Iklan header





Pengertian dan 13 Manfaat Proposal Usaha untuk Bisnis Baru

Manfaat Proposal usaha
Manfaat Proposal Usaha | Ibnuasmara.com
Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai Pengertian Proposal Usaha, Tujuan dan Manfaat proposal usaha. Sebagai seorang calon Pebisnis sukses di masa depan, salah satu hal yang harus anda paham adalah bagaimana cara membuat proposal usaha.

Meskipun hal ini sangat berpengaruh besar, tetapi masih banyak calon wirausaha yang tetap tidak mengerti, bahkan menganggapnya tidak begitu penting. Umumnya mereka berpersepsi cukup dengan modal dan kesiapan mental, semuanya akan berjalan lancar. Padahal kenyataannya tidak selalu seperti itu.

Secara sederhana, Pengertian Proposal usaha (inggris: To Propose) adalah keseluruhan rancangan dari perencanaan usaha yang dituangkan dalam bentuk tulisan, mulai dari pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data, dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau demi memperoleh persetujuan.


Umumnya, Manfaat Proposal kewirausahaan adalah untuk mendapatkan support atau dukungan dari pihak lain, baik itu bersifat persetujuan, izin, peresmian hingga permohonan dana, yang diawali dengan pengajuan proposal dan disertai syarat-syarat pendukung lainnya.

Jika pengajuan berhasil dan ditanggapi, tentu anda akan mendapat sejumlah Manfaat Proposal Bisnis itu, terutama berupa bantuan yang bisa menunjang dalam memulai usaha baru anda. Misalnya berupa bantuan dana, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai penambah modal awal sebelum terjun untuk Startup ke dunia usaha.

Untuk lebih lengkapnya, silakan disimak Pengertian Proposal usaha menurut Para Ahli berikut ini :
  • Jay (2006 :1) : Proposal adalah alat bantu manajemen standar agar menajemen dapat berfungsi secara efisien.
  • Hasnun Anwar (2004 :73) : Proposal merupakan rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  • KBBI (2002) : Arti Proposal Adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal.

Manfaat Proposal Usaha

Sebelum membuat sebuah proposal, tentu saja anda menginginkan hal tersebut terkesan Formal, elegan, tidak menyalahi aturan serta dirasa layak untuk mendapatkan persetujuan dari orang atau pihak yang dituju. Untuk itu, anda perlu memahami dan mengerti tentang Unsur yang ada dalam proposal usaha tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa, salah satu penyebab pengajuan tidak mendapat respon seperti yang diinginkan adalah, karena banyaknya kesalahan dalam pembuatan proposal usaha tersebut, apalagi jika pihak yang dituju sangat paham mengenai tata cara dalam pembuatannya.

Di dalam dokumen pengajuan tersebut, tertera gambaran dari keseluruhan rencana yang anda susun, sebagai prediksi dan tolok ukur perkembangan kedepannya.

Kemudian akan mendorong calon wirausaha untuk menganalisis keseluruhan aspek, dan mempersiapkan strategi cadangan yang efektif untuk menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi.


Dibawah ini adalah beberapa Manfaat Proposal usaha untuk bisnis yang akan anda dijalani :
  • Sebagai perbandingan antara perkiraan dengan hasil yang nyata.
  • Membantu anda dalam mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain.
  • Menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menyeluruh.
  • Membantu wirausahawan untuk bisa berpikir kritis dan objektif dari bidang usaha yang akan dijalankan.
  • Persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi secara cermat, mengenai seberapa besar tingkat keberhasilan usaha.
  • Mengidentifikasi adanya kemungkinan resiko kritis pada saat penting, untuk mempermudah penentuan langkah antisipasi.
  • Memberikan sumber-sumber finansial yang lebih jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting serta evaluasi finansial.
  • Memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibanya sebagai wirausahawan sekaligus pemimpin
  • Menjadi sebuah gambaran awal dan seberapa jauh kemampuan manajerial seseorang wirausahawan.
  • Dapat mengidentifikasikan adanya risiko kritis pada saat penting, guna memudahkan penentuan langkah antisipasi.
  • Memberikan informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang mungkin diraih.
  • Memberikan sumber-sumber finansial yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi finansial.
  • Memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya.

Demikianlah, Ulasan kali ini mengenai Pengertian Proposal dan Manfaat Proposal Usaha pada Bisnis Baru Anda. Jika anda adalah calon wirausaha, mulai sekarang belajarlah mengenai hal ini dan dapatkan segenap manfaat darinnya.

Rekomendasi Artikel :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel