Iklan header





Pengertian PASAR Menurut Para Ahli, KBBI, AMA dan Umum

Pengertian PASAR Menurut Para Ahli

Pengertian Pasar adalah...

Sebenarnya, apa itu Pasar? Pengertian Pasar secara umum adalah Tempat bertemu dan berkumpulnya antara penjual dan pembeli, dalam melakukan kegiatan tawar menawar (proses jual beli) yang kemudian melakukan transaksi, untuk saling memenuhi keinginan dan kebutuhan.

Pengertian Pasar menurut Ilmu Ekonomi adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Pasar yang dimaksud bisa merujuk kepada suatu negara tempat suatu barang dijual dan dipasarkan.

Selain tempat bertemu penjual dan pembeli, Fungsi Pasar adalah sebagai sarana distribusi, Pembentuk Harga / Menetapkan Nilai dan sebagai sarana Promosi. Sehingga, Perekonomian suatu masyarakat dipengaruhi oleh keadaan pasarnya.

Jenis Pasar juga sangat banyak, mulai dari segi klasifikasinya, strukturnya dan luas jangkauannya. Yang paling umum ada di masyarakat dan paling banyak ditemukan adalah jenis Pasar Tradisional dan Modern.
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Bentuk Pasar sudah merambah secara pesat dan luas di Internet. Mulai dari proses penjualan, penawaran dan pemasaran. Istilah paling terkenal yakni Internet Marketing.

Lalu, Apa itu Pengertian Pasar menurut Para Ahli? Apakah pendefinisian kita selama ini salah? Untuk informasi lebih lengkap, saya telah mengulasnya dibawah ini. Silakan disimak dan Keep Enjoy.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian pasar menurut KBBI adalah tempat orang berjual beli. Definisi lainnya menurut KBBI, pasar adalah kekuatan penawaran dan permintaan, tempat penjual yang ingin menukar barang atau jasa dengan uang dan pembeli yang ingin menukar uang dengan barang atau jasa.

2. Asosiasi Pemasaran Amerika (AMA)

Menurut America Marketing Association, Definisi Pasar / Pemasaran adalah tempat pelaksanaan kegiatan usaha penjualan, yang setelahnya diarahkan secara khusus untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

3. H. Nystrom

Adalah sebagai tempat penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen ke konsumen. Singkatnya, pengertian pasar adalah tempat transaksi barang dan jasa antara produsen dan konsumen.

Baca juga : Pengertian Personal Selling

4. Kotler dan Amstrong

Ialah seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi.

5. Simamora

Sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan terhadap produk tertentu, memiliki kemampuan dan kemauan untuk membeli produk tersebut dan memiliki kesempatan untuk memutuskan membeli sebuah produk.

6. Handri Ma’aruf

Menurut Handri Ma’ruf ada tiga, yang pertama dapat diartikan tempat yakni sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli. Yang kedua dapat diartikan sebuah penawaran dan permintaan yakni tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli.

Baca juga : 5 Istilah Modern dalam Marketing

Yang ketiga diartikan sebagai sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli.

7. Kotler

Suatu tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang.

8. Dr. Winardi SE

Sebuah tempat dimana secara ideal harga-harga pada waktu tertentu adalah sama untuk semua penjual dan pembeli.

9. Philip dan Duncanadan

Sesuatu yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Singkatnya pasar merupakan tempat untuk meletakkan barang-barang untuk dibeli konsumen.

Baca juga : 9 Cara melakukan Riset Pasar

10. Atep Adya Barata

Pengertian Pasar Adalah tempat dimana berkumpulnya penjual dan calon pembeli, baik secara langsung maupun tak langsung saling berhubungan melaksanakan pertukaran, baik barang maupun jasa.
__________

Demikianlah, Pengertian Pasar menurut para Ahli dan Secara Umum. Semoga bisa menambah wawasan anda dan terima kasih sudah berkunjung.

Rekomendasi Artikel :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel