5 Cara Mendapatkan Banyak Pembeli di Pasar Tradisional

5 Cara Mendapatkan Banyak Pembeli di Pasar Tradisional

Ada berbagai cara mendapatkan banyak pembeli jika anda berjualan di pasar tradisional. Terlebih lagi, didukung dengan kondisi pasar yang ramai maka peluang untuk pelanggan datang ke lapak anda juga semakin besar.

Apakah faktanya selalu seperti itu? Nyatanya tidak selalu ramai. Apalagi jika produk yang anda jual juga dijual oleh pedagang lainnya. Tanpa strategi penjualan di pasar tradisional yang tepat, maka menjadi sulit bagi anda untuk mendatangkan banyak pembeli.

Baca dulu : Pengertian Pasar

Tentu anda juga pernah mengalami hal yang sama bukan? Lapak sepi jarang ada yang membeli. Maksud hati ingin membuka usaha yang laris di pasar tradisional, namun kenyataannya barang sangat sedikit yang membeli. Jelas, hal ini bukanlah tanpa sebab.

Beberapa Penyebab Sepinya Jualan di Pasar Tradisional

Jika anda telah mengetahui bahwa tak seorangpun ingin membeli atau sekadar datang ke tempat jualan/kios anda, mungkin beberapa hal ini menjadi penyebabnya :

1. Tempat yang Becek

Mungkin sebagian masyarakat telah terbiasa membeli banyak barang di pasar tradisional walaupun keadaannya yang becek dan licin. Namun tidak dengan sebagian yang lainnya.

Ada orang-orang yang merasa jijik jika harus membeli sesuatu di lapak pedagang yang tempatnya becek bekas sisa hujan semalam. Ini adalah salah satu dari penyebab sepinya pelanggan.

2. Sesuatu yang Dijual Berkualitas Buruk

Selain permasalahan tempat, sesuatu pedagang jual juga menjadi penilaian penting dari pembeli apakah akan memutuskan untuk membeli barang tersebut ataukah tidak.

Sebagai contoh makanan, yang sudah barang tentu pasti ingin membeli makanan yang bersih, higienis, dan juga lezat di konsumsi.
Berbeda halnya bila mereka melihat makanan yang tampilannya saja sudah terlihat seperti makanan busuk, maka hampir dipastikan jika pembeli tersebut tak akan membeli makanan tersebut. 

3. Pelayanan yang Buruk

Meskipun hanya di pasar tradisional, tak lantas membuat pembeli mengabaikan bagaimana pelayanan dari si penjual.

Sekalipun barang yang dijual memiliki kualitas yang baik dan tempat jualan juga bersih, namun jika pelayanan buruk maka semua itu tak ada artinya.


Cara Mendapatkan Banyak Pembeli di Pasar Tradisional

Bila anda mengalami masalah lapak sepi saat berjualan di pasar tradisional, tak perlu bingung dan tak perlu panik. Tetapi lakukanlah beberapa cara atau tips di bawah ini. Apa saja itu?

1. Jujur Dalam Berniaga

Bilamana anda ingin sukses dalam berniaga di pasar tradisional, kejujuran merupakan hal utama yang harus diterapkan.

Berbagai aspek yang berhubungan dengan barang dagangan anda haruslah disampaikan secara jujur alias tidak berbohong.

Contohnya, ketika anda menimbang beras ataupun sembako jangan sekali-kali melebih-lebihkan atau sengaja mengurangi berat dari produk yang ditimbang tersebut.

Sampaikan secara jujur tentang kondisi barang yang sedang anda jual. Sampaikan secara apa adanya, dan jangan sekali-kali berbohong kepada pembeli anda.

Sekali berbohong, maka hancurlah kepercayaan pembeli kepada anda dan bukan tidak mungkin bisnis menjadi hancur dan semakin sepi pembeli. 
Percayalah jika anda menjunjung tinggi kejujuran maka Tuhan akan meridhoi dan bisnis anda menjadi lebih berkembang.

2. Menjual Barang Kebutuhan Sehari-hari

Pada dasarnya di pasar tradisional, anda bisa menjual apa saja yang diinginkan. Baik itu makanan, minuman, mainan, ataupun yang lainnya.

Namun pada faktanya orang-orang yang berbelanja di pasar mayoritas membeli sesuatu yang dibutuhkan sehari-hari. Misalnya beras, ikan, tempe, sayur-sayuran, atau buah-buahan.

Barang-barang tersebut adalah yang paling banyak dicari oleh pembeli di pasar tradisional.

Walaupun juga ada pedagang lain yang menjual kebutuhan pokok yang sama, percayalah bahwa dagangan anda pasti tetap akan laku.
Dengan menjual apa yang di inginkan oleh pembeli, maka potensi mendapatkan keuntungan jual beli di pasar tradisional yang melimpah juga semakin besar. Selain itu, anda bisa menggunakan cara ketiga berikut ini :

3. Jual Barang yang Masih Segar

Jika anda ingin barang yang dijual mudah laku dan bisa mendapatkan banyak pembeli maka juallah barang yang masih fresh alias masih segar. Utamanya untuk makanan atau minuman.

Produk yang masih segar juga menandakan kualitasnya masih baik dan layak untuk dikonsumsi.

Dan jika Anda menjual produk dengan kriteria seperti itu, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak pembeli. 

4. Jual dengan Harga yang Terjangkau

Cara mendapatkan banyak pembeli di pasar tradisional berikutnya adalah dengan jual barang dengan harga yang terjangkau.

Bila perlu sedikit lebih murah daripada pedagang yang lainnya. Harus diakui memang persaingan harga di pasar adalah sesuatu yang lumrah terjadi. 

Bila anda menjual sesuatu dengan harga terlampau mahal, maka akan sulit bagi anda untuk mendapatkan pembeli.

Tetapi meskipun anda menjual barang dengan harga murah, jangan lupakan sisi kualitas dari barang yang anda jual.
Jangan sampai pembeli merasa kecewa dan justru anda kehilangan banyak pembeli karena tindakan yang dilakukan tersebut.

Jadi, semurah apapun barang yang kamu jual kualitas tetap diutamakan ya. Dan perhitungkan juga jnahan sampai anda sendiri yang mengalami kerugian.

5. Selalu Berikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

Dan yang tak kalah penting, cara mendapatkan banyak pelanggan di pasar tradisional juga ditentukan dari sikap anda kepada pembeli. 

Percayalah, pembeli sangat menyukai pedagang yang bisa memberikan servis terbaik atau ramah kepada mereka.

Dan anda harus melakukan hal itu, bila mampu melakukannya maka citra baik sebagai pedagang juga semakin naik.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bersikap baik kepada konsumen. Contohnya seperti murah senyum, menggunakan nada rendah ketika berkomunikasi, melayani dengan baik, dan lain sebagainya.
Selain itu tak ada salahnya juga jika anda memberikan bonus sesekali untuk menarik perhatian pembeli. 

Penutup

Demikianlah beberapa tips atau cara mendapatkan banyak pembeli di pasar tradisional, silakan terapkan dalam kehidupan sehari-hari anda ketika berjualan.

Insyaallah keuntungan dan omzet yang didapatkan juga semakin tinggi dan melimpah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel