Waspada! Inilah 5 Bahaya, Efek & Akibat Copy Paste (CoPas) Artikel Blog Orang

Bahaya Copy Paste

Bolehkah copy paste artikel? Setiap Blogger baru maupun lama pasti mengenal istilah yang sangat fenomenal dan terkadang membuat risih para blogger, apalagi kalau bukan Fenomena Copy Paste (Copas).

Copy Paste Artikel Blog adalah kegiatan seorang blogger yang menyalin artikel / konten dari blog maupun website milik orang lain, yang kemudian diterbitkan kembali pada blog atau website milik dia pribadi, baik melalui proses pengeditan, maupun tidak.

Fenomena Copy Paste (Indonesia: Salin dan Tempel) bukanlah perkara yang baru. Sejak tren Blogger pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia, istilah Copas sejatinya sudah ada dan mulai berkembang kala itu, hingga kini.

Sebagai bukti, dibawah ini adalah Screenshot tampilan halaman situs Detik.com, pada tanggal 11 November 1998 silam :

Bahaya copas artikel

Banner yang saya lingkari adalah iklan milik Detik.com, yang berupa teguran dan ditujukan bagi semua penulis yang suka mencopas artikel mereka.

Bagi Blogger-blogger yang menjadikan situsnya sebagai lumbung pendapatan, tentu sangat benci dengan perkara Copas Artikel ini.

Selain permainan yang kotor, mereka juga kerap menjadi korban dari si tukang copas yang tidak bertanggung jawab.

Karena, akibat artikel kena copas bagi si pemilik asli ialah, terciptanya Duplicate Content di Search Engine, dan ini tidak disukai oleh mesin pencari. Sehingga, menimbulkan kerugian terhadap korban.

Disarankan : Pengertian Bisnis Online, Jenis-Jenis dan Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Namun jika ditelaah lebih dalam, kerugian terbesar sebenarnya diancamkan kepada si tukang copas, mengapa?

Karena selain kreativitas yang semakin buntu, duplikat konten yang mereka ciptakan lambat-laun akan jadi Boomerang.

Bukan itu saja, bahaya copas artikel bagi kelangsungan sebuah blog adalah sebagai berikut :

1. Ancaman Pelaporan dari pemilik asli artikel

Coba logikakan saja, blogger mana yang ingin artikelnya dicopas? Menurut saya tidak akan ada.

Karena yang akan dia dapat adalah dampak buruk dimata mesin pencari, karena munculnya konten yang diduplikat.

Karena tidak terima, bisa saja dia akan melaporkan blog yang sudah mencopas artikelnya tersebut ke DMCA (Digital Millennium Copyright Act), yang bertugas mengkriminalisasi pelanggaran-pelanggaran hak cipta.

Jika hal tersebut sudah terjadi, besar kemungkinan blog anda akan terancam hingga dinonaktifkan.

Memang tidak semua blogger akan melakukan tindakan pelaporan, hanya saja, orang tersebut bisa menjalankan niat buruk terhadap situs anda.

Misalnya seperti meng-AGC (Auto Generated Content) situs anda melalui blognya yang lain, yang akhirnya juga bermuara pada kehancuran situs milik anda.

2. Peringkat Artikel hasil Copas akan susah bersaing

Seperti yang sudah saya sebut diatas, bahwa artikel hasil copas akan otomatis menjadi konten yang duplikat.

Bedanya, konten asli akan selalu unggul, kenapa? Karena Google mampu mengetahui mana yang asli dan mana yang duplikat.

Sehingga, artikel hasil copas milik anda akan dikucilkan dari mesin pencari, misalnya terlempar ke halaman antah-berantah.

Parahnya lagi, karena artikel yang satu tersebut akhirnya berdampak secara menyeluruh terhadap performa blog anda, meskipun artikel-artikel yang lainnya adalah hasil tulisan sendiri alias original.

Meskipun tidak ada ungkapan resmi tentang penurunan peringkat artikel dari hasil copas, namun anda bisa menyaksikannya sendiri tentang bagaimana kekuatan artikel tersebut di search engine.

3. Artikel copas akan menghilang dari peredaran

Jika anda pernah menemukan satu atau dua artikel hasil copy paste di Google, dan malah berada pada posisi yang potensial (anggap saja Page 1), percayalah, itu tidak akan bertahan lama.

Google tahu betul mana yang asli dan mana yang menjiplak. Meskipun tanggal postingan diubah ke belakang, dalam artian mendahului konten asli, tetap saja bisa dideteksi, karena keseluruhan data ada pada server Google.

Baca juga : Ping Artikel: Pengertian, Dampak dan Cara Ping Artikel Blog agar Cepat Terindex

Mungkin tidak sekarang, tapi nanti. Hal ini sudah banyak dibuktikan para blogger. Sedangkan jika artikel asli hasil pemikiran sendiri, ketika dia merangkak ke posisi yang potensial, dia akan kokoh disana, tentunya dengan segenap optimasi yang memadai.

4. Kreativitas yang menurun

Efek negatif copas artikel milik orang lain adalah turunnya kreativitas anda dalam dunia tulis-menulis. Dalam membangun sebuah blog, yang jujur dan konsisten adalah yang akan jadi pemenang.

Sehebat apapun seseorang dalam menyembunyikan kecurangannya, lambat-laun laun akan tercium juga. Dan saat hal tersebut terjadi, yang ada hanya penyesalan dan keputus-asaan dari dalam diri anda.

Selain itu, untuk memulai dari awal lagi akan terkesan sangat sulit, mengingat sudah terbiasa  bermain curang.

Saran saya, bangunlah sebuah blog yang dilandasi  dengan kejujuran, niat yang baik dan konsisten sejak awal.

Dari sana anda harus yakin dan percaya, bahwa semakin giat anda menulis, maka kekreativitasan anda akan semakin terasah untuk menerbitkan konten-konten yang berkualitas dan dirindukan banyak orang.

5. Terancam Pidana

Bukan tidak mungkin jika si pemilik artikel yang anda copas tersebut akan melaporkan anda ke pihak yang berwajib, ini bisa saja terjadi jika kesalahan yang anda lakukan cukup berat.

Saya secara pribadi, belum pernah mendapat kabar mengenai hal ini. Saya hanya memberikan sedikit gambaran akan akibat yang mungkin diterima dalam skenario skala besar.

Penutup

Bagi anda yang baru saja memulai sebuah blog, tulis dan terbitkanlah artikel-artikel yang sejatinya anda kuasai, dan punya pengetahuan yang lumayan didalamnya.

Tujuannya adalah supaya anda tidak kehabisan ide dalam menulis. Salah satu penyebab munculnya niat untuk menyalin konten blogger lain adalah karena kurangnya wawasan dalam menulis.

Padahal, semakin sering anda anda menearbitkan artikel yang original, secara tidak langsung akan semakin berkembang pula pola pikir dan wawasan anda dalam berbagai hal.

Jika memang dirasa benar-benar tidak tahu dan anda ngotot ingin membahas suatu hal, cukup di rewrite dengan gaya tulisan sendiri, dan jangan lupa minta izin serta cantumkan sumber aslinya.
_____________

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai 5 Akibat, efek dan dampak negatif Copas (Copy Paste) artikel milik orang lain.

Semoga bisa memberi kesadaran kepada kita semua untuk selalu menciptakan artikel-artikel yang asli dan terhindar dari konten salinan.

Baca juga : Tips dan Cara mengatasi Jingling di Blog

You May Also Like