya, kamu menyukai seseroang yang jelas-jelas tidak suka dengan kamu.

Jika kamu memaksakan kehendak, percaya deh, yang akan kamu dapat hanya rasa kecewa dan sakit hati, apalagi jika orang yang kamu taksir sudah punya kekasih atau suka dengan orang lain, akhirnya kamu kembali menjomblo lagi dan lagi.

Jika sekarang kami sedang berada pada posisi seperti kasus atas, usalan saya kali ini benar-benar ditujukan untuk kamu. Dimana saya akan menguraikan beberapa jawaban dari pertanyaan "Kenapa saya Jomblo" dan atau Penyebab Jomblo lama, yang sangat sering ditanyakan di google, mungkin salah satunya adalah kamu. Hehehe. Oke check this out!

1. Kurang Percaya Diri

Yang pertama adalah persoalan kepedean atau percaya diri. Banyak orang yang gagal mendapatkan kekasih karena masalah ini. Padahal, setiap orang pasti menginginkan bisa memiliki kekasih yang bisa dibawa ke dalam keadaan apapun.

Bagaimana jadinya jika kamu adalah orang yang tidak memiliki kepercayaan diri? Tentu akan menjadi masalah besar saat calon kekasih / gebetan ingin mengajakmu bertemu dengan teman-temannya, rekan kerjanya bahkan keluarganya. Mulai hari ini, latih diri untuk menjadi orang yang punya tingkat kepedean tinggi, namun masih tetap dalam batasan kontrol.

2. Terlalu memilih

Penyebab pria / wanita menjomblo berikutnya adalah tentang kodrat diri, yang tentunya punya keinginan memiliki kekasih yang sesuai dengan kriteria. Bukan kamu saja, semua orang juga begitu, termasuk saya.

Namun yang harus diingat adalah, tidak ada manusia yang sempurna, semua punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Padahal, disinilah letak tugas kita sebagai pelengkap kekurangan pasangan, begitu juga sebaliknya.

3. Bertahan di Zona Nyaman

Saat seseorang telah mengalami masa kejombloan yang cukup lama, bisa saja penyebabnya adalah karena dia memang ingin berada di zona nyaman (safe zone). Mungkin karena sedang betah dengan keadaan yang sekarang.

Orang seperti ini biasanya lebih betah menghabiskan waktu sendiri atau bersama teman-teman jomblo lainnya. Karena sudah terlalu nyaman dan menyenangkan, akhirnya pemikiran untuk memiliki seorang pacar pun tertutupi dalam waktu yang cukup lama.

4. Kurang Pergaulan

Jika kamu memang ingin melepas status jomblomu, mulai sekarang keluarlah, dunia terlalu luas untuk dijajal, jangan hanya berkurung di rumah dengan aktivitas-aktivitas yang sangat monoton. Ikutlah nimbrung bersama teman-temanmu di luar sana.


Selain mempererat dan menambah teman, pergaulan juga akan memperluas link kamu dengan orang lain di luar sana. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk berkenalan dengan banyak orang, sembari mencari seseorang untuk didekati.

5. Terlalu sibuk dengan Duniamu sendiri

Penyebab kegagalan dalam menemukan pasangan yang selanjutnya adalah kesibukan kamu terhadap duniamu sendiri, misalnya perkuliahan ataupun mengejar karir. Memang hal ini tidak salah, tapi sudah pasti kamu akan menutup diri secara perlahan untuk menemukan seorang kekasih.

Namun jangan lupa juga ya, berkepanjangan dalam hal ini akan mengakibatkan status jomblo kamu semakin lama. Setidaknya tetaplah buka diri dalam hal asmara, jangan terlalu mengekang pikiran untuk begitu fokus dengan duniamu sendiri.

6. Kurang Peduli dengan Penampilan

Zaman sekarang masih cuek dengan penampilan? jangan heran mengapa kamu terus terusan menjomblo. Meskipun ada ungkapan "don't judge the book by it's cover", itu tidak sepenuhnya berlaku. Pasalnya, penilaian saat pandangan pertama jatuh pada penampilan.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa, penampilan menjadi tolok ukur kepribadian seseorang. So, mulai sekarang perbaiki tampilan dan style kamu, setidaknya jangan bikin orang risih lah, cukup seadanya saja asalkan enak dipandang, karena dipaksakan juga akan terkesan aneh.

7. Menjadi orang lain

Setiap orang pasti punya idola, yang umumnya sesuai dengan hobi atau kesukaannya, namun bukan berarti kamu harus seperti dia, dengan mengubah segala hal dalam diri untuk menjadi semirip mungkin dengan mereka. Siapapun punya karakter bawaannya masing-masing.

Selalu berusaha menjadi seperti orang lain, hanya akan membuat lawan jenis semakin ilfeel. Misalnya kamu menirukan gaya fashion artis idolamu, yang jelas-jelas tidak cocok dengan postur tubuhmu, bukannya terlihat menarik namun malah terkesan aneh.


Jadilah diri sendiri dengan menyesuaikan perangai, keadaan, latar belakang dan relevan dengan lingkungan. Tidak perlu berlebih-lebihan dalam banyak hal hanya untuk terlihat Wow. Ingat, genetanmu tidak butuh itu semua.

8. Cuek terhadap lawan jenis

Bagaimana kamu bisa punya pacar jika saat berada di samping lawan jenis, kamu malah cuek, sok jual mahal, tidak peduli dan diam seribu kata? Percayalah, hal seperti ini tidak baik untuk dibiasakan.

Memang menurut pandangan banyak kalangan, saat bertemu dengan orang yang tidak dikenal lebih baik diam saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun apa salahnya jika mulai menyapa duluan dan mengajak bercengkrama?

Jika perlakuan yang diberikan masih dalam batas wajar, tidak akan jadi masalah, apalagi jika niat kamu memang baik. Menciptakan kesan pertama yang baik akan berdampak cukup besar untuk memungkinkan pertemuan selanjutnya.

9. Punya kebiasaan yang buruk

Penyebab seseorang lama menjomblo berikutnya adalah dia yang memiliki segudang kebiasaan buruk, yang pastinya tidak disukai banyak orang, bisa saja karena melanggar nilai sosial, norma agama dan hukum maupun kebijakan sosial.

Anggap saja seperti kebiasaan mengonsumsi alkohol, perjudian dan kebiasaan negatif lainnya. Andai saat itu kamu punya seorang gebetan dan kemudian dia mengetahui kebiasaanmu tersebut, saya jamin 90% dia akan menjauh dan kesempatan memilikinya pun mulai pudar.

Nah, untuk itu, selagi kesempatan masih terbuka lebar, perbaiki diri untuk menjadi pribadi yang positif dan tetaplah berada di jalan yang baik. Saat kebiasaan buruk itu hilang, lawan jenis akan mulai terbuka untuk menjalin hubungan asmara dengan kamu.

10. Sombong

Penyebab kenapa kamu masih tetap sendiri berikutnya adalah berdasarkan sifat yang melekat pada diri kamu, yakni kesombongan yang pastinya tidak disukai semua orang. Sombong dalam hal apapun itu, baik harta, pendidikan, jabatan, bahkan sok ganteng atau cantik.


Meskipun yang kamu sombongkan adalah fakta atau benar adanya, namun tetap saja hal tersebut akan membuat kamu dijauhi, baik dari segi pergaulan maupun dalam mencari dambaan hati. Kamu juga seharusnya sadar bahwa di mata Tuhan, kita semua sama.

11. Sensitif

Sifat sensitif ini biasanya dimiliki oleh kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kaum pria juga banyak yang sensitif. Dalam dunia pergaulan, terkadang berbagai candaan bisa saja menyebabkan kamu tersinggung, entah itu menuju diri sendiri ataupun keluarga.

Sifat sensitif seperti ini kerap menjadikan seseorang sangat susah mendapatkan kekasih. Mengapa? Karena mereka akan gampang untuk terpancing amarah, cemberut dan bad mood. Akhirnya, mereka menjadi sedikit terasingkan dalam pergaulan.

Menjadi orang yang ceria, selera humor yang tinggi dan tidak cepat tersinggung, akan mempermudah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, begitu juga saat mengobrol dengan lawan jenis yang baru saja dikenal.

12. Ekspektasi berlebihan

Poin ke-12 ini saya anggap sebagai permasalahan paling besar dan berdampak jelas, tentang mengapa kamu masih jomblo hingga sampai hari ini. Banyak kasus yang saya temukan, terutama soal tipe orang yang disukai, tanpa bercermin pada diri sendiri terlebih dahulu.

Sebagai contoh, ada seorang Wanita cukup cantik, fashionable dan instagramable, berangan-angan bisa mendapatkan pria anak orang kaya raya, yang bisa tiap hari menemaninya jalan-jalan, belanja, bisa ajak liburan keluar negeri setiap bulan, mau beliin barang-barang branded untuknya, dan mau menerima dia apa adanya dengan kelakuan dan sifatnya yang cenderung egois / manja.

Harapan seperti diatas saya golongkan pada ekspetasi yang berlebihan. Berharap mendapatkan orang yang sempurna dan mengharapkan orang lain menganggap kamu sempurna, adalah sebuah jalan untuk menjadikanmu jomblo selamanya.

Setampan / cantik apapun kamu, setajir / kaya apapun kamu dan se tinggi apapun gensi pendidikan / gelar kamu, sadarilah bahwa kamu tetap punya "Cacat" atau kekurangan.

Berhentilah berburu orang yang sempurna dengan segala kelengkapan yang dimiliki, jika memang kamu tidak ingin singel dalam waktu yang lama.

13. Selera terlalu tinggi

Tidak jauh berbeda dengan poin yang di atas, mempunyai selera atau standar yang tinggi juga menjadi Penyebab pria atau wanita masih jomblo. Memang tidak ada yang salah dengan hal ini, karena semua orang punya standarnya masing-masing.


Yang jadi masalah adalah kembali ke diri kamu sendiri. Kamu pasti bisa menilai dong, standar seperti apa yang cocok untuk kamu? Meskipun kamu 'lebih' dalam persoalan fisik dan materi, selera terlalu tinggi juga tidak akan menolong kamu dalam menghilangkan status jomblo.

14. Kurang Smart

Zaman kian maju, begitu juga ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai anak muda milenial, punya wawasan yang luas merupakan salah satu dambaan bagi semua orang. Sementara, jika kamu kurang smart / punya wawasan rendah, bisa jadi gebetan akan ilfeel.

Karena bisa saja dia akan membayangkan jika nantinya kalian pacaran, malah keseringan membahas hal-hal yang monoton, biasa-biasa saja dan tidak bermutu. Orang seperti ini dirasa akan kurang menarik dan menantang.

15. Kurang Up to Date

Kurang update terhadap perkembangan terkini dari yang sedang viral atau booming, juga menjadi alasan kenapa kamu masih jomblo. Bagaimana tidak, setiap minggu atau bulannya, ada-ada saja terobosan baru dari berbagai hal di dunia. Dan jika kamu buta akan hal itu, tentunya menjadi suatu penilaian yang cukup buruk.

Lawan jenis bisa saja menganggap kamu sebagai orang yang kudet (kurang update), susah berkembang dan masa bodo terhadap hal-hal penting. Update dengan berbagai perkembangan yang sedang ada pasti membuat diri kamu semakin terlihat cerdas, berwawasan dan berintelektual tinggi.

16. Kurang Aktif

Saya kategorikan poin ini pada saat chattingan misalnya. Jika kamu ingin punya kekasih, cobalah untuk sedikit membuka diri dan memberi ruang agar lawan jenis bisa mengenalmu lebih jauh, daripada harus cuek, acuh dan tidak peduli dengan mereka yang ingin mengobrol via chat dengan kamu.


Orang seperti ini biasanya membalas chat dengan singkat, seadanya dan alakadarnya, seakan-akan setiap kata yang diketik harus dibawar. Jika terus-menerus begini, percaya deh, kamu harus mempersiapkan diri dengan kejombloan untuk waktu yang lama.

17. Kurang Peka

Penyebab kamu terus menjomblo yang terakhir adalah kurangnya kepekaan terhadap apa yang sedang terjadi antara kamu dengan gebetan. Sebagai manusia, kita pasti tidak mungkin menjelaskan segala sesuatunya secara jelas dan rinci, dari sini tentu perlu adanya pengertian dan kepekaan oleh lawan bicara.

Hal ini paling sering dilakukan oleh kaum wanita, dimana rata-rata dari mereka ingin sekali memiliki pasangan yang peka dan mudah mengerti dengan kode-kode wanita yang meskipun terkadang membuat bingung.

Penutup

Nah, demikianlah pembahasan lengkap mengenai penyebab Jomblo lama yang membuat kamu harus merubah persepsi secepatnya. Hindari 17 hal diatas agar segera menemukan kekasih dan mengakhiri masa jomblo kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel