6 Manfaat dan Pentingnya Manajemen dalam Organisasi

Manfaat dan Pentingnya Manajemen dalam Organisasi
Pentingnya Manajemen dalam Organisasi - Pengertian Organisasi adalah tempat atau wadah berkumpulnya dua orang atau lebih, yang tergabung dalam aturan yang sama, sistematis dan terkendali, bertujuan untuk mencapai segenap perencanaan yang disusun, dengan ko memanfaatkan segala sumber daya yang ada.

Hubungan Manajemen dengan Organisasi sangatlah dekat. Pengertian manajemen adalah langkah atau proses dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya yang ada, dalam mencapai tujuan secara efisien dan optimal.

Segala bentuk organisasi, pasti membutuhkan penerapan Manajemen yang baik. Mulai dari penyusunan perencanaan, bagaimana cara mengimplementasikan perencanaan, pengarahan dan pengontrolan segala kegiatan dalam organisasi tersebut.


Pentingnya Manajemen dalam sebuah Organisasi

Dengan adanya Manajemen dalam Organisasi, tentunya akan membantu dalam menyusun struktur organisasi, yang dimana semua individu bisa berada pada posisi yang sepantasnya, berdasarkan skill dan kemampuan masing-masing.

Pengaturan posisi tersebut akan mempermudah tercapainya tujuan, mengingat setiap sumber daya ditempati dan dijalankan oleh orang-orang yang memang berada pada divisinya sendiri, sesuai kemampuan.

Bukan itu saja, dibawah ini adalah Manfaat Manajemen dalam Organiasai :

1. Menyusun Struktur Organisasi

Peran manajemen yang pertama yakni andil dalam menyusun struktur organiasai. Penempatan setiap individu dalam internal perusahaan haruslah berdasarkan skill, kemampuan dan pengalamannya.

Hal ini bertujuan supaya setiap sumber daya yang ada bisa berperan dan memberikan yang terbaik terhadap organisasi, serta mempermudah tercapainya tujuan yang sudah direncanakan.

Selain itu, penyusunan yang terstruktur akan berdampak pada minimnya segala bentuk kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, sehingga proses perjalanan usaha bisa mengakir dengan baik dan tetap dalam garis perencanaan awal.

2. Meningkatkan Potensi SDM

Salah satu tujuan manajemen adalah kegiatan pengarahan. Setiap organisasi pasti memiliki yang namanya pemimpin (manajer), yang bertugas memberikan pengarahan dan pengontrolan terhadaop segala bentuk kinerja didalamnya.

Dengan bimbingan dan arahan yang baik serta bersifat mendidik, semua orang yang berada dalam lingkup organisasi akan berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik, serta senantiasa berkompeten untuk mewujudkan tujuan usaha.


3. Sebagai Pedoman Penilaian dan Tolok Ukur

Manfaat manajemen dalam organisasi yang selanjutnya adalah menjadikannya pedoman serta tolok ukur, untuk memberikan penilaian yang sepantasnya terhadap segala peristiwa yang terjadi dari tenaga kerja.

Penilaian-penilaian tersebut akan memberikan tolok ukur yang nantinya akan menjadi perbandingan, serta sebagai bahan evaluasi demi memperbaiki kesalahan-kesalahan dan meningkatkan kualitas SDA didalamnya.

4. Mempererat Persatuan

Setiap divisi dalam organisasi haruslah memiliki tingkat persatuan, solidaritas dan kerjasama yang tinggi, serta menyatukan tujuan untuk menggapai goals usaha.

Manajemen akan mengatur segala divisi didalamnya, sehingga mampu menciptakan suatu persatuan yang kuat, baik dari segi niat, ketergantungan dan kesadaran akan kepentingan masing-masing.


5. Memaksimalkan segala Sumber Daya dengan baik

Dengan pengarahan dan pengendalian yang baik, tentu segala bentu kinerja dapat pula dimaksimalkan. Hal tersebut pastilah mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap proses pencapaian perencanaan udaha.

Bayangkan jika peran manajemen dalam organiasai tidak efektif, bisa-bisa perjalanan usaha akan tidak stabil dan terseok-seok hingga gagal di tengah jalan. Itulah mengapa pengoptimalan SDA sangat berpengaruh besar.

6. Membantu mencapai Tujuan

Pentingnya Manajemen terhadap organisasi yang terakhir adalah, membantu secara keseluruhan dalam rangka mencapai tujuan usaha, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Penerapan Manajemen yang baik dalam suatu organiasai tidak hanya sekadar membantu mencapai tujuan saja, namun juga kepada pengajaran dan tolok ukur evaluasi terhadap rencana perubahan-perubahan yang bersifat penting.


Penerapan Manajemen dalam Organisasi

Secara umum, Manajemen pada dasarnya baru dapat diterapkan berdasarkan beberapa alasan berikut ini :
  • Ada tujuan bersama dan kepentingan yang sama yang akan dicapai.
  • Ada kerjasama diantara sekelompok orang dalam ikatan formal dan ikatan tata tertib yang baik.
  • Ada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur.
  • Ada Hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib.
  • Ada sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan.
  • Ada organisasi untuk melakukan kerjasama.
  • Ada wewenang (authority) dan responsibility dari setiap individu anggota.
  • Ada koordinasi,integrasi dan sinkronisasi (KIS) dari setiap proses manajemen tersebut
  • Ada pemimpin/pengatur dan bawahan yang akan diatur.
  • Ada relationship in organization dan human organization.
__________________

Nah, itulah tadi artikel mengenai Pentingnya Manajemen dalam Organisasi, serta Penerapan manajemen dalam organiasai. Semoga bisa menambah wawasan dan terima kasih.

Rekomendasi Artikel :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel