Iklan header





Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus 2019 di Masyarakat Desa

Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus an di Masyarakat Desa

Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus - Tidak lama lagi, kita akan kembali merayakan Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019. Momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh Rakyat di tanah air, dalam mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

Setiap tahun, akan banyak sekali acara, karnaval dan festival tujuh belasan yang berlangsung di semua daerah, mulai dari Karang Taruna, Sekolah, Osis dan sebagainya, dari pelosok timur nusantara hingga ke barat.

Setiap orang akan berlomba-lomba merayakan momen kemerdekaan ini sebagai salah satu bentuk dan wujud penghargaan, sekaligus mengenang jasa para pejuang.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai contoh proposal 17 agustus di masyarakat, yang bisa anda jadikan referensi jika anda belum tahu Cara membuat proposal 17 agustus, terutama soal pengumpulan dana yang pastinya cukup besar, apalagi jika pesertanya sangat banyak, karena mencakup satu kampung atau daerah tertentu.

Proposal kegiatan 17 agustus di kelurahan umumnya akan diselenggarakan oleh tokoh-tokoh pemuka, pemuda-pemudi yang aktif serta partisipasi dari berbagai lapisan kalangan dalam Masyarakat itu sendiri. Intinya, semua pihak akan berkontribusi demi mensukseskan acara tersebut.

Nah, salah satu syarat mengadakan kegiatan 17 agustus di masyarakat adalah Dana. Seperti yang sudah saya singgung di atas, anggaran dana akan otomatis bertambah seiring jumlah peserta semakin banyak. Untuk itu, perlu adanya pengajuan proposal kegiatan 17 agustus an.

Nantinya, proposal permintaan dana tersebut bisa dikirimkan ke badan-badan tertentu seperti perusahaan, organisasi dan sejenisnya, baik yang berada di lingkungan wilayah itu sendiri, maupun disekitarnya. Semakin banyak proposal yang diajukan, estimasi pendapatan dana bantuan untuk acara tersebut akan bertambah pula.


Namun, hal pertama yang harus anda lakukan adalah, memahami tata cara membuat proposal 17 agustus tersebut. Nah, dibawah ini adalah contoh proposal kegiatan 17 agustus di masyarakat yang bisa Anda tiru dan sesuaikan.

PROPOSAL

PERMOHONAN DANA KEGIATAN AGUSTUSAN
HUT KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74

DESA SUKASARI,
KECAMATAN SUKABERSIH,
KABUPATEN SUKADAMAI.

1. PENDAHULUAN

Seiring akan berlangsungnya pesta kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 ini, sudah sepatutnya bagi kita sebagai Bangsa Indonesia untuk mengenang, menghormati dan menghargai seluruh jasa-jasa para pahlawan bangsa yang gugur dan telah mendahului kita, dalam membela Kedaulatan Negara.

Kemerdekaan merupakan momen paling penting dalam perjalanan sebuah bangsa. Terlepas dari itu semua, sebagai rakyat yang merdeka, tugas kita bukan hanya sebatas mempertahankan, tapi juga mengenang seluruh jasa dan pengorbanan para pejuang dalam merebutnya.

Salah satu caranya yakni mengisi hari kemerdekaan tersebut dengan berbagai kegiatan positif, dalam rangka mempererat persatuan, menambah wawasan mengenai kebangsaan serta meningkatkan kepedulian terhadap keutuhan negara.

Oleh karenanya, Masyarakat Desa Sukasari ingin berpartisipasi akan hal ini, dan Kami selaku Panitia, ingin menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 di desa Sukasari. Semoga kegiatan ini berlangsung dengan aman dan sukses, serta dapat diterima sebagai wujud sumbangsih kami kepada bangsa ini. Amin..

I. TUJUAN KEGIATAN

I.I. Maksud
Adapun maksud diselenggarakannya kegiatan ini yaitu sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, serta bentuk keceriaan saat menyambut HUT RI yang ke-74 di Tahun 2019.

I.II. Tujuan
Adapun yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan 17 agustusan ini adalah sebagai berikut :
  • Menanamkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme
  • Mempererat tali persaudaraan serta silahturahmi pada sesama warga Desa Sukasari, Kecamatan Sukabersih, Kabupaten Sukadamai,
  • Meningkatkan motivasi perjuangan demi meraih prestasi dan harapan,
  • Memupuk jiwa sportifitas serta melatih kekompakan pada tim waktu dalam perlombaan,
  • Mengalihkan aktivitas pemuda yang negatif diganti dengan kegiatan yang positif.


II. TEMA KEGIATAN

"Melalui semangat 45, Ayo kita pupuk dan kembangkan kreatifitas, keterampilan, kerjasama, serta sportifitas warga Desa Sukasari, Kecamatan Sukabersih, Kabupaten Sukadamai".

III. PESERTA

Adapun peserta yang akan berpartisipasi dalam Perayaan HUT RI ke-74 di Desa Sukasari adalah seluruh lapisan masyarakat (jenis kelamin, status, usia) yang mendaftarkan dirinya ke pihak panitia.

IV. PANITIA PELAKSANA

Ketua : Andi Saputra
Sekretaris : Rahma Dewita
Bendahara : Irfan Susanto
Seksi Acara : Bagas Rahman 
Seksi Umum dan Dokumentasi : Willy Andriani
Seksi Upacara : Tengku Mahmud
Seksi Peralatan : Jaka Saputra 
Seksi Lomba : Susi Deswita
P3K : Riska Wulandari

V. WAKTU DAN TEMPAT

Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 ini akan berlangsung mulai tanggal 17 setelah Upacara Bendera, dan berakhir tanggal 20 Agustus 2019 hingga selesai, berlokasi di Los Pasar Tradisional dan Lapangan Bola Kaki Desa Sukasari.

VI. URAIAN KEGIATAN

Lomba :
  • Tarik tambang (anak-anak dan dewasa)
  • Lomba makan kerupuk (anak-anak)
  • Lomba balap karung (anak-anak dan dewasa)
  • Lari kelereng di sendok (anak-anak)
  • Memasukkan paku ke dalam botol (anak-anak)
  • Futsal (dewasa)
  • Volleyball (dewasa
  • Panjat Pinang (dewasa).

Jadwal :
  • 17 Agustus : Upacara Bendera
  • 18 Agustus : Lomba anak-anak ( 08.00 - selesai)
  • 19 Agustus : Panjat Pinang (14.00 - selesai)
  • 20 Agustus : Final Futsal dan Volleyball (16.00 - selesai).

Hadiah :
  • Anak-anak : Peralatan belajar dan sekolah
  • Dewasa : Uang tunai dan peralatan rumah tangga.

VII. ANGGARAN DANA

Pengeluaran :
  • Tali tambang : 2 x 50.000 = 100.000
  • Kerupuk : 50 x 1.000 = 100.000
  • Karung : 10 x 5.000 = 50.000
  • Bola Futsal : 1 x 500.000 = 500.000
  • Tali pengikat : 3 x 3.000 : 9.000
  • Cat : 2 x 25.000 = 50.000
  • Bendera Merah Putih : 5 x 15.000 = 75.000
  • Perlengkapan Hadiah : +- 300.000
------------------------------------------------------------
Total : 1.084.000

Sumber Dana :
Insert khusus dewasa : 10.000 / orang.

PENUTUP
Demikianlah, susunan keseluruhan rencana yang akan kami adakan seiring pengajuan proposal ini, semoga bisa menjadi gambaran atas apa yang akan kami selenggarakan. Kami sangat berharap dukungan dan partisipasi dari Bapak / Ibu.

Kami selaku Panitia mohon maaf bila sekiranya ada kata-kata yang menyinggung atau tidak mengenakkan dalam Proposal Kegiatan 17 Agustus ini.

Semoga Proposal yang Bapak / Ibu terima dari kami ini sekalian mempererat silaturahmi dan kekeluargaan kita bersama. Semoga segala kegiatan yang dilaksanakan menjadi amal baik dan positif untuk kedepannya.

Sukadamai, 22 Juni 2019
Panitia Pelaksana

Ketua Panitia
Andi Saputra

Sekretaris
Rahma Dewita

Mengetahui :
Ketua RT Desa Sukasari
Rahmad Effendi
Ketua Persatuan Pemuda-Pemudi Desa Sukasari
Irsyad Arif Hutama

Gambar Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus an

  • Bagian I
Contoh gambar proposal hut ri

  • Bagian II
Contoh gambar proposal hut ri

  • Bagian III
Contoh gambar proposal hut ri

Kesalahan dalam membuat Proposal 

Untuk meminimalisir anggapan-anggapan aneh dan tidak mengenakkan dari pihak yang kita tuju, upayakan untuk menghindari beberapa Kesalahan dalam menulis proposal kegiatan 17 agustus di bawah ini :
  1. Tidak mengisi Pendahuluan dengan gambaran acara
  2. Memakai bahasa tidak formal / kekinian / bukan EYD. Meskipun hanya sedikit atau beberapa kata saja, tetap tidak baik
  3. Kesalahan dalam pengetikan
  4. Menyingkat kaya yang tidak sepantasnya untuk disingkat
  5. Tidak beraturan dalam menyampaikan setiap poinnya.

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Contoh Proposal 17 Agustus di Masyarakat Desa atau Kelurahan , semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi tambahan bagi anda, dalam membuat Proposal acara tujuh belasan nantinya. Terima kasih. Merdeka!!!!!
Selanjutnya : Anggaran Dana untuk Acara 17 Agustusan

0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus 2019 di Masyarakat Desa"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Karena setiap Perkataan mencerminkan Karakter dan Kepribadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel