Iklan header





Ping Artikel: Pengertian, Dampak dan Cara Ping Artikel Blog agar Cepat Terindex

Ping Artikel: Pengertian, Dampak dan Cara Ping Artikel Blog agar Cepat Terindex Mesin Pencari
Ilustrasi by Prepostseo.com
Sebenarnya, apa itu Ping Artikel? Pengertian Ping Artikel adalah kegiatan yang dilakukan seorang Blogger untuk memberitahu Search Engine (Seperti Google, Bing, Yandex, dll) bahwa ada Blog atau URL yang baru saja diterbitkan.

Kesannya, Blogger tersebut seakan-akan memberikan "Kode Etik" kepada mesin pencari agar segera melakukan perayapan dan pengindeksan terhadap Blog / Url baru tersebut, dengan memanfaatkan layanan milik Google sendiri, atau melalui beberapa Tools Ping Artikel yang ada di Internet.

Pengertian, Dampak dan Langkah menggunakan Layanan Ping Artikel 

Sebagai seorang Blogger (baik pemula atau senior), Layanan yang satu bukanlah istilah yang asing lagi ditelinga. Saya yakin semua blogger pasti pernah memanfaatkannya.

Banyak kasus yang berpendapat, Mafaat Ping Artikel selain memberitahu Search Engine, juga berfungsi untuk mempercepat pengindeksan konten baru.

Bahkan beberapa Master Blogger menyarankan untuk menggunakan Layanan Ping Artikel dalam membantu mempercepat pengenalan blog terhadap mesin pencari.

Namun, ada juga blogger-blogger senior yang malah menyarankan untuk membatasi pengguaan layanan ini, karena bisa menyebabkan beberapa masalah kecil maupun besar terhadap kelangsungan blog.

Nah, pada kesempatan ini, saya akan mengulas Pengertian, Dampak Positif dan Negatif, serta Cara melakukan Ping Artikel yang benar agar konten blog cepat terindeks. Baca ulasan ini hingga selesai agar tidak salah paham. Check this out.

Dampak Positif dan Negatif Ping Artikel untuk mempercepat Pengindeksan Konten Blog

Sebenarnya, tanpa melakukan Ping terhadap artikel sekalipun, konten-konten yang sudah kita terbitkan sejatinya akan dirayapi dan diindeks secara otomatis oleh Spider (bot) mesin pencari, dengan mengikuti beberapa panduan dari Google.

Namun bagi blogger baru, perlu memaksimalkan semua layanan yang disediakan dan diketahui, agar proses pengindeksan bisa dipercepat dan blog baru mulai mendapatkan visitor.

Saran untuk melakukan Ping terhadap artikel yang baru saja dipublikasi, telah diulas secara luas oleh website-website luar maupun lokal. Ini membuktikan bahwa kegunaannya cukup penting dan termasuk salah satu Faktor SEO.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagus dan seberkualitas apapun artikel yang terbit pada sebuah blog baru, tidak mungkin akan langsung terindeks dan menduduki posisi potensial di pencarian. Untuk itu, perlu memanfaatkan beberapa bantuan dan salah satunya adalah Ping Artikel ini.

Namun, dalam prakteknya ternyata terdapat juga beberapa Dampak Negatif Ping Artikel terhadap blog, penyebabnya adalah penggunaan yang berlebihan, dalam artian terlalu sering mensubmit URL Homepage atau URL artikel ke berbagai Tools tersebut.

Kenapa? Karena secara tidak langsung, Proses ini berarti memaksa pengiriman query situs ke search engine untuk secepatnya melakukan pengindeksan, sehingga jika berlebihan, maka Pihak Search Engine akan menganggapnya sebagai tindakan Spammer, dimana Praktek Spam sangat dibenci oleh Google.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, sebenarnya tanpa pihak ketiga-pun, URL yang sudah disubmit ke Webmaster Tools akan otomatis dirayap, meskipun terkadang membutuhkan waktu yang relatif lama.

Selain itu, pihak google sendiri juga sudah menyediakan fasilitas yang bernama "Google Ping". Tentu saja, menggunakan properti-properti milik Google sendiri akan lebih terjamin keamanannya. Jika ingin lebih aman lagi, cukup lakukan 1-2 kali saja dalam seminggu.

Cara Melakukan Ping Artikel agar cepat terindeks

Dari banyak situs lokal dan internasional yang saya survei, setidaknya terdapat 5 tools ping artikel gratisan yang paling banyak digunakan oleh blogger-blogger di seluruh dunia, dari dulu hingga sekarang.

Diantaranya adalah :

Sejujurnya saya sudah mengenal beberapa tools diatas sejak awal ngeblog dulu, yakni tahun 2014. Dan yang paling sering saya gunakan adalah Googleping dan layanan milik TotalPing.com.

Mengapa tidak Googleping? Karena sekarang layanan ini sudah susah untuk diakses, entah karena peralihan fungsi, saya juga belum tahu kepastiannya.

Untuk itu, saya hanya akan menjelaskan Cara submit URL Blog / Artikel ke TotalPing saja. Silakan simak langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Buka website TotalPing.com
Jika sudah masuk, anda akan melihat tampilan halaman seperti ini :

Ping Artikel: Pengertian, Dampak dan Cara Ping Artikel Blog agar Cepat Terindex Mesin Pencari

2. Silakan isi semua kolom yang disediakan :
Blog Name : isi nama blog anda
Blog Home Page : isi Url blog / Url artikel
RSS URL : isi dengan RSS anda.

Cara mengetahui RSS Url blog kita adalah dengan masuk ke FeedBurner ➡️ Klik nama situs  ➡️ Edit Feed Details ➡️ Copy URL Feed yang ditampilkan.

Hasilnya akan seperti ini :

Ping Artikel: Pengertian, Dampak dan Cara Ping Artikel Blog agar Cepat Terindex Mesin Pencari

3. Setelah semua kolom diisi dengan benar, selanjutnya jangan lupa centang semuanya dan klik juga "I agree to the TOS", lalu klik MAKE PING!

Maka akan dilakukan pemprosesan submit, tunggu hingga 100%. Dan jika sudah selesai, hasilnya akan seperti ini :

Ping Artikel: Pengertian, Dampak dan Cara Ping Artikel Blog agar Cepat Terindex Mesin Pencari

4. Selesai.

Nah, itulah tadi Pengertian, Dampak positif dan negatif, serta Cara Ping Artikel agar Cepat Terindeks Google. Semoga bisa memberi wawasan baru dan manfaat. Terima kasih.

Baca juga : Tips dan Cara mengatasi Jingling di Blog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel